Kamis, 02 Juni 2016
Sangkal Pulau Manis Milik Singapura, Ini Penjelasan Funtasy Island
SINGAPURA - Perusahaan pengembang Funtasy Island menyangkal mengklaim bahwa resort wisata yang mereka kembangkan di Pulau Manis merupakan milik Singapura, bukan Indonesia. Perusahaan itu memberi penjelasan setelah di situsnya ditulis resort Funtasy Island di Pulau Manis berada di Singapura.
Perusahaan berdalih masalah itu hanya “kesalahpahaman”. Demikian disampaikan Direktur pengembang Funtasy Island, Michael Yong, kepada The Straits Times, Kamis (2/6/2016).
“Kami tidak pernah mengklaim bahwa Funtasy Island milik atau di dalam (wilayah) Singapura. Kami tidak punya niat untuk menyatakan atau menyiratkan bahwa itu milik Singapura,” katanya.
Perusahaan ini mengelola dan mempromosikan pulau rekrasi bertemakan alam (eco resort) seluas 328ha yang terletak di Pulau Manis, sekelompok pulau yang berjarak 3km dari Batam. Daerah ini sejatinya dimiliki oleh PT Batam Island Marina yang berbasis di Indonesia.
Yong menjelaskan bahwa peta Funtasy Island dimaksudkan untuk menunjukkan di mana resor ini terletak dan seberapa jauh itu dari Singapura. Peta telah diedit untuk menunjukkan lokasi resort.
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menganggap masalah ini sudah selesai.
”Pulau Manis itu sudah selesai. Kemarin ada pernyataan dari Singapura bahwa mereka tak pernah mengklaim Pulau Manis,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nasir, kemarin.
Menurutnya, masalah yang memicu ketegangan antara Indonesia dan Malaysia ini hanya disebabkan oleh penggunaan ilustrasi yang salah yang dipakai oleh perusahaan pengembang pariwisata di Pulau Manis.
”Ada kerjasama swasta untuk hak guna, sebagai kawasan pariwisata eco tourism. Namun, ada salah promosi, karena di pulau itu bergambar sama dengan wilayah Singapura. Namun itu sudah diperbaiki, tak ada klaim dari negara manapun di sana,” katanya.
Dia menegaskan bahwa sudah ada bendera Indonesia berkibar di pulau itu, yang menunjukan bahwa Pulau Manis bagian dari Indonesa. "Kita lihat ini sudah berakhir, ini semua hanya karena salah paham, salah strategi marketing,” ujarnya.
Kementerian Luar Negeri (MFA) Singapura juga bingung karena Singapura tidak merasa mengklaim Pulau Manis.
Credit Sindonews
Dewan Keamanan PBB Kecam Uji Coba Rudal Korut
Dewan Keamanan PBB mengecam tiga kali percobaan uji coba rudal balistik oleh Korea Utara yang gagal. (Reuters/KCNA)
Tensi di sekitar Semenanjung Korea terus meninggi sejak Korut melakukan uji coba nuklirnya pada Januari lalu, disusul oleh peluncuran satelit pada Februari dan serangkaian uji coba peluncuran rudal.
Pada April, Korut meluncurkan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah dan peluncuran rudal balistik dari kapal selam, keduanya dikecam oleh DK PBB ketika itu.
“Anggota Dewan Keamanan menyesalkan semua aktivitas rudal balistik DPRK (Korea Utara), termasuk rangkaian peluncuran yang gagal ini, mencatat bahwa aktivitas semacam itu berkontribusi kepada perkembangan sistem pelepasan senjata nuklir DPRK dan meningkatkan tensi,” menurut DK PBB.
“Anggota Dewa Keamanan kemudian menyesalkan bahwa DPRK mengalihkan sumber daya untuk mengejar rudal balistik padahal warga DPRK memiliki banyak kebutuhan yang tak terpenuhi,” lanjut DK.
Pada Maret, DK PBB memberlakukan sanksi lebih keras kepada Korut untuk membatasi dana bagi program nuklir negara pimpinan Kim Jong Un tersebut.
Credit CNN Indonesia
Menlu Kabinet Duterte: Filipina Tak Akan Jadi Antek Asing
Filipina memang kerap dekat dengan
Washington, membuat hubungan dengan China merenggang, terlihat dari
sejumlah latihan militer kerap dilakukan kedua negara. (Reuters/Erik De
Castro)
Dalam wawancaranya dengan Reuters, pria yang berprofesi sebagai pengacara ini berusaha untuk menggarisbawahi kemerdekaan Filipina dalam menangani sengketa wilayah dengan China di Laut China Selatan.
"Kita tidak harus menjadi antek bangsa manapun," kata Yasay di Manila, Rabu (1/6), sehari setelah Duterte mengumumkan kabinetnya.
Yasay menilai bahwa hubungan dengan China harus ditingkatkan.
"Selama (China) mematuhi aturan hukum, menghormati integritas teritorial dan kedaulatan, kita harus terus memastikan bahwa persahabatan dan hubungan kami akan menjadi lebih kuat," katanya.
Sebelumnya, Duterte menyatakan bahwa di bawah kepemimpinannya Filipina tidak akan bergantung pada AS yang telah lama menjadi sekutu dekat negaranya.
Pernyataan Duterte ini memberikan sinyal Manila tak akan bergantung lagi pada Washington, utamanya dalam berurusan dengan Beijing terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan.
"Dia hanya mengartikulasikan posisi kami bahwa, menurut konstitusi, kami seharusnya membawa kebijakan luar negeri yang independen," komentar Yasay terkait pernyataan Duterte tersebut.
Yasay menambahkan bahwa Duterte akan menghormati perjanjian yang sudah disepakati dengan Amerika Serikat, termasuk Perjanjian Kerja Sama Pertahanan Canggih yang memungkinkan peningkatan akses bagi pasukan AS untuk memasuki ke markas lokal.
Presiden AS, Barack Obama, sudah menelpon Duterte pada 17 Mei lalu untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu.
"Itu indikasi yang sangat kuat bahwa persahabatan kami dengan Amerika tidak akan terpengaruh, dan [hubungan ini] juga tidak akan terpengaruh atas kemenangannya [Duterte]," kata Yasay.
Pada kesempatan yang sama, Duterte tidak mengesampingkan kemungkinan negosiasi ulang perjanjian tersebut di masa depan jika dianggap perlu.
"Ketika ia mengatakan bahwa ia berkomitmen terhadap perjanjian yang telah kami tandatangani, dia tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa di masa depan, jika dirasa perlu, bernegosiasi kembali atas perjanjian ini, atas dasar mengejar kepentingan bersama kedua negara, kita tidak perlu ragu untuk melakukannya, "kata Yasay.
Mahkamah Agung Filipina tahun ini menguatkan kebijakan perjanjian yang memungkinkan Amerika Serikat membangun gudang dan pusat logistik di wilayah mana saja di Filipina.
Washington juga membantu bekas koloninya untuk meningkatkan pertahanan, menyediakan peralatan radar dan kapal penelitian yang akan tiba pada Juli mendatang.
China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, salah satu rute perdagangan terpenting dengan nilai mencapai US$5 triliun per tahun dan diyakini kaya minyak. China Klaim China tumpang tindih dengan Filipina, Malaysia, Brunei, Taiwan dan Vietnam.
Ketegangan antara Filipina dan China meningkat menyusul persiapan pengadilan internasional di Den Haag untuk memberikan putusan dalam beberapa bulan ke depan terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan yang diajukan oleh Manila pada 2013.
Filipina berupaya mencari klarifikasi dari hukum maritim PBB yang dapat melemahkan klaim China sebesar 90 persen dari Laut China Selatan. China menolak otoritas pengadilan tersebut.
Duterte juga menyerukan agar China menghormati Zona Ekonomi Eksklusif sepanjang 200 mil laut yang ditetapkan berdasarkan hukum internasional.
Credit CNN Indonesia
Pria Gemuk Kini Bisa Melamar Jadi Tentara China
Militer China melonggarkan standar
berat badan bagi calon tentara baru, menyusul angka obesitas di kalangan
pemuda yang meningkat di negara itu. (Ilustrasi/Kevin Frayer/Getty
Images)
Diberitakan Telegraph, Selasa (31/5), panglima angkatan darat China dalam pernyataannya pekan ini mengatakan akan melonggarkan standar berat badan bagi tentara baru. Langkah ini diambil di tengah lingkar pinggang yang meningkat di kalangan pemuda China.
Berdasarkan peraturan baru Tentara Pembebasan Rakyat, berat badan calon tentara pria diperbolehkan hingga 30 persen di atas bobot ideal, sementara calon tentara wanita 20 persen.
"Penurunan standar berat diambil menyusul peningkatan bobot tubuh pemuda China," kata Tong Jing, salah satu staf pusat pemeriksaan fisik di Beijing kepada koral lokal Global Times.
Tiongkok menghadapi masalah yang parah dengan obesitas menyusul meningkatnya gaya hidup Barat di tengah masyarakat China yang kian makmur. Serbuan restoran cepat saji asal Barat juga menyumbang pada peningkatan berat badan masyarakat.
Menurut laporan European Journal of Preventive Cardiology bulan lalu, sebanyak 17 persen pria dan sembilan persen wanita mengalami obesitas pada 2014, meningkat dari angka di bawah satu persen pada tahun 1985.
Laporan jurnal kesehatan tersebut memaparkan tingkat obesitas di antara pemuda perdesaan di China, yang biasanya tertarik berkarier di dunia militer.
Kehidupan pada pemuda desa di China juga mulai tidak sehat. Kebanyakan mereka kerap memakan kudapan sambil bermain game komputer atau berselancar di internet, kebiasaan yang memicu kegemukan.
Restoran cepat saji dengan menu pizza dan minuman soda yang mulai menjamur di wilayah perdesaan kian mengikis makanan tradisional, seperti nasi, sayuran kukus dan daging.
Tentara China adalah salah satu yang terbesar di dunia. Saat ini ada 2,3 juta tentara di China, namun pemerintah Beijing akan memangkasnya menjadi 2 juta.
Credit CNN Indonesia
China Sedang Menguji Jet Tempur Siluman Terbarunya, J-20
Reuters/Kyodo
Pesawat yang dilaporkan sebagai jet tempur siluman China, terlihat di
Chengdu, Provinsi Sichuan. Foto diambil pada 5 Januari 2011.
BEIJING, CB -
China telah memiliki sebuah pesawat tempur siluman, J-20. Namun, jet
itu belum akan digunakan karena masih dalam tahap-tahap pengujian.
Angkatan Udara (AU) China menghatakan hal itu, Rabu (1/6/2016), setelah beredar foto jet tempur itu bergabung dalam armada aktif.
China berharap J-20 akan mengurangi ketimpangan militer dengan Amerika Serikat (AS).
Konfirmasi uji coba pesawat pertama itu bersamaan dengan sebuah kunjungan ke Beijing pada 2011 oleh Menteri Pertahanan AS yang saat itu dijabat, Robert Gates.
Para analis mengatakan, foto J-20 yang beredar itu menunjukkan bahwa China kemungkinan telah menjalani perkembangan yang lebih cepat dari perkiraan.
Kemajuan dalam pengembangan pesawat itu dapat menyaingi pesawat F-22 Raptor yang mampu menghindari radar buatan Lockheed Martin, AS.
Dalam pernyataan dinyatakan, J-20 telah muncul di sejumlah latihan, menyusul siaran televisi nasional yang menunjukkan sejumlah gambar buram yang disebut sebagai J-20 oleh para pemirsa.
Namun, AU China menyebut laporan tersebut sebagai “tidak bisa diandalkan”.
“Pada saat ini, J-20 belum digunakan untuk tugas AU,” kata pihak AU China di situs remisnya Selasa (31/5/2016) sore.
Pihak AU China juga mengatakan, baik J-20 dan pesawat baru lainnya, pesawat pengangkut Y-20, masih berada dalam status uji coba terbang seperti yang telah direncanakan.
"Dalam waktu dekat, J-20 dan Y-20 akan, secara berurutan, dipergunakan untuk tugas, yang secara efektif akan meningkatkan kemampuan AU untuk menjalankan tugas mereka," tambahnya.
Para ahli mengatakan, China sedang berusaha keras untuk mengembangkan mesin mutakhir yang akan membuat jet tempurnya bisa menandingi kemampuan buatan Barat.
Beijing telah meningkatkan penelitian dengan pesat dalam sektor perlengkapan militer baru, termasuk kapal selam, kapal induk, dan rudal anti-satelit, yang telah memicu kekhawatiran di wilayah sekitarnya dan di Washington.
“Dalam beberapa tahun ini, China sebagian besar bergantung kepada kekuatan sendiri untuk mengembangkan persenjataan baru, satu demi satu,” tambahnya.
Angkatan Udara (AU) China menghatakan hal itu, Rabu (1/6/2016), setelah beredar foto jet tempur itu bergabung dalam armada aktif.
China berharap J-20 akan mengurangi ketimpangan militer dengan Amerika Serikat (AS).
Konfirmasi uji coba pesawat pertama itu bersamaan dengan sebuah kunjungan ke Beijing pada 2011 oleh Menteri Pertahanan AS yang saat itu dijabat, Robert Gates.
Para analis mengatakan, foto J-20 yang beredar itu menunjukkan bahwa China kemungkinan telah menjalani perkembangan yang lebih cepat dari perkiraan.
Kemajuan dalam pengembangan pesawat itu dapat menyaingi pesawat F-22 Raptor yang mampu menghindari radar buatan Lockheed Martin, AS.
Dalam pernyataan dinyatakan, J-20 telah muncul di sejumlah latihan, menyusul siaran televisi nasional yang menunjukkan sejumlah gambar buram yang disebut sebagai J-20 oleh para pemirsa.
Namun, AU China menyebut laporan tersebut sebagai “tidak bisa diandalkan”.
“Pada saat ini, J-20 belum digunakan untuk tugas AU,” kata pihak AU China di situs remisnya Selasa (31/5/2016) sore.
Pihak AU China juga mengatakan, baik J-20 dan pesawat baru lainnya, pesawat pengangkut Y-20, masih berada dalam status uji coba terbang seperti yang telah direncanakan.
"Dalam waktu dekat, J-20 dan Y-20 akan, secara berurutan, dipergunakan untuk tugas, yang secara efektif akan meningkatkan kemampuan AU untuk menjalankan tugas mereka," tambahnya.
Para ahli mengatakan, China sedang berusaha keras untuk mengembangkan mesin mutakhir yang akan membuat jet tempurnya bisa menandingi kemampuan buatan Barat.
Beijing telah meningkatkan penelitian dengan pesat dalam sektor perlengkapan militer baru, termasuk kapal selam, kapal induk, dan rudal anti-satelit, yang telah memicu kekhawatiran di wilayah sekitarnya dan di Washington.
“Dalam beberapa tahun ini, China sebagian besar bergantung kepada kekuatan sendiri untuk mengembangkan persenjataan baru, satu demi satu,” tambahnya.
Credit KOMPAS.com
Pesawat Siluman China Segera Beroperasi, Siap Tandingi Jet AS
Denny Armandhanu/Reuters, CNN Indonesia
Rabu, 01/06/2016 16:19 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame
Jet siluman J-20 China yang dianggap
saingan terberat Raptor F-22 milik AS masil dalam tahap diujicoba dan
akan segera beroperasi. (Wikipedia)
Diberitakan Reuters, Rabu (1/6), dalam gambar yang dipublikasi media China terlihat J-20 telah bergabung dengan armada udara aktif militer Tiongkok.
|
Beberapa pengamat yang dikutip Reuters mengatakan foto-foto J-20 di media lokal menunjukkan China membuat kemajuan yang lebih cepat ketimbang perkiraan dalam pengembangan jet yang diprediksi menyaingi F-22 Raptor milik AS.
Dalam pernyataannya, angkatan udara China mengonfirmasi J-20 telah melakukan latihan terbang. "Saat ini, J-20 belum diturunkan untuk angkatan udara," ujar pernyataan AU China pada Selasa sore.
AU China mengatakan Jet J-20 dan pesawat baru China lainnya, Y-20, masih dalam pengujian terbang.
"Dalam waktu dekat, J-20 dan Y-20, akan dioperasikan, meningkatkan kemampuan angkatan udara untuk memenuhi misi-misi tempur," ujar AU China tanpa memberikan tanggal pasti.
Para ahli mengatakan China masih kesulitan mengembangkan mesin jet canggih untuk menandingi armada Barat di pertempuran.
J-20 adalah salah satu bukti dari pengembangan teknologi militer yang gencar dilakukan China. Selain armada udara, China juga meningkatkan kemampuan kapal selam dan rudal anti-satelit yang membuat negara-negara tetangga dan AS ketar-ketir.
Terutama yang terancam adalah negara-negara di Asia yang bersengketa dengan China di Laut China Selatan.
AU China menegaskan bahwa pengembangan teknologi tempur mereka adalah hal biasa yang dilakukan sebuah negara, bukan untuk mengancam negara lainnya.
"Ini adalah cara yang beralasan untuk melindungi kedaulatan, keamanan dan integritas negara serta melindungi perkembangan keamanan," ujar AU China.
Credit CNN Indonesia
Kapal AL Perancis Tangkap Sinyal Kotak Hitam EgyptAir MS804
HO / AFP EGYPTIAN DEFENCE MINISTRY / AFP Sebuah kapal AL Mesir terlibat dalam operasi pencarian pesawat EgyptAir di Laut Tengah.
KAIRO, CB - Sebuah sinyal telah tertangkap dan diyakini berasal dari salah satu kotak hitam EgyptAir MS804, yang jatuh di Laut Mediterania bulan lalu.
Komite investigasi Mesir mengatakan hal itu pada Rabu (1/6/2016). Dikatakan, sinyal itu ditangkap oleh kapal pencari milik Angkatan Laut Perancis.
Kapal AL Perancis itu memiliki sistem deteksi akustik.
apal dikerahkan untuk mencari reruntuhan Airbus A320 , yang mengangkut 66 orang dan jatuh di Laut Mediterania, pada 19 Mei lalu.
Menurut komite, sebuah kapal yang lain, yang membawa robot pelacak, telah menyelam ke dasar laut untuk menemukan kotak hitam.
Diharapkan, kapal ini akan tiba dalam waktu seminggu. Menjelang kedatangan kapal itu, kapal AL Perancis telah mendeteksi sinyal kotak hitam itu.
Kecelakaan pesawat EgyptAir itu memperkuat masalah terkait “kotak hitam”, yang dapat lepas dari pesawat sebelum kecelakaan, kata perancang kawakan Airbus, Selasa (31/5/2016).
Penyelidik melakukan pencarian bangkai pesawat EgyptAir Airbus A320 di perairan dalam di Laut Mediterania.
Perekam data penerbangan pesawat atau yang biasa disebut kotak hitam dirancang untuk memancarkan sinyal selama 30 hari setelah kecelakaan terjadi.
Waktu tersebut memberikan waktu kelompok pencari kurang dari tiga pekan untuk menemukannya di perairan sedalam 3.000 meter, yang menjadi batas kemampuan mereka.
“Jika kami memiliki alat perekam, yang dapat dilepaskan, itu akan lebih mudah dicari,” kata Wakil Presiden Eksekutif Airbus Bidang Teknis, Charles Champignon, dalam acara media.
“Kami sedang mengerjakannya dan ini hanya memperkuat pendekatan kami secara keseluruhan,” katanya.
Alat perekam yang dapat dilepaskan itu akan terpisah dari pesawat saat terjadi kecelakaan dan akan mengambang, memancarkan sebuah sinyal yang menandakan bahwa pesawat mengalami kecelakaan.
Gagasan itu disarankan penyelidik setelah pesawat Air France A330 mengalami kecelakaan pada 2009, muncul setelah pesawat Malaysia Airlines penerbangan 370 hilang pada Maret 2014.
Lembaga penerbangan PBB, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, menuntut adanya data kunci yang dapat didapatkan dalam “waktu singkat” dari pesawat pada 2021 mendatang.
Komite investigasi Mesir mengatakan hal itu pada Rabu (1/6/2016). Dikatakan, sinyal itu ditangkap oleh kapal pencari milik Angkatan Laut Perancis.
Kapal AL Perancis itu memiliki sistem deteksi akustik.
apal dikerahkan untuk mencari reruntuhan Airbus A320 , yang mengangkut 66 orang dan jatuh di Laut Mediterania, pada 19 Mei lalu.
Menurut komite, sebuah kapal yang lain, yang membawa robot pelacak, telah menyelam ke dasar laut untuk menemukan kotak hitam.
Diharapkan, kapal ini akan tiba dalam waktu seminggu. Menjelang kedatangan kapal itu, kapal AL Perancis telah mendeteksi sinyal kotak hitam itu.
Kecelakaan pesawat EgyptAir itu memperkuat masalah terkait “kotak hitam”, yang dapat lepas dari pesawat sebelum kecelakaan, kata perancang kawakan Airbus, Selasa (31/5/2016).
Penyelidik melakukan pencarian bangkai pesawat EgyptAir Airbus A320 di perairan dalam di Laut Mediterania.
Perekam data penerbangan pesawat atau yang biasa disebut kotak hitam dirancang untuk memancarkan sinyal selama 30 hari setelah kecelakaan terjadi.
Waktu tersebut memberikan waktu kelompok pencari kurang dari tiga pekan untuk menemukannya di perairan sedalam 3.000 meter, yang menjadi batas kemampuan mereka.
“Jika kami memiliki alat perekam, yang dapat dilepaskan, itu akan lebih mudah dicari,” kata Wakil Presiden Eksekutif Airbus Bidang Teknis, Charles Champignon, dalam acara media.
“Kami sedang mengerjakannya dan ini hanya memperkuat pendekatan kami secara keseluruhan,” katanya.
Alat perekam yang dapat dilepaskan itu akan terpisah dari pesawat saat terjadi kecelakaan dan akan mengambang, memancarkan sebuah sinyal yang menandakan bahwa pesawat mengalami kecelakaan.
Gagasan itu disarankan penyelidik setelah pesawat Air France A330 mengalami kecelakaan pada 2009, muncul setelah pesawat Malaysia Airlines penerbangan 370 hilang pada Maret 2014.
Lembaga penerbangan PBB, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, menuntut adanya data kunci yang dapat didapatkan dalam “waktu singkat” dari pesawat pada 2021 mendatang.
Credit KOMPAS.com
Mewujudkan Dieng Jadi Geopark Dunia Butuh Proses Panjang
KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT
Komunitas geotrek Mata Bumi mendapat kesempatan mengunjungi salah satu
sumur panas bumi Geo Dipa Energi di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo,
Jateng, Sabtu (1/11/2014). Dieng menawarkan keindahan sekaligus ancaman,
karena dataran tingginya terbentuk dari gunung berapi yang kini masih
mengeluarkan gas.
WONOSOBO, CB - Pakar Geopark dari Badan Geologi Bandung, Dr Yun Yunus Kusumabrata, menyebut dataran tinggi Dieng layak menjadi kawasan geopark dunia.
Dataran yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini memiliki kekayaan alam yang mendukung, bahkan lebih bagus dibanding geopark di belahan benua Amerika dan Kanada.
Hal itu dikatakan Yunus dalam seminar sosialisasi Geopark di Ballroom Kresna Hotel, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (1/6/2016) sore.
"Alam di Dieng juga sangat mendukung, karena memiliki panorama yang begitu indah, serta sudah terbukti mampu menjadi magnet bagi ribuan wisatawan setiap pekan," papar Yunus.
Menurut Yunus, Dieng memiliki kesempatan besar untuk bisa berkembang menjadi sebuah taman bumi kelas dunia. Meskipun, harus melalu proses yang tidak sebentar untuk mewujudkan cita-cita tesebut.
Untuk menjadi kawasan Geopark Nasional saja, lanjut Yunus, membutuhkan waktu minimal dua tahun. Setelah itu baru dapat diusulkan ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) PBB sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).
"Sepanjang dua tahun berstatus sebagai Geopark Nasional, bisa dilakukan pembenahan-pembenahan," tandas Yunus.
Untuk mendukung upaya tersebut, sambung Yunus, pihaknya menggelar seminar sosialisasi geopark di Wonosobo yang diikuti oleh puluhan pakar geologi dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dalam seminar itu, hadir juga Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo dan mantan Bupati Wonosobo Kholiq Arif.
Agus Subagyo memaparkan bahwa ide Taman Bumi Dieng merupakan sebuah langkah cerdas yang layak didukung penuh.
Kholiq Arif menambahkan bahwa ide untuk menjadikan Dieng sebagai geopark sudah muncul semenjak enam bulan silam. Ide ini telah menjadi diskusi intensif para pegiat pemulihan Dieng serta pemerintah daerah sekitar Wonosobo antara lain Banjarnegara, Temanggung dan Kendal.
"Gagasan ini sudah disampaikan juga kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beliau sepakat. Dukungan para ahli geologi, pemerintah daerah, dan pihak-pihak lain menjadikan Dieng mampu menjadi taman bumi terkemuka di dunia," ujar Kholiq yang kini aktif di komunitas pecinta lingkungan.
Dataran yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini memiliki kekayaan alam yang mendukung, bahkan lebih bagus dibanding geopark di belahan benua Amerika dan Kanada.
Hal itu dikatakan Yunus dalam seminar sosialisasi Geopark di Ballroom Kresna Hotel, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (1/6/2016) sore.
"Alam di Dieng juga sangat mendukung, karena memiliki panorama yang begitu indah, serta sudah terbukti mampu menjadi magnet bagi ribuan wisatawan setiap pekan," papar Yunus.
Menurut Yunus, Dieng memiliki kesempatan besar untuk bisa berkembang menjadi sebuah taman bumi kelas dunia. Meskipun, harus melalu proses yang tidak sebentar untuk mewujudkan cita-cita tesebut.
Untuk menjadi kawasan Geopark Nasional saja, lanjut Yunus, membutuhkan waktu minimal dua tahun. Setelah itu baru dapat diusulkan ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) PBB sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).
"Sepanjang dua tahun berstatus sebagai Geopark Nasional, bisa dilakukan pembenahan-pembenahan," tandas Yunus.
Untuk mendukung upaya tersebut, sambung Yunus, pihaknya menggelar seminar sosialisasi geopark di Wonosobo yang diikuti oleh puluhan pakar geologi dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dalam seminar itu, hadir juga Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo dan mantan Bupati Wonosobo Kholiq Arif.
Agus Subagyo memaparkan bahwa ide Taman Bumi Dieng merupakan sebuah langkah cerdas yang layak didukung penuh.
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA
Wisatawan menikmati keindahan matahari terbit di tepi Telaga Dringo di
Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, beberapa
waktu lalu. Telaga Dringo menjadi salah satu tujuan wisatawan yang ingin
bergaya petualang dengan membuat tenda untuk menginap.
Ia meminta seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk solid mendukung tujuan itu.
"Jika Dieng
menjadi geopark dunia maka akan memberikan dampak positif, terutama
terkait upaya konservasi lahan kritis dan memberdayakan masyarakat
setempat," tutur Agus.Kholiq Arif menambahkan bahwa ide untuk menjadikan Dieng sebagai geopark sudah muncul semenjak enam bulan silam. Ide ini telah menjadi diskusi intensif para pegiat pemulihan Dieng serta pemerintah daerah sekitar Wonosobo antara lain Banjarnegara, Temanggung dan Kendal.
"Gagasan ini sudah disampaikan juga kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beliau sepakat. Dukungan para ahli geologi, pemerintah daerah, dan pihak-pihak lain menjadikan Dieng mampu menjadi taman bumi terkemuka di dunia," ujar Kholiq yang kini aktif di komunitas pecinta lingkungan.
Credit KOMPAS.com
Gempa Berkekuatan 6,5 Magnitudo Guncang Padang
USGS Pusat gempa di Padang pada Kamis (2/6/2016) pagi.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempat berada pada kedalaman 72 kilometer pada koordinas 2,29 Lintang Selatan dan 100.46 Bujur Timur atau 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Seorang pengguna Twitter dengan akun @CholinsM menulis bahwa getaran gempa dirasakan hingga Singapura. Tweet itu disertai dengan video yang menampakkan goyangan lampu gantung akibat getaran yang ditimbulkan oleh gempa.#Gempa Mag:6.5 SR, 02-Jun-16 05:56:01 WIB, Lok:2.29 LS,100.46 BT (79 km BaratDaya PESISIRSELATAN-SUMBAR), Kedlmn:72 Km #BMKG— BMKG (@infoBMKG) 1 Juni 2016
Good Morning @ChannelNewsAsia lights swaying, shaking the water tank Where there is an earthquake? spare us O God pic.twitter.com/zpdeYK4pDD— Cholina Em ? ? ? (@CholinsM) 1 Juni 2016
Credit KOMPAS.com
Gempa 6,5 Magnitudo di Padang Tak Berpotensi Tsunami
USGS Pusat gempa di Padang pada Kamis (2/6/2016) pagi.
PADANG, CB -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang,
Sumatera Barat memastikan gempa yang mengguncang Sumbar pada pukul 05.56
WIB dengan kekuatan 6,5 skala Richter tidak berpotensi menimbulkan
gelombang tsunami.
"Gempa berpusat di 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan, tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika kelas I BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono ketika dihubungi dari Padang, Kamis.
Gempa yang mengguncang kota Padang tersebut juga dirasakan hingga ke beberapa daerah seperti Solok Selatan hingga Kota Solok.
Salah seorang warga Solok, Joko mengatakan getaran cukup kuat sehingga warga banyak yang lari ke luar rumah.
Sementara Yogi, seorang warga Padang mengaku kaget karena suara gemuruh di rumah ternyata ada gempa.
"Saya sedang di dapur rupanya ada gempa, langsung keluar," kata dia.
Sementara sejumlah warga Indarung, Padang memilih untuk tetap berada di luar rumah hingga keadaan dirasa aman.
Riri salah seorang warga Indarung mengatakan ia memutuskan untuk meliburkan anak sekolah mengantisipasi jika terjadi gempa susulan.
Hingga saat ini belum diketahui kerusakan akibat gempa yang berlokasi di 2,29 Lintang Selatan, 100.46 Bujur Timur dengan kedalaman 72 kilometer.
"Gempa berpusat di 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan, tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika kelas I BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono ketika dihubungi dari Padang, Kamis.
Gempa yang mengguncang kota Padang tersebut juga dirasakan hingga ke beberapa daerah seperti Solok Selatan hingga Kota Solok.
Salah seorang warga Solok, Joko mengatakan getaran cukup kuat sehingga warga banyak yang lari ke luar rumah.
Sementara Yogi, seorang warga Padang mengaku kaget karena suara gemuruh di rumah ternyata ada gempa.
"Saya sedang di dapur rupanya ada gempa, langsung keluar," kata dia.
Sementara sejumlah warga Indarung, Padang memilih untuk tetap berada di luar rumah hingga keadaan dirasa aman.
Riri salah seorang warga Indarung mengatakan ia memutuskan untuk meliburkan anak sekolah mengantisipasi jika terjadi gempa susulan.
Hingga saat ini belum diketahui kerusakan akibat gempa yang berlokasi di 2,29 Lintang Selatan, 100.46 Bujur Timur dengan kedalaman 72 kilometer.
Credit KOMPAS.com
Rabu, 01 Juni 2016
Seberapa efektif rencana menambah kekuatan militer di Natuna?
Di tengah insiden
penangkapan ABK Cina oleh TNI AL di Laut Natuna, Menteri Pertahanan
Ryamizard Ryacudu mengatakan akan menambah kekuatan militer di Laut Cina
Selatan, meski begitu dia menyatakan bahwa Indonesia tetap ingin
menjaga hubungan baik dengan Cina.
Dalam wawancara eksklusif
dengan BBC Indonesia, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan
bahwa masalah pencurian ikan di Laut Natuna sebagai masalah kecil yang
tak seharusnya menjadi urusan negara."Saya bilang begini, itu masalah mencuri-curi ikan, itu kan masalah kecil. Masak masalah negara? Hubungan negara sudah baik. (Ada yang) Mencuri ikan? Ya silakan tangkap saja. Kapalnya dihancurin, dihancurin aja, kenapa (apa salahnya)? Tapi hubungan antarnegara tak boleh rusak. Saya sampaikan ke duta besar, jangan sampai rusak hubungan, saya sampaikan begitu," ujar Ryamizard.
Namun meski ingin menjaga hubungan baik dengan Cina, Ryamizard juga berencana meningkatkan kekuatan militer di kawasan tersebut.
"Itu nanti ada satu flight pesawat tempur, ada tiga nanti kapal jenis korvet, kemudian ada satu pasukan marinir, Paskhas, satu batalion Angkatan Darat di situ. Marinir nanti lengkap dengan sea rider-nya. Bersenjata semua itu. Kalau ada apa-apa itu nanti dia (masuk)," kata Ryamizard.
Saat ditanya mulai kapan rencana ini berjalan, Ryamizard mengatakan, "Seharusnya sudah mulai tahun ini tapi kan kita tunggu dananya turun dulu."
Jadi masih rencana? "Rencana sudah matang, tinggal pelaksanaan saja. Ada dana, masuk."
Tak hanya Cina
Seorang kapten kapal patroli, Samuel Sandi Rundupadang, menceritakan pengalamannya berpatroli, bahwa bukan hanya kapal ikan dari Cina yang masuk ke perairan Indonesia dan melarikan diri tapi juga dari negara-negara lain.Namun kapal-kapal ikan Cinalah yang sering dikawal oleh kapal penjaga pantainya.
"Misalnya dari Malaysia, Vietnam, Thailand, itu sangat sering mereka lari, jadi begitu mereka kabur, kita harus melakukan tembakan peringatan. Tahun 2010 saya sudah ketemu mereka (kapal Cina) dengan coastguard-nya. Dan mereka selalu posisinya standby di sekitar Kepulauan Spratly, nggak jauh dari wilayah teritorial Indonesia. Jadi begitu kapalnya tertangkap, kapal coastguard itu langsung bergegas ke posisi kita untuk membebaskan kapal nelayannya itu," kata Samuel.
Biasanya, menurut Samuel, mereka hanya melakukan prosedur pengusiran agar kapal ikan asing keluar dari wilayah Indonesia.
Namun Samuel juga menambahkan, kadang, saat patrolinya menahan kapal ikan Cina untuk dibawa ke pelabuhan dan menjalani interogasi, kapal penjaga pantai akan berkeras menahan.
Jika kapal patroli tak mau melepas, maka, menurut Samuel, pihak penjaga pantai Cina akan melakukan intimidasi dengan ancaman penembakan.
Cina lewat juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan para nelayannya hanya melakukan kegiatan menangkap ikan secara biasa di perairan tersebut dan telah menyampaikan protes keras terhadap aksi TNI-AL menangkap delapan ABK Cina di Natuna.
Komandan Pangkalan AL di Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, mengatakan kedelapan ABK asal Cina itu ditahan setelah kapal Gui Bei Yu 27088 yang mereka tumpangi berupaya melarikan diri dari kejaran kapal frigat KRI Oswald Siahaan-354.
Kedelapan warga Cina itu diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Natuna.
Mereka kini menjalani proses hukum di Pangkalan AL di Ranai, Kepulauan Riau.
RI panggil diplomat Cina
Protes keras Cina ini ditanggapi oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Nasir yang menyatakan bahwa kapal Cina diduga melanggar Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.“Sejak ada informasi kapal Cina ditahan karena yang bersangkutan melakukan pelanggaran di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) karena dugaan illegal fishing, sudah kewajiban Kementerian Luar Negeri untuk mengeluarkan notifikasi kekonsuleran kepada Kedutaan Besar Cina di sini. Kita akan keluarkan setelah mendapat informasi lengkap dari TNI AL,” kata Arrmanatha.
Insiden serupa pernah terjadi pada bulan Maret. Atas kejadian itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memanggil kuasa usaha Kedutaan Besar Cina di Jakarta pada 19 Maret lalu.
Pengamat pertahanan dari CSIS Evan Laksmana mengatakan bahwa insiden yang terjadi pada Maret lalu dilakukan oleh satuan patroli Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan bukan dari TNI-AL seperti yang terjadi pada Jumat (27/5) lalu, sehingga menimbulkan reaksi yang berbeda pula.
"Dari sisi ketegasan kita, secara kebijakan pemerintah memang selalu ada, namun mungkin karena ada beberapa aktor keamanan maritim yang berbeda-beda yang melakukan patroli, respons dan level insidennya juga akan berbeda-beda," kata Evan.
Namun menurut Evan, langkah yang akan diambil oleh Kementerian Pertahanan untuk menambah kekuatan di Laut Natuna harus ditegaskan, apakah sebagai cara untuk mengantisipasi pencurian ikan atau untuk mengimbangi upaya Cina memasuki wilayah Indonesia.
Dia juga menyatakan bahwa langkah penguatan militer di pos-pos terluar, termasuk Laut Natuna, sudah dilakukan sejak tahun 2000an, di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
"Pos-pos militer itu kalau misalnya memperkuat gedung atau menambah pasukan Angkatan Darat, ya sebetulnya tidak relevan. Karena kalau masalahnya mengkoordinasikan patroli maritim 24 jam sehari, tentu yang dibutuhkan bukan jumlah pasukan, tapi gimana kita memperbaiki pangkalan angkatan laut, jumlah kapal patroli yang ada, itu sebenarnya lebih penting dibanding jumlah pasukan atau pesawat tempur. Karena pesawat tempur tidak akan bisa dipakai untuk patroli illegal fishing secara keseharian," kata Evan.
Evan mengingatkan bahwa Indonesia tidak termasuk dalam negara yang terlibat sengketa wilayah karena Laut Natuna jelas diakui menjadi milik Indonesia.
Namun soal lokasi terjadinya insiden, menurut Evan, masih belum jelas, apakah itu dalam wilayah ZEE Indonesia atau Cina.
Credit BBC
Jokowi Tetapkan 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional
Sejumlah peserta karnaval ikut memeriahkan
acara Peringatan Pidato Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, 1 Juni 2016.
Presiden Joko Widodo akan mengumumkan 1 Juni sebagai Hari Lahir
Pancasila. TEMPO/Aditya Herlambang Putra
"Dengan mengucap syukur, mengucap bismillah, keputusan presiden menyatakan tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila," ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya, Rabu, 1 Juni 2016.
Setelah berpidato, Presiden langsung menandatangani kertas yang berisi keputusan presiden tentang hari libur nasional 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila.
Dalam pidatonya, Presiden menuturkan Pancasila sebagai dasar negara harus diketahui asal-usulnya dari generasi ke generasi.
"Pancasila harus diamalkan dan harus menjadi ideologi yang bekerja," ujarnya.
Presiden mengatakan bangsa Indonesia harus berbangga diri karena memiliki ideologi Pancasila. “Dalam kunjungan saya ke beberapa negara di Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Asia serta bertemu dengan pimpinan negara besar dunia, saya semakin yakin, semakin bersyukur bahwa kita mempunyai Pancasila," ucapnya.
Presiden menilai Pancasila menjadi pembeda untuk Indonesia di tengah krisis yang dihadapi negara-negara maju. Menurut dia, para pemimpin negara-negara maju mengakui Pancasila sebagai ideologi bangsa yang kuat.
"Di tengah kegelisahan negara dunia dalam menghadapi tatanan baru, kita beruntung mempunyai Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika yang bisa menjadi referensi negara lain.
Semua itu terjadi karena kita mempunyai Pancasila. Pengakuan itu saya dengar dari pimpinan negara-negara dunia," tutur Jokowi.
Credit TEMPO.CO
Korvet Kelas Parchim, Pemburu Kapal Selam TNI-AL
Salah satu korvet kelas Parchim yang
memperkuat TNI-AL adalah KRI Pati Unus (384). Kapal ini telah mengalami
peningkatan pada sistem senjata terpadu komunikasi elektronik, sonar,
dan radar, sehingga kapal ini mampu memburu kapal selam masa kini. Untuk
menjalankan misinya KRI Pati Unus dibekali dengan dua peluncur roket
anti kapal selam RBU-6000, empat tabung torpedo 400 mm, dan 60 ranjau.
KRI 484 juga dilengkapi dengan persenjataan rudal permukaan ke udara
SA-N-5, dua meriam 57 mm, meriam otomatis 30mm AK-630. reddit.com
Korvet kelas Parchim merupakan salah
satu andalan TNI AL dalam menghadapi ancaman bawah laut. Korvet
merupakan kapal perang berukuran kecil dengan bobot antara 500 dan 2000
ton. Kapal perang kelas korvet dapat beroperasi sebagai kapal patroli
pantai atau kapal serang cepat dan mampu melaksanakan pertempuran di
atas permukaan dan bawah permukaan air. reddit.com
Korvet Parchim awalnya dirancang
untuk Volksmarine atau angkatan perang Jerman Timur pada era 1970.
Negara Pakta Warsawa menamai Parchim dengan Project 133. Kapal Parchim
mampu melaksanakan perang anti kapal selam sehingga negara-negara NATO
harus waspada jika harus berhadapan dengan korvet ini. wikimedia.com
Rusia sendiri membuat korvet sekelas
dengan Parchim, yaitu Grisha, yang memiliki kemampuan berbeda dan di
atas Parchim. Grisha sendiri lebih sering digunakan sebagai kapal SIGNIT
atau Signal Intelligence. Pada era Perang Dingin Grisha dan Parchim
bekerja sama dalam mengumpulkan data intelejen, Grisha sebagai penangkap
data sedangkan Parchim sebagai pelindung. Bahkan kapal selam lawan akan
kandas karena dilumpuhkan oleh peralatan elektronik yang tertanam dalam
tubuh Grisha. reddit.com
Indonesia membeli kapal korvet kelas
Parchim, pada 1993, setelah Jerman Timur bersatu dengan Jerman Barat.
TNI AL mengoperasikan 16 korvet Parchim dan digunakan sebagai pemburu
kapal selam. Sejumlah modifikasi dilakukan oleh TNI AL salah satunya
penggantian kemampuan mesin sehingga meningkatkan daya akselerasi kapal,
dan menambahkan pendingin ruangan karena pada awalnya kapal ini
disiapkan untuk beroperasi di wilayah dingin. defencestudies.com
Selain kecanggihan peralatan
elektronik, sensor, radar, dan persenjataan, keberhasilan Parchim dalam
menjalankan misi juga tergantung pada kecepatannya. Parchim mengandalkan
mesin diesel berkapasitas 14.250 hp sehingga korvet pemburu kapal selam
ini mampu berlayar hingga kecepatan 45,7 km/jam dengan jarak tempuh
3.900 km. Kecepatan ekonomis Parchim adalah 26 m/jam. wikimedia.com
Credit tempo.co
Project 23560E, Kapal Perang Masa Depan Rusia
Majalah militer terkenal, IHS Janes
pernah menulis tentang kapal perang penjelajah masa depan Rusia yang
sangat canggih, Project 23560 E. Rusia merencanakan pembangunan Project
23560E atau Shkval, pada awal 2010, dan direncanakan memperkuat Angkatan
Laut Rusia, pada 2027. Replika penjelajah masa depan Rusia ini
dipublikasikan pada International Maritime Defence Show yang berlangsung
di St Petersburg, pada Juli 2015. Kapal ini akan menggantikan
penjelajah kelas Kirov dan Slava. bastion-karpenko.ru
Desain kapal penjelajah project
23560E dengan sudut-sudut dapat mengurangi jejak radar kapal secara
signifikan, sehingga sulit dideteksi lawan. Menara komando monolitik
tiga tingkat dengan tonjolan berbentuk berlian. Menara-menara dipenuhi
dengan perangkat sensor, sistem komunikasi, lampu sorot, dan mungkin
senjata. Dua cerobong asap terletak di belakang menara komando untuk
menghilangkan jejak panas. bastion-karpenko.ru
Penjelajah masa depan ini akan
menjadi kapal perang terbesar Rusia, berbobot 15.000 - 18.000 ton dengan
panjang 200 m, lebar 23 m, draft 6,6 m. Project 23560E menggunakan
mesin gas turbin yang mampu membuat kapal melaju hingga kecepatan
maksimum 32 knots atau 59 km/jam. Kecepatan jelajah mencapai 20 knot
atau 37 km/jam dan mampu berlayar hingga 90 hari. Shkval diawaki oleh
250 hingga 300 orang. army-news.ru
Kapal penjelajah Project 23560 atau
Shkval membawa 70 rudal jelajah Kalibr yang mampu menghancurkan target
di permukaan dan darat. Untuk pertahanan udara, Shkval dilengkapi dengan
sistem S-500 Prometey, yang lebih baik dari sistem pertahanan udara
Aegis Amerika Serikat. Sebanyak 128 rudal S-500 dapat diangkut oleh
penjelajah ini. Project 23560E membawa 16-24 rudal anti kapal selam
untuk menghadapi ancaman dari bawah laut. Meriam utama menggunakan
kaliber 130 mm dan empat Kashtan 30 mm menjadi andalan perrtahanan jarak
pendek atau CIWS. bastion-karpenko.ru
Kapal perang penjelajah masa depan
Rusia, Shkval dapat membawa dua helikopter ASW (Anti Submarine Warfare)
untuk memburu kapal selam lawan. Belum ada informasi torpedo yang akan
dibawa Shkval, namun diperkirakan dari jenis terbaru. Persenjataan,
sistem tempur, dan sensor kapal Project 23560E diyakini sangat modern,
canggih, dan mematikan, mengingat kapal ini akan merupakan penjelajah
multi misi. bastion-karpenko.ru
Project 23560E atau Shkval (Squall)
mampu menjalani misi di perairan dangkal dan dalam, menghancurkan target
di daratan dan kapal-kapal permukaan, memberikan stabilitas pertepuran
untuk angkatan laut, menjadi benteng pertahanan dari ancaman serangan
udara dan rudal, dan menjaga keamanan di seluruh perairan di dunia.
Rusia merencanakan akan membangun 12 kapal penjelajah Project 23560E.
youtube.com
Credit Tempo.co
Cina akan Tekan AS Soal Patroli Laut Cina Selatan
CB, BEIJING -- Cina akan menekan Amerika Serikat
terkait sejumlah masalah kelautan dalam pertemuan di Beijing pekan
depan karena kekhawatiran Beijing terkait peningkatan keberadaan militer
negara adidaya itu di Laut Cina Selatan, kata surat kabar nasional pada
Selasa (31/5).
Cina marah oleh yang mereka pandang sebagai patroli militer Amerika Serikat, yang provokatif dan dilakukan dekat sejumlah pulau milik Cina di Laut Cina Selatan. AS mengatakan patroli itu dilakukan untuk melindungi kebebasan berlayar di wilayah tersebut.
"Beijing akan menekan Washington atas masalah kelautan pada saat membicarakan strategi dan ekonomi mendatang, saat peningkatan keberadaan militer Amerika Serikat di Laut Cina Selatan menjadi salah satu kekhawatiran terbesar Cina," kata surat kabar Harian China, mengutip pejabat tidak dikenal.
Cina mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, yang dilewati kapal perdagangan senilai lima triliun dolar Amerika Serikat tiap tahun. Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan dan Brunei Darussalam juga mengklaim wilayah sama.
Pada awal bulan ini, Beijing menuntut pengakhiran pengawasan Amerika Serikat di dekat Cina setelah dua pesawat jet tempurnya melakukan apa yang disebut dengan Pentagon sebagai sebuah pencegatan tidak aman terhadap sebuah pesawat pengawas milik militer Amerika Serikat di atas Laut Cina Selatan.
Cina juga akan membawa isu terkait Taiwan, yang diklaim oleh Beijing namun wilayah itu mengangkat pemimpin dari sebuah partai pro-kemerdekaan pada Januari, begitu pula dengan situasi di semenanjung Korea. "Kedua negara itu memiliki pencarian berbeda terkait isu-isu besar dalam tingkat strategis. Meskipun demikian, keduanya masih memiliki kepentingan yang sama," kata laporan itu.
"Apakah itu merupakan isu Laut Cina Selatan ataupun isu Semenanjung Korea, kedua negara memiliki tujuan keamanan bersama yaitu untuk mempertahankan kestabilan regional," tambahnya.
Surat kabar itu tidak menjelaskan lebih lanjut.
Cina adalah sekutu besar satu-satunya Korea Utara, yang tertutup, namun juga dibuat marah oleh uji nuklir dan peluru kendali oleh Pyongyang dan telah menandatangani sejumlah sanksi berat PBB terhadap negara itu.
Cina marah oleh yang mereka pandang sebagai patroli militer Amerika Serikat, yang provokatif dan dilakukan dekat sejumlah pulau milik Cina di Laut Cina Selatan. AS mengatakan patroli itu dilakukan untuk melindungi kebebasan berlayar di wilayah tersebut.
"Beijing akan menekan Washington atas masalah kelautan pada saat membicarakan strategi dan ekonomi mendatang, saat peningkatan keberadaan militer Amerika Serikat di Laut Cina Selatan menjadi salah satu kekhawatiran terbesar Cina," kata surat kabar Harian China, mengutip pejabat tidak dikenal.
Cina mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, yang dilewati kapal perdagangan senilai lima triliun dolar Amerika Serikat tiap tahun. Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan dan Brunei Darussalam juga mengklaim wilayah sama.
Pada awal bulan ini, Beijing menuntut pengakhiran pengawasan Amerika Serikat di dekat Cina setelah dua pesawat jet tempurnya melakukan apa yang disebut dengan Pentagon sebagai sebuah pencegatan tidak aman terhadap sebuah pesawat pengawas milik militer Amerika Serikat di atas Laut Cina Selatan.
Cina juga akan membawa isu terkait Taiwan, yang diklaim oleh Beijing namun wilayah itu mengangkat pemimpin dari sebuah partai pro-kemerdekaan pada Januari, begitu pula dengan situasi di semenanjung Korea. "Kedua negara itu memiliki pencarian berbeda terkait isu-isu besar dalam tingkat strategis. Meskipun demikian, keduanya masih memiliki kepentingan yang sama," kata laporan itu.
"Apakah itu merupakan isu Laut Cina Selatan ataupun isu Semenanjung Korea, kedua negara memiliki tujuan keamanan bersama yaitu untuk mempertahankan kestabilan regional," tambahnya.
Surat kabar itu tidak menjelaskan lebih lanjut.
Cina adalah sekutu besar satu-satunya Korea Utara, yang tertutup, namun juga dibuat marah oleh uji nuklir dan peluru kendali oleh Pyongyang dan telah menandatangani sejumlah sanksi berat PBB terhadap negara itu.
Credit REPUBLIKA.CO.ID
Presiden Rumania: Rusia Tak Bisa Intimidasi Kami
BUKARES
- Presiden Rumania, Klaus Iohannis menyatakan, sikap Moskow atas
penempatan sistem anti rudal NATO di Eropa Timur adalah kesalahan. Ia
pun mendukung keputusan untuk memperkuat keamanan NATO dengan
menempatkan sistem pertahanan rudal di Rumania.
"Laporan terbaru Rusia mengenai sistem anti rudal, pada dasarnya adalah mereka yang salah. Sistem ini tidak ada hubungannya dengan Rusia. Mereka tidak bisa mengintimidasi kami," kata Iohannis.
"Ketakutan tidak mendasar itu membuat keputusan kami untuk memperkuat keamanan NATO, mengingat posisi Rusia di Laut Hitam, adalah benar adanya," katanya lagi seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (31/5/2016).
Awal bulan ini sistem pertahan rudal milik Amerika Serikat (AS), Aegis, telah diresmikan di sebuah pangkalan militer di Rumania. Keberadaan sistem rudal Aegis diduga untuk melindungi negara Eropa Timur dari ancaman yang datang dari Timur Tengah.
Namun, keberadaan sistem pertahanan rudal itu membuat Rusia gerah. Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, langkah tersebut merupakan langkah merusak keamanan regional dan Rusia akan mengambil tindakan balasan.
"Laporan terbaru Rusia mengenai sistem anti rudal, pada dasarnya adalah mereka yang salah. Sistem ini tidak ada hubungannya dengan Rusia. Mereka tidak bisa mengintimidasi kami," kata Iohannis.
"Ketakutan tidak mendasar itu membuat keputusan kami untuk memperkuat keamanan NATO, mengingat posisi Rusia di Laut Hitam, adalah benar adanya," katanya lagi seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (31/5/2016).
Awal bulan ini sistem pertahan rudal milik Amerika Serikat (AS), Aegis, telah diresmikan di sebuah pangkalan militer di Rumania. Keberadaan sistem rudal Aegis diduga untuk melindungi negara Eropa Timur dari ancaman yang datang dari Timur Tengah.
Namun, keberadaan sistem pertahanan rudal itu membuat Rusia gerah. Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, langkah tersebut merupakan langkah merusak keamanan regional dan Rusia akan mengambil tindakan balasan.
Credit Sindonews
Lavrov: Rusia Tidak Akan Berikan Kuril ke Jepang
MOSKOW
- Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, Moskow tidak
memiliki rencana untuk memberikan Kepulauan Kuril ke Jepang. Rusia juga
tidak akan mengemis kepada Tokyo untuk perjanjian perdamaian Perang
Dunia II.
"Kami tidak melakukan hal ini dan tidak akan melakukannya, kami tidak akan memberikan Kepulauan Kuril dan kami tidak akan mengemis kepada Jepang untuk perjanjian damai," tegas Lavrov seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (31/5/2016).
Sebelumnya, pasca bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan Mei, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, bahwa ia menyarankan pendekatan baru untuk sengketa Kepulauan Kuril.
Sengketa wilayah atas Kepualaun Kuril telah membuat Jepang dan Rusia belum menandatangani perjanjian damai pasca Perang Dunia II. Jepang mengklaim sebagai pemilik dari pulau Kunashiri, Etorofu, pulau Shikotan dan Habomai dari kelompok pulau yang membagi Laut Okhotsk di Samudera Pasifik.
Moskow menyatakan bahwa Perjanjian Damai San Francisco pada 1951 telah menyerahkan kontrol terhadap Kepulauan Kuril kepada Uni Soviet. Hal ini sekaligus menetapkan kedaulatan Rusia atas Kuril dimana Tokyo menganggap kepulauan itu sebagai bagian dari wilayah bagian utara.
"Kami tidak melakukan hal ini dan tidak akan melakukannya, kami tidak akan memberikan Kepulauan Kuril dan kami tidak akan mengemis kepada Jepang untuk perjanjian damai," tegas Lavrov seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (31/5/2016).
Sebelumnya, pasca bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan Mei, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, bahwa ia menyarankan pendekatan baru untuk sengketa Kepulauan Kuril.
Sengketa wilayah atas Kepualaun Kuril telah membuat Jepang dan Rusia belum menandatangani perjanjian damai pasca Perang Dunia II. Jepang mengklaim sebagai pemilik dari pulau Kunashiri, Etorofu, pulau Shikotan dan Habomai dari kelompok pulau yang membagi Laut Okhotsk di Samudera Pasifik.
Moskow menyatakan bahwa Perjanjian Damai San Francisco pada 1951 telah menyerahkan kontrol terhadap Kepulauan Kuril kepada Uni Soviet. Hal ini sekaligus menetapkan kedaulatan Rusia atas Kuril dimana Tokyo menganggap kepulauan itu sebagai bagian dari wilayah bagian utara.
Credit Sindonews
Saudi Diserang, Koalisi Arab Siap Balas Aksi Houthi
SANAA
- Pasukan Koalisi Arab mengumumkan akan mempertimbangkan kembali
kebijakan menahan diri untuk menyerang kelompok Houthi, pasca kelompok
tersebut menyerang Arab Saudi dengan rudal jarak jauh.
Dalam pernyataannya, Koalisi Arab menyatakan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mempertahankan Arab Saudi. Ini adalah serangan rudal yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada 9 Mei lalu, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Selasa (31/5/2016).
Pasukan koalisi juga menyatakan, dengan menembakkan rudal jarak jauh, kelompok Houthi dan pasukan yang setia kepada presiden terguling Ali Abdullah Saleh berniat untuk melanggar gencatan senjata.
"Mereka ingin membatalkan upaya masyarakat internasional untuk membuat dialog perdamaian di Kuwait sukses. Ini juga mencerminkan ketidakmampuan koalisi untuk berinteraksi secara positif dan menanggapi upaya yang dilakukan oleh aliansi dan masyarakat internasional guna mengakhiri pertumpahan darah bangsa Yaman, tetangga kami," bunyi pernyataan itu.
Sebelumnya, Pemberontak Houthi Yaman meluncurkan serangan rudal jarak jauh ke wilayah Jizan, Arab Saudi, yang dekat dengan perbatasan Yaman. Namun, serangan tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun korban luka.
Dalam pernyataannya, Koalisi Arab menyatakan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mempertahankan Arab Saudi. Ini adalah serangan rudal yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada 9 Mei lalu, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Selasa (31/5/2016).
Pasukan koalisi juga menyatakan, dengan menembakkan rudal jarak jauh, kelompok Houthi dan pasukan yang setia kepada presiden terguling Ali Abdullah Saleh berniat untuk melanggar gencatan senjata.
"Mereka ingin membatalkan upaya masyarakat internasional untuk membuat dialog perdamaian di Kuwait sukses. Ini juga mencerminkan ketidakmampuan koalisi untuk berinteraksi secara positif dan menanggapi upaya yang dilakukan oleh aliansi dan masyarakat internasional guna mengakhiri pertumpahan darah bangsa Yaman, tetangga kami," bunyi pernyataan itu.
Sebelumnya, Pemberontak Houthi Yaman meluncurkan serangan rudal jarak jauh ke wilayah Jizan, Arab Saudi, yang dekat dengan perbatasan Yaman. Namun, serangan tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun korban luka.
Credit sindonews
China Protes Penangkapan Kapal oleh Indonesia
Pangarmabar Laksda TNI A. Taufiq R.
menjelaskan Kapal tersebut diperiksa saat memasuki wilayah Zona Ekonomi
Ekslusif Indonesia (ZEEI) dan dugaan sementera kapal tersebut melakukan
kegiatan illegal fishing. (Dok. Puspen TNI)
"China dan Indonesia memiliki sudut pandang berbeda mengenai perairan di mana insiden itu terjadi. Kapal penangkap ikan China melakukan aktivitas produksi normal di sana," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, seperti dikutip Reuters, Senin (30/5).
Sebelumnya, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Laksamana Pertama S Irawan mengatakan bahwa kapal berbendera China tersebut, yaitu Gui Bei Yu, ditahan karena memasuki kawasan zona ekonomi eksklusif Indonesia dan melakukan penangkapan ikan secara ilegal.
Ini bukan insiden penangkapan kapal China pertama oleh Indonesia dalam beberapa bulan terakhir. Pada Maret lalu, kapal KM Kway Fey 10078 yang berbendera China ditangkap karena diduga melakukan tindak pencurian ikan, juga di wilayah perairan Natuna.
Hubungan antara China dan Indonesia sebelumnya juga sempat disoroti setelah Beijing menggambar sembilan garis putus-putus di dekat perairan Natuna dalam peta mereka. Namun, China akhirnya mengatakan bahwa tidak ada sengketa dengan Indonesia di perairan tersebut.
Credit CNN Indonesia
Tanggapan TNI AL Terkait Isu KRI Pati Unus Diserang Torpedo
JAKARTA - TNI Angkatan Laut membantah kabar yang menyebutkan kapal perang KRI Pati Unus (KRI-PTN) 384 tenggelam akiba diserang torpedo di perairan Belawan, Medan, Sumatera Utara.
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (AL) Laksamana Pertama Edi Sucipto menjelaskan kapal tersebut rusak karena lambung kiri haluan terkena benda di bawah permukaan air.
Kerusakan tersebut sudah ditangani komandan beserta anak buah kapal (ABK) KRI Patiunus dengan dibantu Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) dan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan.
Kendati demikian, dia mengakui ada kendala dalam perbaikan kapal tersebut. "Cuaca kurang mendukung mengingat posisi kapal berada di area permukaan yang terbuka," kata Edi melalui keterangan tertulis, Selasa (31/5/2016).
Dia menjelaskan, angin gelombang memengaruhi proses perbaikan menutup bagian bawah kapal yang bocor. "Yang jelas sekarang sedang recovery," katanya.
Ditanya soal benda di lambung kiri kapal, Edi menandaskan terpenting kapalnya telah aman. "Yang penting kapalnya aman dahulu," ujarnya.
Credit Sindonews
Info KRI Pati Unus Karam Telat Menyebar karena Rahasia
KRI Pati Unus (384) karam di perairan Balawan, Medan, Sumatera Utara. Istimewa
Analis militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie menilai tindakan tersebut adalah bagian dari dunia militer yang tertutup. "Dunia militer adalah dunia yang tertutup. Tidak semua dikerjakan militer bersifat umum. Ini bagian dari rahasia negara, tidak ada kewajiban militer membuka informasi," katanya saat dihubungi Tempo di Jakarta, Selasa, 31 Mei 2016.
Karamnya KRI Pati Unus, kata Connie, berbeda dengan kecelakaan pesawat udara yang dapat secara langsung diketahui masyarakat. "Kalau tank masuk jurang, atau seperti KRI Pati Unus yang karam, jarang sekali orang bisa tahu, kecuali ada bocoran dari dalam," ujarnya.
Menurut dia, pemberitaan tentang KRI Pati Unus muncul dari media sosial, bukan dari pemberitaan. Kemunculannya di media sosial, kata dia, berbahaya. "Ini akan menjadi isu berbahaya karena ada sentimen anti-Cina apabila ada yang memberi tahu kapal kita kena torpedo," ucapnya.
Informasi ihwal karamnya kapal ini tidak langsung dibantah Pusat Penerangan Angkatan Laut. Alasannya, berita tersebut tersebar melalui media sosial, bukan lewat media massa. Selain itu, kata Connie, untuk membantah informasi, diperlukan izin. "Dalam militer, kecelakaan seperti ini kan berpengaruh pada kondisi karier komandan kapal selanjutnya," ujarnya.
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama Edi Sucipto membenarkan kabar perihal karamnya KRI Pati Unus pada 13 Mei 2016 di Perairan Balawan, Medan, Sumatera Utara. Edi menjelaskan, KRI Pati Unus menabrak bangkai kapal tenggelam yang berada di bawah kapal sehingga merusak sisi haluan kiri kapal.
"KRI Pati Unus menabrak sebuah benda sehingga merusak haluan kiri. Kapal tidak tenggelam, sekarang masih berada di permukaan," kata Edi saat dimintai konfirmasi Tempo hari ini. Saat ini, evakuasi badan kapal masih berlangsung.
Credit TEMPO.CO
Singapura Bantah Telah Mengklaim Pulau Manis
Pulau Manis dikelola FID, investor asal Singapura.
Pulau Manis (Funtasy Island/warna merah) dibantah klaimnya oleh Singapura. (http://www.funtasyisland.com)
CB – Kementerian Luar Negeri Singapura, pada Selasa, mengaku tidak pernah mengklaim Pulau Manis di wilayah Pulau Batam, Indonesia.
Mereka pun "kebingungan" oleh laporan media di Indonesia yang menyebut bahwa Singapura telah bersengketa dengan kedaulatan Indonesia terhadap pulau rekreasi bertemakan alam itu (eco-resort Funtasy Island).
CB – Kementerian Luar Negeri Singapura, pada Selasa, mengaku tidak pernah mengklaim Pulau Manis di wilayah Pulau Batam, Indonesia.
Mereka pun "kebingungan" oleh laporan media di Indonesia yang menyebut bahwa Singapura telah bersengketa dengan kedaulatan Indonesia terhadap pulau rekreasi bertemakan alam itu (eco-resort Funtasy Island).
Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa malam, Singapura tidak
pernah 'mengambil' kedaulatan Indonesia atas Pulau Manis", demikian
bunyi pernyataan Kemenlu Singapura, seperti dikutip situs Channel News Asia, Rabu, 1 Juni 2016.
Menurut sebuah laporan dari situs Funtasy Island yang di-upload menyebutkan bahwa 30 hektare dari Pulau Manis merupakan bagian dari Singapura.
Dalam peta itu menyoroti warna pulau yang sama seperti Singapura, biru. Sejak berita menghebohkan tersebut, warna Pulau Manis diubah menjadi merah dan beberapa tulisan telah diedit.
Pulau Manis dibangun atas investasi Singapura melalui Funtasy Island Development (FID) sejak 2010. Pulau ini hanya berjarak 16 kilometer atau setengah jam saja dari negeri Singa itu dengan menggunakan kapal cepat dengan luas daratan sekitar 328 hektar.
Diketahui, FID telah mengivestasikan dananya sekitar S$300 juta (sekitar Rp3 triliun) dalam membangun Pulau Manis menjadi kawasan rekreasi berbasis alam.
Menurut sebuah laporan dari situs Funtasy Island yang di-upload menyebutkan bahwa 30 hektare dari Pulau Manis merupakan bagian dari Singapura.
Dalam peta itu menyoroti warna pulau yang sama seperti Singapura, biru. Sejak berita menghebohkan tersebut, warna Pulau Manis diubah menjadi merah dan beberapa tulisan telah diedit.
Pulau Manis dibangun atas investasi Singapura melalui Funtasy Island Development (FID) sejak 2010. Pulau ini hanya berjarak 16 kilometer atau setengah jam saja dari negeri Singa itu dengan menggunakan kapal cepat dengan luas daratan sekitar 328 hektar.
Diketahui, FID telah mengivestasikan dananya sekitar S$300 juta (sekitar Rp3 triliun) dalam membangun Pulau Manis menjadi kawasan rekreasi berbasis alam.
Credit VIVA.co.id
Soal Klaim Singapura atas Pulau Manis, Pemerintah Harus Tegas
Ketua DPR Ade Komarudin (Foto:Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Singapura mengklaim Pulau Manis di gugusan Pulau Batam sebagai bagian dari negaranya.
Menurut Ade Komarudin, sengketa Pulau Manis harus diselesaikan dengan cara-cara diplomasi yang baik.
"Ya, kedaulatan negara harus dijaga, tetapi juga sekaligus kita harus menjaga hubungan baik dengan negara tetangga," kata Ade, di Gedung DPR RI Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5/2016).
Meski harus mengedepankan jalur diplomasi, politikus Golkar itu mengingatkan jangan sampai hal itu malah membuat pemerintah tidak tegas.
Ade menegaskan, kedaulatan NKRI merupakan harga mati yang harus dipertahankan.
"Jadi, tetapi bukan berarti niat menjaga hubungan baik lalu kemudian kedaulatan negara tidak tidak terjaga kedaulatan negara tetap terus harus dijaga," kata Ade.
Ade meminta seluruh Kementerian/Lembaga terkait untuk bekerja sama dengan baik mengatasi permasalahan ini. Diharapkan, tidak ada lagi setiap jengkal daratan Indonesia lepas dari kedaulatan NKRI.
"Saya pikir Kementerian Luar Negeri harus proaktif. Kementerian Pertahanan, TNI, Polkam harus melakukan koordinasi dengan baik," kata Ade menegaskan.
Credit Metrotvnews.com
Pasang Merah Putih, Dandim Batam Tegaskan Pulau Manis Bagian NKRI
CB, BATAM-Gugusan Pulau Manis yang kini dikembangkan investor menjadi Eco-ThemePark terbesar di dunia dengan nama Funtasy Island adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Tim dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam bahkan telah mengibarkan merah putih di salah satu bukit tertinggi di Funtasy Island sebagai penegasan bahwa identitas NKRI tidak boleh luntur di sana.
“Pemasangan bendera ini kita letakkan di atas bukit yang paling tinggi di Pulau Manis,” ungkap Kapten Inf R. Sitinjak, Danramil 05/Belakangpadang, seperti dikutip dari Batam Pos (Jawa Pos Group/pojoksumut.com), Senin (30/5/2016).
Sitinjak menjelaskan sebelumnya di pulau tersebut telah ada bendera merah putih yang terletak di pos security, namun bendera tersebut menurutnya kurang ideal. Maka diganti dengan ukuran yang lebih besar.
Pemasangan bendera merah putih ini mulai di lakukan pada Minggu (29/5/2016) sekira pukul 14.30 WIB. Namun, untuk pengerjaan lanjutannya baru Senin (30/5/2016) rampung.
Sitinjak menegaskan bahwa pulau tersebut merupakan bagian dari NKRI. Ia menyangkal atas apa yang telah diberitakan oleh media dalam beberapa hari belakangan ini, bahwa Pulau Manis tersebut masuk wilayah Singapura.
“Nggak, bebas. Semua WNI bisa masuk, karena ini masih wilayah kita. Bahkan karyawan yang bekerja di sini semuanya WNI,” tegas Sitinjak.
Sebelumnya, Komandan Kodim (Dandim) 0316/Batam Letkol Inf Andreas Nanang menegaskan hal yang sama. Ia memastikan gugusan Pulau Manis yang kini menjadi kawasan wisata alam terpadu yang dikelola investor asing bisa diakses dari Indonesia, baik itu dari Sekupang maupun tempat lainnya.
Dandim juga menegaskan, untuk masuk ke pulau itu, bagi WNI tidak perlu menggunakan paspor karena itu bagian dari wilayah NKRI. Beda halnya jika WNA, maka wajib menggunakan paspor karena masuk ke wilayah NKRI.
“Saya meminta pemda mengarahkan swasta yang mengembangkan suatu kawasan di wilayah kita mengibarkan merah putih, itu demi kedaulatan negara, supaya nasionalisme tidak luntur,” tegas dia.
Credit POJOKSUMUT.com
Menteri Nasir Pamerkan Keunggulan Pesawat N219
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Pesawat turboprop N219 saat di-roll-out di hangar PT Dirgantara Indonesia (PT DI) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/12/2015).
Menurut Nasir, pesawat N219 yang merupakan pengembangan dari N-250 secara kualitas tidak kalah bersaing dengan pesawat sejenis buatan negara lain, seperti Kanada dan China.
“Kita sudah ada N219. Kualitasnya ada, harga juga lebih murah dari yang lain,” kata Nasir di sela peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Semarang, Selasa (31/5/2016).
Pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia ini akan berfungsi sebagai penyambung ke pulau-pulau terdekat, terluar yang selama ini sulit diakses menggunakan pesawat komersial.
“Kalau daerah terdekat seperti Karimunjawa itu bisa, kalau pakai heli satu-dua orang,” kata dia.
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Kokpit dalam pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia.
N219
merupakan pengembangan dari N250 yang telah mati suri. Menurut Nasir
pesawat N-250 tidak bisa diutak atik lantaran dicatat sebagai aset
negara. N250 sempat berjaya karena diterbangkan pertama kali pada 10
Agustus 1995 di Bandung. N-250 menjadi bukti nyata bahwa Indonesia telah
mampu mengembangkan teknologi kedirgantaraan.
“Sampai hari ini pesawat itu dicatat sebagai aset, dan itu tidak bisa
digunakan. Itu harus dihapuskan dari aset dulu, dimasukkan ke museum,”
tamah dia.Namun demikian, Nasir berharap agar semua inovasi teknologi yang diterapkan agar bisa bersaing di dunia bisnis. Sebab, persaingan bisnis yang tidak kuat membuat pengembangan inovasi akan sulit berkembang.
“Yang jadi masalah itu persaingan bisnisnya. Kami ada motor listrik di Surabaya, Mobil listrik, kita bisa menyiapkan apa saja, tapi persaingan bisnis ini perlu dikawal,” tambah dia.
Credit KOMPAS.com
Selasa, 31 Mei 2016
Ini Perusahaan RI yang Masuk 2.000 Terbesar Dunia
Foto: Rachman Haryanto
Dari 6 perusahaan tersebut, 4 perusahaan merupakan perbankan. Dan dari jumlah itu, sebanyak 3 bank berstatus BUMN.
Siapa saja perusahaan Indonesia yang masuk daftar 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia versi Forbes berdasarkan omzet, laba, aset, dan kapitalisasi pasar? Berikut daftarnya, seperti dilansir, Selasa (31/5/2016).
1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi perusahaan publik terbesar di Indonesia. Bank yang didirikan pada 1895 ini, berada di posisi 429 dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia.
Bank yang saat ini dipimpin oleh Asmawi Syam ini, disebut memiliki nilai kapitalisasi pasar US$ 20,4 miliar. Omzet BRI dalam catatan Forbes adalah US$ 7,13 miliar, dengan jumlah pegawai 54.829 orang.
Seperti diketahui, BRI merupakan bank yang fokusnya adalah di sektor pembiayaan UMKM.
2. Bank Mandiri
PT Bank Mandiri Tbk menduduki posisi nomor 2 perusahaan terbesar Indonesia versi Forbes. Dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia, Bank Mandiri menempati posisi nomor 462.
Berdiri pada 1998, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar US$ 17,6 miliar, dengan omzet US$ 7,51 miliar. Jumlah pegawai Bank Mandiri adalah 36.737 orang.
Bank yang dipimpin oleh Kartika Wiroatmodjo ini bergerak di bidang pelayanan jasa umum perbankan.
3. Bank Central Asia (BCA)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) didirikan pada 1955. Dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia, BCA menempati posisi nomor 620.
Nilai kapitalisasi pasar BCA adalah US$ 24,5 miliar, dengan omzet US$ 4,41 miliar. Jumlah pegawai bank ini adalah 24.814 orang. Bank yang dipimpin Jahja Setiaatmadja ini kuat di bisnis tabungan dan transaction banking.
4. Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) didirikan pada 1884. BUMN telekomunikasi ini memiliki kapitalisasi pasar US$ 27,4 miliar.
Telkom menduduki peringkat 659 dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia versi Forbes. Perusahaan yang dipimpin Alex Sinaga ini memiliki omzet US$ 7,84 miliar dengan jumlah pegawai tercatat 24.785 orang.
5. Bank Negara Indonesia (BNI)
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) didirikan pada 1946, dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 6,9 miliar.
Menurut catatan Forbes, bank ini mencatat omzet US$ 3,63 miliar, dengan jumlah pegawai US$ 26.875. Dari 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia, BNI menempati posisi 1.063.
6. Gudang Garam
PT Gudang Garam Tbk berdiri sejak 1971. Saat ini nilai kapitalisasi pasar Gudang Garam adalah US$ 9,8 miliar.
Forbes mencatat, omzet perusahaan rokok ini adalah US$ 5,25 miliar, dengan jumlah pegawai mencapai 36,995 orang. Dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia, Gudang Garam menduduki posisi 1.387.
Credit detikfinance
Sejarah Baru, Satelit BRI Meluncur 8 Juni di Guiana
Foto: Rachman Haryanto
BRISat dijadwalkan akan meluncur ke orbit dengan menggunakan roket Ariane 5 milik perusahaan Arianespace pada tanggal 8 Juni 2016 jam 20.30 UTC di Kourou, French Guiana, Amerika Selatan, atau 9 Juni 2016 pukul 03.30 WIB.
Sementara itu, menjelang hajatan besar tersebut, pihak-pihak terkait memastikan bahwa segala persiapan menyangkut launching BRISat beserta semua operasional pendukungnya sudah rampung 100%.
Satelit control facility yang bersifat primary dan back up pun sudah dapat beroperasi dengan baik, bahkan Tim Sumber Daya Manusia (SDM) BRISat berjumlah 53 orang yang akan mengelola 45 transponder sudah berada di posisinya masing-masing.
Sehingga dapat disimpulkan, bahwa secara teknis perseroan optimistis launching ini akan berjalan dengan sukses. Namun demikian, BRI tetap membutuhkan dukungan spirit dari seluruh rakyat Indonesia agar dalam acara tersebut tidak mengalami kendala yang dapat menghambat jalannya proses launching.
"Untuk itu BRI berharap seluruh rakyat Indonesia dapat memberikan doa restunya, agar launching BRISat dapat berjalan sesuai rencana dan Satelit tersebut mengorbit di jalurnya serta memberikan manfaat yang optimal bagi terwujudnya financial inclusion," ucap Direktur Utama BRI Asmawi Syam dalam keterangan resminya, Selasa (31/5/2016).
Bagi BRI, kehadiran BRISat dapat lebih meningkatkan fungsi intermediasi, coverage service area, business process dan kualitas layanan menjadi lebih kuat, lebih luas, lebih efisien serta lebih baik.
"Sedangkan bagi rakyat Indonesia, dengan hadirnya BRISat, pemenuhan kebutuhan akan layanan jasa perbankan menjadi lebih aman, cepat, efisien dan nyaman," ujar Asmawi.
Tentang BRISat
Kebutuhan akan sarana komunikasi satelit menjadi semakin urgen karena variasi model jaringan kerja yang dikembangkan oleh BRI. Beberapa inovasi model jaringan kerja yang dikembangkan oleh BRI bersifat mobile, seperti Teras Mobil dan Teras Kapal yang hanya dapat dilakukan secara ekonomis melalui sarana komunikasi satelit.
Peningkatan kebutuhan BRI akan jaringan komunikasi satelit ini diperkirakan akan sulit dipenuhi dari pasokan transponder oleh penyelenggara satelit Indonesia, mengingat ketersediaan transponder di Indonesia yang terbatas. Oleh karena itu, program Satelit BRI, memberikan solusi untuk mengurangi kelangkaan transponder di Indonesia.
Dalam mendesain satelit, BRI berusaha memaksimumkan filing satelit Indonesia di International Telecommunication Union (ITU), di mana salah satu filing satelitnya akan ditingkatkan statusnya dari Coordinated menjadi Notified, sehingga satelit BRI diharapkan sekaligus menjadi solusi dalam menjaga kesinambungan filing orbit satelit 150.5o BT. Program BRIsat tersebut juga dilengkapi dengan program kontijensi dalam rangka menjaga kesinambungan filing orbit 150.5o BT.
Sesuai dengan konfigurasi idealnya, BRISat akan menggunakan dua frekuensi yaitu C band dan KU band. C band akan digunakan untuk transaksi keuangan dan KU Band untuk komunikasi non keuangan. C band menggunakan frekuensi gelombang rendah sehingga tahan cuaca, sedangkan untuk KU band menggunakan gelombang tinggi sehingga mempunyai power yang kuat.
Satelit ini juga akan memiliki 45 transponder di mana sebagian dari transponder akan secara khusus dialokasikan bagi kepentingan negara Indonesia. Oleh karena itu, selain digunakan untuk mendukung operasional BRI, BRISat juga dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.
Di samping itu, karena BRIsat dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh BRI yang merupakan BUMN entitas Indonesia, maka Pemerintah akan memiliki sarana komunikasi yang lebih aman, terhindar dari penyadapan karena kontrol saluran komunikasi dan encryption sepenuhnya berada di tangan Indonesia.
Fasilitas Peliputan Launching BRIsat
Pada saat peluncuran BRIsat di tanggal 9 Juni 2016 dini hari waktu Indonesia, BRI akan menyediakan saluran khusus untuk transmisi audio-video. Transmisi akan berjalan secara langsung dari lokasi peluncuran di Kourou, Guiana Prancis, Amerika Selatan.
Setiap media (Televisi maupun online) yang ingin menyiarkan momen peluncuran satelit BRI, BRIsat, bisa mengakses sinyal dari satelit maupun jaringan video streaming. BRI akan menginformasikan parameter untuk akses satelit dan server streaming paling tidak dua hari sebelum jadwal peluncuran BRIsat.
Credit detikfinance
Kapolri Resmi Lantik Kabareskrim Baru
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti memimpin upacara serah terima jabatan Kabareskrim baru yang diisi oleh Irjen Pol Ari Dono Sukmanto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (31/5/2016).
Sebelumnya, Ari Dono mengisi jabatan sebagai Wakabareskrim. Namun, karena Komjen Pol Anang Iskandar memasuki masa pensiun, maka Ari Dono naik menjadi Kabareskrim.
Selain melantik Kabareskrim baru, Badrodin juga melantik tiga Kapolda diantaranya Irjen Pol Bambang Waskito menjadi Kapolda Jabar, Irjen Pol Musyafak menjadi Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Yazid Fanani menjadi Kapolda Jambi dan Brigjen Pol Lukman Wahyu Haryanto menjadi Kapolda Sulbar.
Sementara, untuk Irjen Pol Jodie Rooseto yang sebelumnya jadi Kapolda Jabar menjadi AS SDM Kapolri, Brigjen Pol Arief Sulistyanto dari Kapolda Kalbar menjadi Sahlijemen Kapolri dan Irjen Pol Sabar Rahardjo dari Asisten SDM Kapolri menjadi Pati SSDM Polri dalam rangka pensiun.
Credit Sindonews
Beberapa Alasan Polri Tunjuk Irjen Ari Dono Jadi Kabareskrim
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti telah menunjuk Inspektur Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar.
Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Agus Rianto, penunjukan Ari Dono menjadi Kabareskrim sudah melalui beberapa pertimbangan khusus. Salah satunya telah menjabat Wakil Kabareskrim.
"Kemudian, beliau (Ari Dono) juga sudah bintang dua, Kabareskrim kan bintang tiga. Beliau juga salah satu perwira senior, kebetulan lulusan Akabri tahun 85," ujar Agus Rianto di Ruang Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/5/2016).
Agus menambahkan, Ari Dono juga memiliki pengalaman di bidang reserse dan pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat.
Ari Dono juga sempat dipercaya sebagai Kapolda Sulawesi Tengah dan yang terakhir menjabat sebagai Wakabareskrim Polri. "Saya yakin pimpinan sudah menentukan keputusan bahwa Pak Ari Dono layak menggantikan Pak Anang," ujar Agus.
Sementara itu Polri telah menunjuk Brigadir Jenderal Polisi Brigjen Antam Novambar untuk mengisi jabatan Wakil Kabareskrim, jabatan yang ditinggalkan Ari Dono. Sebelumnya Antam menjabat Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.
Credit Sindonews
Sekilas Perjalanan Karier Kabareskrim Irjen Pol Ari Dono
JAKARTA - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti telah resmi memilih Irjen Pol Ari Dono Sukmanto sebagai Kabareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Anang Iskandar yang memasuki masa pensiun.
Irjen Pol Ari Dono merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Pada 2003 Ari menjabat sebagai sebagai Kapolres Serang. Tidak lama berselang, Ari Dono bergabung di Direskrim Polda DIY mulai 2004 hingga 2006.Memasuki tahun 2007, Ari Dono ditugaskan di Direskrim Polda Jawa Barat, tapi masa tersebut tidak lama karena Ari kembali menerima amanat menjadi penyidik utama Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri pada 2009.
Tidak lama berselang di Bareskrim Polri, Ari kembali dinaikkan jabatannya menjadi Kabag Instalfor Puslabfor Bareskrim Polri pada tahun 2010. Dengan keahliannya di bidang Puslabfor, Ari dipercaya mengemban amanat menjadi Wakapolda Sulawesi Tengah pada tahun 2011.
Tapi masa jabatan itu tidak berjalan lama, pasalnya Ari kembali ditarik ke Bareskrim Polri sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri. Setelah dua tahun bergelut di bidang Bareskrim Polri, Ari dipercaya memimpin Sulawesi Tengah sebagai Kapolda pada tahun 2013.
Setelah mengisi jabatan sebagai Kapolda Sulteng, Ari dipromosikan sebagai staf ahli manajeman Kapolri di tahun 2014 menggantikan Brigjen Pol Dewa Made Parsana. Memasuki awal tahun 2016 Ari diembankan tugas sebagai Wakabareskrim tapi belum lama menjadi Wakabareskrim, Ari Dono dinaikan menjadi Kabareskrim menggantikan Anang Iskandar yang
memasuki masa pensiun tepat 58 tahun.
Credit Sindonews
Langganan:
Postingan (Atom)