Jumat, 23 Maret 2018

AS Butuh 500 Rudal untuk Cegat Satu ICBM Sarmat Rusia


AS Butuh 500 Rudal untuk Cegat Satu ICBM Sarmat Rusia
Rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat atau dikenal sebagai rudal Setan 2. Foto/REUTERS


MOSKOW - Seorang mantan jenderal Rusia mengungkap cara bagi Amerika Serikat (AS) untuk bisa mencegat serangan rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat. Dalam watku dekat, ICBM Sarmat atau dikenal sebagai rudal Setan 2 akan masuk layanan tempur Pasukan Rudal Moskow.

Viktor Bondarev, mantan Komandan Pasukan Kedirgantaraan mengatakan bahwa untuk mencegat atau menembak jatuh satu ICBM Sarmat, AS setidaknya butuh 500 rudal anti-balistik.

"Ini adalah kesimpulan yang dicapai oleh para ahli Barat," kata mantan jenderal Rusia ini kepada RIA Novosti pada hari Kamis (22/3/2018).

Bondarev, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komite Pertahanan Senat Rusia, juga membanggakan rudal hipersonik Kinzhal yang kemampuannya jauh lebih hebat.

"Kinzhal (sistem rudal udara yang diluncurkan dengan kekuatan hipersonik) juga kebal terhadap sistem (pertahanan udara) musuh, dan dijamin akan mencapai target apa pun," ujar Bondarev.

Presiden AS Donald Trump telah menyuarakan keprihatinan atas pengembangan rudal dan torpedo nuklir yang mampu mengalahkan sistem pertahanan rudal Amerika. Keprihatinan Trump itu disampaikan saat melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Vladimir Putin beberapa hari lalu.


Kepala Komando Strategis AS Jenderal John Hyten di hadapan Senat juga mengakui bahwa militer AS saat ini tidak memiliki cara untuk menghentikan rudal hipersonik Kinzhal yang merupakan senjata strategis baru Rusia.

Rudal RS-28 Sarmat yang oleh NATO dinamai SS-X-32 Snowflake adalah ICBM termonuklir. Rudal ini beratnya mencapai sekitar 10.000 kg dan memiliki jangkauan terbang hingga sekitar 10.900 km.

Presiden Putin telah mengomentari status kesiapan RS-28 Sarmat dan senjata lainnya dalam pidato kenegaraan pada 1 Maret 2018 lalu. Senjata baru ini dirancang sebagai respons asimetris terhadap sistem pertahanan rudal AS, serta penyebaran pasukan AS dan NATO di dekat perbatasan Rusia.

Moskow pernah sengaja membocorkan informasi tentang rudal Sarmat pada tahun 2007 dalam upaya untuk menghalangi AS agar tidak mengejar ambisinya guna menciptakan sistem pertahanan rudal global. 



Credit  sindonews.com