Rabu, 22 April 2015

Ribuan Smartphone Andromax Dipesan Tentara Indonesia


CB, Jakarta - Andromax boleh dibilang sukses jadi merek smartphone yang dipasarkan di Indonesia. Produk keluaran PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) itu ternyata sudah mendapat perhatian dari kalangan militer.
Bahkan, ribuan handset Andromax disebutkan telah dipesan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Daerah Militer (Kodam) IV Brawijaya sebagai perangkat pendukung aktivitas personelnya. Produk yang dipesan oleh komando militer dari Jawa Timur itu berupa seri Andromax G2 yang dikhususkan bagi kelas menengah.
"Sekarang ini sudah ada 11 ribuan pesanan yang akan kita kirim ke sana, tapi kemungkinan akan ada 40 ribuan handset yang akan masuk ke kita, dari Kodam IV saja," ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputi CEO Smartfren
Pria berkumis tebal itu mengungkapkan pihaknya memberikan harga khusus bagi pesanan dalam jumlah besar yang dikirim ke Kodam Brawijaya. Smartfren juga telah menyediakan aplikasi khusus supaya para personil militer pengguna produknya bisa lebih mudah sewaktu menjalankan tugasnya
"Kita berikan harga khusus untuk pesanan Kodam IV Brawijaya, ada juga aplikasi yang kita kembangkan khusus untuk kebutuhan pertanian guna mempermudah mereka membantu masyarakat dan akan kita tambah lagi aplikasi lain sesuai kebutuhan," ungkap Djoko.
Lebih lanjut, Djoko mengklaim, perusahaannya tak memberikan fitur keamanan khusus di perangkat yang dibuatnya demi memenuhi pesanan Kodam IV Brawijaya.
Meski begitu, Djoko menyatakan pesanan yang dikirim kalangan militer telah membuktikan produknya telah mendapat pengakuan dari sisi kualitas dan sekuritas.
"Ini kan menunjukkan produk kita sudah diakui kalangan militer. Kita sih, nggak kasih keamanan khusus, tapi kan jaringan Smartfren aman, nggak pernah ada isu penyadapan di jaringan kita," aku Djoko diiringi tawa di hadapan awak media di Jakarta.


Credit  Liputan6.com

R-80, Pesawat Buatan Indonesia 'Kejutan' untuk Dunia?


CB, Jakarta - Mesin Allison menderu kencang, 2 baling-baling berputar cepat, sebuah pesawat putih, dengan warna biru di perutnya, mengambil posisi take off setelah berputar 180 derajat di ujung landasan. Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat diliputi suasana tegang kala itu. Sejumlah mobil pemadam kebakaran disiagakan, mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.
Selang beberapa menit, burung besi dengan berat kosong 13.660 kg pun melaju sangat kencang, mendongak, dan kemudian mengangkasa dengan anggun. Dipandu CN-235 yang lepas landas lebih dulu.
Pesawat itu adalah N-250 Gatotkaca. Namanya diambil dari tokoh pewayangan yang konon punya kesaktian luar biasa: otot kawat balung wesi (berotot kawat dan bertulang besi). Ia juga mampu terbang di angkasa tanpa menggunakan sayap.
Dan ketika Sang Gatotkaca mengangkasa di atas Kota Bandung, ketegangan sirna. Kegelisahan orang-orang yang ada di sana berganti senyuman. Semua bertepuk tangan. Tak sedikit yang mengucurkan air mata.

Dari darat, Presiden Soeharto kemudian berbincang melalui radio komunikasi dengan pilot N-250 yang sedang mengudara. Di sampingnya, ada Dirut PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), Prof. Dr. Ing. BJ Habibie. Ia orang yang paling lega saat itu. Prediksi seujumlah pakar yang menyebut N-250 tak mampu terbang, dipatahkan telak.
Itulah momentum bersejarah penerbangan perdana pesawat ‘asli’ buatan anak bangsa, yang melalui proses panjang sejak tahun 1985.
Peristiwa terbang perdana pesawat N-250 pada 10 Agustus 1995 dijadikan peringatan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.
Sayangnya, keberhasilan ini tidak berlangsung lama. Proyek pesawat N-250 terhenti setelah krisis moneter yang menimpa Indonesia pada tahun 1998. Kini pesawat yang pernah menjadi kebanggan ini ‘mangkrak’ di area PT Dirgantara Indonesia (PT DI), yang dulunya bernama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Sang primadona dirgantara mungkin tak akan pernah bangkit.
Namun, kini, muncul pesawat-pesawat berlabel made in Indonesia. Memberi sepercik harap industri kedirgantaraan nusantara akan kembali bangkit. Salah satunya, Regio Prop 80 (R-80).

Industri Dirgantara RI Bangkit?
Dua puluh tahun berlalu sejak penerbangan perdana N-250. Pada Senin 13 April 2015, BJ Habibie muncul di ajang National Innovation Forum (NIF) 2015 di Puspiptek, Serpong, Tangerang, Banten.
Di depan Presiden Jokowi, ia mempresentasikan salah satu produk pesawatnya yang diberi label R-80. Pesawat yang diklaim bakal lebih hebat dari N-250.
Melalui PT Ragio Aviasi Industri (RAI), produsen R-80, Habibie mengatakan, pesawat terbarunya tak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengudara di langit Nusantara. Tak seperti N-250 yang ‘mati suri’.
Menurut Habibie, pesawat itu merupakan generasi baru pesawat berpenumpang 80-90 orang berkecepatan tinggi dan merupakan regional turboprop aircraft.
R-80 juga dinilai unggul karena biaya operasinya yang paling rendah di kelasnya, menawarkan keandalan, sistem avionik kelas lanjut yang memungkinkan tingkat keselamatan semakin tinggi, kenyamanan bagi penumpang, hingga ramah lingkungan.
Presiden ke-3 RI itu menyebut, dukungan dari pemerintah mutlak diperlukan. Sebab, investor dari dalam dan luar negeri baru mau berinvestasi ke perusahaannya jika ada dukungan dari negara. "Pesawat ini baru akan mengudara tahun 2019. Sudah dua tahun, kita sudah jauh bekerjanya," kata Habibie.
Pria yang pernah menjadi petinggi perusahaan pesawat Jerman,  Messerschmitt-Bölkow-Blohm pernah menyebut, R-80 akan menjadi kejutan. Tak hanya bagi Indonesia, tapi juga dunia. "It's a surprise, you'll see it," kata Habibie pada 2013 lalu.

Ditemui di tempat terpisah, Komisaris PT RAI, Ilham Habibie menambahkan, sejauh ini pemerintah sudah menunjukan bukti nyata mendukung program ini. Namun, ia belum berani memberikan detail kerjasamanya. Masih terlalu dini.
"Presiden Jokowi sudah menyatakan bahwa R-80 akan menjadi program nasional. Tapi memang kita memiliki beberapa ide, tapi belum bisa saya sebutkan di sini," ujar Ilham dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com, Kamis 16 April 2015.
Dukungan pemerintah, kata dia, bisa berupa pendanaan atau fasilitas tertentu seperti pengurangan pajak. "Banyak sekali instrumen-instrumen yang akan sangat bermanfaat."


Sementara itu, pengamat Aviasi UGM, Arista Atmadja mengatakan, pemerintah harus belajar dari masa lalu. Ia menilai, penguasa sebelumnya kurang perhatian dengan sektor industri kedirgantaraan.
Akhirnya, banyak anak bangsa yang cerdas memilih mengembangkan pesawat di negeri lain. Yang akhirnya mempengaruhi perkembangan industri pesawat di dalam negeri. “SDM kita di PT Dirgantara banyak diambil Boeing mereka lari ke Amerika. Kan sayang insinyur kita ke sana semua,” kata dia.
Arista menambahkan, dari segi pendidikan, di Indonesia sejatinya sudah mumpuni. Di Institut Teknologi Bandung (ITB) ada jurusan teknik penerbangan. Lulusannya sudah terbiasa menangani penerbangan sejak 1979.
“Namun,  karena industri penerbangan kurang dukungan yang serius mereka pada kabur. Bahkan para insinyur kita terlibat dalam pembuatan Boeing 787 Dreamliner. Padahal, mereka adalah aset bangsa," ujar Arista.

Dosen UGM itu berpendapat, R-80 adalah pesawat ideal. Juga kuat dalam bisnis pesawat di kelas 80 seat atau tempat duduk.
Pesawat tanggung ini menurut Arista hampir tidak ada yang menyaingi. Mungkin hanya Embraer (Brasil) dan Bombardier CRJ (Kanada), atau ATR (Prancis) -- para 'raksasa' yang bermain di kelas di bawah 100 seat.
Menurut Arista, tingkat persaingan yang dihadapi R-80 kurang ketat dan kompetitif. Pesawat itu juga tak jadi kekhawatiran dan pressure untuk produsen kelas besar seperti Eropa dan Amerika. Airbus dan Boeing.
"Kita harus waspadai bisnis manufaktur pesawat. Ini bisnis prestise dan membawa nama baik negara,” kata dia. Butuh upaya luar biasa untuk bersaing dengan Boeing atau Airbus. Jika tak mampu, bisa-bisa justru mati.


Pesawat ‘Bandel’ R-80
R-80 merupakan pesawat terbang komersial berjenis turboprop yang bisa mengangkut 80-100 orang. Memiliki kecepatan maksimal 330 knots (378 mph, 605 km/h), R-80 dapat menempuh jarak tempuh kurang dari 600 km.
Komisaris PT Regio Aviasi Industri, Ilham Habibie ‎menerangkan sejumlah keunggulan lain pesawat R-80. Salah satunya, "Ini pesawat bandel," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis 16 April 2015.

‎Kenapa disebut bandel, Ilham membeberkan kelebihan pesawat dengan mesin turboprop dibanding jet. Yakni mampu take off dan landing di landasan pacu yang pendek dan kondisi berbatu kerikil.
Dengan mesin turboprop, take off atau landing di landasan yang banyak batu kerikil tak akan berujung bahaya. Sebab, batu-batu kecil itu tidak akan tersedot ke dalam mesin. "Kalau mesin jet itu, bahaya, batu-batu kerikilnya bisa tersedot ke dalam mesin," ujar Ilham.

Tak cuma itu, R80 disebut Ilham juga merupakan pesawat yang lebih besar dan luas dari pesawat sejenis lainnya. R80 akan didesain memiliki 80 kursi penumpang, engine termutakhir, ruang kabin pilot yang lebih luas.

"Lalu bahan bakarnya lebih irit. Tempat duduk pilot juga lebih luas. Kita juga pakai sistem yang mendukung dengan komputer," kata Ilham.
Menurut putra sulung B. J. Habibie ini, desain  yang diusung R-80 berbeda dengan N-250. Desain ini dikerjakan oleh puluhan desainernya  yang berpengalaman baik di dalam maupun luar negeri menggunakan software CATIA atau Dassault Systemes di fasilitas milik PT DI.
"Secara prinsip memang mirip tapi semuanya desain baru. Yang lebih penting pengalaman dari N-250. Karena ahlinya berasal dari program N-250. R-80 adalah kesempatan sekarang atau tidak sama sekali karena orang-orangnya  sudah tua dan hampir pensiun,"imbuhnya.
Ilham menuturkan, saat ini program R-80 sudah masuk di tahap desain pendahuluan atau preliminary design. Setelah selesai, akan masuk dalam tahap design rinci atau detail design. "Preliminary design dimaksudkan untuk membuat desain itu utuh dari ujung ke ujung,” kata Ilham.
Meski belum masuk detail design, Ilham menjamin pesawat yang dikerjakan pihaknya memiliki banyak keunggulan dibanding pesawat sejenis. Salah satunya adalah teknologi "Fly by Wire" atau sistem yang membatasi gerakan pesawat udara melalui komputer elektronik atau Flight Control Computer (FCC).

"Jadi kita untuk menggunakan sistem pengendalian pesawat terbang, kita juga menggunakan teknologi mutakhir yaitu adalah kita pakai sistem yang didukung oleh komputer.”
Menurut pengamat aviasi UGM, Arista Atmadja, R-80 cocok untuk kondisi Indonesia yang memiliki belasan ribu pulau. Apalagi, tidak perlu landasan pacu yang panjang untuk menerbangkannya.

"Ia bisa landing di landasan pacu yang pendek 1.900 meter cukup lah. Penumpang kapasitas 80 juga cocok di Indonesia yang negara kepulauan dan memiliki 237 bandara" bebernya.

Dia menambahkan, R-80 bisa memenuhi pangsa pasar domestik walaupun market internasional cukup bagus seperti kawasan Asia dan Asia Tenggara: Filipina, Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Thailand.


Tantangan Besar
Program R-80 bukan mudah dilakukan. Selain pendanaan, tantangan yang harus dihadapi adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM)  dan fasilitas. Untuk itu, PT Ragio Aviasi Industri (RAI) mengajak PT Dirgantara Indonesia untuk turut serta dalam program ini.
"Pertama, pendanaan selalu menjadi tantangan, tapi kita selalu menemukan solusi tapi boleh dikatakan itu adalah salah satu tantangan. Kedua SDM, kita memang punya secukupnya tapi memang kita punya beberapa yang harus didorong,” kata Ilham Habibie.
PT RAI, tambah Ilham, mempercayakan PT DI, salah satu perusahaan BUMN Industri Strategis, untuk mengerjakan beberapa bagian pesawat. Namun, untuk detailnya Ilham belum bisa berkomentar banyak. Pembicaraan antar kedua pihak telah dilakukan.
"Dalam kasus R-80 ini mereka (PT DI) partner kita. Ada beberapa pekerjaan kita sub-con kepada mereka dari segi engineering saat ini. Ke depan, kita harapkan dia bisa membuat paling tidak sebagian daripada program ini dari segi fuselage dan juga wings-nya," cakapnya.

Sedangkan, dari pihak PT Dirgantara Indonesia mengaku siap membantu. Namun, mereka akan mengkaji mulai masalah bisnis plan, market analisis, maupun perkembangan apa yang telah dihasilkan.
“Secara program kita kalau dilihat 2015-2016 itu sudah full, sudah terstruktur. Jadi kita lagi melihat lagi program ini. Saat ini kita masih sebatas diskusi, kita harus melihat juga bagaimana kapasitas PT DI, bantuan apa yg bisa diberikan PT DI, bagaimana positioning-nya, ini belum ada keputusan masih dalam ranah diskusi.,” ucap Ade Yuyu Wahyuna, Kepala Pengembangan Bisnis PT. DI saat dihubungi  tim Liputan6.com.
Ditambahkan Ade, sebagai perusahaan negara yang berkecimpung di industri dirgantara, pihaknya juga akan membicarakan masalah pendanaan hingga kaitannya dengan pemerintah. Pembicaraan panjang pun akan dilakukan PT RAI dan PT DI agar program ini bisa maksimal.
 “Memang kita harus duduk lagi untuk membicarakan pengembangan bisnis seperti apa? Kaitan dengan pemerintah, masalah pendanaanya jadi masih kasar belum berbentuk. Tapi kita sudah mulai berdiskusi, tapi belum berbentuk kesepakatan,” kata dia.
Komponen Dalam Negeri
Untuk menjadi pesawat transport nasional, selain desain diperlukan juga komponen-komponen yang diproduksi di dalam negeri. Peneliti Utama Pustekbang Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Sulistyo Atmadi berharap kehadiran pesawat nasional juga mendatangkan industri-industri komponen pesawat di dalam negeri.
Ia berharap, siapa pun yang terlibat di dalam program pesawat nasional jangan pernah melupakan kemajuan industri manufaktur di dalam negeri.
“Pesawat transport nasional adalah pesawat yang semakin banyak menggunakan komponen lokal, itu harapan saya seperti itu. Memang  masih sulit untuk total, tapi mudah-mudahan komponen-komponen lainnya sudah lokal. Jadi jangan terlalu banyak komponen dari luar negeri, karena nantinya malah bukan pesawat nasional ya,” ungkap Sulistyo.
PT Infoglobal, perusahaan dalam negeri yang berkecimpung di industri avionik, mengaku siap jika nantinya mereka dipilih untuk membantu program ini. Saat ini, beberapa hasil produksinya sudah digunakan TNI di pesawat militer.
“Kami ini dalam rangka mau mengundang Pak Habibie agar beliau bisa melihat workshop kami di Surabaya sehingga beliau mau melihat langsung bagaimana kompetensi kami di bidang avionik,” kata dia.
“Kami satu-satu di dalam negeri yang sudah mendesain, manufaktur avionik pesawat tempur,”tutur Ahmad Fauzi, Marketing Manager PT. Infoglobal kepada Liputan6.com.

Menurut Ahmad, avionik pesawat militer dengan pesawat sipil relatif sama. Namun, saat ini pihaknya belum masuk ke pasar sipil karena terkendala masalah sertifikasi.
Ia pun berharap pemerintah membantu agar program pesawat nasional bisa sempurna dengan produk dalam negeri. “Pesawat sipil dan tempur itu avioniknya relatif sama, hanya berbeda regulasi dan sertifikasi. Sertifikasi di dunia selama ini masih didominasi FAA dari Amerika dan EASA dari Eropa. Di negeri kita sampai saat ini belum ada lembaga pemerintah yang membidangi itu. Bisa mensertifikasi dalam negeri. Makanya kami ingin sekali bersama-sama mencari solusi agar sertifikasi tidak tergantung luar,” cakapnya.
 “Kalau pemerintah berkenan membantu kita sertifikasi dalam negeri maka cita-cita itu bisa terwujud. Seperti yang dilakukan oleh China, yang tidak mau bergantung kepada 2 lembaga sertifikasi tadi sehingga pasar pesawat sipil tidak harus dipegang dua raksasa itu. Kebutuhan dalam negeri kita kan cukup besar, kenapa harus dari luar,”
Sementara itu, menurut Ilham kehadiran komponen dalam negeri sangat dimungkinkan di tempatkan di pesawat  R-80. Namun, semua akan melewati seleksi karena berkaitan dengan masalah tanggung jawab perusahaan.
“Kita adalah project owner dari pesawat R-80 ini. Kalau seandainya ada bagian-bagian belum bisa kita buat dari dalam negeri tapi katakanlah dalam waktu 5-10 tahun sudah ada supplier dari dalam negeri jadi kita bisa merekomendasikan ini yang akan kita gunakan bukan dari luar negeri lagi,” tutup Ilham.
Selain R-80, pemerintah telah  menetapkan N-219 dan N-245 sebagai program pesawat transport nasional. Pesawat ini dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.




Credit  Liputan6.com


Menteri Susi Tercengang Laut Papua Dikuasai Kapal Asing


CB, Jakarta - Batin Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti seolah mendapat tamparan keras. Bagaimana tidak, dia mendapat berita jika Laut Wanam Papua dikuasai oleh kapal-kapal asing.

Susi pun bercerita, beberapa waktu lalu mendapat tamu dari seorang warga Papua. Orang tersebut datang untuk pertama kalinya di ibukota dan takjub melihat gedung dan lampu-lampu yang terangnya.

Sayang, menurut orang tersebut lampu di Jakarta kalah terang dengan lampu yang berada di Papua.

"Dia bilang 'Bu lampu Jakarta  sangat terang tetapi lampu Wanam lebih terang dari Jakarta' ucapan lugu dan sangat naif tetapi sebuah tamparan keras kita. Yang dimaksud kapal asing terapung di depan desa mereka," kata dia dalam Pidato Kedaulatan, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Mendengar hal tersebut, Susi pun terhentak. Dia merasa seolah melakukan pembiaran atas kapal-kapal asing tersebut.
Susi menegaskan tinggal diam. Dia meminta seluruh jajarannya untuk menghalau kapal-kapal asing yang terindikasi melakukan pencurian ikan.

"Seluruh jajaran KKP, kita harus menunjukan bukti manusia bebas. Tidak takut diintimidasi, tidak diancam, akan konsekuensi demi kebenaran, kedaulatan ekonomi," ujarnya.

Sejumlah peraturan pun telah dikeluarkan oleh pemerintah, salah satunya ialah moratorium kapal bekas asing. Hal itu penertiban pencurian ikan.

"Moratorium untuk menertibkan ilegal fishing, menyadarkan sumber daya alam luar biasa," tandas dia


Credit  Liputan6.com

Unit Forensik FBI Akui Kesaksian Palsu Selama 20 Tahun


Unit Forensik FBI Akui Kesaksian Palsu Selama 20 Tahun 
 Ilustrasi. (REUTERS/Lucas Jackson)
 
Jakarta, CB -- Departemen Kehakiman dan FBI secara resmi mengakui hampir setiap pemeriksaan unit forensik di FBI memberikan kesaksian yang cacat dan tidak teratur pada hampir semua pemeriksaan selama lebih dari dua dekade, sebelum tahun 2000.

Menurut National Association of Criminal Defense Lawyers (NACDL) dan Innocence Project, pemeriksa unit forensik FBI memberi kesaksian cacat dengan membesar-besarkan pemeriksaan pada 95 persen dari 268 ulasan tentang perbandingan rambut manusia yang dipakai sebagai alat bukti.



"Pemakaian analisis rambut mikroskopis FBI selama tiga dekade untuk memberatkan terdakwa adalah bencana yang lengkap," ujar Peter Neufeld, pendiri Innocence Project.

Menurutnya, lembaga sekelas FBI seharusnya bisa melakukan investigasi yang mendalam untuk mengungkap suatu kasus karena pemerintah bergantung pada pemeriksaan dari FBI.


Investigasi perbandingan rambut dimanfaatkan para ilmuwan forensik untuk mencari kemungkinan tersangka. Helai rambut di tempat kejadian perkara juga dapat digunakan sebagai barang bukti.

Pengumuman ini menyoroti kegagalan besar ilmu forensik. Lembaga ini berencana mengubah standar disiplin ilmu forensik pada tahun ini.

Pengakuan FBI ini memunculkan keyakinan dari para pengamat bahwa bisa jadi ada beberapa orang tak bersalah kini mendekam di penjara karena kesalahan investigasi FBI.

Pada tahun 2002, FBI melaporkan lebih dari 11 persen dari pemeriksaan perbandingan rambut yang mereka lakukan adalah palsu. Akibatnya, lima terdakwa telah dibebaskan sejak tahun 2009, mereka dahulu dituding melakukan pembunuhan atau perkosaan dan dihukum selama 20 sampai 30 tahun penjara.


Credit  CNN Indonesia


Saudi Akan Akhiri Serangan Udara di Yaman


Saudi Akan Akhiri Serangan Udara di Yaman  
Arab Saudi mengumumkan akan menghentikan serangan udara dan memulai proses politik di Yaman. (Reuters/Stringer)
 
Jakarta, CB -- Arab Saudi mengumumkan pada Selasa (21/4) bahwa serangan udara di Yaman untuk menggempur pemberontak Syiah al-Houthi yang telah berlangsung sekitar sebulan akan segera diakhiri.

Iran, yang mendukung Houthi, menyambut gencatan senjata itu.

"Operation Decisive Storm telah mencapai tujuannya...(termasuk) menghapus ancaman terhadap Arab Saudi dan negara-negara tetangga, terutama dalam hal senjata berat," kata sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita milik pemerintah Saudi, SPA.


Dalam surat pernyataan itu, Arab Saudi mengatakan akan memulai operasi baru yang disebut ‘Operation Restoring Hope’, yang akan menggabungkan aksi politik, diplomatik dan militer. Namun operasi baru ini akan berfokus pada “proses politik yang akan mengarah ke masa sepan yang stavil dan aman untuk Yaman.”

Juru bicara Saudi, Brigjen Ahmed Asseri, mengatakan aliansi masih menargetkan Houthi. "Koalisi akan terus mencegah milisi Houthi bergerak atau melakukan operasi apapun di dalam Yaman," katanya kepada wartawan di Riyadh.

Amerika Serikat, yang merupakan sekutu dekat Saudi, pada Selasa juga mengatakan menyambut baik pengumuman Arab Saudi ini.

"Amerika Serikat menyambut pengumuman hari ini oleh pemerintah Arab Saudi dan mitra koalisinya dari kesimpulan Operation Decisive Storm di Yaman," kata Alistair Baskey, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Serangan udara yang dilancarkan oleh Arab Saudi dan negara koalisinya untuk memukul mundur pasukan Houthi yang mulai merangsek masuk ke Aden, tempat persembunyian terakhir Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang kini berada di Riyadh sejak serangan udara dimulai.

Senin lalu sebuah serangan udara yang menargetkan depot senjata di Bukit Fat Attan, mengenai Gedung KBRI yang berada sekitar satu kilometer dari Faj Attan. Dua diplomat dan seorang WNI lain terluka akibat ledakan, namun korban warga sipil Yaman berjatuhan. Media lokal melaporkan sekitar 46 orang tewas, serta hamppir 400 lainnya terluka.

Credit  CNN Indonesia

Tuntut Reformasi PBB, Jokowi: Masa Depan Dunia di Asia-Afrika


Tuntut Reformasi PBB, Jokowi: Masa Depan Dunia di Asia-Afrika  
Presiden Joko Widodo memberikan pidato pembukaan di forum peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika yang digelar di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (22/4). REUTERS/Beawiharta.
 
Jakarta, CB -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti terjadinya ketidakseimbangan global yang membawa dampak buruk bagi negara-negara di Asia dan Afrika. Karenanya Jokowi mendesak perlunya reformasi di Perserikatan Bangsa-Bangsa demi terwujudnya kesetaraan dalam keadilan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa di dunia.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan di hadapan seluruh peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (22/4).


“Sebuah tatanan dunia baru yang didasari oleh kesetaraan keadilan dan kemakmuran belum terwujud sesuai dengan cita-cita pendahulu kita,” kata Jokowi dalam pidato pembukaan. “60 tahun berlalu, perjuangan kita belum selesai.”

Jokowi secara tegas menyindir dominasi sekelompok negara-negara maju yang menyampingkan keadilan dan kesejahteraan pada negara-negara di Asia-Afrika. “Kita mendesak reformasi PBB agar mengutamakan keadilan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa-bangsa di dunia,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyinggung akan pentingnya kemerdekaan dan kedaulatan bagi Palestina. “Kita semua harus mendukung Palestina sebagai sebuah negara yang merdeka,” kata Jokowi seraya menekankan perlu dilawan ketidakadilan global.

Indonesia, lanjut Jokowi, siap memainkan peran global secara positif demi terwujudnya keadilan, kesejahteraan, kemakmuran, dan solidaritas global. “Kita bangsa-bangsa di Asia-Afrika harus berdiri sama tinggi dengan bangsa-bangsa di dunia sesuai cita-cita pendiri kita 60 tahun lalu.”

Jokowi lantas mengingatkan pentingnya mempererat kerja sama di antara seluruh anggota KAA karena akan menjadi pusat perubahan dunia. “Saya berkeyakinan masa depan dunia ada di Asia-Afrika,” kata Jokowi dengan tegas yang disambut tepuk tangan seluruh peserta.


Credit  CNN Indonesia

Di KAA, Jokowi Paparkan Tiga Tantangan Negara Asia Afrika


Di KAA, Jokowi Paparkan Tiga Tantangan Negara Asia Afrika Menurut Jokowi, tiga tantangan ini harus ditemukan penyelesaiannya agar bangsa-bangsa Asia Afrika bisa berdiri sejajar dengan negara lain di seluruh dunia. (Reuters/Darren Whiteside)
 
Jakarta, CB -- Presiden Joko Widodo hari ini resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta, Selasa (22/4). Dalam pidatonya, Jokowi memaparkan tiga tantangan yang harus dihadapi bersama.

Menurut Jokowi, tiga tantangan ini harus ditemukan penyelesaiannya agar bangsa-bangsa Asia Afrika bisa berdiri sejajar dengan negara lain di seluruh dunia. Di antara solusinya adalah mempererat kerja sama di beberapa bidang.

Tantangan pertama adalah kesejahteraan. Menurut Jokowi tantangan ini bisa diatasi dengan mempererat kerja sama untuk menghapuskan kemiskinan.

"Kita harus mempererat kerja sama untuk menghapuskan kemiskinan, kesehatan, ilmu pengetahuan dan memperluas lapangan kerja," ujar Jokowi.

Tantangan kedua adalah mempererat solidaritas. Salah satu cara untuk memperkuatnya adalah dengan meningkatkan investasi serta membangun kerja sama ekonomi antara negara-negara Asia Afrika.

"Dengan saling membantu membangun konektivitas, infrastruktur, bandara dan jalan. Indonesia akan menjadi jembatan maritim yang menghubungkan kedua benua," tutur Jokowi.

Tantangan ketiga adalah stabilitas, baik internal dan eksternal. Dalam hal ini, Jokowi bertanya pada para delegasi.

"Kita harus bertanya apa yang salah dengan kita, sehingga banyak negara Asia
Afrika yang dilanda berbagai konflik internal, kita harus bekerja sama menghadapi kekerasan, pertikaian dan radikalisme," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengajak negara-negara Asia Afrika perang melawan narkoba yang menghancurkan negara. Namun dia menegaskan bahwa berbagai tantangan ini harus dihadapi dengan damai.

"Melalui forum ini, saya yakin bahwa masa depan dunia ada di sekitar ekuator di tangan kita," tegas Jokowi.

Hari ini adalah puncak dari KAA setelah sebelumnya didahului oleh pertemuan para pejabat tinggi, menteri luar negeri, dan pelaku bisnis Asia Afrika. Dari 109 negara undangan, 21 kepala negara hadir di Jakarta.

Jokowi juga hari ini dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral beberapa kepala negara, yaitu Singapura, Tiongkok, Jepang dan Yordania.

Rangkaian peringatan 60 tahun KAA berlangsung pada 19-24 April di Jakarta dan Bandung.

Credit  CNN Indonesia

TNI AL tambah empat pesawat latih baru


... kami perlu pesawat latih yang spesifik...
Surabaya (CB) - TNI AL menambah empat pesawat latih dasar baru jenis Beechcraft Bonanza G-36 yang akan dioperasikan oleh Skuadron 200 Wing Udara 1/Pusat Penerbangan TNI AL, di Surabaya.

Keempat pesawat latih dasar yang baru itu diserahterimakan dalam upacara penerimaan yang disaksikan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, di Base Ops Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Dalam upacara serah terima pesawat baru itu, keempat pesawat latih dasar itu diserahkan Asisten Logistik Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI Hari Pratomo, kepada Komandan Pusat Penerbangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta.

"Untuk mencetak penerbang yang profesional dan handal, kami perlu pesawat latih yang spesifik. Sebelumnya, kami sudah punya empat pesawat sejenis, sehingga kami sekarang memiliki delapan pesawat latih Bonanza G-36," kata Supandi.

Untuk pengadaan 2015, TNI AL masih memerlukan pesawat latih lagi sebanyak empat pesawat udara. "Itu pesawat latih mesin tunggal, yaitu Bonanza G-36 , tapi ke depan kami membutuhkan enam jenis mesin ganda," katanya.

Bahkan, untuk calon penerbang yang memasuki pelatihan madya akan bisa berlatih dengan pesawat yang lebih besar, seperti CN-235 dan Cassa N-212.

"Pesawat itu merupakan kepanjangan mata dalam deteksi kapal-kapal permukaan," katanya.

Ditanya antisipasi kecelakaan atau insiden dalam latihan dengan pesawat latih, orang nomer satu di TNI AL itu mengatakan pelatihan di lingkungan TNI AL itu dilakukan secara lebih rinci.

"Tidak hanya itu, perawatan juga kita lakukan secara rutin dan kalau ada error akan langsung dilakukan perbaikan. Kita juga memiliki Tim Keselamatan Penerbangan yang selalu memantau," katanya.

Dalam upacara serah terima pesawat udara latih dasar itu, Supandi sempat membaptis mereka dengan air dalam kendi serta membuka selubung pesawat yang bertuliskan Skuadron 200.

Terkait pengadaan pesawat latih dengan penyedia PT Krida Setia Abadi itu,  Setiyanta menjelaskan nilai keempat pesawat latih buatan Beechcraft Company di Wichita, Kansas, AS itu mencapai Rp59 miliar.

"Sertifikasi dan pelatihan untuk pengoperasian pesawat itu sudah dilakukan di AS pada November-Desember 2014, bahkan keempat pesawat latih itu sebenarnya sudah memeriahkan HUT TNI 2014, tapi upacara resmi baru hari ini," katanya.

Spesifikasi pesawat latih Bonanza G-36 adalah mesin tunggal, bertenaga 300 HP, enam silinder, dan bahan bakar avgas. Kapasitas pesawat terbang adalah empat orang dengan kecepatan 326/jam dan daya jelajah 1.713 km di ketinggian maksimal 5.639 m.

Pada periode II (2015-2019), TNI AL berkomitmen untuk membangun kekuatan, khususnya pesawat udara yakni helikopter anti-kapal selam (11 unit), helikopter anti-kapal permukaan air (delapan unit), helikopter angkut taktis (empat unit), CN235-2000 Patmar (tiga unit), dan sejumlah simulator.

Selain alutsista, TNI AL juga berencana mengembangkan pangkalan udara TNI AL kelas A di Tanjung Pinang dan kelas B di Bengkulu, Ambon, dan Tual, serta Wing Udara 3 di Sorong.

Credit  ANTARA News

Benda Terbesar Sejagat Ditemukan di Area Misterius Alam Semesta


 
ESA Citra supervoid (berbentuk lingkaran) seperti diambil teleskop Planck.


CB — Astronom menemukan obyek raksasa di alam semesta. Obyek itu ialah supervoid, punya diameter sekitar 1,8 juta tahun cahaya. Bayangkan besarnya, rentang jarak Bumi ke Pluto saja hanya 5,3 jam cahaya.

Istvan Szapudi, astronom yang memimpin studi di University of Hawaii di Manoa, mengatakan bahwa obyek tersebut kemungkinan "merupakan benda tunggal terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia".

Obyek terbesar itu ditemukan saat Szapudi dan tim tengah mempelajari fenomena "area dingin" atau "cold spot" di alam semesta. Area itu memiliki materi 20 persen dan galaksi 10.000 lebih sedikit dibanding area lain.

"Cold spot" merupakan area yang begitu misterius, ditemukan pada tahun 2004. Astronom hingga saat ini belum mampu menguraikan tentang asal-usul area tersebut serta dampaknya pada pemahaman akan asal-usul alam semesta.

Di tengah upaya menguraikan "cold spot", dalam satu studinya, Szapudi dan timnya menemukan supervoid terbesar ini. Dibandingkan dengan bagian alam semesta lain yang padat, supervoid bisa diumpamakan sebagai sebuah lubang.

Meskipun demikian, Andras Kovacs dari Eotovos Lorand University di Budapest yang juga terlibat studi mengatakan, "Supervoid tidak benar-benar kosong. Mereka hanya sangat kurang padat."

"Yang kami temukan adalah supervoid terbesar yang pernah ditemukan. Dengan kombinasi ukuran dan kekosongannya, supervoid kami sangat jarang. Kami memperkirakan hanya ada beberapa supervoid yang sebesar ini di alam semesta," imbuh Kovacs.

Penemuan supervoid ini sedikit memberi penjelasan tentang misteri "cold spot". Area itu mungkin lebih dingin dan memiliki lebih sedikit galaksi karena keberadaan supervoid besar di pusatnya.

Adanya supervoid bisa menguraikan misteri "cold spot" sebab dalam semesta yang terus mengembang seperti yang dipahami saat ini, foton cahaya akan bergerak lebih lambat ketika melintasi void.

Seiring memasuki supervoid, energi kinetik foton cahaya diubah menjadi energi potensial. Bayangkan pergerakan foton cahaya memasuki supervoid seperti manusia yang mendaki sebuah bukit.

Dalam semesta yang stasioner atau tak mengembang, foton cahaya akan mendapatkan lagi energi kinetiknya begitu keluar dari supervoid. Dengan demikian, kecepatannya akan sama cepat. Bayangkan seperti manusia yang turun gunung.

Namun, dalam semesta yang mengembang, skenarionya berbeda. Ruang akan lebih besar sehingga supervoid, jika dianggap sebagai bukit, akan lebih rendah ketika manusia menuruninya. Maka dari itu, kecepatan foton cahaya pun akan lebih lambat ketika keluar.

Meskipun memberi sedikit pencerahan, supervoid hanya menyumbang 10 persen dari anomali "cold spot". Jadi, penemuannya belum mampu memecahkan misteri "cold spot", malah menambah daftar pertanyaan yang harus dijawab.

"Sekarang kita harus menjawab bagaimana void itu terbentuk. Ini adalah fenomena yang sangat jarang," ungkap Roberto Trotta dari Imperial College London yang tak terlibat studi seperti dikutip The Guardian, Senin (20/4/2015).



Credit  KOMPAS.com

Terungkap, Bumi Pernah "Kiamat" Enam Kali



 
Science Photo Library Ilustrasi kepunahan massal


CB - Selama 450 juta tahun, Bumi pernah mengalami "kiamat" atau kematian massal 5 kali. Itulah yang dipahami selama ini.

Dalam publikasi di Geological Society of American Bulletin, ilmuwan mengatakan, ada satu lagi peristiwa yang bisa disebut kematian massal, yaitu peristiwa Capitanian yang terjadi 262 juta tahun lalu.

David Bond dari University of Hull dan timnya melakukan penelitian di Spitsbergen, pulau pada jarak 890 km dari pulau utama Norwegia, untuk membuktikan adanya "kiamat" keenam itu.

Bond dan rekannya meneliti Kapp Starostin Formation, lapisan batuan setebal 400 meter di beberapa lokasi Spitsbergen, yang bisa memberi petunjuk tentang kondisi 27 juta tahun masa Permian Tengah, masa di mana peristiwa Capitanian diduga terjadi.

Pertama, Bond harus memastikan bahwa data dari lapisan batuan tersebut menunjukkan kesamaan dengan data adanya peristiwa Capitanian yang diambil dari wilayah tropis.

Dengan menganalisis rasio isotop karbon dan stronsium serta beragam logam dan polaritas magnetik, Bond berhasil mengonfirmasi bahwa lapisan batuan tersebut menunjukkan korelasi dengan lapisan batuan di wilayah tropis.

Kedua, Bond harus bisa menunjukkan adanya penurunan populasi satwa tertentu secara drastis pada waktu terjadinya kepunahan massal.

Bond pun menganalisis populasi mollusca jenis brachiopoda dan bivalvia. Dia menunjukkan bahwa lapisan Capitania, populasi brachiopoda mengalami penurunan hingga 87 persen. Itu merupakan petunjuk terhadinya kepunahan massal.

Kemudian pada lapisan batuan yang lebih muda, brachiopoda kembali muncul. Namun, pasca kepunahan massal itu, bivalvia lebih mendominasi.

Menurut Bond, kepunahan massal kala itu terjadi karena erupsi Emeishan Traps, kini terletak di provinsi Sichuan, China. Erupsi melepaskan banyak karbon dioksida, membuat laut mengalami pengasaman dan kekurangan oksigen.

Penelitian tentang peristiwa Capitanian dibutuhkan sebab sejak diketahui 20 tahun lalu, peristiwa itu belum dikategorikan sebagai kematian massa.

Ada kematian massal yang lebih besar berpaut 12 juta tahun dari peristiwa Capitanian. Peristiwa yang disebut Kiamat Permian Akhir itu memusnahkan 96 persen spesies di muka Bumi. Karena terpaut singkat, seringkali Captanian dan permian Akhir dianggap satu.

Karena belum banyak diteliti dan minim bukti dampak, Capitanian juga sering dianggap hanya kiamat regional, bukan global.

Dengan hasil penelitiannya, Bond yakin bahwa Capitanian merupakan peristiwa yang terpisah dengan Permian Akhir. Ia juga yakin bahwa peristiwa itu bisa dikatakan kematian massa yang global.

Meski demikian, tak semua setuju bahwa peristiwa Capitanian bisa dikatakan kiamat global. Salah satunya Matthew Clapham dari Universoty of California di Santa Cruz.

"Hilangnya beberapa lusin spesies di suatu daerah tak menjadikan sebuah peristiwa sebagai kematian massal," katanya seperti dikutip BBC, Selasa (21/4/2015). Namun Clapham mengakui bahwa hasil riset Bond menyuguhkan fakta menarik di Spitsbergen jutaan tahun lalu.


Credit  KOMPAS.com

Bappenas Nilai Proyek Shinkansen Realistis


 
KOMPAS/C WAHYU HARYO PS Shinkansen di Jepang


JAKARTA, CB
- Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Dedy Supriyadi Priyatna menilai proyek kereta cepat sekelas shinkansen masih realistis sebagai alternatif moda transportasi masyarakat.
 
Dedy usai menghadiri Konsultasi Regional di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa (21/4/2015) mengaku optimistis kereta tersebut akan diminati masyarakat, meskipun tarif yang akan dibanderol sekitar Rp 300.000 untuk rute Jakarta-Bandung. 
 
"Perbandingannya dengan travel Rp 100.000 tapi penumpang harus antre dan hanya mendapat space sedikit, berdempetan dengan penumpang lain dan tidak cepat sementara kalau naik pesawat dari Halim Rp 400.000. Jadi lebih murah," katanya seperti dikutip Antara.
 
Selain itu, dia mengatakan, kereta supercepat tersebut memang diperuntukkan untuk masyarakat kelas menengah ke atas yang dinilai mampu membayar tiket tersebut. 
 
Sebelumnya, sejumlah pihak berpendapat proyek kereta kilat tersebut tidak sesuai dengan program "Nawacita" Presiden Joko Widodo karena terlalu memberatkan rakyat.
 
Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia Kurniadi Atmosasmito menilai proyek shinkansen terlampau mahal dan dikhawatirkan tidak diminati masyarakat, karena tarif akan tinggi sekitar Rp 500.000 dari Jakarta-Surabaya.
 
"Pendapatan masyarakat harus diperhitungkan juga sesuai kemampuan, belum juga power listriknya dan biaya-biaya lainnya," katanya.
 
Sementara itu, Kementerian Perhubungan mengatakan, proyek shinkansen harus lepas pembiayaan APBN, artinya 100 persen dibiayai swas ta. 
 
"Pokoknya dalam lima tahun tidak ada APBN untuk kereta cepat, biar komersial saja," ujar Menhub Ignasius Jonan.
 
Jonan mengatakan, sesuai arahan Presiden, APBN difokuskan untuk pembangunan infrastruktur bagi daerah-daerah yang masih tertinggal, perbatasan, rawan bencana, daerah terluar, dan terdalam.
 
Sementara itu, hasil studi dari JICA menyarankan pemerintah agar membentuk BUMN khusus untuk proyek yang ditaksir mencapai Rp 60 triliun tersebut.
 
Dengan porsi, BUMN shinkansen 74 persen, swasta 10 persen dan pemerintah 16 persen.
 
Jepang telah menghibahkan 15 juta dollar AS untuk studi kelayakan proyek kereta cepat shinkansen rute Jakarta-Bandung pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Kereta cepat tersebut akan mampu menempuh perjalanan Jakarta-Bandung hanya dalam 34 menit dan Jakarta-Surabaya 2,5 jam.



Credit  KOMPAS.com

Ini Daftar Proyek Jonan untuk Membangun Transportasi Indonesia


 
KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (tengah) saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (9/1/2015)


JAKARTA, CB - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempublikasikan berbagai proyek pembangunan di sektor transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian yang dimulai tahun 2015. Kemenhub pun meminta masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengawasi proyek-proyek tersebut.

"Ini penting kan sehingga masyarakat bisa awasi ini semua," ujar Jonan di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Dia menjelaskan, berbagai proyek pembangunan infrastruktur dalam lima tahun ke depan lebih di prioritaskan untuk berbagai daerah yang masih tertinggal dalam hal transportasi. Menurutnya, hal itu merupakan perintah dari Presiden Jokowi langsung.

Sementara itu, terkait berbagai proyek besar misalnya Kereta Api supercepat Jakarta-Bandung atau Jakarta-Surabaya tak mendapatkan ruang dalam APBN hingga 2019 mendatang. Pasalnya, Jonan kembali menegaskan bahwa sepeser pun APBN tak boleh digunakan untuk proyek tersebut. Artinya, kalau pun ada yang berminat membangun KA supercepat maka diserahkan kepada investor tanpa ada bantuan dana APBN.

Gantinya, Kemenhub menganggarkan dana APBN untuk sektor perkeretaapian dengan membangun jaringan KA di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Papua Barat.

Di sektor darat, proyek besar yang dilakukan Kemenhub yaitu pengadaan 25 bus besar dan 25 bus sedang serta pengadaan 15 unit bus pemadu moda dan 1.050 unit Bus Rapid Transit.

Di sektor laut, proyek besar meliputi pembangunan 93 kapal perintis dengan rincian 1 unit kapal khusus ternak, 20 unit kapal rede transport, 9 unit kapal barang multi purpose dan docking repair , 47 kapal negara perintis.

Lalu ada proyek pembangunan 170 pelabuhan laut yang sebagian besar sebagai pelabuhan singgah kapal perintis.

Sementara di sektor udara, pembangunan bandar udara (Bandara) di daerah-daerah tertinggal menjadi prioritas utama. Berdasarkan data Kemenhub, ada ratusan lokasi daerah tertinggal yang diupayakan pembangunan bandaranya.

Berikut daftar proyek tersebut:
A. Tranportasi Darat
Pembangunan dan rehabilitasi terminal di 17 kota
Pembangunan ATCS di 12 kota
Pengadaan 25 bus besar dan 25 bus sedang serta pengadaan 15 unit bus pemadu moda dan 1.050 unit Bus Rapid Transit
Pembangunan dermaga sungai, danau dan penyeberangan sebanyak 67 lokasi (23 lokasi baru dan 44 proyek lanjutan)
Rehabilitasi dermaga sungai, danau dan penyeberangan sebanyak 52 lokasi
Pembangunan 14 kapal penyeberangan
Pengerukan alur penyeberangan di 5 lokasi
Pembangunan rambu penyeberangan 16 unit dan rambu sungai-danau sebanyak 1.629 unit

B. Transportasi Laut
Pembangunan 93 kapal perintis dengan rincian 1 unit kapal khusus ternak, 20 unit kapal rede transport, 9 unit kapal barang multipurpose dan docking repair, 47 kapal negara perintis
Pembangunan 170 pelabuhan laut yang sebagian besar sebagai pelabuhan singgah kapal perintis
Pengerukan alur pelayaran di 13 lokasi
Pembangunan dan rehabilitasi SBNP sebanyak 220 paket
Pembangunan sistem telekomunikasi pelayaran 23 paket
Rehabilitasi kapal navigasi 12 unit
Pembangunan dan rehabilitasi jetty kenavigasian 35 lokasi
Pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendukung kenavigasian sebanyak 71 paket
Pengadaan 5 unit kapal induk kenavigasian dan5 unit kapal pengamat perambuan
Pembangunan 75 unit kapal patroli

C. Transportasi Udara
Perpanjangan dan pelebaran runway di 35 bandara
Pembangunan bandara baru (lanjutan) di 19 lokasi
Pembangunan dan pengembangan bandara di daerah rawan bencana di 57 lokasi
Pembangunan bandara untuk membuka daerahterisolir di 49 lokasi
Pembangunan bandara wilayah perbatasan di 26 lokasi
Pembangunan dan penyediaan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan di 118 bandara

D. Transportasi Perkeretaapian
Pembangunan jaringan KA Sumatera
Pembangunan jaringan KA Jawa
Pembangunan jaringan KA Sulawesi
Studi perencanaan pembangunan jaringan KA Kalimantan
Studi perencanaan pembangunan jaringan KA Papua Barat.




Credit  KOMPAS.com

AS kirim kapal induk ke Yaman di bawah tatapan Iran


AS kirim kapal induk ke Yaman di bawah tatapan Iran
Kapal Induk USS Theodore Roosevelt (Wikimedia)
Sanaa, Yaman (CB) - Sebuah kapal induk Amerika Serikat mengarah ke Laut Arabia, Selasa, yang disebut Washington sempat diamati oleh armada kapal perang Iran yang diduga membawa senjata untuk milisi Houthi di Yaman yang melanggar embargo PBB.

Sementara itu di Jenewa badan kesehatan PBB mengatakan sekitar 900 orang terbunuh di Yaman sejak akhir Maret, ketika koalisi pimpinan Saudi melancarkan serangan udara terhadap pemberontak dukungan Iran yang tengah berperang melawan pasukan pro-pemerintah.

Dan Organisasi Internasional untuk Migrasi mengumumkan penangguhan sementara untuk upaya evakuasinya karena absennya keamanan.

Di tengah laporan sebuah konvoi sembilan kapal perang Iran di wilayah itu, Angkatan Luat AS mengatakan telah mengirimkan kapal induk USS Theodore Roosevelt dan kapal perang berpeluru kendali USS Normandy "untuk memastikan jalan pelayaran vital di kawasan itu masih terbuka dan aman".

Penggelaran ini membuat jumlah kapal perang di area ini menjadi sembilan unit, namun Pentagon membantah laporan bahwa kapal perang-kapal perang AS ini telah diperintahkan untuk mencegat kapal perang-kapal perang Iran.

Berada strategis di jalur pelayaran kunci dan berbatasan dengan Arab Saudi yang kaya minyak, Yaman terjun ke kekacauan tahun lalu ketika milisi Houthi menduduki ibu kota Sanaa.

Koalisi Arab Sunni pimpinan Arab Saudi yang telah melancarkan kampanye serangan udara terhadap pemberontak tahun lalu, bersumpah untuk memulihkan kekuasaan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang kabur ke Riyadh begitu pemberontak merangsek ke Aden yang sempat menjadi tempat pengungsian Hadi.

Amerika Serikat mengatakan tidak akan ambil bagian secara langsung dengan serangan itu, namun menyediakan dukungan intelijen dan logistik.

Pesawat tempur-pesawat tempur Koalisi Arab terus melancarkan serangan udara terhadap pemberontak dan afiliasinya semalaman di tengah bertambahnya korban sipil akibat serangan Senin lalu terhadap gudang senjata di ibu kota Yaman menjadi 38 orang.

Sekitar 532 orang terluka ketika serangan udara kembali memicu ledakan hebat yang meratakan rumah-rumah di dekatnya, kata paramedis.

Pangkalan itu masih dikuasai oleh Garda Republik yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh yang dituduh bersekutu dengan milisi Houthi dalam perangnya melawan pasukan Hadi.

Menurut AFP, juru bicara pemberontak Mohammed Abdulsalam mengecam serangan terhadap pangkalan militer itu sebagai "kejahatan barbar", dengan menandaskan dalam laman Facebook-nya bahwa "agresi itu hanya akan mempersatukan rakyat Yaman saja."


Credit  ANTARA News

Sekjen PBB desak Israel-Palestina kembali berunding


Sekjen PBB desak Israel-Palestina kembali berunding
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon (AFP PHOTO / David Rowland )
PBB, New York (CB) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Selasa (21/4) menyeru kepada Israel dan Palestina agar kembali ke perundingan dan memilih perdamaian daripada "kematian, kehancuran dan penderitaan, yang telah mewarnai konflik untuk waktu sangat lama".

"Masyarakat internasional harus berbuat lebih banyak lagi untuk mendorong kembali ke perundingan yang akan mengakhiri hampir setengah abad pendudukan dan memungkinkan dua negara --Israel dan Palestina-- bisa hidup berdampingan dalam keamanan dan kedamaian," kata Ban saat memberi penjelasan kepada Dewan Keamanan mengenai situasi di Timur Tengah.

"Kedua pihak menghadapi pilihan yang sulit. Namun, satu pilihan menempati posisi teratas: apakah memilih perdamaian atau kematian, kehancuran dan penderitaan yang telah mewarnai konflik untuk waktu terlalu lama," kata Ban.

"Dalam beberapa pekan ke depan, pemerintah baru Israel akan terbentuk. Saya sangat mendesak pemerintah mendatang Israel agar menegaskan kembali komitmen Israel bagi penyelesaian dua-negara dan melakukan tindakan yang dapat dipercaya untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kembali ke perundingan yang bermakna, termasuk pembekuan kegiatan permukiman," kata Ban.

Jalur Gaza dinodai oleh krisis keuangan yang menghancurkan sektor layanan masyarkat dan pegawai tak menerima gaji, demikian laporan Xinhua di Jakarta, Rabu pagi.

Dampak dari konflik dan kemiskinan parah itu pada rakyat Palestina di Jalur Gaza sangat menyedihkan.

"Saya mendesak masyarakat internasional agar mendukung pembayaran kemanusiaan kedua buat pegawai negeri Palestina di Jalur Gaza sebagai bagian utuh yang perlu dan pembaruan penting yang disepakati," kata Sekretaris Jenderal PBB tersebut.

Berbagai lembaga kemanusiaan berjuang untuk mengumpulkan 720 juta dolar AS yang diperlukan bagi pemukiman sementara 100.000 orang yang menjadi pengungsi di dalam negeri mereka. Tanpa dana mendesak, Program Pangan Dunia akan dipaksa membekukan bantuan pangannya buat 95.000 orang Palestina di Jalur Gaza paling lambat pada Juli, kata Ban.

Kerusuhan berlanjut di Tepi Barat Sungai Jordan, dan bentrokan antara pasukan keamanan Israel dan rakyat Palestina selain penghancuran bangunan milik orang Palestina.



Credit  ANTARA News

Enam pemimpin negara batal hadiri KAA


Enam pemimpin negara batal hadiri KAA
ilustrasi Sejumah petugas menyelesaikan persiapan ruangan yang digunakan untuk pembukaan Asian-African Summit dalam rangka peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (21/4/15). Asian-Africa Summit yang dihadiri sejumlah kepala negara itu berlangsung 22-23 April mendatang. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A) 
Jakarta (CB) - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan enam pemimpin negara, baik kepala negara maupun pemerintahan, menyatakan batal menghadiri pertemuan tingkat tinggi Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 22-23 April.

"Beberapa menyampaikan alasan ketidakhadiran karena masalah dalam negeri, seperti sidang parlemen, tidak diberi izin parlemen, dan pemilu di negara masing-masing," kata jubir Kemlu di Balai Sidang Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, Kemlu telah mendapatkan 27 konfirmasi kehadiran pemimpin negara Asia-Afrika untuk hadir dalam pertemuan tingkat tinggi KAA.

Nasir hanya bersedia menyebutkan dua negara yang pemimpinnya batal hadir dalam KAA adalah Afrika Selatan dan Sudan.

Menurut jubir, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma batal hadir karena situasi keamanan di dalam negeri sempat memanas karena kerusuhan akibat xenophobia.

Sementara, Presiden Sudan Omar Al Bashir batal hadir karena tidak mendapatkan izin melintas ("flight clearance") dari beberapa negara dalam perjalanannya menuju Indonesia.

Secara keseluruhan, peserta pertemuan tingkat tinggi KAA pada 22-23 April berasal dari 106 negara terdiri atas 21 pemimpin negara, 80 wakil pemimpin negara (wakil presiden/perdana menteri), dan sisanya merupakan utusan khusus dan pejabat tingkat tinggi.

Selain itu, sepuluh organisasi internasional juga akan hadir dalam pertemuan tingkat tinggi KAA, antara lain PBB, Uni Afrika, ASEAN, Bank Pembangunan Asia (ADB), Liga Arab, dan South Center.

Jubir juga mengonfirmasi ketidakhadiran Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam KAA, namun belum dapat memastikan siapa yang akan mewakilinya.

Dalam pertemuan KAA pada 23 April, para pemimpin negara Asia dan Afrika akan menyerukan tiga dokumen hasil KAA ke-60, yakni Bandung Messages, Penyegaran Kerja Sama Strategis Baru Asia Afrika (NAASP) dan Deklarasi Palestina.


Credit  ANTARA News

Presiden Jokowi sambut kedatangan kepala negara Asia Afrika


Presiden Jokowi sambut kedatangan kepala negara Asia Afrika
Asian-African-Business Summit Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika membuka Asian-African-Business Summit yang merupakan rangkaian peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (21/4). Asian-African-Business Summit itu mengangkat tema "Realization of Asia-Africa Partnership for Progress and Prosperity". (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
 
Jakarta (CB) - Presiden Joko Widodo Rabu pagi menyambut kedatangan para Kepala Negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta Convention Hall.

Para kepala negara yang datang secara bergelombang sejak pukul 08.30 WIB disambut oleh Presiden Joko Widodo yang menunggu di lokasi kedatangan untuk kemudian menuju ruang sidang bersama-sama.

Tampak hadir dan disambut oleh Presiden antara lain Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Palestina Rami Al Hamdallah, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Raja Jordania Abdullah II, Presiden Iran Hassan Rouhani dan PM Thailand Jenderal Prayut Chan o cha.

Sebelumnya dalam wawancara khusus Antara dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (20/4), Presiden memiliki pandangan bahwa melalui perhelatan yang berlangsung 10 tahun sekali ini, maka jangan hanya sekadar melakukan sesuatu yang bersifat seremonial, namun juga harus memberikan arti.

Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika yang berlangsung pertengahan April 2015 diharapkan tidak hanya sekadar menjadi memorabilia peristiwa yang terjadi di Bandung 1955 lalu, namun juga diharapkan bisa kembali menyuarakan kepentingan negara-negara di kawasan Asia Afrika terhadap arsitektur politik internasional yang lebih baik.

Credit  ANTARA News


Perdana Menteri Jepang Abe tiba di JCC


Perdana Menteri Jepang Abe tiba di JCC
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (kedua kiri) keluar dari pesawat saat tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/4) malam. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan menghadiri rangkaian peringatan ke-60 tahun Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta dan Bandung yang digelar hingga 24 April 2015. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan) 
 
 
Jakarta (CB) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba di Balai Sidang Jakarta (JCC) untuk menghadir pertemuan tingkat tinggi Peringatan ke-60 Tahun Konferensi Asia Afrika ke-60 pada Rabu, pukul 08.45 WIB dan disambut oleh Presiden Joko Widodo.

Perdana Menteri Shinzo Abe tiba di Jakarta pada Selasa malam dengan menggunakan jet pribadi.

Menurut rencana, PM Abe juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti berbagai kerja sama yang telah disepakati dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Jepang akhir Maret lalu.

Namun, berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Abe tidak akan mengikuti napak tilas KAA 1955 di Bandung yang juga menjadi acara penutupan Peringatan ke-60 Tahun KAA.

Selain PM Abe, Presiden Tiongkok Xi Jinping juga mengajukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi.

Agenda utama pada pertemuan tingkat tinggi KAA hari pertama adalah pembukaan oleh Presiden Jokowi dan penyampaian pidato dari wakil negara Asia dan Afrika.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, pembicara dari pemimpin Asia Afrika tersebut diatur berdasarkan permintaan pertama yang datang atau first come, first served.

Sementara itu, di luar JCC, ratusan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) berdiri berjejer sembari mengibarkan bendera Indonesia dan bendera logo KAA di sepanjang pintu 7 Senayan hingga gerbang Balai Sidang Jakarta (JCC), Rabu pagi.

Ratusan pelajar yang berasal dari SMP di Jakarta Selatan tersebut menyambut kedatangan mobil para delegasi dengan menyanyikan lagu-lagu nasional Indonesia, seperti "Sorak-Sorak Bergembira", "Halo-Halo Bandung" dan "Dari Sabang Sampai Merauke."
Credit  ANTARA News

Presiden Tiongkok Xi Jinping hadir di JCC


Presiden Tiongkok Xi Jinping hadir di JCC
Presiden Tiongkok, Xi Jinping (REUTERS/Kim Kyung-Hoong)
 
 
Jakarta (CB) - Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping tiba di Balai Sidang Jakarta (JCC) pada Rabu, pukul 09.00 WIB, untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

Selain menghadiri pertemuan tingkat tinggi KAA, Presiden Xi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut rencana, Presiden Xi akan berada di Indonesia hingga penutupan Peringatan ke-60 Tahun KAA di Bandung dan akan mengikuti napak tilas KAA 1955 dari Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, hingga Alun-Alun Kota Bandung.

Agenda utama pada pertemuan tingkat tinggi KAA hari pertama adalah pembukaan oleh Presiden Jokowi dan penyampaian pidato dari wakil negara Asia dan Afrika.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, secara keseluruhan, peserta pertemuan tingkat tinggi KAA pada 22-23 April berasal dari 106 negara terdiri atas 21 pemimpin negara, 80 wakil pemimpin negara (wakil presiden/perdana menteri), dan sisanya merupakan utusan khusus dan pejabat tingkat tinggi.

Selain itu, sepuluh organisasi internasional juga akan hadir dalam pertemuan tingkat tinggi KAA, antara lain PBB, Uni Afrika, ASEAN, Bank Pembangunan Asia (ADB), Liga Arab, dan South Center.

Arrmanatha juga mengonfirmasi ketidakhadiran Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam KAA, namun belum dapat memastikan siapa yang akan mewakilinya.

Credit  ANTARA News

Selasa, 21 April 2015

Tiongkok Serang Kapal Nelayan Filipina dengan Meriam Air


Tiongkok Serang Kapal Nelayan Filipina dengan Meriam Air 
 Tidak jauh dari lokasi kapal nelayan Filipina diserang dengan meriam air oleh Tiongkok, marinir Filipina dan AS melakukan latihan militer gabungan. (Reuters/Erik De Castro)
 
Jakarta, CB -- Aktivis Filipina mengecam Tiongkok karena menyerang kapal ikan milik nelayan Filipina dengan meriam air di perairan sengketa.

Pihak istana presiden di Manila mengatakan penjaga pantai Tiongkok menggunakan meriam air pada Senin (20/4) untuk mengusir sekelompok nelayan Filipina di Scarborough Shoal.

Serangan meriam air itu menyebabkan kerusakan pada perahu kayu nelayan. Beberapa bulan lalu, di area yang sama, sebuah kapal Tiongkok juga menabrak sebuah kapal nelayang Filipina.

Pada 2012, Tiongkok mengambil alih Scarborough Shoal yang kaya ikan, yang berjarak sekitar 209 km di sebelah barat bekas pangkalan angkatan laut Amerika Serikat.

“Tiongkok tidak memiliki hak untuk menggunakan meriam air pada nelayan miskin," kata Renato Reyes, sekretaris jenderal kelompok aktivis sayap kiri, Bayan (Nation), dalam sebuah pernyataan. Ia juga mengkritik ketergantungan pemerintah Filipina pada militer AS untuk melindungi negara mereka.

"Untuk menghadapi Tiongkok, kita perlu mengembangkan perekonomian kita dan kemampuan kita untuk pertahanan eksternal. Kita tidak bisa melakukan ini dengan tergantung pada ekor mantel Paman Sam," kata Reyes.

Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah yang memiliki potensi energi di Laut China Selatan, tumpang tindih dengan klaim dari Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan.

Presiden Filipina Benigno Aquino telah mengarahkan Departemen Luar Negeri dan Pertahanan Nasional untuk merespon insiden meriam air terbaru ini, kata juru bicara kepresidenan Abigail Valte.

Filipina dan Marinir AS kembali melakukan latihan gabungan militer terbesar mereka dalam 15 tahun pada Selasa (21/4), yang menjadi demonstrasi dari komitmen Washington membantu sekutunya menghadapi ekspansi Tiongkok di Laut China Selatan.

Tidak jauh dari Scarborough Shoal, sekitar 750 marinir Filipina dan AS mendarat di sebuah pantai dalam dua gelombang dengan menggunakan kendaraan serbu amfibi, melakukan simulasi pertempuran merebut kembali sebuah pulau.

"Ini adalah latihan," kata Kolonel Doroteo Jose Jalandoni kepada wartawan di sebuah pangkalan angkatan laut di provinsi Zambales. "Kami tidak melihat hal-hal lain. Kami hanya ingin meningkatkan keterampilan dan kemampuan kami dan menguji kemampuan dua sekutu untuk beroperasi bersama-sama.



Credit  CNN Indonesia

KBRI Sanaa Hancur, Menlu RI Protes ke Dubes Arab Saudi


KBRI Sanaa Hancur, Menlu RI Protes ke Dubes Arab Saudi  
Menlu Retno Marsudi mengatakan ia menyampaikan protes langsung ke dubes Arab Saudi, karena koordinat posisi gedung penting sudah diinfokan sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
 
 
Jakarta, CB -- Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi, menyampaikan protes langsung Indonesia kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim Al-Mubarak, terkait serangan bom di Sanaa, Yaman, yang berdampak pada hancurnya Kedutaan Besar Republik Indonesia pada Senin (20/4).

"Saya baru saja bertemu dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia. Saya minta penjelasan apa yang terjadi pada 20 April kemarin," ujar Retno kepada awak media setelah melakukan pertemuan bilateral di Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta Convention Center, Selasa (21/4).

Menurut Retno, hal ini patut dipertanyakan. Pasalnya, pemerintah telah memberi koordinat posisi gedung-gedung penting tempat berdiamnya warga Indonesia pada 26 Maret lalu, tepat setelah Arab Saudi mengumumkan akan menginisiasi koalisi serangan udara menggempur kelompok pemberontak Houthi demi membela pemerintahan Yaman yang sah.

"Ini yang kami pertanyakan karena ada kewajiban semua pihak untuk mematuhi diplomatic promises," kata Retno.

Selain menyampaikan protes, Retno juga mempertanyakan apa yang akan dilakukan Arab Saudi terhadap kerusakan Gedung Kedubes RI di Sanaa. "Karena sekarang ini Gedung KBRI di Sanaa 80 persen rusak. Semua mobil KBRI juga rusak berat," ucap Retno.

Kini, menurut Retno, 37 WNI yang berada di Sanaa sudah dievakuasi menuju tempat lebih aman, Hudaidah, melalui jalur darat.

Dalam kesempatan tersebut, Retno juga menyampaikan protes atas tindakan Arab Saudi yang mengeksekusi mati dua tenaga kerja Indonesia, Siti Zaenab dan Karni binti Medi Tarsim, tanpa memberikan notifikasi terlebih dahulu ke pemerintah Indonesia.

"Dalam perbincangan tadi, Dubes berjanji akan menyampaikan pertanyaan ini kepada pemerintah di Riyadh. Yang perlu saya garis bawahi, hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi sangat baik dan saya tidak mau hal-hal seperti ini merusak hubungan," kata Retno.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Yaman, Wajid Fauzi, mengatakan bahwa depot senjata yang menjadi target serangan udara Saudi berjarak sekitar satu kilometer dari gedung KBRI. Namun meski sudah tak ada lagi staf KBRI yang berada di Sanaa, KBRI tetap mengimbau evakuasi WNI yang masih berada di Yaman. Dia bersama staf KBRI yang saat ini masih berada Salalah, Oman, akan tetap siaga untuk bertindak jika sewaktu-waktu diperlukan.

Arab Saudi memimpin koalisi negara Arab melancarkan serangan udara di Yaman sejak tiga pekan lalu untuk menggempur pasukan pemberontak al-Houthi yang ingin merebut kekuasaan dari tangan Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi.




Credit  CNN Indonesia