Jumat, 27 April 2018

Madrid Mulai Ubah Nama Jalan yang 'Berbau' Diktaktor Franco


Madrid Mulai Ubah Nama Jalan yang 'Berbau' Diktaktor Franco
ilustrasi jalanan di Madrid (Unsplash/Pixabay)


Jakarta, CB -- Madrid memulai perubahan dua nama jalan yaitu, jalan General Millan Astray dan General Garcia de la Herranz pada Kamis (26/4).

Perubahan nama jalan ini dilakukan karena termasuk dalam salah satu nama jalan yang memberi penghormatan pada para jenderal yang melayani mantan diktator Francisco Franco. Dua jalan ini adalah bagian dari 49 nama jalan yang akan berubah nama di Ibukota Spanyol ini.

Lewat proses pengubahan nama jalan, Madrid menegakkan hukum memori historis nasional yang menyerukan pergantian simbol terkait dengan kebrutalan Franco di tahun 1939-1975 secara bertahap.


Kamis (26/4), para pekerja mulai menurunkan tanda jalan General Millan Astray yang mengacu pada sosok teman dekat Franco. Papan nama General Garcia de la Herranz juga diturunkan.

Mengutip AFP, para pekerja juga menggantikan papan nama kedua jalan itu menjadi jalan Teacher Justa Freire yang diambil dari sosok seorang pendidik terkenal.

Selain Teacher Justa Freire, nama jalan kedua juga diganti menjadi jalan Cooperation.

Hanya saja, pengubahan nama jalan ini tak berjalan mulus. Beberapa asosiasi termasuk Yayasan Nasional Francisco Franco yang bertujuan untuk menjaga memori sang diktator agar tetap hidup melakukan perlawanan. Mereka mengajukan banding terhadap keputusan dewan kota Madrid pada Mei 2017 untuk mengubah nama jalan.

Langkah ini memaksa Spanyol untuk menunda pengubahan nama jalan.





Credit  cnnindonesia.com