Jumat, 30 November 2018

Prancis Bahas Perluasan Kerjasama UE-ASEAN dengan Indonesia


Prancis Bahas Perluasan Kerjasama UE-ASEAN dengan Indonesia
Menteri Muda Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Baptiste Lemoyne menuturkan Uni Eropa (UE) ingin memperluas kerjasama dengan ASEAN. Foto/Victor Maulana/Sindonews

JAKARTA - Menteri Muda Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis Jean-Baptiste Lemoyne menuturkan Uni Eropa (UE) ingin memperluas kerjasama dengan ASEAN. Namun, dia menuturkan, Prancis masih membahas hal ini dengan Indonesia.

Lemoyne menuturkan, pembahasan dengan Indonesia mengenai perluasan kerjasama ini adalah sebuah langkah awal. Selanjutnya, Prancis juga akan membicarakan hal serupa dengan negara-negara lain di ASEAN.

Dia lalu menyebut alasan mengapa UE, khususnya Prancis ingin memperluas kerjasama dengan ASEAN. Lemoyne menyebut, UE lebih tertaris melakukan hubungan multilateral dibandingkan bilateral.

"Karena kami tidak begitu mendukung hubungan bilateralisme, yang kami harapkan ke depan ada kerja sama lebih baik dengan ASEAN. Diharapkan ada kesepakatan komersial perdagangan yang lebih baik dengan," ucapnya pada Kamis (29/11).

Dirinya menyebut, jika hal ini benar-benar terjadi, maka itu dapat membuka pasar luas dengan ratusan juta konsumen. Dengan demikian, ungkapnya, maka ketegangan yang sedang terjadi antara China dan Amerika Serikat (AS) tidak akan terlalu berpengaruh pada dua kawasan itu.

Namun, dia mengaku masih belum tahu kapan kerja sama ini akan tercapai. Pasalnya, UE masih melihat stabilitas ASEAN, baik secara ekonomi, politik maupun secara keamanan. 





Credit  sindonews.com