Jumat, 05 Mei 2017

Beredar Kabar Cina Keluarkan Peringatan Terakhir ke Korea Utara


Beredar Kabar Cina Keluarkan Peringatan Terakhir ke Korea Utara  
Screenshoot China mengirim peringatan terakhir ke Korea Utara karena uji coba nuklir. Screen capture from Weibo


CB, Seoul - Di sejumlah media Sosial Cina beredar informasi tentang peringatan pemerintah Cina untuk terakhir kali kepada Korea Utara agar menghentikan provokasi militernya.

Warga Cina yang menggunakan media sosial Weibo membagikan peringatan pemerintah Cina ke Korea Utara. Media-media di Cina baru-baru ini juga memberitakan tentang Beijing yang sanggup menarik dukungannya terhadap Pyongyang jika uji coba senjata nuklir keenam tetap dilakukan.

 

Media mingguan Dong Xiang juga memberitakan tentang pejabat di Kementerian Luar Negeri Cina yang mengundang pejabat Korea Utara, Park Myung-ho, untuk mengadakan pertemuan.

Menteri Luar Negeri Cina Yang Yi diberitakan menghadiri pertemuan dan meminta stafnya membacakan memorandum dengan suara lantang tentang peringatan kepada Korea Utara agar tidak lagi melakukan uji coba senjata nuklirnya.

Memorandum itu menyatakan Cina akan tegas mengutuk dan menghentikan semua kerja sama ekonomi, bahkan memblokade Korea Utara, jika uji coba nuklir tetap dilakukan.

 

Para netizen warga Cina pun menanggapi informasi yang beredar di media sosial dan media massa di Cina.

“Mungkin hubungan antarnegara tidak sekuat yang kita perkirakan. Korea Utara sepenuhnya dikeliling musuh-musuhnya sekarang,” ujar seorang netizen.

Meski santer beredar informasi tentang peringatan terakhir Cina kepada Korea Utara, pemerintah Cina tidak memberikan penjelasan atau mengkoreksi kabar yang beredar di media sosial dan media massa.






Credit  TEMPO.CO