Pesawat Boeing 737 Max 8. boeing.com
CB,
Jakarta - Boeing 737 MAX 8,
versi terbaru dari keluarga 737 terlaris Boeing, kembali menjadi
sorotan setelah kecelakaan fatal di Ethiopia, beberapa bulan setelah
kecelakaan maut Lion Air JT 610 di Indonesia.
Boeing 737 MAX 8
yang jatuh milik Ethiopian Airlines jatuh di Nairobi beberapa menit
setelah lepas landas dari Addis Adaba, menewaskan semua 157 penumpang.
Sebelumnya,
model serupa yang dioperasikan oleh Lion Air jatuh di lepas pantai
Indonesia pada Oktober, menewaskan 189 orang di dalamnya.
Namun,
hingga kini masih belum terjawab penyebab jatuhnya pesawat Lion Air, dan
para pejabat dan pakar keselamatan mengatakan masih terlalu dini untuk
menjalin hubungan dengan insiden Ethiopia.
Boeing belum berkomentar lebih jauh terkait insiden ini, tapi pihaknya mengatakan siap membantu penyelidikan.
Menurut
laporan Reuters yang dikutip pada 11 Maret 2019, saham Boeing jatuh 12
persen sepekan setelah jatuhnya Lion Air. Namun, saham pada hari Jumat
sebelum kecelakaan tercatat pada US$ 422,54 (Rp 6.054.559) atau 18
persen lebih tinggi daripada sebelum insiden 29 Oktober di Indonesia,
dan berikut fakta tentang Boeing 737 MAX.
TENTANG VARIAN BOEING 737 MAX
Pesawat Garuda Indonesia Boeing 737 Max 8
Boeing
737 MAX adalah versi terbaru dari famili jet 737 produksi Boeing yang
telah menjadi andalan maskapai dunia selama puluhan tahun, bersaing
dengan keluarga Airbus SE A320neo.
Keluarga 737 yang berusia puluhan tahun dianggap sebagai salah satu pesawat komersil yang paling andal.
Boeing 737 MAX 8 adalah anggota pertama dari seri baru perusahaan yang lebih efisien.
Pesawat
varian lain, yang juga mencakup model MAX 7, 9 dan 10, dimaksudkan
untuk bersaing dengan pesawat keluarga Airbus A320neo untuk mendominasi
segmen pasar penerbangan global.
Boeing
meluncurkan varian MAX 8, yang hemat bahan bakar pada tahun 2017
sebagai pembaruan untuk 737 yang sudah berusia 50 tahun, dan telah
mengirimkan 350 pesanan jet MAX dari total 5.011 pesanan pesawat pada
akhir Januari.
Menurut laporan terbaru Boeing, seperti dari
dikutip CNN, 350 unit pesawat varian MAX telah dikirim ke maskapai di
seluruh dunia, menyisakan 4.661 pesanan yang masih dibuat.
Versi
MAX 737 dipuji karena mesin jet LEAP mereka yang menurut Boeing
"mendefinisikan kembali masa depan perjalanan udara yang efisien dan
ramah lingkungan."
Boeing mengatakan, 737 MAX jet 10 persen hingga 12 persen lebih efisien dari pendahulunya.
SIAPA PENGGUNA MAX 8 TERBANYAK?
Mantan Ketua NTSB, dewan keselamatan transportasi AS, Mark Rosenker
mengatakan, kecelakaan maut dua pesawat baru 737 MAX 8 adalah insiden
yang "sangat tidak biasa" dan keduanya memiliki kejanggalan yang sama,
yakni keduanya jatuh tak lama setelah lepas landas.
Meskipun tidak
jelas apakah ada hubungan langsung antara keduanya, Rosenker mengatakan
ini masalah besar bagi para pejabat keselamatan penerbangan untuk
menggellar penyelidikan menyeluruh dan menentukan apakah ada masalah
umum.
Southwest Airlines Co yang berbasis di Dallas adalah
operator terbesar dari MAX 8, dengan 31 pesawat, diikuti oleh American
Airlines Group Inc dan Air Canada dengan masing-masing 24 armada.
Southwest
Airlines dan American Airlines mengatakan pada Ahad bahwa mereka tetap
percaya sepenuhnya pada model pesawat ini, namun terus memantau
investigasi.
Boeing 737 MAX milik Southwest Airlines.[Airways Magazine]
Analis
penerbangan Scott Hamilton memperingatkan agar tidak membandingkan
antara dua kecelakaan, apalagi sebelum kotak hitam dipulihkan.
Ethiopia Airlines memiliki reputasi yang kuat dan catatan keamanan yang
baik, katanya dalam sebuah tulisan di blognya.
Namun, kecelakaan
itu memberi tekanan baru pada Boeing hanya beberapa hari sebelum debut
seremonial yang direncanakan dari model pesawat lain, 777x widebody.
Tidak jelas apakah Boeing akan melanjutkan seremonial yang dijadwalkan
digelar di Seattle pada Rabu, 13 Maret.
INVESTIGASI DAN GUGATAN HUKUM TERHADAP BOEING
Menyusul kecelakaan Lion Air, Boeing menghadapi kritik dari beberapa
serikat pilot AS karena tidak memiliki perincian dalam manual
penerbangannya, terkait perubahan cara perangkat lunak MAX bereaksi jika
terjadi "stall" dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Boeing bersikeras bahwa prosedur kokpit sudah ada untuk mengatasi masalah yang dialami jet Lion Air.
Laporan
awal mengenai kecelakaan Lion Air berfokus pada pemeliharaan dan
pelatihan maskapai penerbangan, serta respons teknis sistem anti-stall
pada sensor yang baru saja diganti, tetapi tidak memberikan alasan atas
kecelakaan itu. Sejak itu, perekam suara kokpit telah dipulihkan dan
laporan akhir akan dirilis akhir tahun ini.
Boeing diperkirakan
akan memperkenalkan tambalan perangkat lunak untuk membantu mengatasi
skenario yang dihadapi awak Lion Air pada akhir Maret atau April, kata
pejabat pemerintah dan industri.
Boeing 737 MAX 8 Lion Air Thai [Business Insider]
Hingga
kini, Boeing sudah menghadapi serangkaian tuntutan hukum di Amerika
Serikat oleh keluarga korban kecelakaan Lion Air, termasuk lima kasus di
pengadilan federal AS di Illinois, yang menjadi lokasi kantor pusat
Boeing di Chicago.
Boeing 737 MAX 8 menggunakan mesin LEAP-1B yang
dibuat oleh CFM International, perusahaan joint-venture dari General
Electric Co dan Safran SA.
Pada 2017, Boeing menghentikan
sementara semua model 737 MAX karena kekhawatiran tentang masalah
kualitas pembuatan pada mesin baru.
Jamie
Jewell, juru bicara pembuat mesin pesawat CFM International, mengatakan
pada saat itu bahwa inspeksi perusahaan menemukan "beberapa anomali
dalam proses" pembuatan cakram untuk turbin jet. Jewell juga menekankan
bahwa tidak ada masalah yang terkait dengan bagian terkait selama 2.000
jam lebih penerbangan uji coba pada 737 Max.
"Karena sangat
berhati-hati, kami memutuskan untuk menangguhkan sementara penerbangan
MAX. Langkah ini konsisten dengan fokus prioritas kami pada keselamatan
bagi semua yang menggunakan dan menerbangkan produk kami," kata Boeing
dalam sebuah pernyataan pada 2017.
Namun sampai hasil penyelidikan diumumkan, sulit untuk menentukan apakah kecelakaan maut Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines dan Lion Air adalah hasil dari kegagalan di pesawat, kesalahan manusia, atau faktor lain.
Credit
tempo.co