Senin, 24 Oktober 2016

Pasukan Kurdi Klaim Sukses Rebut Bashiqa dari Tangan ISIS

 
Pasukan Kurdi Klaim Sukses Rebut Bashiqa dari Tangan ISIS
Pasukan Kurdi mengklaim mereka telah sukses merebut kembali wilayah Bashiqa dari tangan ISIS. Foto/Reuters
 
BAGHDAD - Pasukan Kurdi mengklaim mereka telah sukses merebut kembali wilayah Bashiqa dari tangan ISIS. Bashiqa adalah salah satu wilayah yang berada di pinggiran kota Mosul, Irak.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang memiliki koneksi langsung dengan Kurdi Irak mengatakan, Masoud Barzani, Presiden Wilayah Kurdi Irak, telah memberitahu Menteri Pertahanan AS, Ash Carter bahwa Kurdi telah berhasil membebaskan Bashiqa dari ISIS.

Sementara itu, pasukan Kurdi yang disebut juga sebagai Peshmerga, mengatakan kepada wartawan di dekat Bashiqa, kota itu telah netral dari ISIS. Namun, seperti dilansir Reuters pada Minggu (23/10), wartawan belum diizinkan memasuki kota tersebut.

Pemerintah Irak sendiri sejak pekan lalu sudah memulai operasi pembebasan Mosul. Operasi ini dilakukan oleh pasukan gabungan Irak yang terdiri dari militer Irak, unit militer Kurdi serta milisi Sunni, dan milisi Syiah. Selain itu, pasukan gabungan juga mendapat dukungan udara dari koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat.

Sebelum berhasil merebut Bashiqa, pasukan gabungan juga telah sukses merebut desar Kafer. Sama dengan Bashiqa, Kafer adalah salah satu wilayah yang berada di sekeliling Mosul.

Saat ini pasukan gabungan Irak tengah berusaha untuk masuk ke dalam pusat kota Mosul. Pertempuran sendiri diprediksi belum akan berakhir dalam waktu dekat, mengingat Mosul adalah pusat komando ISIS di Irak, sehingga ISIS dipastikan akan mati-matian mempertahankan Mosul.


Credit  Sindonews