Kamis, 23 April 2015

China Bilang Saatnya Afrika Punya Wakil di DK PBB


China Bilang Saatnya Afrika Punya Wakil di DK PBB
Dalam momen KAA di Jakarta, China menilai sudah saatnya Afrika punya wakil di DK PBB. | (Reuters)
 
 
JAKARTA  (CB) - Presiden China, Xi Jinping menilai sudah saatnya Afrika memiliki wakil di Dewan Keamanan (DK) PBB. Pendapat Jinping itu dia kemukakan saat melakukan pertemuan dengan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, di sela-sela Konferensi Asia Afrika (KAA), Kamis (23/4/2015) di Jakarta.

"Secara umum, tidak ada perbedaan yang berarti antara China dan Afrika mengenai keharusan untuk melakukan reformasi di DK PBB. Dan fakta bahwa, negara-negara Afrika tidak terwakilkan dalam keanggotaan tidak tetap DK PBB," kata Menteri Luar Negeri Zimbabwe, Simbarashe S. Mumbengegwi, mengacu pada hasil pertemuan dua pemimpin dunia itu.

Mumbengegwi menyatakan, jika Afrika memiliki wakil di DK PBB maka, mereka bisa mewakili semua pihak yang ada di dunia. Terutama, dari negara-negara berkembang yang suaranya nyaris tidak didengar di PBB.

"Pada faktanya, jika kami menjadi anggota tetap DK PBB, Afrika akan merepresantikan semuanya, dan China percaya bahwa Afrika harus memiliki wakil (di DK PBB)," ucapnya.

"Jadi, kita tidak memiliki pandangan yang berbeda mengenai reformasi di DK PBB. Kami berdua percaya bahwa reformasi di DK PBB sudah lama tertunda. Bahwa DK PBB saat masih merefleksikan dunia di tahun 1955, bukan tahun 2015," ujar Mumberngegwi.


Credit  SINDOnews