Jumat, 05 Juni 2015

Pemimpin Tertinggi Iran Serukan Dunia Muslim Bersatu


Pemimpin Tertinggi Iran Serukan Dunia Muslim Bersatu Foto: AFP 
 
Teheran, (CB) - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyerukan persatuan dalam dunia muslim guna menghadapi penekanan dari negara-negara Barat. Khamenei juga mengingatkan soal konspirasi untuk memecah agama.

"Kita harus menaruh perhatian pada konspirasi yang ingin memecah atas dasar agama, antara Syiah dan Sunni, atau atas dasar etnis," tutur Khamenei seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (4/6/2015).

Hal ini disampaikan Khamenei dalam pidato peringatan 26 tahun kematian Ayatollah Ruhollah Khomeini, pendiri Republik Islam tersebut. Dalam pidatonya, Khamenei juga menolak untuk meningkatkan hubungan dengan Amerika Serikat, salah satu negara besar dunia yang kini tengah melakukan negosiasi kesepakatan isu nuklir dengan Teheran.

Khamenei pun memuji mendiang Khomeini karena telah melahirkan istilah "Setan Hebat" untuk menyebut AS. Hubungan diplomatik AS dan Iran telah putus sejak tahun 1980.

Lewat pidatonya, Khamenei juga mengungkapkan keraguan akan ketulusan negara-negara besar dunia untuk mencapai kesepakatan nuklir dengan Teheran.

"Dalam peristiwa-peristiwa terakhir, kita telah melihat bahwa kita tak bisa mempercayai janji-janji para penindas dan pernyataan mereka selama pertemuan khusus," cetus pemimpin yang berhak memutuskan semua urusan pemerintah di Iran.



Credit  detikNews