Jumat, 23 November 2018

Serbu Konsulat China di Pakistan, 3 Pembom Bunuh Diri Tewas


Serbu Konsulat China di Pakistan, 3 Pembom Bunuh Diri Tewas
Para petugas polisi bersenjata Pakistan siaga di dekat Konsulat China di Karachi usai diserang tiga pembom bunuh diri, Jumat (23/11/2018). Foto/REUTERS/Akhtar Soomro

ISLAMABAD - Tiga pelaku pembom bunuh diri menyerbu kompleks Konsulat China di kota Karachi, Pakistan, Jumat (23/11/2018). Ketiganya tewas sebelum berhasil memasuki kantor diplomatik tersebut.

"Ada tiga penyerang dan ketiganya telah tewas. Mereka mencoba masuk ke bagian visa," kata kepala polisi setempat, Amir Shaikh, kepada wartawan.

Dua polisi dilaporkan tewas dalam serangan yang diklaim oleh kelompok pemberontak Tentara Pembebasan Balochistan (BLA) tersebut.

Juru bicara kelompok BLA, Jiand Baloch, kepada Reuters, mengklaim bahwa kelompoknya bertanggung jawab atas serangan di kompleks Konsulat China.

"Ada tiga penyerang bunuh diri," kata Jiand Baloch melalui telepon. "Mereka menyerbu konsulat China di Karachi. China mengeksploitasi sumber daya kami," katanya lagi.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mengatakan seluruh staf di konsulat China yang berjumlah 21 orang dalam kondisi aman. Mereka telah dipindahkan ke lokasi yang lebih aman usai serangan.

"Para penyerang tidak bisa melukai mereka, atau pun  menyandera mereka," kata Qureshi pada konferensi pers di Islamabad.

Dia membenarkan bahwa dua polisi dan tiga pembom bunuh diri tewas dalam serangan itu.

China selama ini dikenal sebagai donor dana untuk negara-negara Asia Selatan untuk pembiayaan proyek infrastruktur yang digarap berbagai perusahaannya. Proyek-proyek infrastruktur itu bagian dari program ambisius Beijing yang dikenal sebagai Belt and Road Initiative. 




Credit  sindonews.com