Senin, 27 Juni 2016

Uni Eropa perjelas prosedur Inggris keluar dari UE




 

Sejak hasil referendum diketahui, ada spekulasi intens tentang bagaimana dan kapan Inggris memulai negosiasi formal untuk keluar dari Uni Eropa. 
 
Uni Eropa telah memperjelas cara Inggris mengawali negosiasi formal untuk keluar dari blok mereka setelah hasil referendum yang berlangsung pada Kamis.
Menurut Uni Eropa, Inggris bisa menerapkan prosedur Pasal 50 Uni Eropa, yang menetapkan tenggat waktu dua tahun untuk kesepakatan tersebut, dengan membuat deklarasi formal melalui surat maupun pernyataan.
Perdana Menteri Inggris David Cameron sudah mengatakan akan mundur pada Oktober untuk membiarkan penggantinya melakukan pembahasan.
Namun para menteri luar negeri Uni Eropa sudah meminta Inggris untuk segera mengawali proses tersebut.
Sejak referendum yang berlangsung Kamis, ada spekulasi yang intens tentang kapan dan bagaimana Inggris memulai negosiasi formal untuk keluar dari Uni Eropa.
Juru bicara Dewan Eropa, yang menentukan arah serta prioritas politik Uni Eropa, menegaskan pada Sabtu bahwa menerapkan Pasal 50 adalah langkah formal yang harus "dilakukan oleh pemerintah Inggris terhadap Dewan Eropa".
"Harus dilakukan dengan cara yang eksplisit dengan maksud untuk menerapkan Pasal 50," kata juru bicara.
"Bisa lewat surat kepada presiden Dewan Eropa atau lewat pernyataan resmi dalam pertemuan di Dewan Eropa yang kemudian tercatat secara resmi dalam notulen pertemuan."



Credit  BBC