Foto
ilustrasi dari NASA yang dirilis Kamis (31/5/2012) menunjukkan langit
malam sesaat sebelum peleburan galaksi Bima Sakti dengan galaksi
Andromeda yang berdekatan. Sekitar 3,75 milyar tahun dari sekarang,
cakram Andromeda akan mengisi bidang pandang dan gravitasinya akan mulai
menciptakan distorsi pasang di galaksi Bima Sakti. Gambaran ini
terinspirasi oleh permodelan komputer dinamik dari benturan kedua
galaksi di masa yang akan datang. Kedua galaksi akan bertubrukan sekitar
4 milyar tahun dari sekarang dan membentuk galaksi tunggal sekitar 6
milyar tahun lagi. (REUTERS/NASA,ESA, Z. Levay and R. van der Mrel
(STScl), and A. Mellinger/Handout)
Cape Canaveral (CB) - Peneliti untuk pertama kalinya
menemukan molekul organik rumit di antariksa, yang memiliki kerangka
asimetris serupa dengan unsur penyusun kehidupan di bumi.
Peneliti pada Selasa menyatakan mendapati molekul organik rumit
disebut "propylene oksida" dalam muatan debu dan gas berawan raksasa di
dekat pusat galaksi Bima Sakti, lapor Reuters.
Molekul itu memiliki sepasang unsur penyusun serupa hingga tampak
mirip tangan manusia, susunan itu disebut dengan kiralitas.
Peneliti sejak lama memikirkan alasan mahluk hidup hanya tersusun
atas satu jenis molekul tertentu, misalnya ribosa, karbon penyusun asam
deoksiribo nukleat (DNA).
Temuan propylene oksida di luar angkasa kian menguatkan teori bahwa kiralitas pada molekul asalnya terjadi di luar angkasa.
"Ini lompatan dalam usaha mengetahui bagaimana molekul prebiotik
dibentuk di alam semesta, berikut dampaknya bagi asal usul kehidupan,"
kata Brett McGuire, seorang ahli kimia dari Observatorium Astronomi
Nasional (NRAO) di Charlottesville, Virginia.
Jenis molekul itu cukup penting bagi studi biologi.
Materi itu telah ditemukan di meteorit Bumi, dan komet di sistem
tata surya, tetapi baru saat ini dinyatakan ada di bentangan luas
galaksi di luar angkasa.
Temuan itu menguatkan dugaan bahwa penyusunan molekul organik yang
memungkinkan adanya kehidupan di Bumi telah disusun di luar angkasa,
mengingat jejaknya yang ditemukan di meteorit dan komet.
Peneliti pada Mei lalu turut menemukan asam amino glisin di komet.
Materi itu digunakan oleh mahluk hidup untuk membuat protein dalam tubuhnya.
Dalam kajian terbarunya, peneliti menggunakan teleskop radio guna
mengamati lebih detil dari jarak tertentu unsur kimia dalam molekul
tersebut, khususnya pada proses pembentukan bintang oleh kumpulan gas
berawan dan debu luar angkasa.
Saat berada di ruang hampa udara, molekul itu mengirimkan sinyal getar, tampak seperti gelombang radio yang berbeda.
Namun, bagi peneliti, sinyal kompleks terikat dengan propylene
oksida tidak cukup kuat menentukan orientasi arah molekul tersebut.
Layaknya bayangan tangan, cukup mustahil mengetahui tangan kanan
atau kiri yang sedang mengejar bayangannya, kata mahasiswa pascasarjana
kimia Institut Teknologi California, Brandon Carroll.
Peneliti menyatakan, kajian selanjutnya akan melacak bagaimana
interaksi cahaya yang terpolarisasi dengan molekul mampu mengungkap
kemungkinan satu jenis dari propylene oksida itu dominan di luar
angkasa.
Hasil riset tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah "Science".
Peneliti akan memaparkan temuannya dalam pertemuan penggiat astronomi Amerika Serikat pada Selasa di San Diego.
15 program komputer paling berbahaya versi Kaspersky Lab. (Kaspersky Lab)
Jakarta (CB) - Para peneliti Kaspersky Lab melakukan
penyelidikan terhadap sebuah forum global di mana penjahat siber dapat
membeli dan menjual akses ke server yang telah diretas dan mereka
perjualbelikan mulai dari harga termurah 6 dolar AS.
Dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Rabu (15/6), Kaspersky
menjelaskan forum tersebut bernama Pasar xDedic, memiliki sebanyak
70.624 Remote Desktop Protocol (RDP) server yang telah diretas dan siap
untuk diperjualbelikan.
Kebanyakan dari server itu berfungsi sebagai host atau menyediakan akses
ke situs dan layanan konsumen populer dan beberapa bahkan memiliki
perangkat lunak yang di instal sehingga dapat melakukan direct mail,
akuntansi keuangan dan pengelolaan Point-of-Sale (POS).
Akses ke server yang telah diretas digunakan untuk menargetkan para
pemilik infrastruktur atau sebagai launch-pad untuk serangan yang lebih
luas.
Yang menakutkan adalah para pemilik, termasuk lembaga pemerintahan,
perusahaan dan universitas, menurut Kaspersky Lab, hanya sedikit sekali
mengetahui atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang hal ini.
"xDedic adalah contoh kuat dari jenis baru pasar bagi penjahat siber:
terorganisir dengan baik, didukung serta menawarkan semua orang," tulis
Kaspersky Lab.
"Baik itu penjahat siber tingkat pemula hingga ke kelompok hacker APT
akses mudah, cepat dan murah ke infrastruktur organisasi yang resmi dan
juga membuat aksi kejahatan mereka tetap berada di bawah radar pihak
berwajib selama mungkin," sambung Kaspkersky Lab.
Mulai dari harga paling murah sebesar 6 dolar AS per server, anggota
forum xDedic dapat mengakses semua data server dan juga menggunakannya
sebagai platform untuk serangan berbahaya selanjutnya.
Adapun potensi aksi kejahatan siber ini diantaranya berupa serangan yang
ditargetkan, malware, DDoS, phishing, serangan social-engineering dan
adware.
Menurut Kaspersky Lab, Pasar xDedic dibuka untuk bisnis bagi
para penjahat siber sekitar tahun 2014, dan popularitasnya
semakin bertumbuh secara signifikan sejak pertengahan 2015.
Pada Mei 2016, terdaftar 70.624 server dari 173 negara yang
diperjualbelikan, diposting dalam 416 nama penjual yang berbeda-beda.
Sepuluh negara teratas yang terkena dampaknya adalah: Brazil, Cina,
Rusia, India, Spanyol, Italia, Perancis, Australia, Afrika Selatan dan
Malaysia.
Oleh karena itu, Kaspersky Lab menyarankan organisasi untuk menginstal
solusi keamanan yang kuat sebagai bagian dari pendekatan komprehensif
serta multi-layer untuk keamanan infrastruktur TI.
Tidak hanya itu, Kasperksy Lab juga menyarankan untuk menerapkan
penggunaan password yang kuat sebagai bagian dari proses otentikasi
server, menerapkan proses yang berkesinambungan dari manajemen patch,
dan melakukan audit keamanan reguler dari infrastruktur TI.
Dokumentasi
delegasi Indonesia pada Konferensi Pelucutan Senjata Nuklir. Foto
menunjukkan saat Menteri Luar Negeri (saat itu) Marty M Natalegawa
(kiri), menyampaikan sambutan pada pembukaan Konferensi Pelucutan
Senjata Nuklir (CTBT) di Jakarta, Senin (19/5). Konferensi yang diikuti
21 negara Asia Tenggara dan Pasifik Timur tersebut membahas beberapa
masalah nuklir dan stabilitas keamanan kawasan. (ANTARA FOTO/Rasto)
London (CB) - Indonesia menegaskan kembali kepentingan
pemberlakuan segera Traktat Pelarangan Komprehensif Uji Coba Nuklir (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty/CTBT)
sebagai satu-satunya instrumen hukum internasional yang melarang uji
ledak senjata nuklir dan memiliki sistem verifikasi universal dan
non-diskriminatif.
Penegasan itu disampaikan ketua delegasi
Indonesia pada Sidang Tingkat Menteri Perayaan 20 tahun CTBT, Rachmat
Budiman, yang diselenggarakan bersamaan dengan Sidang Sesi ke-46 Komisi
Persiapan CTBTO, di Markas PBB, di Wina, Austria, sejak 13 Juni lalu.
Pejabat
di Kedutaan Besar Indonesia di Wina, Dody Kusumonegoro, Kamis,
menyebutkan, untuk itu Indonesia mendorong agar delapan negara dalam
daftar Lampiran Dua Traktat Pelarangan Komprehensif Uji Coba
Nuklir segera menandatangani dan meratifikasi traktat tersebut.
CTBT
sebagai wujud komitmen masyarakat internasional untuk pelarangan uji
coba senjata nuklir telah ditandatangani sejak 1996, namun 20 tahun
sejak penandatanganan, traktat itu belum berlaku karena masih ada
delapan negara dalam lampiran dua traktat itu yang belum meratifikasi.
Mereka
adalah Amerika Serikat, China, India, Iran, Israel, Korea Utara, Mesir
dan Pakistan. Negara-negara Lampiran Dua Traktat Pelarangan Komprehensif
Uji Coba Nuklir adalah negara yang memiliki kekuatan nuklir atau
memiliki reaktorriset nuklir.
Indonesia telah meratifikasi Traktat tersebut pada 2012.
Budiman
menyatakan, meskipun pemberlakuan CTBT telah tertunda selama 20 tahun,
namun Indonesia yakin traktat itu sangat mungkin diberlakukan. Dalam hal
ini masyarakat internasional harus terus mendorong negara-negara
Lampiran Dua Traktat Pelarangan Komprehensif Uji Coba Nuklir agar segera
meratifikasi.
Situasi keamanan internasional dapat
berubah setiap saat, dan ancaman senjata nuklir masih nyata hingga saat
ini. Karena itu pemberlakuan CTBT sebagai bagian dari upaya
internasional di bidang perlucutan senjata nuklir harus menjadi
prioritas.
Hal ini tantangan kepemimpinan
negara-negara besar dan masyarakat internasional untuk
secarabersama-sama mewujudkan pemberlakuan CTBT.
Indonesia juga
telah mengambil peran aktif mempromosikan penandatanganan dan ratifikasi
CTBT itu, antara lain saat Indonesia menjadi ketua bersama pada Proses
Artikel XIV bersama Hongaria pada 2013-2015. Pasal XIV merupakan pasal
khusus di dalam traktat itu untuk mempromosikan pemberlakuan dan
universalisasi CTBT.
Sampai saat ini pun Indonesia masih terus
berkomitmen mendorong negara-negara Lampiran Dua Traktat Pelarangan
Komprehensif Uji Coba Nuklir maupun negara-negara lain segera
menandatangani dan meratifikasi CTBT.
Keputusan Indonesia
sebagai negara Lampiran Dua Traktat Pelarangan Komprehensif Uji Coba
Nuklir untuk meratifikasi CTBT itu salah satu wujud konkret komitmen
Indonesia terhadap perlucutan dan non-proliferasi senjata nuklir.
Indonesia
mendorong negara-negara lainnya segera mengambil keputusan yang sama,
tanpa harus saling menunggu dan menggantungkan keputusan berdasarkan
negara lain.
John C. Stennis, kapal induk AS dengan
berat 100 ribu ton dan membawa sejumlah jet tempur F-18, bergabung
dengan sembilan kapal induk Jepang dan frigat India di lepas pantai
pulau Okinawa, Jepang. (Ron Reeves via Wikimedia CC-PD-Mark)
Jakarta, CB
--
Sebuah kapal pengintai China membayangi kapal induk
Amerika Serikat, John C. Stennis, di perairan Pasifik Barat, yang tengah
meluncurkan latihan militer dengan kapal perang Jepang dan India.
Latihan
bersama dan unjuk kekuataan di laut ini digelar menyusul kekhawatiran
AS dan Jepang akan sikap China yang terus memperluas pengaruhnya ke
perairan Pasifik Barat, melalui pengerahan kapal selam dan kapal
permukaan, guna memperkuat klaimnya di Laut China Selatan.
Dilaporkan Reuters
pada Rabu (15/6), Beijing menilai bahwa akses ke Samudera Pasifik
sangat penting, baik sebagai jalur suplai ke seluruh lautan di dunia
maupun untuk proyeksi kekuatan angkatan laut.
Stennis, kapal induk AS dengan berat 100 ribu ton dan membawa sejumlah
jet tempur F-18, bergabung dengan sembilan kapal angkatan laut lainnya,
termasuk kapal induk Jepang yang membawa beberapa helikopter dan frigat
India di lepas pantai pulau Okinawa, Jepang.
Dalam latihan
militer yang disebut Malabar itu, sejumlah pesawat patroli yang
diluncurkan dari berbagai pangkalan udara Jepang juga turut
berpartisipasi.
Pejabat Pasukan Pertahanan Maritim memaparkan
bahwa kapal induk Stennis akan berlayar terpisah dari kapal lain, dan
bertindak sebagai "umpan" untuk membuat kapal pengintai China menjauh
dari latihan militer yang akan berlangsung selama delapan hari. Stennis
sebenarnya sudah dibayangi oleh kapal China sejak berpatroli di Laut
China Selatan.
Akses China ke kawasan Pasifik Barat dibatasi
oleh sekitar 200 pulau yang membentang dari daratan utama Jepang hingga
ke Laut China Timur, sekitar 100 kilometer dari Taiwan. Jepang
memperkuat sejumlah pulau itu dengan stasiun radar dan rudal antikapal.
Dengan
bergabung dalam latihan militer ini, Jepang memperdalam aliansi yang
diharapkan mampu untuk meredam kekuatan China di kawasan yang terus
berkembang.
Ketegangan antara Beijing dan Tokyo baru-baru ini
meningkat setelah sebuah kapal perang China untuk pertama kalinya
berlayar memasuki perairan Jepang di dekat kepulauan yang
dipersengketakan di Laut China Timur.
Kepulauan sengketa, yang
dikenal dengan nama Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China, membentang
sepanjang 220 km sebelah timur laut dari Taiwan.
Khawatir akan
sejumlah tindakan maritim China di kawasan itu, Angkatan Laut Armada
Ketiga AS berencana mengirim lebih banyak kapal ke wilayah Asia Timur
untuk bekerja sama dengan Armada Ketujuh asal Jepang.
Sementara
bagi India, latihan militer ini merupakan kesempatan untuk unjuk
kekuatan di dekat pesisir timur China dan sinyal atas ketidaksenangannya
terhadap peningkatan aktivitas angkatan laut China di Samudera Hindia.
India
juga mengirimkan empat kapal angkatan lautnya yang melintasi Laut China
Selatan dan berhenti di Filipina dan Vietnam, dalam perjalanan menuju
kawasan tempat latihan militer itu digelar.
Jakarta, CB
--
Amerika Serikat akan meningkatkan jumlah armada
tempur laut mereka di perairan Asia Timur dan Jepang. Langkah ini
diambil menyusul ketidakpastian kondisi keamanan di kawasan akibat
ketegangan sengketa Laut China Selatan.
Seperti diberitakan
Reuters, Rabu (15/6), Armada Ketiga Angkatan Laut AS akan mengirimkan
tambahan kapal perang ke Asia Timur untuk mendampingi Armada Ketujuh
yang berbasis di Jepang.
Armada Ketiga Angkatan Laut AS, Grup Aksi Permukaan Pasifik, yang
terdiri dari kapal-kapal penghancur bersenjata rudal pemandu seperti USS
Spriance dan USS Momsen diturunkan ke Asia Timur pada April lalu.
Penambahan
kapal perang ke armada ini disampaikan pejabat AS yang enggan disebut
namanya. Dia mengatakan kapal-kapal ini nantinya akan melakukan berbagai
operasi, namun tidak merincinya.
Armada Ketiga yang berbasis di
San Diego, California, memang rutin beroperasi di bagian timur Samudera
Pasifik. Komandan Armada Pasifik AS, Laksamana Scott Swift mengatakan,
peningkatan kekuatan di perairan itu diperlukan di tengah
"ketidakpastian dan kekhawatiran di kawasan", diduga akibat perilaku
China yang mulai agresif.
Swift mengatakan bahwa mereka memerlukan total 140 ribu pelaut, lebih dari 200 kapal dan 1.200 jet tempur untuk Armada Pasifik.
Negara-negara
di kawasan Asia mulai resah dengan pergerakan China di laut sengketa.
China membangun pangkalan udara dan melakukan reklamasi daratan di Laut
China Selatan, wilayah yang juga diklaim juga oleh Vietnam, Malaysia,
Taiwan dan Brunei.
Kehadiran pasukan AS di perairan itu membuat
China berang. Pemerintah Beijing mengatakan patroli AL AS telah
melakukan provokasi dengan masuk ke wilayah Laut China Selatan yang
mereka klaim. AS berdalih, patroli dilakukan untuk melindungi kebebasan
navigasi di wilayah perdagangan senilai US$5 triliun itu.
Armada Ketiga Angkatan Laut AS perluas peran di Asia Timur
Ilustrasi--USS.
Blue Ridge (LCC 19) bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,
Jumat (11/5). Kapal Pusat Komunikasi dan Komando Armada ke-7 Angkatan
Laut Amerika yang mengkoordinir wilayah seluas 52 juta meter persegi di
kawasan Pasifik itu mengunjungi Indonesia selama beberapa hari. (FOTO
ANTARA/Zabur Karuru)
Washington (CB) - Armada Ketiga Angkatan Laut Amerika
Serikat (AS) akan mengerahkan lebih banyak kapal ke Asia Timur untuk
beroperasi di luar kawasan normalnya bersama Armada Ketujuh yang
berkedudukan di Jepang, kata seorang pejabat AS pada Selasa (14/6), saat
ketegangan meningkat dengan China.
Kelompok Aksi Permukaan Pasifik Armada Ketiga, yang mencakup
kapal-kapal perusak berpemandu rudal USS Spruance dan USS Momsen
dikerahkan ke Asia Timur pada April.
Lebih banyak kapal Armada Ketiga akan dikerahkan ke kawasan itu pada
masa mendatang, kata seorang pejabat AS yang meminta jatidirinya tak
disebut kepada kantor berita Reuters.
Ia dan seorang pejabat kedua mengatakan kapal-kapal itu akan melakukan beragam operasi, tetapi tak memberikan rincian.
China mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan, yang
tiap tahun menjadi perlintasan kapal-kapal perdagangan dengan nilai lima
triliun dolar AS.
Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan dan Brunei memiliki klaim tumpang tindih, dan juga hubungan militer dengan Amerika Serikat.
China dibuat marah oleh apa yang dipandang sebagai patroli-patroli
militer AS yang provokatif dekat pulau-pulau yang dikendalikan oleh
China di Laut China Selatan. AS menyatakan patroli-patroli tersebut
untuk melindungi kebebasan navigasi.
Armada Ketiga, yang berkedudukan di San Diego, California, biasanya
melakukan operasi-operasi ke sisi timur dari garis batas internasional
Samudera Pasifik.
Nikkei Asian Review Jepang mengutip Panglima Armada Pasifik AS
Laksamana Scott Swift yang mengatakan pada Selasa bahwa langkah tersebut
terjadi dalam "konteks ketidakpastian dan kegelisahan di kawasan,"
sebuah rujukan jelas kepada perilaku China.
Swift berpendapat Angkatan Laut seharusnya memanfaatkan
"kekuatan gabungan menyeluruh" dari 140.000 pelaut, lebih 200 kapal dan
1.200 pesawat yang membentuk Armada Pasifik.
Armada Ketujuh terdiri atas sebuah pembawa pesawat kelompok serang,
80 kapal lainnya dan 140 pesawat. Armada Ketiga memiliki lebih 100
kapal, termasuk empat kapal pembawa pesawat.
Para pejabat China menyalahkan peningkatan ketegangan pada AS.
"Saya
pikir sebelum apa yang disebut 'penyeimbangan kembali di Asia Pasifik'
oleh Amerika, Laut China Selatan sangat tenang, sangat damai," kata Liu
Xiaoming, duta besar China untuk Inggris, kepada kantor berita Reuters
dalam wawancara pekan lalu.
"China bicara kepada negara-negara tetangga. Kita punya Declaration of Conduct.
Dan Filipina bicara kepada kami. Ketika Amerika datang, membawa apa
yang disebut 'penyeimbangan kembali', semuanya berubah drastis."
"Mereka ingin mencari alasan untuk menghadirkan militer yang kuat di
Laut China Selatan dan di Asia Pasifik. Kalau tenang, apa alasan bagi
mereka untuk berada di sana?" tanya dia.
Greg Poling, direktur Asia Maritime Transparency Initiative di Center for Strategic and International Studies,
mengatakan pada Selasa bahwa langkah itu tampaknya merupakan bagian
dari rencana Presiden Barack Obama untuk memindahkan 60 persen aset
Angkatan Laut AS di Asia sebagai bagian penyeimbangan kembali sumber
daya ke kawasan dalam menghadapi kebangkitan China.
Jakarta, CB
--
Penelitian yang dipublikasikan University of Leipzig
menunjukkan bahwa sentimen Islamofobia meningkat tajam di Jerman. Hasil
penelitian ini menggarisbawahi ketegangan di masyarakat Jerman setelah
lebih dari satu juta imigran, sebagian besar Muslim, tiba di negara itu
tahun lalu.
Satu dari dua responden dalam penerlitian itu
menyatakan mereka merasa seperti orang asing di negeri sendiri karena
banyak umat Islam di sekitar mereka. Jumlah ini meningkat 43 persen dari
penelitian tahun 2014 dan 30,2 persen dari tahun 2009. Jumlah responden
adalah sebanyak 2.420 orang.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa jumlah orang yang menilai bahwa
umat Islam harus dilarang datang ke Jerman juga semakin meningkat, yakni
sebesar 40 persen. Ini merupakan peningkatan signifikan dibanding
seperlima jumlah responden pada 2009.
Penelitian ini dilakukan
oleh para peneliti dari University of Leipzig yang bekerja sama dengan
Heinrich Boell Foundation, Rosa-Luxemburg Foundation dan Yayasan
Otto-Brenner, dan dirilis pada Rabu (15/6), seperti diberitakan Reuters.
Masuknya
imigran telah memicu dukungan untuk kelompok sayap kanan, Alternatif
anti-imigran untuk Jerman, AFD, yang ingin melarang adanya menara masjid
dan pemakaian burqa di negara itu.
Selain itu, jumlah serangan di tempat penampungan pengungsi juga meningkat.
Sementara
para pendukung AFD mendukung menghentikan umat Muslim datang ke Jerman,
pemilih Partai Hijau tidak setuju dengan pernyataan bahwa Muslim
membuat mereka merasa seperti orang asing, menurut survei tersebut.
Presiden
Jerman, Joachim Gauck, pada Senin (13/6) memperingatkan agar warga
Jerman tidak mengutuk umat Muslim, ketika berbuka puasa bersama warga
Muslim. Ia juga mengingatkan adanya polarisasi di sepanjang garis agama
dan etnis dalam masyarakat Jerman.
Jerman merupakan negara
dengan hampir empat juta umat Muslim, sekitar lima persen dari total
penduduknya. Banyak warga Muslim di Jerman berasal dari Turki untuk
mencari pekerjaan. Namun, para imigran yang tiba di Jerman tahun lalu
sebagian besar melarikan diri konflik di Suriah, Irak dan Afghanistan.
Riset ini juga mempelajari pandangan sayap kanan ekstrem terhadap kelompok lainnya di Jerman.
"Sementara
prasangka umum terhadap imigran menurun sedikit, fokus kebencian
terhadap pencari suaka, Muslim, dan Roma meningkat," bunyi riset
tersebut.
Para responden yang menilai warga Roma memiliki kecenderungan ke arah kriminalitas meningkat menjadi hampir 60 persen.
Sementara, lebih dari 80 persen responden ingin Jerman tidak terlalu murah hati dalam memberikan suaka.
Hampir
40 persen responden yang disurvei di Jerman timur setuju dengan
pernyataan bahwa orang asing hanya datang ke Jerman untuk mengambil
keuntungan dari sistem kesejahteraan sosial negara itu. Sebanyak 30
persen responden yang disurvei di Jerman barat memiliki pandangan yang
sama.
Setelah satu tahun tidak digunakan,
helikopter Apache Amerika Serikat diturunkan ke Irak dan menghancurkan
target ISIS. (Reuters/Ints Kalnins)
Jakarta, CB
--
Untuk pertama kalinya Amerika Serikat menurunkan
helikopter serang Apache dalam penyerbuan markas ISIS di Irak. Apache
diprediksi akan menjadi senjata penting dalam upaya merebut wilayah dari
ISIS, selain jet tempur koalisi.
Diberitakan CNN,
Selasa (14/6), serangan pertama Apache AS dilancarkan terhadap mobil
yang dilengkapi bom rakitan di selatan Mosul pada Senin lalu. Tembakan
roket Apache ini juga menandakan restu dari pemerintah Irak untuk
penggunaan helikopter canggih tersebut di negara mereka.
Misi Apache dilakukan di dekat kota Qayyarah. Tujuan utama serangan
Apache, jet tempur koalisi, tentara Irak dan militan Syiah adalah
menguasai daerah di sekeliling Mosul.
"Saya akan berhati-hati
berbicara soal seberapa jauh kami akan melangkah. Tapi [Apache]
dikerahkan terhadap target ISIS, sebuah target ISIS telah dihancurkan,"
kata Menteri Pertahanan Ash Carter awal pekan ini.
"Ini pertama kalinya Apache diturunkan dalam aksi, dan efektif," lanjut Carter.
Helikopter buatan Boeing ini terakhir kali diturunkan pada Oktober 2014 lalu untuk melindungi bandara Baghdad.
Sebelumnya
pemerintah AS telah mendesak Irak agar boleh menurunkan Apache untuk
membantu operasi pemberantasan ISIS. Tawaran tersebut ditolak oleh Irak
saat di tengah operasi perebutan Ramadi, namun belakangan pejabat AS
mengatakan pemerintah Irak menerimanya.
Mengisolasi Mosul dan
memotong jalur pasokan ISIS menjadi tujuan penting bagi pasukan Irak dan
koalisi AS. Sejauh ini, ISIS berhasil diusir dari beberapa wilayah,
termasuk Fallujah, salah satu kota terbesar yang jatuh ke tangan
militan.
Carter mengatakan, penurunan Apache sangat tepat di saat
seperti ini. Helikopter ini berguna dalam penyerangan dan pengepungan
dari udara.
Jakarta -Pesawat NC212i telah sepenuhnya
dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI). Artinya PTDI
adalah satu-satunya industri pesawat terbang di dunia yang memproduksi
pesawat baling-baling itu.
Seluruh proses pembuatan pesawat
tersebut telah dilakukan di Bandung pada kawasan produksi PTDI karena
Airbus Defence and Space telah menyerahkan sepenuhnya fasilitas produksi
ke PTDI mulai dari jig dan tools hingga pergudangannya (Slow Mover Material) yang semula berada di Spanyol telah dikirimkan seluruhnya ke PTDI.
"Apabila
Airbus Defence and Space mendapatkan pesanan NC212i, pembuatan pesawat
tersebut sepenuhnya akan tetap dikerjakan PTDI di Bandung. Airbus
Defence and Space telah memberikan kepercayaan kepada PTDI karena mereka
akan lebih fokus mengembangkan pesawat besar, oleh karenanya Final Assembly Line
khusus NC212i telah disiapkan di fasilitas PTDI sejak bulan Oktober
tahun 2011 silam," tulis keterangan tertulis PTDI, Rabu (15/6/2016).
Pesawat
NC212i adalah pesawat multiguna generasi terbaru dari NC212 dengan daya
angkut 28 penumpang, memiliki ramp door, kabin yang luas di kelasnya,
sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern, biaya operasi yang
lebih rendah namun tetap kompetitif di pasar pesawat kecil.
Pesawat
NC212i dapat juga digunakan sebagai pembuat hujan, patroli maritim dan
penjaga pantai. Pesawat generasi sebelumnya C212 berbagai seri telah
digunakan lebih dari 600 unit oleh 38 negara di antaranya yaitu
Thailand, Filipina, Afrika Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, Cile dan
Meksiko.
PTDI saat ini juga sedang membuat pesawat NC212i
sebanyak 2 unit pesanan dari Filipina dan 3 unit pesanan dari Vietnam
yang seluruh proses pembuatan struktur pesawat mulai dari Fuselage,
Center Wing, Outer Wing, Outer Flap, Inner Flap, Aileron, Vertical
Stabilizer, Rudder, Horizontal Stabilizer, Elevator serta semua Door
mulai Pilot Door, Passenger Door, Ramp Door, Forward Door dan Emergency
Door itu dikerjakan seluruhnya di PTDI yang akan mendapatkan sertifikasi
EASA ditargetkan akhir tahun 2016 atau awal tahun 2017.
"Hal
ini menjadi keuntungan bagi PTDI karena peluang pasar NC212i masih
menjanjikan serta untuk layanan purnajual pasti dilakukan di PTDI,"
tambahnya.
Perbedaan konfigurasi antara NC212-400 dan NC212i ada
pada Avionic, di mana NC212i telah menggunakan Digital Avionic dan
telah dilengkapi Autopilot sehingga memudahkan pilot melakukan
konfigurasi terbang sedangkan perbedaan dengan NC212-200 terletak pada
Avionic Rack yang semula diletakkan di dalam pesawat, pesawat NC212i
Avionic Rack diletakkan di bagian depan moncong pesawat sehingga dapat
menambah jumlah penumpang, perbedaan lainnya pesawat NC212i menggunakan
winglet untuk mengurangi hambatan udara di sekitar ujung sayap dan
menggunakan kaca kotak untuk menambah kenyamanan penumpang melihat
keluar pesawat.
Kokpit pesawat NC212i (dok. PTDI)
Sejarah Kerja Sama PTDI dan Airbus Defence and Space di Pesawat NC212
Kerja
sama antara PTDI dan CASA (Airbus Defence and Space) dimulai sejak
tahun 1976 ketika PTDI berdiri dan mendapatkan lisensi untuk memproduksi
C212 di bawah lisensi CASA Spanyol yang kemudian untuk produksi PTDI
menjadi NC212.
Di tahun 2012, PTDI dan Airbus Defence and Space
telah menandatangani kerja sama di Jakarta International Expo Kemayoran,
Jakarta. Kesepakatan kerja sama yang ditandatangani oleh Direktur Utama
PTDI yaitu Budi Santoso dan Wakil Presiden Senior Airbus Defence and
Space bidang Komersil, Strategi dan Hubungan Industri untuk Kawasan Asia
yaitu Ignacio Alonso adalah merupakan kesepakatan untuk memperkuat
kerja sama strategis dalam pembuatan pesawat NC212i.
Kesepakatan
kerja sama tersebut juga meliputi mulai dari pengembangan, manufaktur,
pemasaran, hingga pelayanan purna jual dalam rangka untuk memenangkan
kompetisi memenuhi kebutuhan pasar di segmen pesawat kecil, baik untuk
sipil, militer maupun kargo pada 10 tahun ke depan.
Direktur
Utama PTDI, Budi Santoso mengatakan kerja sama tersebut adalah merupakan
peningkatan status kerja sama dengan mitra lama PTDI di Eropa. Kerja
sama tersebut akan memperkuat posisi PTDI sebagai Industri pesawat
terbang terdepan di wilayah Asia Pasifik.
"PTDI dan Airbus
Defence and Space bekerja sama untuk memproduksi dan memasarkan NC212i
ke seluruh dunia dengan menawarkan pesawat terbang sipil dan militer
kelas kecil yang modern dan sangat kompetitif," ujar Budi.
Untuk
pemasaran sendiri, negara-negara di wilayah Asia Pasifik akan dilakukan
oleh PTDI sedangkan untuk negara-negara lainnya di luar wilayah tersebut
akan dilakukan oleh Airbus Defence and Space.
"Siapapun yang
melakukan pemasaran pesawat NC212i tersebut, Indonesia akan diuntungkan
karena seluruh proses pembuatan pesawat tersebut dikerjakan PTDI di
Bandung. Hal tersebut tentunya dapat menciptakan lapangan kerja yang
besar," sebutnya.
Peningkatan status kerja sama antara PTDI dan
Airbus Defence and Space tersebut merupakan bukti nyata bentuk
kepercayaan Airbus Defence and Space terhadap PTDI bahwa di masa depan
pesawat NC212i sebagai pesawat yang kompetitif dan menjanjikan di banyak
negara di dunia.
"PTDI dan Airbus Defence and Space (dahulu
CASA) sudah bekerja sama sejak 40 tahun silam atau sejak tahun 1976.
Sejak kurun waktu tersebut telah ada ratusan pesawat yang telah
diproduksi PTDI atas lisensi dari Airbus Defence and Space, di antaranya
Cassa 212 yang kemudian untuk yang diproduksi PTDI diubah namanya
menjadi NC212. Melalui kerja sama yang telah ditandatangani pada tahun
2012 tersebut, PTDI menargetkan akan membangun 6 buah pesawat NC212i
setiap tahunnya," paparnya.
CB - Su-30MKI (Modernizirovannyi Komercheskiy India = Modernisasi, Komersial pesanan India) sebagai salah satu varian Su-30 tercanggih, bahkan melebihi spesifikasi milik negara asalnya.
Pesanan Su-30MKI sebenarnya muncul dari niatan India
mencari pesawat tempur yang multiperan, beroperasi dengan durasi
minimal sepuluh jam dioperasikan oleh dua awak, dan dilengkapi avionik
terbaik.
Avionik terbaik diterjemahkan sebagai gabungan antara sistem yang dapat dibuat di India, Rusia, Ukraina, Perancis, dan Israel.
Kontrak ditandatangani Departemen Pertahanan India
dan Rosvooruzhenie pada pertengahan 1990-an senilai 1,8 miliar dolar AS
dengan transfer teknologi mencakup produksi lokal Su-30.
Desain Su-MKI tersebut dibuat baru oleh Biro Desain Sukhoi dan diuji
oleh 929th State Flight Test Centre di Akhtubinsk yang berlangsung cukup
lama, baru selesai pada 2006.
Integrator sekian banyak sistem dari berbagai negara dipercayakan kepada Ramenskoye Instrument Design Bureau (RPKB).
Produksi untuk batch awal dilakukan pabrikan Irkut (IAZ) di Siberia,
dengan 8 pesawat pertama Su-30K sebelum selanjutnya dilanjutkan ke
Su-30MKI karena lamanya waktu pengembangan.
Boleh dikata Su-30MKI adalah upaya kolaborasi masif dan belum pernah dilakukan sebelumnya, karena melibatkan tiga negara.
Rusia dan Israel bahkan tidak dalam posisi ‘bersahabat’ karena dendam lama Uni Soviet yang mendukung liga Arab.
Sebanyak empat pesawat purwarupa bahkan harus dibuat, yaitu Su-30I2, I-4, I-5, dan I-7 untuk menguji seluruh sistem dan avionik.
Jumlah purwarupa sebanyak itu setara dengan pengembangan pesawat tempur baru.
Su-30MKI pra produksi pertama lepas landas 1 Juli 1997 di bawah kendali pilot uji Vyacheslav Averyanov.
Fitur yang paling kentara dari Su-30MKI adalah dua sayap
canard di depan yang merupakan sayap aktif, dipasang untuk meningkatkan
manuverabilitas dan mengimbangi bobot radar yang meningkat.
Dengan TVC, Su-30MKI dapat bermanuver pada kecepatan sangat rendah,
atau bahkan ketika indikator airspeed menunjukkan nol, ketika seluruh
kontrol permukaan tidak dapat mengubah arah pesawat.
Artinya mudah bagi Su-30 untuk keluar dari kondisi stall dengan TVC. Sistem fly by wire pada Su-30MKI juga dibuat baru.
Kemampuan endus sasaran dipercayakan pada dua perangkat utama, radar
Tikhomirov NIIP N011M Mk2 BARS dan sistem optronik UOMZ OLS-30I berupa
pelacak inframerah pasif yang dipasang di depan kokpit.
Radar N011M yang merupakan radar PESA (Passive Electronically Scanned
Array) memiliki kemampuan deteksi sampai 350 km dan penjejakan 200 km
untuk pesawat penumpang, atau 140 km terhadap pesawat tempur dengan RCS
kecil dan mampu mengunci 15 sasaran di udara secara simultan.
Jauh unggul dari radar N001VEP milik Su-30MK2 TNI AU.
Piringan radar juga dapat ‘menunduk’ ke arah tanah untuk mendeteksi
sasaran darat seperti tank dari jarak 50 km. Untuk memudahkan mengunci
sasaran, setiap pilot kebagian HMCS (Helmet Mounted Cueing System)
Sura-K buatan Arsenal Ukraina.
Sistem komputer misi dibuat oleh badan riset India DRDO.
Su-30MKI dilengkapi sejumlah avionik standar Barat seperti sistem Mil Std 1553B databus.
Tampilan di kokpit disediakan oleh sistem display MFD55 (5×5”) yang
besar buatan Sagem di kokpit depan, dan MFD66 (6×6”) untuk operator
senjata di belakang.
Sistem navigasi inersial disediakan oleh Sagem dalam bentuk Sigma 95 INS/ GPS.
Sistem buatan Israel
mencakup Elbit SU967 HUD (Head Up Display) yang nyaman, lega, dan
sangat informatif. Sistem pertahanan Su-30MKI lagi-lagi juga
dipercayakan pada perangkat jammer aktif Elta EL/M-8222 yang mampu
mengacak radar pesawat Blok Barat dan Timur.
DRDO India
menyumbangkan sistem Radar Warning Receiver buatan dalam negeri, Tarang
MkII. Pertahanan berupa pelontar chaff dan flare dipercayakan pada
APP-50R/A dispenser dengan 96 cartridge.
Untuk misi serangan darat, Su-30MKI dipasangi sistem Rafael Litening
III targeting pod, sementara untuk pengintaian udara ada Rafael Condor 2
LOROP (Long Range Oblique Photography).
Su-30MKI juga dapat difungsikan sebagai tanker dengan pemasangan tangki
bahan bakar dengan sistem drogue & chute buatan Inggris yaitu Cobham
754.
AP Fragmen Antikythera di Museum Arkeologi, Athena.
CB - Ilmuwan
berhasil mengungkap misteri sebuah mesin bernama Antikythera. Benda
bersejarah yang ditemukan 100 tahun yang lalu ini disinyalir sebagai
komputer tertua di dunia. Ternyata, benda itu merupakan panduan
mempelajari alam semesta.
Misteri bermula saat Antikythera
ditemukan disebuah kapal karam di Laut Aegean di sebelah selatan Pulau
Yunani pada tahun 1901. Para ilmuwan tidak bisa mengungkap fungsi benda
tersebut karena mereka hanya memahami sebagian kecil teks saja.
Sekitar
12 tahun lalu, cahaya terang menuju terungkapnya misteri alat itu
terungkap. Ilmuwan mulai paham bahwa Antikythera terkait dengan tujuan
astronomi. Dengan alat itu, diperkirakan manusia masa lalu bisa
memerkirakan posisi benda-benda langit dilihat dari Bumi.
Kini,
setelah usaha cermat dengan peralat mutakhir, ilmuwan bisa membaca 3500
karakter atau 500 kata dari teks penjelasan yang terdapat di dalam mesin
berumur sekitar 2100 tahun ini.
Huruf-huruf pada mesin itu
ukurannya hanya 1,2 milimeter, terukir pada bagian dalam dan bisa
terlihat dari bagian depan dan belakang mesin. Antikythera sendiri
terbungkus dalam kayu dan dioperasikan dengan mengengkol. "Pembacaan"
tergolong rumit karena ilmuwan harus melihat lusinan hasil pindaian
berkali-kali.
Dikutip Daily Mail, Jumat (10/6/2016),
Alexader Jones, ilmuwan dari Universitas New York, mengatakan bahwa
Antikytera merupakan kalender bulan dan matahari.
Dengan
Antikytera, orang masa lalu bisa mengetahui posisi matahari dan bulan
dalam zodiak, posisi planet-planet di Tata Surya, dan memprediksi
gerhana. Lebih luas, Antikytera juga digunakan untuk memelajari alam
semesta, layaknya sebuah buku astronomi yang kita gunakan saat ini.
Jones
mengungkapkan, temuan tersebut berarti karena memberikan referensi
mengenai astronomi Yunani Kuno yang belum banyak diketahui.
"Banyak
detail yang didapatkan dari alat ini karena alat ini berasal dari
Yunani Kuno, periode yang hingga sekarang belum banyak kami ketahui
terkait astronomi dan dasar-dasar tentang teknologinya. Jadi teks kecil
ini berarti sangat besar bagi kami," terang Jones.
Antikythera
diangkat dari kapal karam tahun 1901, diperkirakan kapal berasal dari
pertengahan abad pertama Sebelum Masehi. Dengan demikian, Antikytera
sudah berumur 2000-an tahun.
Antikytera ditemukan bersama
perunggu, patung marmer, gelas dan keramik dari kapal karam sepanjang 40
meter yang belum diketahui namanya. Dari kondisinya, diperkirakan kapal
yang memuat Antikytera pecah menjadi dua bagian kemudian tenggalam dan
terperangkap di bagian bawah laut yang curam.
Reuters/Joseph Okanga Sebuah senapan mesin dipasang di kapal perusak USS Momsen (DDG 92) ketika sedang berlabuh di Mombasa, Kenya, 7 Mei 2008.
WASHINGTON, CB - Armada Ketiga Angkatan Laut Amerika Serikat akan mengerahkan kapal-kapalnya lagi ke Asia Timur.
Mereka akan beroperasi di luar kawasan normalnya di sepanjang Armada Ketujuh yang berkedudukan di Jepang.
Seorang pejabat AS mengatakan hal itu pada Selasa (14/6/2016) di
Washington DC. Apa yang dilakukan AS itu terjadi pada saat ketegangan
dengan China sedang meningkat.
Kelompok Aksi Permukaan Pasifik Armada Ketiga, yang mencakup
kapal-kapal perusak USS Spruance dan USS Momsen, dikerahkan ke Asia
Timur pada April.
Menurut seorang pejabat AS, semua kapal perusak itu berpeluru kendali atau rudal.
Kapal-kapal Armada Ketiga dikerahkan lagi di kawasan itu di masa mendatang.
Dia dan dan seorang pejabat lainnya mengatakan, kapal-kapal itu akan
melakukan operasi-operasi, tetapi mereka tidak mengungkapnya secara
rinci.
Pemerintah China telah mengklaim sebagian besar wilayah sengketa Laut China Selatan.
Setiap tahun kapal-kapal niaga internasional melintasi kawasan itu
dengan membawa barang-barang senilai lebih dari lima triliun dollar AS.
Di luar China, juga ada Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan
Brunei yang terlibat saling klaim atas wilayah yang sama di Laut China
Selatan.
Empat negara anggota ASEAN dan Taiwan itu juga mengklaim memiliki hubungan militer dengan AS.
China juga marah besar ketika militer AS melakukan patroli dan latihan militer dengan sekutunya di perairan sengketa.
Tindakan AS itu oleh Beijing disebut sebagai provokasi karena
berlayar di dekat pulau -pulau buatan China. AS menyatakan kehadirannya
itu untuk melindungi kebebasan navigasi.
Armada Ketiga, yang berpusat di San Diego, California, biasanya
melakukan operasi ke sisi timur garis batas internasional Samudera
Pasifik.
Nikkei Asian Review, Jepang, mengutip Panglima Armada Pasifik AS
Laksamana Scott Swift, Selasa, mengatakan, operasi tersebut terjadi
dalam "konteks ketaktentuan dan perasaan tak nyaman di kawasan."
Sekalipun tidak menyebut dengan jelas tentang China dalam penjelasannya, namun Swift jelas mengarahkannya kepada perilaku China.
Swift berargumentasi, AL hendaknya memanfaatkan "kekuatan gabungan
secara total" dari 140.000 pelaut, lebih dari 200 kapal dan 1.200
pesawat yang membentuk Armada Pasifik.
Armada Ketujuh meliputi sebuah kelompok serang kapal induk, 80 kapal
lainnya, dan 140 pesawat. Juga memiliki lebih 100 kapal, termasuk empat
kapal induk untuk pesawat tempur.
Para pejabat China telah menyalahkan AS atas ketegangan yang meningkat di kawasan.
"Saya pikir sebelum apa yang disebut 'pengimbangan kembali di Asia
Pasifik,' oleh pihak BAS, Laut China Selatan sangat, sangat damai," kata
Liu Xiaoming, Duta besar China untuk Inggris, pekan lalu.
“China bicara kepada negara-negara tetangga. Kita punya Deklarasi
Perilaku (DoC) dan Filipina berbicara kepada kami. Ketika pihak AS
datang, dengan membawa apa yang disebut 'pengimbangan' kembali, terjadi
perubahan dramatis," katanya.
“Mereka ingin mencari alasan supaya punya kehadiran militer yang kuat
di Laut China Selatan dan Asia Pasifik. Kalau tenang, apa alasan mereka
untuk hadir di sana?” tanya Liu.
Greg Poling, Direktur Asia Maritime Transparency Initiative di lembaga think tank
Pusat Kajian Strategis dan Internasional, mengatakan, langkah itu
tampaknya bagian dari rencana Presiden Barack Obama untuk menggeser 60
persen dari aset AL Amerika ke Asia
Pergerseran itu untuk mengimbangi kehadiran dan kebangkitan China di kawasan.
Jakarta -Mesin bor bawah tanah ketiga proyek MRT Jakarta yang bernama 'Mustikabumi I' hari ini telah menembus (breakthrough)
Stasiun Dukuh Atas (Jl. Tanjung Karang), semenjak dioperasikan pada 24
Februari 2016 lalu dari Stasiun Bundaran HI, dengan total panjang
terowongan ± 682,5 meter.
Sebagai informasi, mesin Bor
Mustikabumi I ini memiliki diameter ± 6,79 meter, dengan total panjang ±
59 meter dan bobot mencapai ± 300 ton, mulai dari bagian kepala (cutterhead) hingga bagian akhir (backup cars).
Untuk
gambaran cara kerja Tunnel Boring Machine (TBM) Mustikabumi I ini,
setiap mesin bor melakukan penggalian ke arah depan, kemudian langsung
diikuti dengan pemasangan segmen terowongan berupa potongan-potongan precast
dengan lebar 1,5 meter dan ketebalan 30 cm yang akan membentuk cincin
(ring) di belakangnya. Setiap ring yang telah terpasang akan menjadi
tumpuan hydraulic jacks dari mesin TBM untuk mendorong maju ke depan.
Kemajuan Pekerjaan Konstruksi Terowongan Jalur Bawah Tanah MRT
Terdapat
4 mesin bor bawah tanah yang digunakan pada paket pekerjaan konstruksi
bawah tanah proyek MRT Jakarta. Mesin bor tersebut digunakan untuk
membuat terowongan jalur bawah tanah MRT Jakarta sepanjang Senayan
sampai dengan Bundaran HI.
Dua mesin bor bawah tanah telah
dioperasikan dari arah selatan, Patung Pemuda, menuju ke arah utara,
serta dua mesin bor bawah tanah lainnya dioperasikan dari arah utara,
Bundaran HI, menuju arah selatan. Pekerjaan tunneling keempat bor bawah tanah nantinya akan berakhir di Stasiun Setiabudi. Direncanakan seluruh pekerjaan tunneling akan selesai pada akhir tahun 2016.
Mesin
bor pertama (Antareja) mulai beroperasi sejak bulan September 2015,
sedangkan mesin bor kedua (Antareja II) telah dioperasikan sejak bulan
November 2015. Sebagai informasi, bor Antareja yang pertama telah
berhasil membuat terowongan jalur MRT bawah tanah sampai dengan Stasiun
Istora dengan total panjang ± 934,5 meter (Patung Pemuda sampai dengan
Stasiun Senayan sepanjang ± 327 meter dan Stasiun Senayan sampai dengan
Stasiun Istora sepanjang ± 607,5 meter). Sedangkan untuk bor Antareja II
telah berhasil membuat terowongan jalur MRT bawah tanah sampai dengan
Stasiun Istora dengan total panjang ± 930 meter.
Saat ini mesin bor pertama (Antareja) telah melakukan re-launching
untuk melakukan pengeboran dari Stasiun Istora menuju Stasiun Bendungan
Hilir dan per tanggal 14 Juni 2016 telah berhasil membuat tunnel
dari Stasiun Istora menuju Bendungan Hilir sepanjang ± 33 meter. Untuk
mesin bor Antareja II sedang dilakukan pekerjaan pemindahan (pass through) rangkaian TBM ke area keberangkatan (re-launching) mesin TBM di bagian Utara Stasiun Istora dan akan mulai melakukan re-launching pada awal Juli.
Dua
mesin bor bawah tanah lainnya, bernama Mustikabumi I dan Mustikabumi
II. Untuk Mustikabumi I telah dioperasikan mulai dari titik Bundaran HI
sejak Februari 2016 dan per 14 Juni 2016 telah mencapai ± 675 meter.
Sedangkan untuk Mustikabumi II, telah mulai beroperasi dari lokasi yang
sama sejak April 2016 dan 14 Juni 2016 telah mencapai ± 193,5 meter.
Kedua mesin bor ini bergerak melakukan penggalian membuat terowongan
jalur bawah tanah MRT menuju arah Selatan hingga menembus Stasiun Dukuh
Atas dan akan dilanjutkan hingga berakhir di Stasiun Setiabudi.
Mesin
bor pertama dan kedua (Antareja I dan Antareja II) dioperasikan oleh
kontraktor paket pekerjaan CP 104 & CP 105 (Senayan-Setiabudi),
yaitu SOWJ Joint Venture yang terdiri dari Shimizu-Obayashi-Wijaya
Karya-Jaya Konstruksi.
Untuk mesin bor ketiga dan keempat
(Mustika Bumi I dan Mustika Bumi II) dioperasikan oleh kontraktor paket
pekerjaan CP 106 (Dukuh Atas – Bundaran HI), yaitu SMCC-HK Joint
Operation yang terdiri dari Sumitomo Mitsui Construction Company-Hutama
Karya.
Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi
Pudjiastuti, mengusulkan pengadaan 'kapal markas' yang juga berfungsi
sebagai kapal terapung. Tujuannya, agar dirinya maupun pejabat eselon I
kementeriannya bisa berkantor di mana pun di atas laut.
"Punya
kapal markas dengan wilayah laut yang luas itu harus. Fungsinya untuk
bakti sosial, ada rumah sakit, sekolah keliling, karantina ikan. Juga
agar Dirjen saya berkeliling, nggak hanya di Jakarta terus kantornya," kata Susi saat rapat kerja dengan Komisi IV, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/6/2016).
Kapal
dengan nilai taksiran Rp 600 miliar ini diajukan Susi dalam rencana
kerja Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (R-APBN) 2017. Selama
menjabat menteri, ujar Susi, dirinya kerap menggunakan kapal markas
milik TNI AL.
Kapal ini rencananya dibuat oleh PT Pal Indonesia.
"Ada
kapal markas kan staf dan jajaran KKP lebih sering di lautan. Kita mau
pinjam kapal perang kadang fasilitasnya bukan buat peruntukan kantor,
atau baksos keliling, jadi repot," jelasnya.
Dia menambahkan,
usulan kapal markas dinilai sudah sangat mendesak. Kantor terapung
tersebut juga membuat dirinya maupun pejabat KKP lain bisa lebih intens blusukan ke nelayan.
"Supaya dekatkan pemerintah kepada masyarakat. Nanti RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan Komisi IV juga nggak hanya di darat, tapi juga bisa di laut," seloroh Susi.
Rapat dengan DPR, Susi Usul Beli 6 Pesawat Patroli Rp 900 Miliar
Foto: Dina Rayanti-detikFinance
Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP),
Susi Pudjiastuti, sore ini menghadiri rapat kerja dengan Komisi IV DPR
RI. Rapat yang berlangsung sejak pukul 14.30 ini membahas rencana kerja
KKP 2017, serta perubahan anggaran dalam APBN-P 2016.
Dari
seluruh pembahasan, usulan pembelian 6 pesawat patroli ini jadi usulan
rencana kerja yang paling diperdebatkan oleh Komisi IV. Anggaran
pembelian pesawat patroli yang diajukan secara multiyears Rp 900 miliar.
Diungkapkan
Susi, dengan pembelian pesawat, ongkos operasional patroli laut bisa
lebih murah ketimbang dengan menggunakan kapal laut. Bahkan menurutnya,
negara bisa menghemat lebih dari Rp 500 miliar lebih per tahun.
"Total
kita hitung setahun dengan jam kerja 5 hari untuk 6 pesawat biaya hanya
Rp 35 miliar, sementara kalau dengan patroli kapal laut dengan jam
operasi 3 hari kerja selama 50 jam bisa mencapai Rp 600 miliar," kata
Susi saat rapat kerja dengan Komisi IV di Gedung DPR, Jakarta, Selasa
(14/6/2016).
Susi mengungkapkan, hitungan tersebut terutama dihitung dari perbandingan konsumsi BBM antara pesawat udara dan kapal laut.
Lewat
penghematan setidaknya Rp 500 miliar tersebut, pihaknya bisa
mengalihkannya ke pembelian speedboat untuk pengawasan di pulau-pulau
kecil.
"Penghematan Rp 500 miliar jadi kita bisa tambah buat beli
speedboat. Kemarin saya ke NTT terumbu karang rusak karena bom ikan,
setelah ditanya ternyata mereka kurang perahu untuk pengawasan," jelas
Susi.
Foto: Area tempat menurunkan penumpang Terminal 3 Ultimate (Maikel Jefriando/Detik)
Tangerang -Tidak lama lagi, Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta), Tangerang segera dioperasikan .
Pengelola
bandara, PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan pada 20 Juni 2016 bisa
beroperasi dan sekaligus memecah konsentrasi kepadatan penumpang saat
mudik Lebaran.
detikFinance, Minggu (12/6/2016)
berkesempatan melihat perkembangan pembangunan Terminal 3 Ultimate.
Masih banyak memang yang belum berfungsi, akan tetapi cantiknya terminal
sudah tergambar.
Pelataran depan terminal tampak sangat luas dengan lapisan
keramik yang mengkilat. Pada posisi ini nantinya akan menjadi area
kedatangan penumpang.
Masuk ke bagian dalam, penumpang harus melewati proses
pemeriksaan. Ada dua pintu yang baru bisa digunakan dengan dua mesin
x-ray, dilengkapi beberapa petugas keamanan.
Beberapa meter setelahnya, tertera papan informasi yang
menunjukkan arah untuk pelaporan internasional, domestik, serta toilet
dan mushola. Penumpang bisa menuju tempat yang diinginkan.
Area pelaporan atau check in juga terlihat luas. Dapat
dipastikan penumpang tidak akan berdesak-desakan nantinya. Ini terbagi
atas kelas ekonomi, bisnis, serta first class. Juga disediakan area check in tanpa bagasi.
Untuk menuju ruang tunggu, penumpang nantinya akan dimanjakan
dengan beberapa produk dari ritel ternama. Penumpang bisa langsung
menuju ruang tunggu, atau sekedar menikmati fasilitas bandara yang
seakan berada di mal.
Ruang tunggu dirancang dengan sangat nyaman. Beberapa kursi
tersedia dengan format menyamping dan juga berhadapan dengan dominasi
hijau dan biru. Ada meja juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan
penumpang.
Dari ruang tunggu, mata langsung tertuju kepada lapangan parkir
pesawat karena hanya dibatasi oleh kaca. Belasan pintu tersedia untuk
penumpang menuju pesawat.
Begini Penampakan Toilet di Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta
Foto: Fasilitas Toilet di Terminal 3 Ultimate (Maikel Jefriando/Detik)
Tangerang -Terminal 3 Ultimate Bandar Udara
Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang dirancang agar penumpang bisa
merasakan kenyamanan mirip dengan bandara kelas dunia seperti Changi
Airport, Singapura.
Alhasil, PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II)
sebagai operator bandara menyediakan fasilitas dan layanan yang
memiliki standar tinggi.
Salah satu komponen yang penting adalah toilet.
Berdasarkan pantauan detikFinance, Minggu
(12/6/2016), terminal baru ini menyediakan beberapa toilet. Karena masih
dalam tahap finalisasi, hingga sekarang baru ada dua toilet yang bisa
digunakan.
Dua toilet tersebut terletak di area pelaporan domestik dan ruang tunggu pesawat.
Dari sisi warna, kedua toilet tampak senada. Menggunakan unsur
hitam pada bagian lantai dan dinding berwarna cokelat. Banyaknya lampu
yang tersedia menjadikan toilet sangat terang.
Jumlah fasilitas di dalam toilet juga banyak, baik untuk buang
air besar maupun buang air kecil maupun hanya sekedar mencuci muka.
Beberapa pengharum ruangan juga tampak di beberapa posisi. Toilet dipastikan tetap terjaga wangi. Penasaran mencoba?
CALIFORNIA – Ribuan orang dilaporkan telah
melihat kapal laut melayang di atas laut. Hal ini memicu klaim bahwa
portal dari dimensi lain kemungkinan telah dibuka.
Rekaman video yang di-posting ke YouTube diduga menunjukkan fenomena
seperti yang terlihat dari Cocoa Beach, Florida, Amerika Serikat. Video
kabarnya difilmkan oleh seorang turis tetapi disaksikan oleh banyak
orang di pantai.
Meskipun ada beberapa pihak yang mengklaim itu merupakan kapal laut
terbang atau pesawat UFO berbentuk aneh, namun para skeptis mengatakan,
itu bukan kapal laut yang melayang, tetapi contoh lain dari ilusi optik
yang tidak biasa, yang dikenal sebagai “Fata Morgana”.
Fata Morgana merupakan ilusi optik yang dilihat dari tanah atau di
laut ketika cahaya dibiaskan melewati lapisan udara dari kerapatan yang
berbeda kerena dipanaskan secara berbeda oleh Matahari. Mereka mirip
dengan kilauan yang sering terlihat di jalan pada siang hari yang panas
saat mengemudi.
Pembiasan cahaya bisa menyebabkan mereka menjadi kesenjangan antara
daratan atau laut dengan objek tersebut, sehingga memberikan kesan
mengambang. Pada kesempatan ini, turis mengklaim telah merekam dari
balkon rumahnya yang menghadap ke pantai, kemudian mengunggah rekaman ke
YouTube.
Di samping itu, satu penggemar UFO, melontarkan sebuah teori atas
gambar dan video aneh, menolak teori ilusi optik untuk menyenangkan para
pengikutnya. Scott C Waring, UFOSIGHTINGDAILY.COM segera mengklaim
bahwa itu UFO yang diawaki oleh alien. Demikian sebagaimana dilansir Express, Selasa (14/6/2016).
SEOUL - Kepolisian Korea Selatan (Korsel) menuturkan, para hacker asal
Korea Utara (Korut) telah berhasil mencuri sejumlah dokumen pertahanan
Korsel. Dari ribuan dokumen yang dicuri, salah satunya adalah cetak biru
bagian sayap jet baru buatan Amerika Serikat (AS), yakni F-15.
Menurut The Wall Street Journal, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (14/6), para hacker
Korut telah mencuri lebih dari 40.000 dokumen industri pertahanan dalam
serangan terhadap dua perusahaan yang dimulai pada tahun 2014 dan
ditemukan awal tahun ini.
Salah satu perusahaan,
Korean Air Lines Co, mengatakan bahwa cetak biru sayap untuk F-15 yang
digunakan oleh militer Korsel, serta gambar bagian dari pesawat
mata-mata tak berawak, berada di antara dokumen yang telah dicuri hacker
Korut.
"Korut ternyata telah mempersiapkan untuk waktu yang lama untuk mencoba meluncurkan serangan cyber terhadap kami," kata Badan Kepolisian Nasional Korsel dalam sebuah pernyataan.
Polisi mengatakan bahwa berhasil dideteksinya serangan cyber
terbaru, membuat mereka bisa mencegah serangan sejenis dengan skala
yang lebih besar. Serangan itu dilakukan dari alamat internet yang sama
dengan yang digunakan Pyongyang saat melakukan serangan cyber terhadap bank dan staisun televisi Korsel tahun 2013 lalu.
Militer
Korsel memang telah menjadi target utama serangan hacker sejak 2014.
Seoul percaya bahwa Pyongyang memiliki sebuah unit khusus yang berisi
lebih dari 6.000 hacker untuk melakukan serangan di dunia maya
WASHINGTON
- Pentagon mengaku mendukung kemajuan milisi Libya dalam memerangi ISIS
di negara yang kaya minyak itu. Meski begitu, Pentagon menyatakan tidak
menawarkan bantuan militer untuk pemerintah persatuan Libya guna
menggulingkan ISIS.
"Fokus kami dipersiapkan untuk mendukung
(pemerintahan baru), karena mereka berusaha untuk bertanggung jawab atas
keamanan bagi semua rakyat Libya. Pada saat ini, kami belum diminta
untuk memberikan dukungan," kata juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel
Michelle Baldanza, seperti dikutip dari laman USA Today, Selasa (14/6/2016).
ISIS
mengambil alih Sirte pada tahun lalu, memanfaatkan gejolak di Libya
untuk mendapatkan pijakan di Afrika utara, negara yang kaya minyak.
Libya disebut-sebut bakal menjadi benteng terakhir kelompok ekstrimis
ISIS.
Pertempuran memerangi ISIS di Libya dimulai sebulan lalu,
yang dipimpin oleh kelompok milisi dari kota barat Misrata, sebelah
barat Sirte, dan terus maju ke barat dan selatan. Sirte adalah
satu-satunya wilayah yang dikuasai ISIS, di luar Suriah dan Irak.
Berlin, Jerman (CB) - Kapal induk Amerika Serikat USS
Dwight D. Eisenhower memasuki Mediterania atau Laut Tengah Senin waktu
setempa, kata angkatan laut Amerika Serikat seperti dikutip Reuters.
Manuver ini terjadi saat para pejabat AS meningkatkan kewaspadaan
terhadap ekspansi maritim Rusia.
Kapal induk Eisenhower yang juga
dikenal dengan sebutan "Ike," akan membantu armada pimpinan kapal induk
USS Harry S Truman yang bulan ini akan kembali ke Amerika Serikat
setelah diperpanjang delapan bulan.
Kapal Eisenhower yang juga memimpin armada perang yang terdiri dari
kapal penjelajah, penghancur dan pesawat jet tempur, dijadwalkan terus
berada di wilayah Teluk untuk ikut serta dalam serangan udara Amerika
Serikat terhadap ISIS di Irak dan Suriah.
Jet tempur yang ditempatkan di kapal induk Truman telah melakukan
serangan udara terhadap ISIS dari Laut Mediterania sejak 3 Juni lalu.
Pengerahan kapal Eisenhower itu adalah bagian dari rotasi pasukan
AS yang mendukung operasi keamanan maritim di seluruh dunia. Armada
kapal perang itu termasuk di antaranya adalah dua kapal penjelajah dan
empat destroyer yang masing-masing bersenjatakan peluru kendali, dan
sembilan skuadron jet tempur.
Angkatan laut mengatakan,
keberadaan dua kelompok serang kapal induk di Laut Mediterania
menunjukkan komitmen AS terhadap keamanan dan keselamatan, sambil
mengirimkan "sebuah pesan dukungan yang kuat terhadap sekutu dan rekan
kami di Eropa".
Gerakan itu bersamaan dengan digelarnya latihan militer NATO di
Eropa barat dan Turki yang dapat meningkatkan ketegangan dengan Rusia.
Para pejabat AS mengatakan Rusia mengoperasikan sejumlah kapal
perang dan kapal selam di Laut Mediterania dan merencanakan latihan
militer mereka sendiri dalam beberapa minggu ke depan.
Laksamana
James Foggo yang memimpin armada Angkatan Laut Amerika Serikat di Laut
Mediterania, dan analis angkatan laut Alarik Fritz minggu lalu
mengatakan bahwa Rusia semakin agresif memperluas kemampuan maritim atas
dan bawah laut mereka dari Laut Arktik hingga Laut Hitam.
Paris (CB) - Ribuan demonstran yang diangkut dalam ratusan
bus dari seluruh Prancis berkumpul di Paris pada Selasa memprotes
wacana pemerintah mengubah aturan tenaga kerja yang akan memudahkan
proses penerimaan dan pemutusan hubungan kerja.
Polisi telah berulang kali bentrok dengan para pendemo muda dalam sejumlah aksi unjuk rasa beberapa pekan terakhir.
Meski aksi mogok di sejumlah sektor publik sempat berkurang,
demonstrasi di Paris merupakan ajang unjuk rasa terbesar yang akan
dilakukan selama tiga bulan, kata serikat pekerja CGT.
"Ini bukan akhir," kata ketua CGT Philippe Martinez seraya menegaskan, "perjuangan ini belum usai."
CGT yang didukung sejumlah serikat pekerja kecil dalam aksi
protesnya berbeda pendapat dengan serikat pekerja besar lain yang justru
mendukung rencana perubahan regulasi tersebut.
Dalam perubahan itu, perusahaan dimungkinkan dapat lebih banyak mengatur urusan gaji dan aturan bekerja.
Sekitar 700 bus dipakai mengangkut pendemo yang berunjuk rasa melewati pusat kota pada sore hari, kata Martinez.
Para pekerja di perusahaan kereta api milik pemerintah SNCF juga ikut mogok kerja.
Namun, kejadian sebelumnya pada dua pekan lalu pada tahun ini dianggap lebih besar dari aksi mogok itu.
SNCF menyatakan, 90 persen koneksi berkecepatan tinggi beroperasi, dan layanan lain juga bekerja hingga 70 persen.
Pengemudi taksi turut bergabung dalam aksi protes menentang layanan
"taksi dalam jaringan" yang belum diatur hukum hingga menyebabkan
kemacetan di sisi barat ibu kota.
Serikat pekerja CGT dan Force Ouvriere menegaskan, perubahan
regulasi itu dapat membahayakan standar perlindungan tenaga kerja.
Pemerintah dan serikat pekerja lainnya, CFDT, di sisi lain, berdalih
aturan itu akan mengurangi angka pengangguran hingga sepuluh persen
serta membantu pengembangan representasi tenaga kerja di tingkat akar
rumput.
Pasalnya, tingkat pengangguran angkatan muda di negara itu mencapai 24 persen.
"Ini saat yang tepat untuk tenang sejenak," bujuk ketua serikat pekerja pro-perubahan CFDT, Laurent Berger.
Tingkat keanggotaan serikat pekerja di Prancis merupakan yang
terendah di kawasan Eropa, yaitu kurang dari sepuluh persen dari seluruh
angkatan kerja.
Akan tetapi, serikat itu tetap memiliki pengaruh karena negosiasi
atas tenaga kerja berlaku bagi tiap pekerja di seluruh sektor.
Pemerintahan sosialis Hollande menolak pembatalan rancangan perubahan regulasi itu.
Bahkan, rancangan aturan itu dijadwalkan untuk dibahas di senat pada
Selasa, walaupun sebelumnya pemerintah melalui majelis rendah di
parlemen telah membuat surat ketetapan sementara.
Harapan pemerintah draf itu akan menjadi hukum berkekuatan tetap pada Juli.
Jajak pendapat terkait isu itu memperlihatkan sekitar 80 persen
penduduk kurang sepakat dengan perubahan yang telah diperdebatkan sejak
Maret.
Namun, jajak pendapat itu turut menunjukkan, gerakan protes tampak tidak lagi didukung mayoritas rakyat Perancis.
Demonstrasi pada Selasa itu terjadi saat kepolisian tengah sibuk
mengamankan turnamen sepak bola Liga Eropa yang berlangsung selama satu
bulan.
Prancis masih dalam masa penjagaan maksimum mengingat insiden
mematikan dari kelompok garis keras telah mengorbankan 130 jiwa pada
November lalu, demikian Reuters melaporkan.
... ratusan wanita dibunuh keluarganya di Pakistan setiap tahun
dengan dalih membela apa yang disebut kehormatan keluarga...
Lahore, Pakistan (CB) - Kelompok ulama berpengaruh di
Pakistan, Senin (13/06), mengeluarkan fatwa terhadap kasus pembunuhan
demi kehormatan, dengan seorang juru bicara menyebutnya “tidak etis dan
tidak dapat dibenarkan,” menyusul serangkaian serangan terhadap
perempuan yang menimbulkan kemarahan nasional.
Sunni Ittehad
Council (SIC) mengatakan, pembunuhan yang terjadi di Lahore pekan lalu
terhadap remaja bernama Zeenat Bibi karena ia menikahi pria pilihannya
adalah “dosa besar.”
Fatwa tersebut didukung sampai 40 ulama di
dalam dewan itu, sekelompok organisasi Sunni yang memiliki pengaruh
cukup besar di Provinsi Punjab, Pakistan.
Allah SWT menyatakan
bahwa perempuan harus dibebaskan untuk menikahi siapa saja yang mereka
pilih selama kedua belah pihak setuju, ungkap Sekretaris Jenderal SIC
Punjab, Mufti Saeed Rizvi, kepada AFP pada Senin.
“Sehingga
pembunuhan dengan cara yang normal atau brutal (membakar hidup-hidup,
dan lain-lain), seperti yang dilakukan terhadap Zeenat di Lahore
baru-baru ini, benar-benar suatu dosa besar," kata dia.
"Semua
ulama mengecamnya dan menyatakan itu pelanggaran hukum, tidak
konstitusional, tidak demokratis, tidak etis dan tindakan yang tidak
dapat dibenarkan dan harus dihentikan oleh negara bagian,” katanya.
Islam, katanya, menghormati hak-hak perempuan, sementara isu kehormatan itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan agama.
Hingga
sekarang, ratusan wanita dibunuh keluarganya di Pakistan setiap tahun
dengan dalih membela apa yang disebut kehormatan keluarga.
"Seorang
Gadis di Sungai: Harga Pengampunan" --film tentang kisah seorang
penyintas yang jumlahnya sangat sedikit atas percobaan pembunuhan demi
kehormatan-- memenangkan Piala Oscar untuk film dokumenter pendek
terbaik pada Februari.
Di tengah publisitas film, Perdana Menteri
Pakistan, Nawaz Sharif, berjanji memberantas "kejahatan" atas
pembunuhan atas nama kehormatan namun tak ada hukum baru yang dibahas
sejak itu.