Dengan
taktik yang tiada ampun dan pasukan yang setia, Genghis Khan merebak ke
seantero Asia, lalu menuju Eropa. (Sumber François Philipp/Flickr)
CB, New York - Jika masih ada yang menganggap remeh pemanasan global, mungkin ada baiknya kita belajar lagi dari sejarah.
Pada 1206, Genghis Khan, seorang pemimpin suku dari kawasan utara
Mongolia, mulai menguasai dunia. Dengan taktik yang tiada ampun dan
pasukan yang setia, ia merebak ke seantero Asia.
Satu demi satu, wilayah-wilayah jatuh ke bawah kekuasaan kekuatan
Kekaisaran Mongol yang kemudian membentang hingga pantai timur Tiongkok.
Beberapa serangan yang berhasil di Hungaria dan Polandia seakan
menandakan Eropa pun akan takluk.
Namun demikian, seperti dikutip dari Science Alert pada
Selasa (31/5/2016), kemenangan-kemenangan di Eropa mendadak terhenti.
Begitu pasukan Mongol tiba di Austria, mereka mendadak pulang kembali ke
Asia. Ada apa?
Hingga saat ini, para ahli sejarah hanya bisa menebak-nebak karena
keterbatasan ketersediaan catatan tertulis. Namun demikian, suatu
penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Scientific Reports menggunakan pendekatan lain untuk memecahkan teka-teki hengkangnya pasukan sang penakluk dari Eropa.
Cincin-cincin batang pohon mengungkapkan adanya masa dingin dan basah
selama beberapa tahun, sehingga "merusak tanah ladang dan mengurangi
pergerakan, serta menurunkan daya guna pasukan militer berkuda
Mongolia.".
Betikut ini adalah penjelasan ringkas tentang kebangkitan Mongol dan bagaimana perubahan iklim alamiah telah memaksa mereka membatasi kerugian dan menghentikan perang puputan. Sebelum Hungaria
Setelah Genghis Khan meninggal pada 1227, ia mewariskan kepada
Ogodei, putranya, suatu wilayah sangat luas yang membentang dari
Tiongkok timur laut hingga ke Laut Kaspia, tepat di utara Iran sekarang ini. Secara keseluruhan, luas wilayah pendudukan itu sekitar 28 juta km persegi.
"Baik diukur berdasarkan total orang yang dikalahkan, jumlah negara yang diduduki, ataupun luas wilayah yang dikuasai, Genghis Khan menguasai
lebih dari dua kali yang pernah dikuasai manusia manapun dalam
sejarah," kata ahli sejarah Jack Weatherford dalam bukunya yang berjudul
'Genghis Khan and the Making of the Modern World'--diterjemahkan
sebagai 'Genghis Khan dan Pembentukan Dunia Modern'.
Setelah kematian sang ayah, Ogedei Khan meneruskan warisan ayahnya,
Kekuasaannya meluas ke timur dan barat, hingga menududuki apa yang
tersisa di barat laut Tiongkok dan merangsek ke Rusia, terbantu oleh
masa basah yang memungkinkan pasukan Mongol membawa ribuan kuda
melintasi gurun Gobi, yang merupakan gurun terbesar di Asia.
Tidak sampai tahun 1240, kota Kiev telah diobrak-abrik dan kumpulan
pasukan itu dengan kilat menuju ke barat. Pasukan berkuda dan taktik
pendudukan mereka meluluhkan lantakan kota-kota Eropa dan, dengan
demikian, membawa serta bubuk mesiu temuan bangsa Tiongkok.
Dengan
taktik yang tiada ampun dan pasukan yang setia, Genghis Khan merebak ke
seantero Asia, lalu menuju Eropa. (Sumber quora.com)
Rentetan kesuksesan kecil itu menghantarkan pasukan Mongolia ke
Hungaria pada Maret 1241. Raja Bela IV melarikan diri dari istananya di
kota Pest (sekarang Budapest). Pasukan Ogodei membantai sekitar 1 juta
warga Hungaria, termasuk tentara, rohaniwan, kaum ningrat, ksatria,
maupun rakyat jelata. Kekalahan itu terhitung sebagai salah satu yang
paling berdarah di Abad Pertengahan.
Pada Desember 1241, Ogodei Khan meninggal secara mendadak. Sejumlah
ahli sejarah berpendapat bahwa Batu, keponakan Ogodei, yang memimpin
penyerbuan ke Barat, kemudian berputar kembali ke Karakorum, ibukto
Mongolia, guna pemilihan pemimpin baru.
Tapi Batu tidak pernah kembali ke Mongolia dan malah bersemayam di
selatan Rusia untuk memerintah bersama Kumpulan Keemasan (Kipchak
Khanate), yang mendapatkan namanya berdasarkan kekayaan para
penguasanya. Sementara itu, Toregene, istri Ogodei, naik tahta sebagai
Khatun Agung. Akhir yang Mendadak
Pada tahun berikutnya, semua berubah. Pasukan itu mendadak berputar
ke selatan, bergerak melalui wilayah yang menjadi Serbia di masa kini,
dan kemudian pulang lewat Rusia. Kaum keturunan mereka memang sering
melakukan penyerbuan-penyerbuan ke kota-kota Eropa, tapi serangan
besarnya sudah usai.
Ada beberapa hipotesis yang diajukan untuk menjelaskan mengapa
pasukan itu meninggalkan serangan ke barat. Tapi, para penulis makalah
baru itu berpendapat bahwa tidak ada satupun yang cukup untuk
menjelaskan perubahan arah tersebut.
Para penulis mengambil sejumlah contoh kayu dari 5 kawasan Eurasia
untuk melacak cuaca pada masa penjelajahan terjauh bangsa Mongol
tersebut.
Secara khusus, pepohonan peka terhadap perubahan-perubahan kecil
dalam kondisi iklim. Dalam tahun-tahun yang basah, pohon menambahkan
lapisan-lapisan tebal inti batangnya. Selama tahun-tahun yang kering,
cincin-cincinnya lebih tipis, karena lebih sedikit air yang terserap
dalam pohon.
Para mendapati adanya perubahan iklim sehingga Hungaria dan
sekitarnya menjadi sangat dingin dan basah selama kira-kira 3 tahun,
dari 1238 hingga 1241. Penambahan kelembaban dan lebih awalnya musim
semi mengubah dataran Hungaria menjadi rawa-rawa yang tidak bisa dilalui
oleh ribuan kuda andalan pasukan Mongolia sebagai alat pengangkutan dan
senjata peperangan.
Pada 1242, tahun terakhir penyerbuan di Eropa, para peneliti
mengamati adanya keadaan yang sangat lembab. Hal ini mengakibatkan
rusaknya panen, sehingga mengurangi pasokan pangan bagi pasukan Khan.
Muncullah bala kelaparan yang menewaskan ribuan orang di kawasan itu.
Ada dugaan para pemimpin pasukan Ogodei memilih jalur selatan ketika
menjauh dari Eropa karena secara relatif masih lebih kering, demikian
menurut para penulis.
Lalu apa yang terjadi pada pasukan Mongolia sesudah itu? Kematian
Ogodei Khan mengundang perebutan kekuasaan di antara para putra dan cucu
lelaki Genghis Khan sehingga semakin memecah belah Kekaisaran Mongol
dan tidak pernah bersatu lagi.
Namun demikian, kaum keturunannya lanjut mendirikan sejumlah dinasti
di India, Tiongkok, Persia, dan Siberia. Bangsa Mongol melanjutkan
menetap di Kawasan Otonomi Mongolia Dalam di Tiongkok maupun di Mongolia
masa kini. Di Mongolia, wajah Genghis Khan dipasang di mata uang,
minuman vodka, kotak rokok. Namanya pun diabadikan sebagai nama bandara
internasional di Ulaan Baatar, ibukota Mongolia.
Para ilmuwan semakin piawai memeriksa catatan iklim secara lebih
rinci sehingga kita sekarang mengungkapkan lebih banyak tentang caranya
iklim membentuk sejarah.
Iklim yang tidak biasa diduga telah memungkinkan bangsa Polinesia
untuk menyebar ke Pasifik Selatan, meruntuhkan kota-kota metropolis di
Meksiko pada masa pra-kolonial, atau bahkan menndorong Attila dari
bangsa Hun untuk menjajal teror terhadap Kekaisaran Romawi 800 tahun
sebelum Genghis Khan.
Para penulis laporan menyimpulkan bahwa penelitian mereka tentang
mundurnya bangsa Mongolia dari Hungaria “menggambarkan kejadian ketika
fluktuasi kecil pada iklim berpengaruh pada sejarah.”
Kesimpulannya juga memberikan pelajaran tentang masa depan iklim
kita, yaitu bahwa diperlukan hanya beberapa derajat saja untuk mengubah
arah sejarah manusia.
BEIJING
- Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa sangat mendesak dan
penting untuk melaksanakan kerjasama keamanan dengan Rusia. Hal itu
dikatakannya saat bertemu dengan sekretaris Dewan Keamanan Rusia,
Nikolai Patrushev.
Dalam pertemuan itu, Jinping menyerukan agar
kedua negara menjalankan secara penuh mekanisme kerjasama yang ada untuk
lebih meningkatkan konsultasi keamanan dan pertukaran informasi
keamanan. Saat bertemu dengan rekannya asal Rusia, Vladimir Putin,
Jinping mengatakan mereka telah mencapai konsensus yang penting untuk
meningkatkan kerjasama bilateral.
"Kami berdua sepakat bahwa
China dan Rusia harus saling memperkuat, mendukung isu-isu utama dan
mengkonsolidasikan saling percaya dalam politik," kata Jinping, merujuk
pada pertemuannya dengan Putin seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (15/9/2016).
Lebih
lanjut Jinping menyerukan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik
dalam mengintegrasikan China Belt dan Road Initiative dengan Rusia Uni
Ekonomi Eurasia. Ia juga menyerukan untuk memperkuat koordinasi dalam
urusan internasional dan regional.
"Tidak peduli bagaimana
situasi internasional atau perubahan lingkungan eksternal, kedua negara
harus bekerja keras untuk mewujudkan tujuan pembangunan dan revitalisasi
mereka serta untuk menjaga perdamaian dunia dan stabilitas serta
ekuitas internasional dan keadilan," katanya.
Sementara Patrushev
mengatakan China dan Rusia merupakan faktor penting untuk menstbilkan
urusan internasional. Pasalnya, kedua negara melakukan komunikasi yang
erat pada isu-isu keamanan global dan regional utama, serta di
organisasi multilateral seperti PBB.
Ia mengatakan Rusia menilai
Belt China dan Road Initiative sangat penting. Rusia bersedia
bekerjasama dengan China untuk lebih meningkatkan koordinasi strategis
dan kerjasama yang saling menguntungkan.
Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker | (Reuters)
STRASBOURG
- Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, berusaha untuk menggalang
dukungan bagi Uni Eropa. Ia mengatakan, Uni Eropa telah babak belur
oleh referendum Inggris yang dimenangkan kelompok Brexit tetapi tidak
akan berakhir meski diterpa krisis eksistensial.
Dalam menetapkan
rencana Komisi untuk pertama kalinya sejak Inggris keluar dari Uni
Eropa pada 23 Juni lalu, Juncker menyoroti referendum Inggris sebagai
peringatan bahwa Uni Eropa menghadapi pertempuran untuk bertahan hidup
melawan nasionalisme di Eropa.
"Uni Eropa tidak memiliki cukup
ikatan. Ada perpecahan di luar sana dan seringkali fragmentasi tercipta.
Itu meninggalkan ruang untuk populisme," katanya kepada Parlemen Eropa
di Strasbourg seperti dikutip dari Reuters, Kamis (15/9/2016).
Ia
juga mencatat sendiri secara eksekutif terbatasnya respons terhadap
masalah yang timbul akibat pembagian antara negara yang buruk yang
pernah dilihatnya selama tiga dekade dalam potik Uni Eropa.
Tapi
ia lantas menggarisbawahi bahwa ia percaya blok perdagangan terbesar di
dunia itu masih merupakan kekuatan penting. "Uni Eropa tidak sedemikian
berisiko," katanya.
STRASBOURG
- Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker mengatakan bahwa Uni Eropa
(UE) membutuhkan markas militer untuk bekerja menuju kekuatan militer
bersama. Hal itu dikatakannya kepada parlemen Eropa di Strasbourg,
Prancis.
Juncker mengatakan bahwa kurangnya struktur permanen
mengakibatkan sejumlah uang terbuang percuma untuk sebuah misi. Tapi,
Juncker menegaskan bahwa kekuatan militer tersebut harus menjadi
pelengkap bagi NATO.
"Menciptakan pertahanan bukan berarti
mengurangi kekuatan transatlantik (NATO). Dana pertahanan militer Eropa
akan merangsang penelitian militer dan pengembangan," katanya seperti
dikutip dari BBC, Kamis (15/9/2016).
Dalam kesempatan
itu ia juga menyinggung pengaruh Brexit terhadap bagi pertahanan dan
militer Uni Eropa. Menurutnya, Brexit telah memberikan tambahan dorongan
untuk rencana kerjasama pertahanan yang lebih besar.
Inggris,
kata Juncker, selama ini selalu keberatan akan adanya potensi konflik
kepentingan dengan NATO. Karena itu, ia menyatakan bahwa Brexit tidak
akan mempengaruhi UE dan mendesak negosiasi Brexit dilakukan secepat
mungkin.
Pidati Presiden Komisi dari serikat negara-negara Eropa
ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010. Pidato ini meniru model
pidato tahunan Presiden Amerika Serikat (AS) dan bertujuan untuk
melaporkan tentang kondisi UE dan garis agenda legislatif mendatang.
Jakarta, CB
--
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belakangan ini
memulai membangun infrastruktur transportasi massal cepat alias Mass
Rapid Transportation atau MRT. Namun, langkah itu sudah telampau jauh
tertinggal oleh pemerintah Bangkok, Thailand.
Bangkok saat ini
sudah mempunyai dua rute kereta layang (BTS skytrain), empat rute kereta
bawah tanah (MRT subway), dan tiga rute kereta ke Bandara (Airport Rail
Link) Suvarnabhumi. Sistem transportasi cepat ini sudah mulai
terealisasi pada 1999, menyusul krisis kemacetan lalu-lintas yang
melanda di era 90-an.
Kala itu, masalah kemacetan di Bangkok
hampir sama dengan di Jakarta. Penelitian menyebut faktor utama penyebab
kemacetan di kota ini adalah kurangnya ruas jalan yang tersedia, yakni
sekitar 8 persen dari luas kawasan. Angka itu berbeda jauh jika
dibandingkan dengan rata-rata 20-30 persen di negara barat.
Selain
itu, permasalahan juga timbul karena meningkatnya jumlah kendaraan
seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kurangnya fasilitas serta
pengelolaan transportasi umum. Sebelum dibuat sistem transportasi cepat,
Bangkok bergantung pada kereta listrik, bus, trem, ojek dan kapal-kapal
di kanal.
Geliat pembangunan infrastruktur pemerintah Thailand
tampak pada data statistik Kementerian Perhubungan setempat yang
diperoleh CNNIndonesia.com. Total panjang jalan di negeri tersebut terus
bertambah sejak 2006 hingga 2015, mulai dari 64.156 kilometer,
meningkat jadi 67,310 kilometer di 2010 dan mencapai 70.077 kilometer di
2015.
Penambahan jalan itu seiring dengan jumlah kendaraan yang terus
meningkat. Pada 2011, ada total 29,205 juta kendaraan secara
keseluruhan, bertambah menjadi 33,520 juta pada 2013 hingga menyentuh
35,547 juta di 2015. Dari tahun ke tahun, jenis kendaraan didominasi
sepeda motor (57,1-61,7 persen) dan mobil sedan (17,1-21,8 persen).
Jumlah
bus pun meningkat dari tahun ke tahun, mulai dari 137.503 di 2011
hingga mencapai 153,757 di 2015. Sama halnya dengan truk, meningkat dari
852.923 di 2011 menjadi 1,30 juta di 2015.
Bangkok Bus Rapid Transit. (Sry85 via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
"Saya tinggal di Thailand selama 40 tahun. Dulu macetnya, macet sekali.
Sekarang tidak macet karena infrastruktur ditingkatkan," kata Sarasvati
Ellie Kositanont, seorang warga Indonesia yang kini menetap di Bangkok
saat berbincang dengan CNNIndonesia.com.
Perempuan yang juga
menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia-Thailand itu mengatakan
masalah transportasi di Bangkok dapat diatasi karena ketersediaan banyak
pilihan. Transportasi umum yang nyaman dan jalan tol memadai jadi hal
yang dipuji oleh Ellie.
Misalnya, BTS Skytrain. Di sekitar
stasiun, kata Ellie, masyarakat bisa memarkirkan mobil pribadinya dan
beralih ke kereta menuju pusat kota. Karena itu, kemacetan di daerah
perkotaan bisa berkurang berkat keberadaannya.
Kereta layang ini
memang belum mencapai daerah-daerah tertentu atau pinggiran perkotaan.
Hanya saja, fasilitas untuk mencapai stasiun atau feeder yang menunjang
membuat masyarakat masih mau menggunakan angkutan umum.
"Misalnya kalau di sini seperti di Bekasi, kita bisa naik van ke stasiun
terdekat dan lanjut ke pusat kota. Walaupun jaraknya agak jauh, tapi
ketika mobil sudah penuh dia tidak akan berhenti lagi jadi lebih cepat,"
kata Ellie.
Selain van atau mobil kecil serupa angkot, ada pula
bus-bus lebih murah yang di antaranya menggunakan AC. Hanya saja,
lajunya tidak sama kencang.
"(Kendaraan umum) ini nyaman karena
frekuensinya banyak, tapi kualitas dijaga. Tidak boleh ugal-ugalan.
Publik bisa komplain dan laporkan nomor plat," ujar perempuan bersuami
warga Thailand ini.
Selain itu, dari segi harga, semua moda transportasi umum di Thailand, dia nilai cukup terjangkau.
Kendalanya
adalah rush hour atau jam sibuk pulang-pergi kerja. Untuk menaiki bus,
orang-orang mesti datang sebelum 7.00 waktu setempat. Jika tidak, maka
risikonya adalah mesti berebutan dengan komuter lain.
Selain itu,
rush hour juga berpengaruh pada kemacetan. Menurut pengalaman Ellie,
ada beberapa kawasan yang biasa terkena macet di waktu-waktu ini. Di
antaranya ada di pusat kota seperti Rama, Sathorn, dan Petchburi.
"Pratunam dan lain-lain juga macet tapi tidak stuck," ujarnya.
Bangkok skytrain (REUTERS/Chaiwat Subprasom)
Jakarta Dicemooh
Sementara itu, warga
Thailand yang berkunjung ke Jakarta justru mengalami punya pengalaman
yang buruk. Menurut Ellie, ada semacam kelakar di antara warga Thailand
yang dia kenal ketika mendatangi kota ini.
"Kadang mereka
bercanda, di Jakarta kita harus hati-hati, terutama kalau mau ke
bandara. Perjalanan bisa sama 1,5 jam. Saya sendiri pernah hampir
ketinggalan pesawat," kata Ellie terkekeh.
Sementara itu, di
Thailand ada kereta yang langsung terhubung dengan bandara, yakni
Airport Rail Link. Kereta ini menghubungkan pusat kota Bangkok dengan
bandara Suvarnabhumi.
Jalur sepanjang 28 kilometer ini mulai beroperasi pada 2010.
Kemacetan di Jakarta, kata Ellie, sudah terlalu parah. Pengalaman
terparahnya adalah terjebak macet selama 3,5 jam dari Tomang, Jakarta
Barat, ke Thamrin di Jakarta Pusat.
Di Bangkok, kemacetan memang
masih sering terjadi. Namun, dia menganggap hambatan di sana tidak
separah di Jakarta. "Pada dasarnya masih bisa dikalkulasikan perkiraan
waktunya."
Masalahnya, menurut dia, adalah tarif toll yang
terlalu murah sehingga terlalu banyak orang yang memilih masuk tol. Di
Bangkok, masyarakat mesti merogoh kocek lebih dalam untuk masuk ke jalan
bebas hambatan.
Biaya minimum untuk masuk jalan tol, menurutnya,
sekitar 44 Baht atau setara Rp16 ribu. Jika jaraknya jauh, bisa
mencapai 100 Baht atau Rp37 ribu. "Tapi dalam waktu 45 menit bisa
sampai. Kalau jalanan biasa, ampun."
Perluasan pembangunan jaringan Mass Rapid Transit. (AFP PHOTO / CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
Infrastruktur memadai bukan berarti tak ada masalah. Di sisi lain,
National Reform Steering Assembly menyebut kemacetan di Bangkok dan
kota-kota besar Thailand bisa memakan 97 juta Baht atau Rp36 milyar per
hari.
Menurut Seree Suwanpanont, Ketua Sub-Komite bidang
Keselamatan Jalanan di Institusi tersebut, angka kerugian itu
diakibatkan bahan bakar yang terbuang karena lalu lintas tersendat. Dia
menyebut infrastruktur jalan yang ada masih belum bisa mengimbangi
jumlah mobil yang terus meningkat.
Tahun lalu, ada sekitar 9 juta
kendaraan terdaftar di Bangkok dan provinsi sekitarnya. Namun, jumlah
jalan yang ada hanya bisa mengakomodasi 1,5 juta kendaraan, kata Seree
dikutip Bangkok Post.
Dia
mengatakan pihaknya sudah mengajukan usulan reformasi terkait kemacetat
dan keselamatan di jalan untuk dimasukkan ke dalam agenda nasional.
Sementara
itu, Menteri pertahanan Prawit Wongsuwon mengatakan dirinya telah
menginstruksikan Kepala Kepolisian Metro Bangkok untuk menambah jumlah
polisi lalu-lintas di semua kawasan. Prawit juga mengimbau komuter untuk
bekerjasama, beralih ke transportasi publik.
Anggota dewan Belanda yang anti-rasis
Tunahan Kuzu tertangkap kamera menolak menjabat tangan Benjamin
Netanyahu. (AFP Photo/ANP/Bart Maat)
Jakarta, CB
--
Seorang anggota dewan di Belanda menolak berjabat
tangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Peristiwa yang
terekam kamera ini ramai dibicarakan di media sosial.
Dikutip
AFP, peristiwa ini terjadi di hari kedua kunjungan Netanyahu di Belanda
pada Selasa (14/9). Saat itu, Netanyahu menyalami para politisi Belanda
di gedung parlemen di Hague.
Seorang politisi, Tunahan Kuzu,
tertangkap kamera menolak menjabat tangan Netanyahu. Kuzu meletakkan
tangannya di dada lalu menariknya ke belakang, meninggalkan tangan
Netanyahu menggantung berharap disambut salaman. Netanyahu terlihat
canggung dan terus berjalan.
Kuzu, yang lahir di Turki dan pindah ke Belanda saat kecil, adalah
pemimpin gerakan anti-rasis Denk yang diluncurkan pada Februari 2015
untuk mengadvokasi hak-hak imigran.
Pada Kamis (15/9), video Kuzu
itu tersebar di sosial media. Pujian dan kritikan bersahutan di media
sosial untuk sikap Kuzu tersebut.
"Anda tidak sendiri. Semua orang yang waras di dunia ini bersama Anda," kata seorang pengguna Twitter, Aslanhasimm.
Kuzu
yang mengenakan pin bendera Palestina mengatakan dalam akun Facebooknya
bahwa dia memperlihatkan foto anak-anak Palestina kepada Netanyahu,
aksi ini tidak terekam kamera.
Sehari sebelumnya, Netanyahu dalam
konferensi pers di Belanda mengatakan bahwa Israel adalah "satu negara
di Timur Tengah yang mempromosikan demokrasi dan teknologi."
Kuzu
mengatakan, foto-foto yang dia berikan kepada Netanyahu adalah
anak-anak Palestina yang ditangkap tentara Israel. Beberapa foto
memperlihatkan tentara Israel menodong senjata ke arah ibu dan dua
anaknya.
"Ini yang namanya demokrasi? Ini teknologi?" ujar Kuzu.
Edward Snowden. (REUTERS/Glenn Greenwald/Laura Poitras/Courtesy of The Guardian/Handout via Reuters)
Jakarta, CB
--
Pengungkap rahasia intelijen Amerika Serikat (AS),
Edward Snowden, meminta Presiden AS, Barack Obama, untuk memberikan
pengampunan kepada dirinya, menyebut dalam komentar yang dirilis pada
Selasa (13/9), bahwa itu secara moral "perlu" untuk menerangi perkara
pengawasan massal.
Mantan kontraktor intelijen itu menghabiskan
tiga tahun dalam pengasingan di Rusia, setelah mencetuskan pembocoran
data rahasia terbesar dalam sejarah AS, sehingga menyulut kecaman
tentang isu pengawasan massal.
"Jika tidak untuk pengungkapan ini, kalau bukan untuk penyingkapan ini, kita mungkin akan lebih buruk," kata Snowden kepada The Guardian, dalam wawancara dengan tautan video dari Moskow, Senin (12/9).
"Ya,
ada hukum-hukum dalam buku yang menyatakan satu hal, tapi itu mungkin
mengapa kuasa mengampuni ada--untuk pengecualian, untuk hal-hal yang
mungkin melanggar hukum dalam tulisan pada satu halaman tapi ketika kita
lihat mereka secara moral, ketika kita lihat mereka secara etis, ketika
lihat hasilnya, tampaknya itu perlu," katanya, seperti yang dikutip AFP.
Pria
berusia 33 tahun itu mengatakan, ia memperoleh dukungan luas, menyebut
"publik dan masyarakat luas peduli dengan isu-isu ini jauh dari yang
dibayangkannya."
Snowden, yang izin tinggalnya di Rusia habis
tahun depan, mengaku siap mendekam di penjara AS, menambahkan bawa dia
"bersedia melakukan banyak pengorbanan demi negaranya."
Tahun
lalu, Gedung Putih menolak satu petisi yang ditandatangani oleh sekitar
150.000 orang, yang mendesak pemberian pengampunan bagi Snowden, dan
menyatakan Snowden harus "diadili oleh juri dari kalangannya."
Korut lewat kantor berita pemerintah
menyebut banjir yang terjadi saat ini sebagai "bencana terburuk" sejak
Perang Dunia II. (UNICEF Korut via AFPTV)
Jakarta, CB
--
Korea Utara lewat kantor berita pemerintah menyebut
banjir yang terjadi saat ini sebagai “bencana terburuk” sejak Perang
Dunia II.
Kantor berita Korut, KCNA, tidak menyebut
jumlah pasti korban tewas akibat banjir, namun laporan PBB menyebut
sebanyak 138 orang tewas sementara 400 lainnya masih dinyatakan hilang
setelah hujan mendera di wilayah utara.
Air bah dari Sungai Tumen
yang menandai perbatasan dengan China dan Rusia melewati desa-desa,
menghanyutkan bangunan, serta menyebabkan ribuan orang berada dalam
kondisi darurat makanan dan tempat perlindungan.
“Banjir akibat
topan yang menghantam Provinsi Hamgyong Utara sejak 29 Agustus hingga 2
September merupakan bencana terburuk sejak pembebasan dari penjajahan
kolonial Jepang pada 1945,” lapor KCNA.
KCNA juga untuk pertama kalinya memberikan dampak kerusakan
akibat banjir dan jumlah orang terlantar, yakni sebanyak 68.900 orang.
Sedang PBB menyebut sebanyak 107 ribu orang terpaksa meninggalkan rumah
mereka karena banjir,
Sementara itu, KCNA menyebut
setidaknya 29.800 rumah dan 900 bangunan publik hancur, 180 ruas jalan
dan lebih dari 60 jembatan rusak parah, ditambah terputusnya aliran
listrik dan komunikasi.
Meski begitu, laporan KCNA tetap
mengelukan peran Partai Pekerja yang berkuasa dalam merespons banjir,
yang mengklaim sedang mengupayakan perbaikan bangunan di wilayah
perbatasan timur laut.
Disebut pula bahwa mliter dan warga sipil
merespons baik seruan pemerintah untuk berpartisipasi dalam upaya
penyelamatan.
Korut rentan akan berbagai bencana alam, terutama banjir, karena laju
deforestasi yang cepat, demi kepentingan bahan bakar dan pertanian.
Padahal, pemerintah Korut mengeluarkan anggaran besar dalam program
nuklir dengan dalih antisipasi serangan dari Amerika Serikat.
Rangkaian
bencana banjir dan kekeringan menjadi sebagian penyebab bencana
kelaparan yang menewaskan ribuan orang pada 1994-1998, yang diperparah
dengan berhentinya dukungan dari Uni Soviet.
Organisasi Makanan
dan Pertanian PBB pada April lalu mengatakan bahwa kekurangan makanan
yang mendera Korut diperkirakan akan semakin parah, dikarenakan stok
makanan yang menipis sejak tahun lalu.
Dewan Keamanan PBB, sementara itu, berencana untuk memberlakukan sanksi baru setelah uji coba nuklir Korut pada Jumat lalu.
Jakarta, CB
--
Banjir akibat hujan deras di Korea Utara dalam
beberapa hari terakhir menewaskan 133 orang, sementara 395 lainnya
dinyatakan hilang.
Pernyataan dari PBB pada Senin (12/9) itu
muncul di tengah kekhawatiran atas uji coba nuklir yang dilakukan oleh
Korut pada Jumat lalu.
Kantor PBB untuk Urusan Koordinasi
Kemanusiaan (OCHA) dalam laporannya mengatakan bahwa lebih dari 35.500
rumah rusak, dua per tiga di antaranya rusak total, dan 107 ribu orang
terlantar akibat banjir.
OCHA menyatakan bahwa jumlah orang hilang berdasarkan data dari pemerintah Korut.
Sementara itu, media Korut menyebut bahwa hujan deras pada akhir Agustus
dan awal September menyebabkan kerusakan berat di dekat Sungai Tumen.
Meski begitu, tidak disebut jumlah korban tewas akibat banjir.
OCHA
menyebut bahwa penilaian kerusakan akibat banjir oleh PBB dibuat
berdasar kunjungan badan PBB, Palang Merah Internasional, Bulan Sabit
Merah, Palang Merah Korut serta beberapa LSM lain ke wilayah terkena
banjir di timur laut negara itu pekan lalu.
Kantor berita Korut,
KCNA, melaporkan Ahad kemarin bahwa “fenomena iklim” terburuk dalam 70
tahun mendera wilayah utara Korit dan menyebabkan “kerugian besar”, dan
bahwa perbaikan sedang dilakukan oleh pemerintah.
Reuters menyebut laju deforestasi untuk bahan bakar dan pertanian membuat Korut rawan bencana alam, terutama banjir.
Palang Merah, seperti dilansir AFP,
menyebut setidaknya 100 ribu orang di Kota Hoeryonh tidak punya akses
air minum bersih, dan hingga 600 ribu orang menghadapi gangguan terhadap
akses persediaan air mereka.
Bencana ini memperparah situasi
kekurangan makanan yang sudah melanda Korut, dengan sekitar 16 ribu
hektare lahan pertanian terkena banjir hanya beberapa pekan sebelum
waktu panen.
“Kerugian mereka adalah bencana lain yang akan dirasakan pada beberapa pekan atau bulan mendatang,” kata Palang Merah.
Ilustrasi para ahli bekerja di reaktor nuklir. (powertecrussia.com)
New Delhi (CB) - India pada Selasa mengaku telah menggelar
perundingan "subtantif" dengan China untuk menjadi anggota penuh
Kelompok Penyedia Nuklir (Nuclear Suppliers Group/NSG), organisasi negara-negara yang menjual-belikan teknologi atom untuk kepentingan sipil.
Perdana Menteri India, Narendra Modi, tengah berupaya bergabung
dengan NSG untuk membiayai proyek pembangunan pembangkit tenaga nuklir
senilai milyaran dolar Amerika Serikat dengan bantuan dari Rusia,
Amerika Serikat, dan Prancis.
India beralasan bahwa mereka harus berhenti terlalu bergantung pada sumber energi fosil yang tidak ramah lingkungan.
Namun upaya untuk mendapatkan pengakuan di organisasi beranggotakan
48 negara itu selalu gagal karena penolakan dari Beijing. Semua anggota
dalam kelompok itu mempunyai hak veto karena menganut asas konsensus.
NSG didirikan pada 1974 sebagai respon atas uji coba senjata nuklir pertama dari India.
Kementerian Luar Negeri India, dalam pernyataan tertulis,
mengatakan bahwa kepala negosiator nuklir, Amandeep Singh Gill, telah
menyambut kehadiran delegasi China yang dipimpin oleh Direktur Jenderal
Kementerian Luar Negeri Chin, Wang Qun.
Perundingan itu membahas sejumlah persoalan bersama yang terkait
dengan pelucutan senjata dan non-proliferasi, serta fokus pada upaya
India untuk bergabung dengan NSG.
"Perundingan itu berjalan dengan suasana bersahabat, pragmatis, dan subtantif," kata Kementerian Luar Negeri India.
Sementara itu Kementerian Luar Negeri China, dalam pernyataan
terpisah, menanggapi upaya penggabungan diri negara yang bukan anggota
Perjanjian Non-Proliferasi merupakan "persoalan baru" bagi NSG.
China mengaku terbuka untuk berdialog mengenai hal tersebut, namun
belum memutuskan sikap terkait keanggotaan neara yang tidak
menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi.
Perjanjian tersebut hanya mengakui lima negara anggota tetap Dewan
Keamanan PBB -- Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris, dan Prancis --
sebagai satu-satunya pemegang hak untuk mengembangkan senjata nuklir.
Negara-negara lain tidak boleh melakukan hal yang sama.
India sendiri menegaskan tidak akan menandatangani Perjanjian
Non-Proliferasi. Mereka mengatakan bahwa catatan sejarah India
seharusnya cukup untuk memperoleh hak keanggotaan penuh dalam NSG.
Sejak tahun 2008, India diperblehkan untuk terlibat dalam
perdagangan nuklir dengan anggota NSG, namun tidak punya hak suara dalam
pengambilan keputusan organisasi tersebut.
Salah satu pendukung India untuk masuk ke NSG adalah Amerika Serikat.
Beijing (CB) - Hubungan China dengan Filipina memasuki
babak baru dan Beijing mengharapkan pemerintah Manila mampu menangani
masalah antarnegara dengan baik, kata diplomat penting negeri Tirai
Bambu itu ke perutusan Filipina, yang tengah berkunjung.
China dan Filipina berselisih memperebutkan wilayah perairan di Laut China Selatan.
Pemerintah di Beijing mengklaim sebagian besar wilayah Laut China
Selatan, yang dilalui kapal dagang senilai lima triliun dolar Amerika
Serikat per tahun.
Namun, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam turut mengklaim kepemilikan atas perairan tersebut.
Pengadilan arbitrase di Denhaag membatalkan klaim China atas Laut
China Selatan dalam perkara yang didaftarkan Filipina pada Juli.
Akan tetapi, pemerintah di Beijing menolak mengakui keputusan sidang tersebut.
Kedua negara itu tampak berusaha meredakan ketegangan. Perdana
Menteri China Li Keqiang berbicara ke Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Ia berharap hubungan dwipihak pulih.
Wakil Menteri Luar Negeri China Liu Zhenmin berbicara ke perutus
Filipina urusan luar negeri di Beijing bahwa hubungan antarnegara "telah
terpuruk ke tingkat terendah akibat alasan yang diketahui tiap orang,"
kata pihak Kementerian Luar Negeri China pada Selasa.
"Pada saat ini, hubungan China dengan Filipina memasuki babak baru," katanya mengutip ungkapan Liu.
China "berharap Filipina dapat mengatasi isu ini dengan tepat, dan
mendorong agar relasi antarnegara kembali mengedepankan jalur dialog,
konsultasi, serta kerja sama yang bersahabat", katanya.
Mantan Presiden Fidel Ramos sebagai utusan khusus Filipina dalam
kunjungan ke Hong Kong bulan lalu mengatakan, pihak Manila menginginkan
perundingan formal dengan China untuk membahas langkah menuju perdamaian
dan kerja sama. Demikian laporan Reuters.
Berlin (CB) - Kabinet Jerman pada Rabu memberi lampu hijau
terhadap kebijakan pengiriman 650 tentara untuk bergabung dengan satuan
NATO guna menghentikan penyelundupan senjata oleh ISIS melalui Laut
Tengah.
Keterlibatan Jerman dalam operasi NATO bertajuk "Pengawal Samudera"
itu akan berlaku sampai hingga akhir 2017. Dalam beberapa keadaan luar
biasa, yang mendesak, Jerman akan mengirim pasukan tambahan untuk tugas
tersebut.
Pengiriman tentara pada Rabu itu adalah bagian dari perubahan besar
Jerman, yang ingin memperluas peran militernya di Eropa dan NATO.
Menteri Pertahanan Ursula von der Leyep berupaya membarui peralatan
militer dan merekrut lebih banyak tentara dalam angkatan bersenjata,
setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.
Negara anggota NATO pada Juli di Polandia sepakat memulai tugas kelautan baru untuk menghentikan penyelundupan senjata ISIS.
Sejumlah kapal Jerman juga ikut dalam tugas militer Uni Eropa
bertajuk "Sophia" untuk menghentikan penyelundupan senjata dan
perdagangan manusia dari perairan Libya, demikian laporan Reuters.
Presiden
Jokowi berfoto bersama para pimpinan yang terlibat dalam latihan Armada
Jaya XXIV/2016, di Laut Jawa Utara Madura, Rabu (14/9/2016). (Foto:
Biro Pers Setpres)
Laut Jawa (CB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu,
menyaksikan latihan tempur dengan nama sandi Armada Jaya XXXIV/2016 di
Laut Jawa dari Geladak Isyarat KRI Banjarmasin-592.
Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
(Jatim) sekitar pukul 08.50 WIB, kemudian menuju KRI Banjarmasin-592
menggunakan Helikopter Bell TNI AL dengan
waktu tempuh sekitar 36 menit dan mendarat sekitar pukul 09.36 WIB.
Turut mendampingi Presiden yakni Panglima TNI Jenderal TNI Gatot
Nurmantyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Timur
Sukarwo.
Setibanya di Lounge Room Perwira, Jokowi menerima
paparan singkat dari Komandan Satuan Tugas Laksamana Pertama TNI TSNB
Hutabarat mengenai penembakan senjata strategis.
Setelah itu, Presiden menuju Geladak Isyarat KRI Banjarmasin-592
dengan berjalan kaki untuk menyaksikan demo keterampilan TNI AL, di
antaranya latihan penembakan roket kapal selam jenis RBU 6000 oleh empat
KRI Kelas Parchim.
Berikutnya, latihan evakuasi medis udara antarkapal menggunakan
helikopter, latihan pembekalan di laut untuk melaksanakan transfer
logistik maupun personel, dan latihan penembakan senjata antikapal
permukaan menggunakan senjata meriam berbagai kaliber dengan sasaran
menggunakan Killer Tomatto.
Dalam keterangannya kepada wartawan di Geladak KRI Banjarmasin-592, Presiden menekankan pentingnya latihan rutin tersebut.
"Ya, ini adalah latihan puncak (TNI) Angkatan Laut yang dilakukan
setiap dua tahun, dan dalam latihan ini dicoba senjata-senjata strategis
yang kita punya, tadi sudah dicoba rudalnya, sudah dicoba juga meriam
artilerinya, dan juga roket-roket antikapal selam juga sudah dicoba,"
kata Jokowi.
Selain untuk menguji coba senjata strategis yang dimiliki TNI AL,
latihan itu sekaligus untuk menunjukkan kepada publik bahwa senjata
strategis Indonesia tidak kalah dengan negara lain.
Sejumlah senjata strategis yang diuji coba pada kesempatan itu di
antaranya rudal C705 jenis SSM buatan China dengan kemampuan
menghancurkan satu corvette berbobot 1.500 kg. Rudal tersebut
diluncurkan dari KR Clurit 641.
Dari geladak KRI Banjarmasin-592, Presiden memberikan komando kepada KRI Clurit 641 untuk meluncurkan rudal C705.
Torpedo
SUT buatan Jerman yang memiliki jarak efektif 12 km - 28,5 km dan
kecepatan 18-34 juga diujicobakan dalam latihan itu. Kapal yang
menembakkan artileri di antaranya KRI Diponegoro dan KRI Usman Harun.
Sementara
KRI Kujang sedianya meluncurkan rudal C02 yang juga buatan China, namun
batal. Rudal tersebut mampu menghancurkan satu destroyer berbobot 3.000 kg.
Latihan tempur itu dilakukan secara rutin setiap dua tahun sekali.
Sementara itu, sekitar pukul 12.40 WIB Presiden menuju Situbondo untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja berikutnya di Jatim.
Lukisan
pertempuran laut ternyata dapat membantu menjelaskan tenggelamnya
sebuah kapal Abad Pertengahan. (Sumber Ancient Origins)
CB, London - Temuan beberapa tengkorak, buritan kapal, dan beberapa artefak dari kapal perang dari era Dinasti Tudor di Inggris yang tenggelam pada 1545 bisa ditelaah bentu tiga dimensi secara daring (online). Namun demikian, penyebab tenggelamnya kapal itu masih menjadi misteri.
Banyak orang menduga kapal itu tenggelam dalam pelayaran perdana dari
Portsmouth Harbor ke Solent akibat cuaca buruk. Padahal, kapal bernama
Mary Rose itu tenggelam ketika mempertahankan Inggris dari invasi
Prancis.
Armada Inggris terdiri dari 80 kapal, sedangkan armada Prancis memiliki 200 kapal dengan 30 ribu pasukan.
Armada Prancis buang sauh dekat Isle of Wright. Akibatnya, nasib kubu Raja Henry VIII cukup genting.
Pasukan utama Henry VIII sedang berada di Prancis demi mempertahankan
Calais dan Boulogne yang dulu dikuasai Inggris. Jadi, ia memanggil 12
ribu milisi yang terdiri atas pemuda yang masih hijau dan para petani di
Portsmouth.
Kekuatan Inggris hanya sekitar sepertiga kekuatan Prancis sehingga satu-satunya cara bertahan adalah mencegah pendaratan pasukan musuh.
Dikutip dari Ancient Origins pada Selasa (13/9/2016), selama
ini diduga kapal Mary Rose terhempas angin kencang seperti disebutkan
sejumlah saksi, tapi sekarang ada dugaan bahwa para awaknya memang belum
mahir dan tidak mau patuh pada perintah.
Belakangan ada dugaan bahwa kebanyakan awak adalah bangsa Spanyol
yang tidak mengerti bahasa Inggris, sehingga menimbulkan kebingungan dan
kekacauan.
Pertempuran Solent
Penulis Dominic Fontana mencoba melakukan rekonstruksi Pertempuran Solent dengan menelaah catatan geografis dan sejarah.
Selain tulisan, ia menelaah lukisan sepanjang 6 meter di ruang makan
Cowdray House, Sussex, yang menampilkan suasana pertempuran dan mungkin
dilukis antara 1545 dan 1548. Lukisan asli terbakar pada 1793, tapi ada
sejumlah salinan yang dilukis 20 tahun sebelumnya.
Dalam gambar itu terlihat pasukan penyerbu dari Prancis di sebelah kiri dan armada Inggris di kanan, di sekitar Solent.
Raja Henry VIII sedang berkuda menuju Southsea Castle, diikuti oleh
Sir Anthony Browne, Kepala Pasukan Berkuda Raja yang menugaskan
pembuatan dokumentasi lukisan tersebut.
Lukisan
pertempuran laut ternyata dapat membantu menjelaskan tenggelamnya sebuah
kapal Abad Pertengahan. (Sumber Ancient Origins)
Di tengah lukisan ada gambar tiang Mary Rose menjulang ke permukaan
laut dikelilingi seorang pelaut yang melambaikan tangan di puncak tiang
utama. Di sekitarnya ada beberapa jasad pelaut lain dan beberapa sekoci
penyelamat.
Dengan dibantu teknologi pemetaan digital, posisi semua kapal,
pasukan, dan instalasi dapat diketahui dan dipetakan dalam pertempuran.
Lukisan itu cukup teliti untuk menggambarkan geografi Solent.
Beberapa tempat seperti benteng, gereja, dan sungai yang masih ada
saat ini memungkinkan penempatan elemen-elemen dari masa lalu.
Bahkan bisa dilakukan rekonstruksi arus ombak pada hari pertempuran,
sehingga bisa ditebak tindakan-tindakan dua armada yang sedang bertempur
sehingga mempertegas tulisan-tulisan dari saat itu maupun bukti
arkeologis sesuai dengan konteks geografis di Solent.
Peran Gelombang Laut
Rekonstruksi ombak menunjukkan waktu sekitar pukul 08.00 pagi hingga siang hari, karena arus laut di Solent bergerak ke barat.
Pada hari yang tenang dan cerah itu tidak ada angin, sehingga
kapal-kapal Inggris tidak bisa bergerak dan terikat pada jangkar di
Spithead.
Ombak mendorong kapal-kapal Inggris sehingga haluannya mengarah ke
pihak Prancis. Perincian ini penting karena ini berarti kapal-kapal
Inggris tidak bisa menembak langsung. Meriam mereka berada di sisi
lambung kapal.
Dengan demikian, selama 4 jam, pasukan Prancis diuntungkan oleh
gelombang laut dan sanggup menyerang dengan 5 kapal ke arah pihak
Inggris yang tidak bisa membalas tembakan.
Kapal jenis Mediterranea itu dilengkapi dengan 2 atau 4 meriam besar yang menembak langsung ke depan dari jarak jauh.
Di pagi hari, pasukan Prancis diuntungkan. Tidak seperti kapal Inggris, kapal Prancis digerakkan
oleh para pendayung yang terdiri dari para tawanan perang dan
narapidana sehingga bisa bergerak tanpa tergantung arus angin ataupun
ombak.
Lukisan
pertempuran laut ternyata dapat membantu menjelaskan tenggelamnya sebuah
kapal Abad Pertengahan. (Sumber Ancient Origins)
Hal-hal rinci seperti ini menengarai bahwa kapal Mary Rose babak
belur ditembaki di haluannya. Saksi Martin Du Bellay dari Prancis
menyebutkan, "Diuntungkan oleh laut yang sedang tenang, tanpa angin
ataupun ombak yang kuat, kapal-kapal kami bisa melakukan maneuver
sesukanya dan merugikan musuh yang tidak bisa bergerak tanpa angin,
sehingga terpapar tembakan artileri kami."
Diduga, pasukan Prancis tidak meleset menyerang musuh mereka karena
bisa begitu dekat ke kapal-kapal Inggris. Walaupun begitu, parahnya
kerusakan haluan Mary Rose masih belum diketahui karena memerlukan
ekskavasi dari dasar laut.
Kalau sekedar buritan rusak sebenarnya tidak masalah walaupun air
laut bisa masuk ke lambung kapal. Yang menarik, pompa dalam kapal Mary
Rose tidak ditemukan di tempat seharusnya ketika bangkai kapal digali.
Pompa itu rusak sebagian dan tidak berfungsi pada saat kapal tenggelam, mungkin rusak karena dipakai terlalu berat.
Penyerbuan oleh Prancis
Di siang bolong, biasanya angin laut menerpa Solent. Karena itu, Mary
Rose memiliki kesempatan berlayar dan membawa persenjataannya
menghadang kapal-kapal Prancis.
Sekitar pukul 16.00 atau 17.00 sore, Mary Rose menuju ke utara,
sesuai dengan arah geraknya ketika tenggelam. Bukti arkeologis
menceritakan bahwa beberapa meriam telah ditembakkan, sehingga kapal itu
diduga sempat berhadapan dengan musuh.
Kapal itu terus menuju utara, tapi diduga terombang-ambing dan
berlayar dengan lamban karena telah terkena tembakan sewaktu terdiam
kekurangan angin.
Para awak Mary Rose diduga sudah mengetahui sedang dalam masalah dan
merasakan gerak-gerik kapal yang terombang-ambing. Penulis Dominic
Fontana menduga para awak kapal bermaksud membawa kapal ke Spitbank,
sekitar 600 meter dari tempat tenggelamnya.
Sebenarnya hanya perlu 6 menit lagi supaya kapal itu aman, tapi kapal
terombang-ambing terlalu keras dan terlalu lama sehingga lubang-lubang
meriam di lambung kapal kemasukan air dan kapal itupun tenggelam hanya
dalam beberapa detik saja.
Tenggelamnya Mary Rose menewaskan sekitar 500 awak di dalamnya. Hanya 35 orang yang dilaporkan selamat.
Para awak itu diduga mendapat pandangan tidak adil perihal
tenggelamnya kapal mereka. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka
tidak kompeten atau tidak disiplin. Dan sepertinya tidak mungkin ada
hempasan angin di kala cuaca cerah saat itu.
Tapi, sebelum haluan kapal ditemukan, masih banyak teori-teori yang harus dibuktikan.
CB , Moskow - Wakil
ketua badan anti-korupsi Rusia, Dmitry Zakharchenko, ditangkap setelah
polisi menemukan uang lebih dari US$ 120 juta atau sekitar Rp 1,6
triliun di rumahnya di Moskow.
Saat penggerebekan, polisi
menemukan uang sebanyak itu dalam bentuk pecahan US$ 100 dollar yang
disusun rapi dan dililit pakai gelang karet. Uang itu disimpan dalam
kardus.
Zakharchenko resmi ditahan pada hari Sabtu, 10 September 2016, mengutip Telegraph, 13 September 2016.
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Presiden Vladimir Putin
telah diberi tahu mengenai penangkapan Zakharchenko dan temuan uang Rp
1,6 triliun di rumahnya. Kremlin menjelaskan kasus ini merupakan kasus
suap terbaru yang melibatkan pejabat tinggi Rusia.
Peskov
menegaskan aparat saat ini memerangi kejahatan suap di kalangan pejabat
Rusia. "Perang melawan korupsi merupakan proses multisektor, sangat
bergelombang, dan sangat kompleks," kata Peskov.
Moscow Times
menjelaskan, Zakharchenko sebagai Wakil Komite Keamanan Ekonomi dan
Pemberantasan Korupsi di Kementerian Dalam Negeri memiliki penghasilan
sekitar US$ 46 ribu atau Rp 606 juta per tahun.
Penyidik
tengah mengusut keterlibatan Zakharchenko dalam kasus NOTA Bank yang
saat ini ditutup atas dugaan pelanggaran peraturan perbankan. Izin bank
yang termasuk 100 bank teratas di Rusia dalam kepemilikan aset itu telah
dicabut pada November 2015.
Zakharchenko menolak menanggapi kasus ini. Ia berada dalam tahanan hingga 8 November mendatang
CB, LONDON -- Parlemen Inggris menyalahkan
adanya intervensi negara itu dalam konflik di Libya pada 2011 lalu.
Intervensi yang diperintahkan oleh mantan perdana menteri David Cameron
tersebut telah menimbulkan krisis besar bagi Libya, serta keruntuhan
ekonomi.
Inggris dan Prancis memimpin upaya internasional dalam
membantu menggulingkan Presiden Libya Muamar Qadafi. Dengan mengerahkan
jet tempur, kedua negara menggempur tentara Qadafi dan menggulingkannya.
Sejak
itu, Libya mengalami kekacauan. Mulai dari mantan pemberontak yang
masih berupaya memperebutkan wilayah kekuasaan, kedatangan kelompok
militan seperti Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), hingga negara itu
menjadi jalur penyelundupan manusia ke Eropa.
Cameron yang
memimpin Inggris dari 2010 hingga Juli lalu memiliki peran sangat
menentukan dalam keputusan intervensi. Komite Urusan Luar Negeri di
parlemen Inggris mengatakan harus ada bentuk tanggung jawab yang
dilakukan negara itu untuk mengatasi krisis Libya.
"Tindakan Inggris adalah bagian dari intervensi yang disalahpahami
dan hasilnya masih terlihat sangat buruk hingga saat ini," ujar ketua
komite sekaligus anggota dari partai konservatif, Crispin Blunt dalam
laporan yang dirilis Rabu (14/9).
Laporan itu juga menyebutkan
Pemerintah Inggris, di masa kepemimpinan Cameron, gagal mengidentifikasi
laporan intelijen akan ada ancaman besar-besaran terhadap warga sipil
pascaintervensi.
Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
CB, ANKARA -- Menteri Luar Negeri Mevlut
Cavusoglu mengecam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar
Amerika Serikat (AS) di negara itu. Ia juga menyebutkan, duta besar AS
di Turki bukanlah seorang gubernur.
Kedutaan AS merilis
pernyataan pada Ahad (11/9) lalu terkait dengan adanya pemberhentian 24
wali kota yang baru terpilih di wilayah timur dan tenggara Turki. AS
menyuarakan keprihatinan mengenai tindakan yang dilakukan pemerintahan
Turki
Menurut Cavusoglu, AS tidak seharusnya menyuarakan
keprihatinan atas upaya mereka dalam mencegah dan menangani terorisme.
"Pernyataan sekutu kami membuat kami sangat kecewa. Kami menyuarakan
keprihatinan tentang masalah di banyak negara, namun tidak dengan
meminta duta besar membuat pernyataan," ujar Cavusoglu, dilansir Hurriyet Daily News, Rabu (14/9).
Ia
juga menilai AS tidak berhak mengatakan apapun terkait masalah
penggantian pejabat Turki. Menurut Cavusoglu, seharusnya AS bisa lebih
menghormati negara itu sebagai mitra yang sejajar. "Kami menyuarakan
keprihatinan langsung ke rekan-rekan AS bukan dengan memberi pernyataan
seperti masalah rasisme di negara itu sebagai bentuk kesantunan," jelas
Cavusoglu.
CB, OMAHA -- Para miliarder dunia menderita
kerugian hingga 37,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 493,367 triliun
dalam perdagangan di lantai bursa, Selasa (13/9). Penurunan jumlah
kekayaan para miliarder dunia ini terjadi di tengah lesunya pasar
ekuitas global yang mengakibat merosotnya harga saham dan obligasi.
Harga minyak dunia yang jatuh setelah prediksi Badan Energi
Internasional (IEA) juga menjadi penyebab terjadinya penurunan ini. IEA
memperkirakan jatuhnya harga minyak akan berlanjut hingga tahun depan.
Dilansir Bloomberg, Rabu (14/9), Warren Buffett kehilangan
1,4 miliar dolar AS dari kekayaan yang dimilikinya setelah harga saham
Wells Fargo & Co turun 3,3 persen dalam perdagangan Selasa (13/9).
Anjloknya harga saham Wells Fargo menyusul skandal pembobolan lebih dari
dua juta rekening nasabah oleh karyawan bank tersebut.
Perusahaan investasi milik Buffet, Berkshire Hathaway Inc, yang
merupakan pemegang saham terbesar Wells Fargo turun dua persen. Hal ini
menyebabkan jumlah kekayaan Buffet mengalami penurunan. Miliarder
Amerika Serikat berusia 86 tahun ini merupakan orang keempat terkaya di
dunia dengan kekayaan bersih mencapai 65,8 miliar dolar AS.
Penurunan jumlah kekayaan tidak hanya dialami oleh Buffet saja. Bloomberg
menyebutkan, orang kedua terkaya dunia yang merupakan pendiri Inditex
SA Amancio Ortega memimpin daftar 400 orang terkaya dunia dengan
penurunan kekayaan sebesar 3,3 miliar dolar AS sejak perdagangan di
lantai bursa dimulai.
Sementara Co founder Microsoft Bill Gates, orang terkaya pertama di
dunia dengan kekayaan 87,3 miliar dolar AS, dilaporkan telah kehilangan
2,4 miliar dolar AS.
Sedangkan pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos, yang merupakan orang
terkaya ketiga dunia dengan kekayaan mencapai 66,2 miliar dolar AS,
kehilangan 1,9 miliar dolar AS. Buffet yang tampaknya cukup beruntung
karena ia hanya kehilangan kekayaan 1,6 miliar dolar AS.
Jakarta - Pernyataan Menko Kemaritiman sekaligus Plt Menteri
ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, bahwa Arcandra Tahar berjasa
'menyelamatkan uang negara' di Blok Masela selama 20 hari menjadi
Menteri ESDM kini mulai dikritisi.
Di berbagai kesempatan, Luhut
melontarkan, biaya investasi untuk Blok Masela turun dari US$ 22 miliar
menjadi US$ 15,5 miliar berkat Arcandra. Perhitungan itu dibuat setelah
Arcandra melakukan pertemuan dengan operator Blok Masela, Inpex
Corporation, pada akhir Juli lalu.
Luhut dinilai mengada-ada,
biaya investasi di Blok Masela bisa turun bukan lantaran kecerdasan
Arcandra. Angka perkiraan yang tinggi dihitung saat harga minyak masih
sekitar US$ 100/barel. Sekarang harga minyak sedang berada di kisaran
US$ 50/barel. Anjloknya harga minyak membuat biaya-biaya untuk
konstruksi dan jasa penunjang untuk pengeboran minyak menjadi lebih
murah.
Dengan asumsi kondisi seperti sekarang, maka wajar biaya
investasi untuk pengembangan Blok Masela bisa turun menjadi US$ 15,5
miliar. Penurunan terjadi bukan karena pemangkasan, melainkan dampak
merosotnya harga minyak dunia.
Tapi Luhut membantah pendapat itu.
Dia mengatakan, angka perkiraan biaya investasi untuk Blok Masela
sebesar US$ 22 miliar juga dibuat saat harga minyak sudah jatuh. Jadi
menurutnya, penurunan biaya adalah hasil pemangkasan.
"Nggak,
dulu dibuat US$ 22 miliar itu dengan harga minyak seperti sekarang.
Jadi US$ 22 miliar itu dengan kondisi harga minyak sudah rendah," kata
Luhut saat ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa
(13/9/2016).
Dia mengklaim, Arcandra memangkas berbagai
'pengeluaran yang tidak perlu', misalnya biaya untuk pembangunan
pipa-pipa gas. "Banyak hal-hal yang tidak perlu setelah dilihat.
Misalnya biaya soal pipa, pengoperasian, risiko," paparnya.
Tapi diakuinya, besarnya biaya investasi pengembangan Blok Masela belum dapat dipastikan. Sebab, revisi Plan of Development
(POD) Lapangan Abadi masih berjalan. Angka sebesar US$ 15,5 miliar itu
masih hitungan yang mentah sekali, tidak akurat dan belum tentu dana
sebesar itu sudah cukup untuk pengembangan Blok Masela.
Penyusunan POD masih harus melalui berbagai proses seperti Pre Front End Engineering Design
(Pre FEED), FEED, baru setelah itu POD. Angka perkiraan yang paling
adalah di POD. "Sekarang kita minta, bisa nggak Inpex membuat hitungan
baru, dan hitungan baru itu pasti di bawah US$ 22 miliar. Tepatnya
berapa, tunggu POD-nya dari SKK Migas," ucapnya.
Dia
menambahkan, saat ini sudah tidak ada masalah lagi untuk pengembangan
Blok Masela. Inpex Corporation, operator Blok Masela, tinggal menyiapkan
revisi POD. Diharapkan revisi POD selesai dalam 8 bulan.
"Tidak
ada masalah, tinggal mereka siapkan POD-nya. Kalau boleh POD selesai 8
bulan, jangan setahun. Mereka (Inpex) siap," tutupnya.
Jakarta - Dalam berbagai kesempatan, Menko Kemaritiman sekaligus
Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, kerap melontarkan pujian
kepada Arcandra Tahar yang disebutnya berhasil 'menyelamatkan uang
negara' di Blok Masela, selama 20 hari menjadi Menteri ESDM.
Kata
Luhut, biaya investasi untuk Blok Masela turun dari US$ 22 miliar
menjadi US$ 15,5 miliar berkat Arcandra. Perhitungan itu dibuat setelah
Arcandra melakukan pertemuan dengan operator Blok Masela, Inpex
Corporation, pada akhir Juli lalu.
Benarkah Arcandra berhasil menurunkan biaya investasi di Blok Masela?
Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Andang Bachtiar, menerangkan bahwa revisi Plan of Development
(POD) alias rencana pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela, masih
dalam proses. Angka sebesar US$ 15,5 miliar itu masih hitungan yang
mentah sekali, tidak akurat dan belum tentu dana sebesar itu sudah cukup
untuk pengembangan Blok Masela.
Inpex Corporation dan Shell,
selaku kontraktor Blok Masela, juga belum menyepakati angka itu.
Penyusunan POD masih harus melalui berbagai proses seperti Pre Front End
Engineering Design (Pre FEED), FEED, baru setelah itu POD.
"Prosesnya
kan panjang untuk menuju POD, harus negosiasi 2 pihak juga. Apa iya
sudah ada kesepakatan? Bisa dilaksanakan nggak proyek Masela dengan US$
15,5 miliar? POD saja belum tahu mau bagaimana?" kata Andang kepada detikFinance di Jakarta, Selasa (13/9/2016).
Proyek
Masela saat ini masih belum berjalan sama sekali, baru penyusunan POD
saja. Maka jelas belum ada uang yang keluar. "Jadi penghematan uang
negara itu belum terjadi," tandasnya.
Berdasarkan perkiraan SKK
Migas yang diumumkan saat pembahasan POD akhir tahun lalu, pengembangan
Blok Masela dengan skema kilang di darat (onshore) membutuhkan biaya kurang lebih US$ 19,3 miliar.
Deputi
Pengendalian Operasi SKK Migas, Muliawan, pernah menjelaskan angka US$
19,3 miliar itu adalah perkiraan yang dibuat tahun 2013 saat harga
minyak berada di kisaran US$ 100/barel.
Sementara harga minyak
saat ini berada di kisaran US$ 50/barel. Anjloknya harga minyak membuat
biaya-biaya untuk konstruksi dan jasa penunjang untuk pengeboran minyak
menjadi lebih murah.
Dengan asumsi kondisi seperti sekarang,
maka biaya investasi untuk pengembangan Blok Masela bisa turun menjadi
US$ 15,5 miliar. Penurunan terjadi bukan karena pemangkasan, melainkan
dampak merosotnya harga minyak.
"(Biaya investasi untuk
pengembangan Blok Masela bisa turun) Karena harga minyaknya turun,
penawarannya bisa relatif rendah, makanya jasa penunjang over supply. Apalagi sekarang kan pakai onshore, teknologinya lebih mudah," kata Muliawan kepada detikFinance, beberapa waktu lalu.
Tapi
angka US$ 15,5 miliar yang disebut oleh Arcandra Tahar saat bertemu
dengan Inpex itu masih perhitungan kasar, baru semacam survei pasar
saja.
Sementara saat dihubungi detikFinance
beberapa waktu lalu, Juru Bicara Inpex Corporation, Usman Slamet,
menyatakan pihaknya akan terus berdiskusi dengan pemerintah untuk
mempercepat pengembangan Blok Masela, mencari cara bagaimana agar ladang
gas dengan cadangan 10 trilun kaki kubik (TCF) ini bisa ekonomis untuk
digarap.
"Sekarang kita sedang berbicara insentif dengan
pemerintah dan SKK Migas agar proyek ini bisa cepat berjalan. Kita juga
ingin Blok Masela cepat jalan," tutupnya.
Jakarta - PT Lippo Cikarang Tbk akan membangun moda transportasi massal Automated People Mover (APM) dalam bentuk Automated Guideway Transit
(AGT), sebuah kereta otomatis yang dipisahkan oleh sistem transit di
mana kendaraan secara otomatis akan mengikuti rel yang ada. Sistem
transportasi ini telah dikembangkan di kota-kota di Singapura, Jepang,
Korea, Dubai, hingga Amerika.
Sistem transportasi baru yang
terintegrasi ini diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat dalam
menggunakan transportasi umum. Jika dibandingkan dengan moda
transportasi sejenis lainnya, AGT memiliki pergerakan yang lebih cepat
namun halus sehingga tidak menimbulkan suara bising dan getaran.
"Jadi
ini moda transportasi masa depan, bukan lagi pakai mobil ke Jakarta
habis waktu dua hingga tiga jam. Kita akan selesaikan ini antara 2017
hingga 2019," ujar Direktur Marketing Officer PT Lippo Cikarang Tbk
Stanley Ang di Jakarta, Selasa (13/9/2016).
Dengan
kecepatannya dan sistem yang terintegrasi, jenis transportasi ini dapat
mengangkut 50 ribu hingga 250 ribu penumpang setiap harinya.
Pengoperasiannya pun tidak menggunakan sistem gerbong seperti MRT, dan
dapat dikonfigurasi dengan mudah. Adapun panjang lintasan dari sistem
transportasi ini berkisar 5-30 km, dengan jarak antar stasiun berkisar
1-2 km saja.
AGT menggunakan tiang pier atau jalur di atas jalan
dengan ukuran yang lebih ramping (8,4 meter) dari kereta api atau
commuter line (9,3 meter). Kereta ini juga dapat lebih leluasa
pergerakan memutarnya dengan radius mencapai 30 meter sehingga lebih flexible dalam beroperasi.
Biaya
konstruksi moda transportasi AGT ini ditenggarai lebih murah dari moda
transportasi sejenis seperti commuter dan MRT, karena penggunaan jenis
infrastruktur yang lebih kecil dan ringan, di mana berat rodanya lebih
ringan 6-9 ton dari kereta biasa . Konstruksi pun dapat dilakukan dengan
cepat mengingat pengerjaannya tidak membutuhkan pengadaan lahan, karena
dapat dibangun di atas jalan yang sudah tersedia. Hal ini pula yang
mendukung optimisme PT Lippo Cikarang pengerjaannya akan selesai di 2019
mendatang.
Saat
ini Lippo tengah menunggu koordinasi dari Badan Perencanaan Pembangunan
Nasional (Bappenas) sebagai upaya pengerjaan pembangunan moda
transportasi masa depan ini.
"Jadi kita ajak para stakeholder
memikirkan satu moda transportasi masa depan, bagaimana kita
mengusahakan suatu kota yang terintegrasi. Mengurangi perjalanan dengan
menggunakan kendaraan. Selama ini sudah pakai lampu lalu lintas, ganjil
genap, 3 in 1. Lalu kawasan yang sifatnya bertumpu pada simpul-simpul
angkutan umum. Kita tidak bisa andalkan itu saja," pungkasnya.
Jakarta - Koridor Timur Jakarta menjadi wilayah yang padat
pergerakannya karena menyumbang 15% dari 47,5 juta pergerakan di
Jabodetabek setiap harinya disumbang oleh tumbuhnya pusat-pusat ekonomi
baru di kawasan tersebut.
Untuk itu dibutuhkan suatu moda
transportasi terintegrasi yang dapat menghubungkan antara satu
transportasi dengan transportasi lainnya, sehingga masyarakat tidak lagi
memerlukan kendaraan pribadi dalam menunjang aktifitas hariannya
seperti bekerja.
Salah satu moda transportasi masa depan yang akan digunakan adalah jenis Automated People Mover (APM) yang hadir dalam bentuk Automated Guideway
Transit atau kereta otomatis yang dipisahkan oleh sistem transit di
mana kendaraan secara otomatis akan mengikuti rel yang ada.
Sistem transportasi ini telah dikembangkan di kota-kota di Singapura, Jepang, Korea, Dubai, hingga Amerika.
Moda transportasi ini memiliki fleksibilitas rute yang luar biasa karena dapat dibangun pada track yang elevated atau
melayang dan meminimalisasi penggunaan lahan dan terbukti aman, cepat,
dan tepat waktu karena pengoperasian nya yang otomatis terintegrasi dan
bebas dari kepadatan lalu lintas.
Saat ini moda transportasi
tersebut tengah direncanakan dibangun oleh PT Lippo Cikarang dan bekerja
sama dengan stakeholder Jepang Japan Transportation Planning
Association (JTPA) dan sedang dalam fase feasibility study (fs) atau uji kelayakan. Pembangunan direncanakan dilakukan pada 2017 mendatang dan ditargetkan selesai pada 2019.
"Jadi kita arahkan mereka untuk tinggalkan mobilnya, dan pakai transportasi umum. Kita mau mengubah mindset,
bagaimana orang bisa menggunakan transportasi umum dengan nyaman dan
aman, dan meninggalkan mobil mereka," ujar Direktur Marketing Officer PT
Lippo Cikarang Tbk Stanley Ang dalam acara diskusi di Marketing Gallery
Kemang Village, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2016).
Dalam perencanaannya, moda transportasi tersebut akan dibagi dalam dua jalur, yaitu north south line
sebagai tahap pertama yang akan dimulai dari stasiun KA Cikarang
melewati Jababeka menuju Cikarang. Sedangkan pada tahap berikutnya, akan
membentang dari kawasan industri Bekasi hingga Karawang.
APM
ini direncanakan akan terintegrasi dengan jalur LRT Cawang-Bekasi Timur
yang memungkinkan aksesibilitas menuju dan dari Koridor Timur Jakarta,
sehingga dapat ditempuh dengan mudah.
Moda transportasi masa depan di Koridor Timur Jakarta ini juga akan menghubungkan tujuh kawasan industri di Bekasi.
Blue Origin New Glenn dibandingkan dengan sejumlah roket.
CB - Blue
Origin, perusahaan teknologi antariksa milik miliarder Jeff Bezos
mengumumkan rancangan roket terbaru yang ditargetkan bisa mengantarkan
manusia bolak balik ke antariksa segera.
Rancangan yang dirilis
pada Senin (12/9/2016) itu mengungkap bahwa New Glenn, nama roket itu,
monster. Ukuran roket itu setara dengan Saturn V, roket Badan
Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tahun 1966-1973.
Bezos yang juga pendiri Amazon dan pemilik media The Washington Post mengatakan, "Misi kami adalah memungkinkan jutaan orang hidup dan bekerja di antariksa, dan New Glenn adalah langkah penting."
Berdiameter 7 meter, roket itu menjadi salah satu roket baru terbesar, mengalahkan Vulcan, Falcon 9, dan Delta IV Heavy.
Blue
Origin membuat 2 variasi New Glenn, "2 stage" dan "3 stage". Variasi "2
stage" yang punyab tinggi 82 meter bakal mengantarkan manusia ke orbit
rendah Bumi.
Sementara, variasi "3 stage" yang punya tinggi sekitar 95 meter bakal memungkinkan manusia terbang ke luar orbit Bumi.
Menggunakan
mesin BE 4 engines yang dikembangkan sendiri oleh Blue Origin, New
Glenn revolusioner karena bisa dipakai berulang kali.
Hal itu
penting untuk memangkas ongkos penerbangan antariksa. Bayangkan betapa
mahalnya jika setiap kali terbang Jakarta-Tokyo harus menggunakan
pesawat baru.
Charles Miller, presiden NexGen Space L.L.C. yang juga mantan penasehat senior NASA kepada New York Times, Senin, mengatakan, "Kemampuan dipakai berulang kali akan mengubah permainan."
New
Glenn juga punya keunggulan karena ukurannya besar dan didayai 7 mesin.
Menurutnya, itu bisa memangkas ongkos penerbangan antariksa sebab
memungkinkan lebih banyak penumpang sekali terbang.
Blue Origin
menargetkan, misi ke antariksa ke New Glenn pada akhir dekade ini.
Awalnya, yang bisa terbang mungkin hanya orang kaya. Namun ke depan,
ditargetkan penerbangan antariksa bisa lebih murah.
Miller
mengatakan, kemudahan penerbangan antariksa bakal memberi keuntungan
bagi ilmu pengetahuan. Manusia bisa memerkirakan cuaca lebih akurat,
memanen energi surya lebih baik, serta memonitor karbon lebih akurat.