Selasa, 04 Desember 2018

Militer AS: Serangan Elektromagnetik Lumpuhkan Pertahanan Negara


Ilustrasi senjata laser luar angkasa. Youtube.com
Ilustrasi senjata laser luar angkasa. Youtube.com

CB, Jakarta - Militer memperingatkan pemerintah Amerika Serikat untuk bersiap terhadap serangan senjata elektromagnetik atau EMP dari negara-negara seperti Korea Utara, Rusia dan Iran karena bisa melumpuhkan pertahanan negara dan kepanikan massal. Militer AS merilis laporan bahwa negara-negara tersebut sedang mengembangkan teknologi EMP.
Laporan mengejutkan yang diterbitkan oleh Air Force's Air University, mengungkap bahwa AS tidak siap dengan serangan yang dapat mematikan semua jaringan listrik, membunuh 90 persen populasi East Coast, dan menyebabkan kekacauan massal.

Menurut laporan, serangan itu bisa memakan waktu 18 bulan untuk memulihkan jaringan listrik dan tatanan sosial.
"Berdasarkan keseluruhan data yang tersedia, serangan spektrum elektromagnetik mungkin menjadi ancaman bagi Amerika Serikat, Demokrasi dan tatanan dunia," kata laporan yang diterbitkan tahun ini, ungkap Dailymail.co.uk, 4 Desember 2018.

Sistem senjata elektromagnetik (EMP) kemungkinan bisa menggantikan senjata nuklir.[wikimedia/fpif.org]
Senjata EMP menggunakan cahaya, laser, gelombang mikro tak terlihat dan energi elektromagnetik untuk memutus aliran listrik. Sumber alami gelombang elektromagnetik muncul pada badai matahari atau secara artifisial dalam perangkat keras seperti radar atau senjata nuklir.

Korea Utara, Rusia, Iran, dan AS, telah mengembangkan senjata semacam itu. Tapi laporan itu memperingatkan, AS harus mulai bersiap menghadapi serangan.

Jika AS diserang EMP, listrik akan hilang, senjata militer tidak berfungsi, 99 reaktor nuklir kemungkinan akan meleleh karena tidak ada listrik untuk mendinginkan reaktor, dan 4,1 juta orang yang tinggal di dekat reaktor nuklir akan mengungsi karena awan radioaktif menyebar, menurut ke Washington Examiner.
"Sebuah serangan EMP akan menyebabkan kerugian seketika dan simultan dari banyak teknologi bergantung pada daya listrik dan papan sirkuit komputer, seperti telepon seluler dan perangkat GPS," ungkap laporan.

Pesawat jet militer dan komersial akan terdegradasi, pangkalan akan terputus, dan listrik serta GPS akan mati total, membuat pertahanan dan serangan balik hampir tidak mungkin.
AS tidak akan dapat menentukan siapa yang meluncurkan serangan karena akan dikerahkan melalui satelit.

Serangan itu akan mengganggu listrik, mempengaruhi transportasi, pengolahan makanan dan perawatan kesehatan. Faktanya, 90 persen populasi di Pesisir Timur AS akan mati dalam satu tahun serangan.
"Dampak buruk kemungkinan termasuk hilangnya daya listrik jangka panjang (karena hilangnya generator darurat), limbah, air bersih, perbankan, sambungan telepon rumah, layanan seluler, kendaraan," kata laporan itu.
Kerusuhan sipil diperkirakan akan dimulai hanya beberapa jam setelah serangan.

AS mengembangkan sistem laser untuk mendukung drone mengudara tanpa batas. Kredit: Reuters
Laporan tersebut mencatat bahwa menjaga jaringan 5G seluler adalah kunci utama yang harus dilindungi, terutama karena Cina adalah investor terbesarnya.
"Karena kontrol 5G kira-kira setara dengan kontrol Internet, membuka 5G sangat penting untuk kebebasan dan ekonomi pasar bebas. Sementara itu, akses ke bandwidth gelombang 5G-milimeter akan sangat penting untuk operasi di semua domain pertempuran perang, khususnya, perintah & kontrol luar angkasa," kata laporan itu.
"Karena teknologi elektromagnetik dikombinasikan dengan metode yang baru dan sering berbahaya, sangat penting bagi militer dan industri untuk membuat evaluasi transparan tentang keadaan konflik saat ini dan masa depan untuk memastikan kita proaktif dan bukan reaktif," kata Letnan Jenderal Steven Kwast.

Penulis laporan itu adalah Angkatan Udara Mayor David Stuckenberg, mantan direktur CIA James Woolsey, dan Kolonel Douglas DeMaio ingin pemerintah menyatakan serangan EMP potensial sebagai masalah serius.
"Potensi musuh untuk menimbulkan kerusakan pada negara melalui serangan gelombang elektromagnetik telah tumbuh secara signifikan. Serangan senjata EMP mempengaruhi semua perangkat dengan elektronik semikonduktor dan dapat menyebabkan operasi jaringan utama dan sistem daya cadangan, seperti generator di lokasi," kata laporan militer AS.


Credit  tempo.co