Senin, 11 Mei 2015

Rusia Gelar Parade Militer Terbesar saat Perayaan V-Day


Parade militer terbesar dalam V-Day Rusia kali ini (Foto: Sputnik)
Parade militer terbesar dalam V-Day Rusia kali ini (Foto: Sputnik)
MOSKOW - Dalam perayaan Hari Kemenangan atau V-Day yang digelar kemarin menjadi ajang unjuk gigi Rusia. Perayaan yang digelar tahunan itu, militer Negeri Beruang Merah tersebut menggelar secara besar-besaran bahkan tercatat terbesar ketimbang perayaan beberapa tahun lalu.
Ini sekaligus menandai 70 tahun kemenangan atas Nazi dalam Perang Dunia II. Berbagai senjata tempur dan alutsista canggih dipamerkan Rusia dalam parade yang digelar di Lapangan Merah, Kota Moskow.
Seperti dilansir Sputnik, Minggu (10/5/2015), ada yang unik dalam perayaan tersebut. 16.500 tentara Rusia mengenakan seragam besisaat berbaris di Lapangan Merah. Seragam besi itu untuk kali pertama ditampilkan dalam perayaan V-Day Rusia.
Kemudian, lebih dari 140 jet tempur dan helikopter ikut beraksi dalam aksi tersebut. Mereka bermanuver dan menghisasi langit Kota Moskow. Ratusan jet tempur itu menghibur 30 pemimpin negara dunia yang hadir dalam parade militer terbesar Rusia itu.
Selain jet tempur, Rusia juga memamerkan rudal balistik antar-benua, RS-24 Yars, sistem pertahanan udara, rudal S-400. Rudal itu dilengkapi tiga hulu ledak nuklir. Tank Armata T-14 yang diklaim Rusia sebagai tank terkuat di dunia untuk saat ini, terlihat dalam parade militer tersebut.
Senapan mesin teranyar, AK-74 M, yang diproduksi produsen senjata legendaris Rusia, Kalashnikov Concern, ikut meramaikan parade militer yang tercatat sebagai parade militer terbesar yang pernah dipentaskan Rusia.
Kendati demikian, parade militer Rusia itu diboikot para pemimpin negara-negara Barat dengan alasan membela Ukraina dalam konflik dengan Rusia.
Menjelang parade militer, Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa kerjasama internasional memang telah terancam dalam beberapa tahun terakhir. Dalam pidato sambutannya, Presiden Putin memuji pengorbanan pasukan Uni Soviet (sekarang Rusia) selama Perang Dunia II.
Dia juga mengucapkan terima kasih warga Inggris, Prancis, dan AS atas kontribusi mereka untuk kemenangan itu.
“Namun, dalam beberapa dekade terakhir prinsip-prinsip dasar kerjasama internasional telah diabaikan, dengan semakin sering kita melihat bagaimana mentalitas militer blok Barat dalam meraih momentum,” ujar Putin.



Credit  Okezone


30 Pemimpin Negara Ikuti V Day Moskow, Ukraina Ikuti Eropa

Perayaan V Day di Moskow. (Foto : Sputnik)
Perayaan V Day di Moskow. (Foto : Sputnik)
MOSKOW – Sebanyak 30 pemimpin negara dan organisasi internasional akan menghadiri perayaan peringatan 70 Tahun Kemenangan Perang Dunia Kedua (V Day) di Moskow, 9 Mei 2015.
Laporan dari Sputnik, Sabtu (9/5/2015) menyebutkan bahwa Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan para pemimpin negara dari China, India, afrika Selatan, Venezuela, Vietnam, Jerman, Zimbabwe, Kuba, Makedonia, Mongolia, Palestina, Slovakia, Bosnia Herzegovina, Abkhazia, Ossetia Selatan, Serbia, Republik Ceko, Azerbaijan, Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgiztan, Tajikistan, dan Turkmenistan telah menyatakan akan menghadiri acara peringatan tersebut.
Tamu lainnya yang juga direncanakan akan datang antara lain Ketua Presidium Rakyat Korea Utara, Kim Yong Nam, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon, Direktur Badan PBB untuk pendidikan dan kebudayaan (United Nations Education Scientific dan Cultural Organization–UNESCO) Irina Bokova.
Italia dan Prancis dikabarkan akan mengirimkan menteri luar negeri mereka, sedangkan cucu dari mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churcill akan mewakili Inggris dalam perayaan ini.
Untuk pertama kalinya dalam 70 tahun, Ukraina akan merayakan peringatan kemenangan ini pada 8 Mei bersama-sama dengan negara Eropa Barat. Pemimpin Ukraina Petro Poroshenko memperingati kemenangan ini dengan mengumumkan hari libur baru yang bertajuk ‘Hari Peringatan dan Rekonsiliasi’ yang menunjukkan keinginan Ukraina untuk meninggalkan masa lalunya yang terhubung dengan Soviet.
“Pada 8 Mei, untuk pertama kalinya rakyat Ukraina akan bergabung dengan tradisi Eropa untuk mengenang para korban Perang Dunia Kedua. Hari berikutnya di Moskow, dengan alasan memperingati Kemenangan Besar, pasukan agresor akan memperlihatkan kekuatan berbahayanya kepada dunia,” kata Poroshenko.
Selain Moskow, parade V Day tahun ini akan diadakan juga di 150 kota di seluruh Rusia, di Belarusia, Kirgiztan, dan Armenia, dan beberapa negara lainnya.


Credit   Okezone


Parade 70 Tahun V Day, Putin Berterima Kasih pada Sekutu

Tentara Rusia dalam parade Peringatan 70 Tahun Kemenangan Perang Dunia Kedua di Moskow 9 Mei 2015. (Foto : Reuters)
Tentara Rusia dalam parade Peringatan 70 Tahun Kemenangan Perang Dunia Kedua di Moskow 9 Mei 2015. (Foto : Reuters)
MOSKOW – Parade Peringatan 70 Tahun Kemenangan Perang Dunia Kedua (V Day) di Moskow hari ini ditutup dengan Lagu ‘Den Pobedy’ yang dimainkan oleh orkestra gabungan Rusia. Acara ini diklaim sebagi parade militer terbesar yang pernah dilangsungkan di Rusia.
Rangkaian acara peringatan V Day dibuka pada pukul 10.00 waktu Rusia. Setelah bendera Rusia diarak memasuki Lapangan Merah, acara dimulai dengan inspeksi dari para pejabat militer dan menteri pertahanan Rusia.
Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pidato dihadapkan para tamu undangan yang hadir. Dalam pidatonya pemimpin Rusia yang telah berkuasa selama 15 tahun itu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pasukan sekutu.
“Kemenangan ini, selamanya akan menjadi keberanian tertinggi yang tercatat dalam sejarah negara kita. Tapi kita juga harus mengingat, sekutu kita di koalisi anti-Hitler. Kami berterima kasih kepada rakyat Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat untuk kontribusi mereka,” kata Putin dalam pidatonya sebagaimana dikutip Sputnik, Sabtu (9/5/2015).
Setelah menyambut para pemimpin negara-negara yang hadir, Putin meminta hadirin untuk mengheningkan cipta mengenang para korban yang jatuh selama Perang Dunia Kedua. Setelah memberi penghormatan kepada para veteran perang, lagu kebangsaan Rusia berkumandang dan parade pun dimulai.
Parade ini melibatkan 16.500 orang tentara, 200 unit kendaraan tempur, dan 140 unit helikopter dan pesawat tempur. Selain itu, pasukan dari 10 negara yang hadir juga ikut ambil bagian. Di antara negara-negara yaitu China, Serbia, dan Mongolia.
Setelah unit infanteri membuka parade selanjutnya giliran kendaraan tempur Rusia mencuri perhatian. Seperti yang telah digambar gemborkan sebelumnya, berbagai kendaraan tempur mutakhir seperti Kurganetz, Tank T-14 Armata, hingga sistem pertahanan misil terbaru S-400 dipamerkan dalam parade ini.
Tidak ketinggalan armada udara Rusia yang terdiri dari helikopter, pesawat tempur dan pesawat pengebom memeriahkan langit di atas Lapangan Merah. Helikopter tempur Mi-35M dan Ka-52s muncul bersama dengan pengebom Tu-160, dan Tu-95M serta jet tempur Su-30M, Su-35. Rangkaian parade ditutup dengan aksi akrobat udara lima unit Su-27 dan empat unit Mig-29.
Acara peringatan V Day juga berlangsung di 150 kota di seluruh Rusia, dan beberapa negara bekas Uni Soviet. Sekira 30 orang pemimpin negara dan pemimpin organisasi dunia hadir dalam peringatan ini.


Credit  Okezone