Rabu, 16 Januari 2019

Kanada Bersitegang dengan 3 Negara Powerful Ini, Kenapa?



Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau [Canada Newa]
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau [Canada Newa]

CB, Jakarta - Kanada dipimpin Perdana Menteri Justin Trudeau bersitegang dengan 3 negara powerful ini, yakni Amerika Serikat, Cina dan Arab Saudi.
Trudeau yang dinobatkan sebagai perdana menteri paling seksi di dunia, idola baru kaum hawa di berbagai negara dan jago yoga, dalam menjalankan pemerintah memiliki garis kebijakan yang tegas di antaranya tentang kesetaraan gender, hak asasi, imigran, hingga perdagangan bebas.

Berikut 3 negara besar yang bersitegang dengan Kanada akibat garis kebijakan pemerintahan Trudeau:

1. Amerika Serikat.
Presiden Donald Trump dan Trudeau berseteru soal tarif dagang yang dikenakan Kanada dianggap sangat tinggi untuk perusahaan obat dari AS, baja, aluminium, dan wiski. Ini sebagai balasan atas penerapan tarif baru yang diberlakukan Amerika Serikat.
Perang dagang kedua negara sampai mengarah pada teror yang dialamatkan pada Duta besar AS untuk Kanada, Kelli Craft berupa paket berisi ancaman kematian dan bubuk putih di rumahnya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Melania Trump menyambut kedatangan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau saat tiba di Gedung Putih, Washington, AS, 11 Oktober 2017. REUTERS

2. Arab Saudi
Di forum KTT G20, Trudeau mengadakan pertemuan sela dengan putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tentang kematian jurnalis Jamal Khashoggi.
"Saya berbicara langsung kepada putra mahkota untuk menggaribawahi kepedulian kami dan kebutuhan kami mendapatkan jawaban yang lebih baik tentang pembunuhan Khashoggi," kata Trudeau.
Trudeau juga berbicara blak-blakan mengkritik Arab Saudi atas krisis kemanusiaan di Yaman, penangkapan blogger Raif Badawi.
Kanada bahkan berniat membatalkan kesepakatan ekspor senjata dengan Arab Saudi dipicu pembunuhan Khashoggi dan perang di Yaman.
Peristiwa terbaru yang membuat hubungan kedua negara makin renggang adalah Trudeau menerima dan menyambut remaja Arab Saudi, Rahaf Mohammed Alqunun yang kabur dari rumah orang tuanya karena takut dibunuh setelah dia disebut berganti agama dan menolak dinikahkan keluarganya.

Kanada memberikan status pengungsi kepada remaja usia 18 tahun ini untuk tinggal di Kanada.


3. Cina
Hubungan Kanada dan Cina memburuk setelah aparat Kanada menangkap dan menahan seorang ekskutif Huawei, Meng Wangzhou pada 1 Desember 2018. Meng dituduh melakukan kerja intelijen di Kanada untuk kepentingan ina.
Cina membalas menangkap 2 warga Kanada yang berprofesi sebagai diplomat dan konsultan dengan tuduhan membahayakan keamanan negara.
Kedua warga Kanada itu bermana Michael Kovrig, diplomat Kanada dan Michael Spavor, konsultan Kanada.
Pengadilan Cina kemarin menghukum mati warga Kanada, Robert Lloyd Schellenberg, yang didakwa menyelundukan sabu-sabu. Trudeu menuding Cina memanfaatkan hukuman mati ini sebagai balas dendam atas penahanan staf Huawei.
Cina membantah tudingan Perdana Menteri Kanada itu. Schellenberg juga diberi kesempatan mengajukan banding ke pengadilan lebih tinggai Cina untuk mengurangi hukumannya.




Credit  tempo.co