Jumat, 23 Juni 2017

NATO Akui Pesawatnya Dikejar Jet Rusia di Laut Baltik



NATO Akui Pesawatnya Dikejar Jet Rusia di Laut Baltik
Jet Rusia mengejat pesawat tempur NATO yang mendekat pesawat Menteri Pertahanan Rusia di atas Laut Baltik. Foto/Istimewa



BRUSSELS - NATO mengkonfirmasi bahwa pesawatnya telah dikejar oleh tiga pesawat Rusia di atas Laut Baltik. Insiden itu terjadi karena pesawat NATO tidak menanggapi konvertor lalu lintas udara atau memberikan informasi tentang identitas mereka.



Sebelumnya, pesawat tempur F-16 NATO berusaha mendekati pesawat Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam perjalanan ke kota Kaliningrad paling barat Rusia di atas perairan Baltik yang netral namun dikejar oleh jet Rusia.

"NATO dapat memastikan bahwa tiga pesawat Rusia, termasuk dua pesawat tempur, dilacak di atas Laut Baltik. Karena Pesawat tidak mengidentifikasi diri mereka atau merespons pengendalian lalu lintas udara, jet tempur NATO bergegas untuk mengidentifikasi mereka, menurut prosedur standar," kata perwakilan NATO.

"NATO tidak memiliki informasi mengenai siapa yang berada di pesawat. Kami menilai perilaku pilot Rusia melakukan tindakan yang aman dan profesional," ujar perwakilan aliansi itu lagi seperti dikutip dari Sputniknews, Kamis (22/6/2017).

Pesawat tempur Sukhoi Su-27 Rusia, salah satu pesawat yang mengawal pesawat Shoigu, kemudian menunjukkan senjatanya, mendorong F-16 untuk mundur.

Sebelumnya, pada tanggal 6 Juni lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka mengirim pesawat tempur superior Su-27 di atas Laut Baltik untuk mencegat dan mengawal pembom strategis B-52 Amerika Serikat (AS) yang mendekati perbatasannya.

Pada 12 Mei, kementerian tersebut mengatakan Moskow mengirim pesawat tempur Su-30 pada 9 Mei di atas Laut Hitam untuk mencegat pesawat pengintai AS. 




Credit  sindonews.com