Sabtu, 05 Januari 2019

Asosiasi Buruh Yordania Jadikan Bendera Israel Keset Kaki

Asosiasi Buruh Profesional Yordania jadikan bendera Israel sebagai keset kaki sebagai protes terhadap Israel menguasai Palestina. [AL JAZEERA - Tempo]

CBJakarta - Asosiasi buruh profesional Yordania meletakkan bendera Israel layaknya keset kaki di setiap pintu masuk kantor.


Tindakan ini sebagai balasan atas keberatan Israel menyaksikan foto Menteri Informasi Yordania, Jumana Ghunaimat melangkahi bendera Israel di satu gedung serikat pekerja teknisi di Amman, ibukota Yordania.


Israel menyampaikan keberatannya itu ke Kementerian Luar Negeri Yordania pekan lalu.

Mengutip laporan Al Jazeera, 4 Januari 2018, Israel menyatakan foto itu sebagai perbuatan tidak hormat. utusan Yordania untuk Israel, Mohammed Hmeid dipanggil untuk memberikan klarifikasi.

Pernyataan resmi kantor serikat pekerja menjelaskan, bendera Israel sudah bertahun-tahun diletakkan di lantai pintu masuk gedung sebagai protes atas pencaplokan wilayah Palestina oleh Israel. Selain itu, sebagai protes atas normalisasi hubungan dengan Israel.




Asosiasi buruh Yordania  telah bersumpah untuk menolak normalisasi Israel. Israel dan Yordania telah menandatangani perjanjian damai pada tahun 1994. Namun hubungan itu kerap berseteru untuk berbagai perbedaan terkait dengan kebijakan Israel di Yerusalem.


Credit TEMPO.CO


https://dunia.tempo.co/read/1161890/asosiasi-buruh-yordania-jadikan-bendera-israel-keset-kaki