Sabtu, 12 Januari 2019

Cina Pasang Rudal Balistik Incar Kapal Perang Besar Amerika

Dong Feng-26 merupakan ancaman yang menakutkan buat kapal induk dan kapal perang jenis Perusak dan Penjelajah. Rudal DF-26 memang dikembangkan dari rudal balistik anti kapal DF-21. Rudal ini memiliki jangkauan 3.000-4.000 km. Beberapa sumber menduga bahwa jangkauan maksimum DF-26 adalah 5.000 km. japantimes.co.jp

CBHong Kong – Militer Cina mengklaim telah memasang peluncur rudal yang mampu menembak kapal-kapal berukuran medium dan besar.


Pernyataan ini dikeluarkan setelah Angkatan Laut AS melakukan operasi militer “navigasi kebebasan” di dekat kepulauan sengketa di Laut Cina Selatan.

Media resmi CCTV  seperti dikutip CNNmelansir militer Cina memasang rudal balistik DF-26 di kawasan barat laut di Laut Cina Selatan. Ini terjadi setelah USS McCampbell, yang merupakan kapal perang dengan rudal terpandu, berlayar dekat di Kepulauan Paracel sehari sebelumnya.


Rudal DF-26 ini memliki kemampuan daya jelajah 3.400 mil atau sekitar 5.471 kilometer dengan dilengkapi hulu ledak nuklir atau konvensional.

Analis menyebut rudal canggih DF-26 ini sebagai “pembunuh Guam” karena rudal ini membuat militer Cina mampu menembak Pulau Guam AS, yang menjadi pangkalan udara Andersen dan sejumlah instalasi militer.

Kawasan Laut Cina Selatan seluas, 1.3 juta mil persegi ini mengalami peningkatan ketegangan militer dalam beberapa tahun terakhir. Cina secara agresif mengklaim kepemilikan wilayah in dan berkonflik dengan sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, dan Filipina.


Credit TEMPO.CO



https://dunia.tempo.co/read/1163895/cina-pasang-rudal-balistik-incar-kapal-perang-besar-amerika