Jumat, 10 Juli 2015

Subhanallah! Venus-Jupiter 'Rayakan' Idul Fitri di Indonesia

Keduanya akan ditemani oleh bulan sabit.

Subhanallah! Venus-Jupiter 'Rayakan' Idul Fitri di Indonesia
Seorang pembaca Space.com menangkap gambar Jupiter dan Venus yang terlihat jelas di balik Masjid Rasulullah di Teheran, Iran. (Space.com/Saeed Jafari)
 
CB - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan kalau Indonesia berpotensi melihat fenomena alam yang luar biasa. Apalagi fenomena ini akan muncul menjelang Idul Fitri 2015 nanti.

Dikatakannya, planet Venus dan Jupiter akan bisa terlihat dengan jelas di langit Indonesia. Bahkan, masyarakat dapat melihatnya dengan mata telanjang.

Kesempatan melihat dua planet tersebut secara bersamaan akan tersaji pada petang hingga malam hari di tanggal 16 Juli 2015.

"Bila hilalnya tampak jelas, maka tanggal 16 Juli nanti masyarakat dapat melihat Venus dan Jupiter dengan mata telanjang di ufuk Barat," ujar Thomas kepada VIVA.co.id melalui sambungan telepon, Kamis, 9 Juli 2015.

Nantinya, tambah Thomas, tak hanya Venus dan Jupiter saja yang akan menghiasi langit, melainkan akan munculnya bulan sabit yang turut mendampingi kedua planet tersebut. Ketiga benda langit ini akan membentuk segitiga di ufuk barat dan menghiasi langit Indonesia.

Untuk menikmati suguhan pemandangan alam ini, Thomas menyarankan, agar masyarakat dapat melihatnya pada waktu menjelang Matahari terbenam hingga malam hari. Selain itu, ada beberapa waktu yang perlu diperhatikan untuk melihat fenomena alam ini.

"Masyarakat Indonesia dapat menikmati pemandangan itu sesuah Maghrib hingga beres terbenam Matahari, pukul 19.30 WIB. Untuk melihatnya harus dalam kondisi ufuknya terbuka, cuaca cerah, dan polusi cahaya minim. Itu tiga syarat untuk melihat benda langit," jelas dia.


Credit  VIVA.co.id