Rabu, 22 Juni 2016

Pesawat Terbesar di Dunia Siap Lepas Landas


 
Stratolaunch Carrier, pesawat terbesar di dunia akan lepas landas awal tahun depan untuk uji terbang pertama.*/SIERA NEVADA CORPORATION/PR
 
WASHINGTON DC, (CB).- Pesawat terbesar yang pernah dibangun kini tengah merayap mendekati penyelesaiannya, perusahaan peluncuran pesawat antariksa swasta yang dimiliki Paul Allen ini, telah mengundang para wartawan untuk mendapatkan tampilan pertamanya di 'Stratolaunch'.
Dengan lebar sayap raksasa 117 m dan enam mesinnya, pesawat ini mengambil pendekatan baru dalam perlombaan antariksa swasta ini, dengan meluncurkan satelit dan pesawat ruang angkasa ke orbit dari ketinggian.
Pesawat ini akan lebih besar dari Hercules H-4 1947 buatan Howard Hughes, dan Antonov An-225 sebuah pesawat kargo era Soviet yang saat ini sebagai pesawat terbesar di dunia.
Stratolaunch Systems adalah bagian Vulcan Aerospace perusahaan milik Paul Allen,salah seorang pendiri Microsoft.
Visi perusahaan ini berbeda dari SpaceX milik Elon Musk, Blue Origin milik Jeff Bezos, dan Virgin Galactic milik Richard Branson. Pendekatan Stratolaunch Systems adalah kemampuan untuk memposisikan pesawat raksasa sehingga satelit dapat langsung disampaikan ke orbit yang sangat tepat dan melakukannya dengan cepat, tanpa masalah penjadwalan berbagai peluncuran dan penundaan terkait cuaca, seperti dijelaskan Chuck Beames, yang mengawasi usaha antariksa Paul Allen ini seperti dikutip Daily Mail, Senin 20 Juni 2016.
Alih-alih sebagai satelit, pesawat terbang Stratolaunch bisa meluncurkan pesawat ruang angkasa Dream Chaser. Ini bisa bertindak sebagai mini-shuttlet untuk mencapai tujuan orbit rendah Bumi dan kembali membawa astronot atau muatan ke landasan dalam waktu 24 jam.
Stratolaunch adalah pesawat berbadan kembar yang menggabungkan mesin, landing gear, avionik dan bagian lain dari sepasang jet Boeing 747 ditambah dengan bingkai, sayap dan kulit yang dibuat dari komposit ringan.




Credit  pikiran-rakyat.com