Kamis, 11 Juni 2015

Indonesia Jadi Ketua IORA Periode 2015-2017


Indonesia Jadi Ketua IORA Periode 2015-2017 
Ben mengatakan Indonesia akan mengaitkan agenda nasional terkait poros maritim Indonesia ke agenda negara-negara anggota IORA. (Antara/Vitalis Yogi Trisna)
 
Jakarta,CB -- Indonesia terpilih menjadi ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) atau Asosiasi negara-negara di kawasan Samudera Hindia untuk periode 2015-2017, kesempatan yang akan dijadikan untuk meningkatkan kerja sama terkait poros maritim Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Kerja Sama Intra Kawasan Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri, Benyamin Carnadi, di Jakarta pada Kamis (11/6).


Ben mengatakan akan dilakukan kerja sama lintas batas terkait terpilihnya Indonesia menjadi ketua IORA. Sementara itu, serah terima akan dilaksanakan pada Oktober 2015 dari ketua IORA sebelumnya, Australia.

"Visi misi kita di IORA adalah menjalin kerja sama strategis, konsolidasi kelembagaan dan ada enam bidang prioritas yaitu keamanan maritim, budaya perikanan dan perairan, energi, manajemen risiko bencana, teknologi dan ilmu pengetahuan, pariwisata dan pertukaran budaya," kata Ben.

Momen ini sejalan dengan program yang diusung oleh Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo terkait poros maritim. Ben mengatakan Indonesia akan mengaitkan agenda nasional terkait poros maritim Indonesia ke agenda negara-negara anggota IORA.

"Terpilihnya Indonesia bukan hanya mimpin sidang, harus ada gagasan dan visi misi baru dan ini juga merupakan kesempatan emas bagi Indonesia yang akan dikaitkan dengan kepentingan nasional poros maritim, kita akan ajukan kerja sama bahari kepada negara-negara IORA," kata Ben.

IORA merupakan satu-satunya organisasi yang mencakup empat kawasan yaitu Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika Timur, dan Australia.

Organisasi tingkat menteri IORA dibentuk pada Maret 1997. Dan terdapat 20 Negara yang menjadi anggotanya diantaranya Australia, India, Kenya, Madagaskar, Mauritius, Sri Lanka, Comoros, Seychelles, Thailand, Afrika Selatan, Malaysia, Oman, Mozambik, Tanzania, Oman, Bangladesh, Uni Emirat Arab, Iran, Yaman dan Indonesia.

Credit  CNN Indonesia