Rabu, 21 November 2018

Kirim Minyak Ilegal ke Suriah, AS Sanksi Iran dan Rusia


Kirim Minyak Ilegal ke Suriah, AS Sanksi Iran dan Rusia
AS menjatuhkan sanksi kepada Iran dan Rusia. Foto/Istimewa

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada enam orang dan tiga entitas untuk menggangu jaringan Iran-Rusia yang disebut menyediakan jutaan barel minyak kepada pemerintah Suriah dan mendanai kelompok militan Hamas dan Hizbullah.

Para pejabat AS mengatakan Rusia memfasilitasi pengiriman minyak dari Iran ke Suriah, dan berbagai mekanisme digunakan dalam upaya untuk menyembunyikan pengiriman dan pembayaran terkait minyak.

"Hari ini kami bertindak melawan skema kompleks Iran dan Rusia telah digunakan untuk mendukung rezim (Presiden Suriah Bashar al-) Assad dan menghasilkan dana untuk kegiatan memfitnah Iran," ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dalam sebuah pernyataan.

"Bank Sentral Iran terus mengeksploitasi sistem keuangan internasional," tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (21/11/2018).

Di antara mereka yang ditargetkan adalah warga negara Suriah Mohammad Amer Alchwiki dan perusahaannya yang berbasis di Rusia, Global Vision Group, Departemen Keuangan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Target-target lain termasuk: Haji Suriah Abd al-Nasir, warga negara Lebanon, Muhammad Qasim al-Bazzal dan warga negara Rusia Andrey Dogaev serta warga negara Iran Rasoul Sajjad dan Hossein Yaghoubi Miab, bunyi pernyataan itu.

"Penunjukan" Bendahara AS terhadap individu dan entitas secara efektif memutuskannya dari sistem keuangan global dengan memblokir aset mereka di bawah yurisdiksi AS dan memperingatkan lembaga-lembaga non-AS untuk tidak berurusan dengan mereka. 




Credit  sindonews.com