Rabu, 26 April 2017

Pentagon Sebut Pesawat Tempur Rusia Sempat Terlacak di Alaska



Pentagon Sebut Pesawat Tempur Rusia Sempat Terlacak di Alaska Pesawat tempur Rusia terpantau berada dekat wilayah AS, tak jauh dari Alaska, pekan lalu. (Krasimir GrozevWikipedia)


Jakarta, CB -- Pesawat tempur Rusia dilaporkan melakukan serangkaian misi di dekat Alaska pekan lalu, mendorong pemantauan ketat oleh Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD).

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat dan NORAD melaporkan, pesawat Rusia Tu-95 Bear Bombers sempat terlihat di ruang udara internasional sebanyak tiga kali, dua di antaranya terlacak berada di dekat Kepulauan Aleutian dan daratan dekat Alaska-Kanada.

“Ini adalah pertama kalinya dalam waktu sekitar dua setengah tahun kami melihat Rusia mengerahkan pesawat tempur pengebom jarak jauhnya di sekitar Alaska,” tutur juru bicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut Jeff Davis, Selasa (25/4), dikutip AFP.


Davis menuturkan, insiden ini terjadi pada tanggal 17, 18, dan 20 April lalu.

Sementara itu, juru bicara NORAD, Lori O’Donley, mengatakan sejumlah pesawat patroli maritim anti-kapal selam milik Rusia juga sempat teridentifikasi di wilayah yang sama pada 19 April lalu.

Merespons hal ini, NORAD telah meluncurkan sejumlah pesawat untuk mencegat misi Rusia ini.

NORAD mengklaim, pencegatan pesawat Rusia dilakukan “secara aman dan profesional” sesuai prosedur yang ada.

Diberitakan AFP, pencegatan pesawat tempur disebut kerap dilakukan NORAD di ruang udara internasional.


Pencegatan jet-jet Moskow ini juga diketahui bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh NORAD.

Pesawat tempur Rusia memang disebut kerap berusaha lepas dari pantauan pesawat-pesawat pengintai AS di sekitar perairan Baltik dan ruang udara di sekitar wilayahnya.




Credit  CNN Indonesia