Selasa, 30 Mei 2017

Menlu Sebut 16 WNI Terperangkap di Bentrok Marawi


Menlu Sebut 16 WNI Terperangkap di Bentrok Marawi Menlu Retno Marsudi menyebut ada 16 WNI yang terjebak di Marawi dan evakuasi belum bisa dilakukan karena operasi masih berlangsung. (REUTERS/Erik De Castro)


Jakarta, CB -- Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi mengatakan ada 16 warga negara Indonesia yang terjebak dalam operasi militer yang terjadi di Marawi, Filipina. Namun evakuasi terhadap 16 orang tersebut masih sulit dilakukan lantaran operasi masih berlangsung.

Menurut Retno, informasi dari lapangan mengatakan selama operasi berlangsung tidak boleh ada pergerakan apapun. Hal itu sontak mempersulit proses evakuasi.

"Kami sampai saat ini belum bisa bergerak karena berdasarkan kontak dengan otoritas setempat, operasi masih berlangsung, sehingga tak mungkin ada pergerakan apapun," kata Retno saat ditemui di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (29/5).



Retno menjelaskan sebanyak 16 WNI yang menjadi korban terbagi dalam dua bagian, yaitu 10 orang di satu tempat sedangkan enam sisanya ada di lokasi berbeda. Untuk enam orang itu, kata dia, berada di lokasi yang berjarak sekitar tiga jam dari Marawi City.

Keberadaan 16 WNI itu diketahui karena mereka semua berada di masjid setempat sehingga otoritas lokal bisa dengan mudah mengidentifikasi keberadaan mereka.

Selain itu, Retno juga mendapat informasi bahwa keadaan 16 WNI itu baik-baik saja dan komunikasi terus dilakukan agar informasi bisa terus diperbaharui.

"Kami terus melakukan komunikasi dengan KJRI Davao City, dan menurut otoritas setempat mereka dalam kondisi baik," ujar dia.

Bentrokan antara militer Filipina dan militan Maute yang berafiliasi dengan ISIS telah berlangsung selama sepekan dan menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk warga sipil.Bentrokan antara militer Filipina dan militan Maute yang berafiliasi dengan ISIS telah berlangsung selama sepekan dan menewaskan lebih dari 100 orang, termasuk warga sipil. (Foto: REUTERS/Erik De Castro)

WNI Meninggal Belum Bisa Dikonfirmasi

Sementara itu untuk kabar yang mengatakan bahwa ada satu WNI yang meninggal dunia akibat operasi di Marawi, Retno mengungkapkan itu belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Hal itu lantaran informasi yang didapat, menyebut adanya warga negara asing yang turut menjadi korban bentrokan. Namun, Retno menegaskan, belum bisa dipastikan apakah salah satu dari korban warna negara asing itu berstatus WNI atau bukan.



"Dalam operasi itu ada beberapa WNA yang meninggal dunia dan diduga WNA yang meninggal itu (salah satunya WNI). Jadi jika ditanya saya belum dapat konfirmasi," katanya.

Sebelumnya Kepolisian menelusuri informasi WNI yang tewas dalam bentrokan antara militer Filipina dengan Kelompok Maute yang berbaiat ke ISIS di Kota Marawi, Filipina selatan.

Berdasarkan catatan Polri, terdapat 11 orang WNI yang menyeberang ke Filipina melalui jalur legal dan bertujuan untuk berdakwah saat serangan terjadi di kota tersebut.



"Saya dapat informasi ada satu korban yang diiidentifikasi sebagai WNI. Tapi itu perlu pendalaman lagi," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di Mabes Polri, Senin (29/5).

Berdasarkan informasi yang beredar atas laporan Asintel Kepala Staf Daerah Militer VI/Mulawarman, ada 11 WNI yang berhasil masuk ke wilayah Marawi.  Mereka di antaranya Denny Purwasubekti, Handris, Slamet Riyadi Winoto, Ahmad Wahyudi, Della Sunjaya dan Andri Supriyanto asal Bandung.

Kemudian Hery Endang asal Karawang, Ahmad Saran dan Wawan Sadira asal Tasikmalaya, Wifiek Gunawan asal Kendari dan Yusup Burhanudin asal Bogor. 




Credit  CNN Indonesia