Rabu, 27 Juli 2016

RIMPAC 2016 di Pearl Harbor, AS HEBAT! KRI Diponegoro Pimpin Latihan Anti Kapal Selam



Tampak Prajurit TNI AL dari atas anjungan KRI Diponegoro melakukan identifikasi visual saat latihan anti kapal selam di Hawaii, Amerika Serikat. FOTO: Dispen Koarmatim
Tampak Prajurit TNI AL dari atas anjungan KRI Diponegoro melakukan identifikasi visual saat latihan anti kapal selam di Hawaii, Amerika Serikat. FOTO: Dispen Koarmatim
HAWAI - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 melaksanakan latihan Anti Kapal Selam (AKS) bersama kapal selam Korea Selatan, Chang Bo Go Class yaitu ROKS Lee Eok Gi dan dua unsur udara P3C Orion milik Jepang dan Amerika Serikat.
Latihan bersama ini merupakan rangkaian Latihan Bersama (Latma) Multilateral The Rim of Pacific (Rimpac) 2016 di Pearl Harbor, Hawaii, AS.
Kali ini, latihan dibagi dalam dua serial. Yaitu CASEX 1A dan CASEX 3A yang berlangsung selama 10 jam. KRI Diponegoro-365 berperan sebagai pemimpin latihan dalam kedua latihan tersebut.
Dalam CASEX 1A, KRI Diponegoro-365 melaksanakan latihan identifikasi visual kapal selam.

Kapal Selam Korea. FOTO: Dispen Koarmatim
CASEX 1A sendiri bertujuan untuk melatih skill pengawas anjungan dalam mengidentifikasi kapal selam musuh.
Selain itu, latihan ini juga ditujukan untuk melatih ketrampilan operator sonar dalam mendeteksi keberadaan kapal selam, baik dalam mode pasif maupun pendeteksian aktif.


Tak ketinggalan, Pusat Informasi Tempur (PIT) melaksanakan tracking visual dengan menggunakan LIROD untuk mengidentifikasi penampakan alat-alat angkat kapal selam.
Latihan ini berjalan dengan cukup lancar dan aman setelah sebelumya melaksanakan prosedur keamanan dengan menjalin komunikasi melalui telepon bawah air (underwater telephone/UWT) dan memancarkan echo sounder  secara terus-menerus.
"Latihan ini adalah kesempatan yang bagus bagi prajurit KRI Diponegoro-365, khususnya yang bertugas sebagai pengawas, karena jenis kapal selam Korea tersebut adalah sama dengan kapal selam yang sedang dipesan oleh TNI AL di Korea,” ujar Letkol Laut (P) Tunggul selaku Komandan KRI Diponegoro-365, di sela-sela briefing CASEX yang dilaksanakan di Pusat Informasi Tempur (PIT) KRI Diponegoro-365 sehari sebelum pelaksanaan latihan.
Pada serial latihan kedua CASEX 3A, tim Peperangan Bawah Air (PBA) KRI Diponegoro-365 diuji kapasitasya dalam mengendalikan pesawat udara AKS P3C Orion dalam mencari, mendeteksi, dan melaksanakan penyerangan kapal selam musuh yang diperankan oleh ROKS Lee Eok Gi.
Pengendalian secara close advisory control dilaksanakan setelah P3C Orion melaksanakan joining procedure.
Selanjutnya, KRI Diponegoro-365 selaku Antisubmarine Warfare Air Control Unit (ASWACU) memerintahkan pesud (pesawat udara) tersebut untuk menjatuhkan sonobuoy di titik-titik yang diperkirakan terdapat kapal selam musuh.
Setelah kontak kapal selam berhasil didapat, KRI Diponegoro melaksanakan manuver pendekatan sebagai Search Attack Unit (SAU) untuk melaksanakan simulasi penyerangan dengan menggunakan torpedo.
Proses identifikasi, klasifikasi, dan penyerangan dilaksanakan beberapa kali untuk melatih kesigapan tim PBA KRI Diponegoro-365 dalam prosedur AKS, sekaligus untuk melatih keterpaduan tindakan antara tim PIT dan tim anjungan.

"Dua serial CASEX yang telah dilakukan oleh KRI Diponegoro-365 ini adalah sebagai pemanasan sebelum menjalani latihan Theater Antisubmarine Warfare Exercise (TASWEX). Dalam TASWEX, KRI Diponegoro bertugas sebagai unsur kawal AKS CTF 170 dengan badan utama kapal induk Amerika Serikat CVN 74 USS John C. Stennis,” ujar Kadiv PBA KRI Diponegoro-365 Kapten Laut (P) Andromeda Windra Ciptadi seperti dilansir dalam siaran pers Dispen Koarmatim.
Hasil dari CASEX yang telah diikuti cukup memuaskan, ditandai dengan sigapnya seluruh personel yang terlibat dan kesiapan sonar dan UWT KRI Diponegoro-365.
Latihan CASEX tersebut dilaksanakan di sela-sela tahap laut latihan bersama RIMPAC 2016 yang dilaksanakan di Hawaii.
RIMPAC tahun ini melibatkan 45 kapal perang, 5 kapal selam, 200 pesawat udara, dan 25.000 personel, menjadikannya sebagai latihan Angkatan Laut bersama terbesar di dunia.

Credit  JPNN

NASA ingin merevolusi perjalanan udara dengan Proyek X


Pesawat X-57Image copyright NASA
Proyek X melahirkan sejumlah pesawat 'revolusioner' termasuk X-57 yang memakai tenaga listrik.
Dalam beberapa dekade terakhir desain pesawat terbang komersial nyaris tak mengalami perkembangan yang revolusioner.

Kita tak melihat pesawat tanpa sayap atau tanpa ekor atau pesawat yang mampu belok 180 derajat di udara.
Pesawat yang beroperasi dewasa ini juga masih dianggap terlalu bising dan tak terlalu ramah lingkungan.
Mungkin karena faktor-faktor inilah, badan antariksa Amerika Serikat, NASA, menghidupkan kembali proyek ‘Pesawat X’ yang dikembangkan setelah Perang Dunia II.
Ternyata, pesawat-pesawat yang dikembangkan proyek ini sangat eksotis, revolusioner, dan bisa jadi akan mengubah perjalanan udara di masa depan.
    Mari kita lihat beberapa pesawat udara yang lahir dari proyek ini.
    Yang pertama adalah Bell X-1, yang dirancang dengan menggandeng Angkatan Udara AS.
    Pesawat kecil dengan hidung runcing ini masuk dalam sejarah penerbangan karena saat diujicobakan di Gurun California Selatan pada 1947 berhasil terbang menyamai kecepatan suara atau sekitar 1.225 km/jam.
    Dalam dunia penerbangan, kecepatan ini biasa disebut Mach Satu.
    Dalam periode 60 tahun berikutnya, Proyek X melahirkan pesawat-pesawat hebat seperti X-13 yang bisa lepas landas secara vertikal, yang membuatnya disebut vertijet.

    Pegang rekor

    Pesawat Bell-X1Image copyright NASA
    Pesawat Bell-X1 bisa terbang dengan kecepatan sekitar 1.225 km/jam atau menyamai kecepatan suara. 
     
    Kemudian ada X-31A, pesawat militer yang bisa berbelok 180 derajat di udara.
    Ini luar biasa karena pesawat konvensional akan terpental jika coba-coba melakukan manuver tersebut.
    Pesawat X-43A sementara ini memiliki bobot yang lebih ringan karena tak harus membawa oksigen untuk membakar avtur. Lantas, dari mana oksigen didepat?
    Para perancang X-43A mendapatkan oksigen dengan menghisap oksigen di atmosfir ketika pesawat berada di udara.
    Ketika diujicobakan, X-43A adalah pesawat tercepat di muka Bumi setelah berhasil melaju sembilan kali kecepatan suara atau 7.310 mil/jam.
    X-43A digantikan oleh X-51A yang sampai sekarang memegang rekor sebagai pesawat dengan penerbangan supersonik terlama.
    Persoalannya adalah, pesawat-pesawat yang terbang menyamai atau melebihi kecepatan suara ini punya satu kelemahan besar: sangat bising.
    Sebegitu bisingnya sampai muncul protes dari publik ketika Angkatan Udara melakukan sejumlah uji coba penerbangan supersonik pada 1950-an dan 1960-an.
    Pada 1967, hanya dalam periode tiga bulan, Angkatan Udara harus mengeluarkan kompensasi sebesar US$3,8 juta untuk warga yang mengajukan keberatan.
    Itulah sebanya, NASA mencoba untuk mencari solusi atas teknologi abad ke-20 tersebut.

    Dobrak batasan penerbangan


    Pesawat masa depan rancangan NASAImage copyright NASA
    Pesawat masa depan rancangan NASA diharapkan bisa membawa penumpang dari London ke New York kurang dari tiga jam. 
     
    Intinya adalah menciptakan pesawat supersonik yang tidak bising atau Quiet Supersonic Technology (QueSST).
    Bunyi dahsyat (mirip petir) yang menyertai pesawat supersonik diakibatkan oleh gelombang kejut (shockwave), yang muncul ketika pesawat terbang di udara.
    Penelitian di terowongan angin menunjukkan, desain pesawat bisa meminimalkan bunyi dahsyat tersebut.
    Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) belum mengeluarkan rinciannya, tapi desain awal mencakup menghapus sayap konvensional dengan sayap yang menyatu dengan bodi pesawat, mirip dengan ikan pari manta ray.
      NASA juga berambisi mengurangi jejak karbon dengan harapan memangkas konsumsi bahan bakar hingga setengahnya dan emisi karbon hingga 75%.
      X-57 sementara itu akan menjadi pesawat listrik murni yang pertama di dunia.
      Tenaga X-57 berasal dari 14 motor yang menggunakan sumber energi terbarukan.
      Tim perancang menamai X-57 Maxwell sebagai penghormatan kepada James Clerk Maxwell, bapak fisika modern.
      Semua penelitian ini bagi NASA adalah kesempatan untuk mendobrak batasan penerbangan.
      Bagi publik secara umum dan pemakai jasa perjalanan udara, tentu saja ini adalah perkembangan yang sangat menggembirakan.
      Siapa yang tak ingin bisa terbang dari London ke New York hanya dalam waktu kurang dari tiga jam?




      Credit  BBC






      Palestina berencana tuntut Inggris terkait imigrasi kaum Yahudi


       Riad Malki, AFP Getty   
      Menteri Riad Malki mengatakan Deklarasi Balfour tersebut mendorong imigrasi besar-besaran kaum Yahudi ke Palestina. 
       
      Para pejabat Palestina mengatakan mereka berencana untuk menuntut Inggris terkait Deklarasi Balfour 1917 yang menjabarkan visi atas tanah air bagi kaum Yahudi di Palestina.
      Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, mengatakan dokumen tersebut mendorong imigrasi besar-besaran kaum Yahudi ke Palestina, "sehingga merugikan warga Palestina".
        Al-Maliki mengatakan tuntutan perkara ini akan diajukan di Mahkamah Internasional.
        Israel mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1948 setelah dokumen mandat Inggris yang dikenal sebagai Deklarasi Balfour 1917, berakhir.

        Tanggung jawab Inggris

        Dalam pidatonya di KTT Liga Arab di Mauritania pada Senin (25/07), Al-Maliki mengatakan Inggris bertanggung jawab atas semua 'kejahatan Israel' sejak berakhirnya mandat itu pada 1948.
        "Sudah hampir satu abad berlalu sejak dikeluarkannya Deklarasi Balfour pada 1917," ujar Al-Maliki sebagaimana dikutip kantor berita Palestina, Wafa.
        "Dan berdasarkan janji buruk ini maka ratusan ribu kaum Yahudi pindah dari Eropa dan dari tempat lain ke Palestina dengan mengorbankan warga Palestina yang orang tua dan kakek-neneknya telah hidup selama ribuan tahun di tanah airnya."
        Inggris tidak memberikan komentar terbuka terkait masalah ini.
        Sementara itu Menteri Keamanan Masyarakat Israel, Gilad Erdan, mengatakan pernyataan Palestina tersebut "terdengar aneh, tetapi arahnya tidak kebetulan".
        "Para pemimpin Palestina tidak pernah tertarik pada perdamaian sudah sejak lama," kata Erdan seperti dikutip koran Israel, Haaretz.




        Credit BBC








        Kendaraan Presiden Putin: Lintasi Darat, Laut, dan Udara



        Seorang presiden tentu selalu dihadapi dengan mobilitas tinggi, tak terkecuali Presiden Putin. Untuk mengakomodasi segala pekerjaan sang kepala negara, dibutuhkan berbagai kendaraan yang bisa menjawab tantangan mobilitas presiden. Lantas, apa saja jenis dan keunggulan transportasi yang digunakan presiden Rusia?
         

        Helikopter Mendarat di Area Kremlin

        Sejak Oktober 2012, taman Taynitsky di dalam Kremlin dilengkapi helipad khusus untuk Putin. Ia terbang secara eksklusif menggunakan helikopter Mi-8.
        Helikopter sudah sejak lama dapat mendarat di area Kremlin, termasuk sejak pemerintahan Presiden Rusia Boris Yeltsin. Namun kala itu, helipad yang berada di lapangan Ivanovskaya Ploshchad dapat merusak bangunan-bangunan bersejarah Kremlin akibat getaran yang ditimbulkan. Oleh karena itu, helipad pun dipindahkan.

        Presiden Suka Mercedez

        Untuk transportasi darat, Putin menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman. Terdapat 11 unit kendaraan jenis tersebut yang dioperasikan oleh unit struktural Layanan Keamanan Federal FSO dan diparkir pada garasi khusus (GON).
        Sumber: RIA NovostiSumber: RIA Novosti
        Atribut kendaraan yang diwajibkan pada armada kepresidenan adalah kapsul lapis baja, sistem evakuasi darurat (mobil mampu bergerak tak kurang dari 30 kilometer pada kecepatan 80 kilometer per jam, meskipun dengan kondisi keseluruhan ban tertembak), serta sistem kontrol kualitas udara dan fasilitas kenyamanan.

        Sopir Sang Presiden

        Untuk memilih kandidat pengemudi kendaraan presiden, diselenggarakan seleksi psiko-fisiologis yang sangat serius dan ketat, serta pelatihan mengemudi dalam kondisi ekstrem. Para kandidat sebelumnya harus telah mengabdi sebagai pengemudi di divisi operasional FSO dalam waktu yang lama. Baru kemudian setelah itu, ia mendapatkan pengalaman mengendarai kendaraan pendukung. Setelahnya, ia dapat mengajukan jabatan sebagai pengemudi kepresidenan atau perdana menteri. Secara keseluruhan, proses ini membutuhkan waktu antara tujuh hingga limabelas tahun.
        Sumber: TASSSumber: TASS
        Pengemudi kendaraan kepresidenan ada lebih dari 10 orang. Mereka adalah para profesional papan atas. Meski begitu, mereka terus berlatih sekali dalam seminggu. Kompleks pelatihan bagi pengemudi-pengemudi ini mencakup kemampuan menembak pada saat mengemudi, mengemudi menggunakan simulator di daratan es, rintangan air, dan ledakan.

        Membuat Macet

        Pernah suatu ketika, pembawa berita saluran televisi NTV Vadim Takmenev yang mengendarai mobil bersama Putin bertanya apakah sang presiden tau mengenai kemacetan lalu lintas yang diciptakan iring-iringan kepresidenan. “Saya mohon maaf. Saya sangat menyayangkan hal tersebut, tapi apa yang bisa saya lakukan? Saya harus pergi dan bekerja,” kata Putin. Sang pembaca berita kemudian menyarankan untuk mengikuti cara presiden Perancis François Hollande yang iring-iringannya berhenti di lampu lalu lintas saat menuju pelantikan kepresidenan. “Dia orang yang baik, tapi, saya tidak melakukan populisme,” kata Putin menanggapi hal tersebut.
        Populisme adalah filsafat politik yang berpihak pada hak-hak dan kepentingan orang banyak, alih-alih berpihak pada elit dan pemerintah.
        Namun, perlu dicatat pula bahwa pengawalan Presiden AS Barack Obama juga kerap menimbulkan gangguan bagi banyak pengendara mobil lainnya. Sementara di Indonesia, Presiden RI Joko Widodo ternyata memilih untuk tidak mendapatkan perlakuan khusus selama di jalan raya. Mobil dinas presiden yang berpelat RI 1 kerap terlihat antre di tengah kemacetan ibu kota.

        Divisi Pesawat Rahasia

        Departemen Manajemen Kepresidenan (didirikan sejak awal 1990-an untuk memenuhi kebutuhan pejabat tinggi) memiliki armada sendiri, yaitu Kelompok Penerbangan Khusus “Rossiya”. Dalam jajaran kliennya, termasuk presiden, perdana menteri, menteri luar negeri, ketua majelis rendah parlemen Rusia (Duma), serta pejabat tinggi lainnya dan patriark Rusia. Pesawat milik Departemen Manajemen Kepresidenan “Rossiya” juga mengangkut wartawan dari Pool Presiden dan Perdana Menteri, anggota delegasi, serta karyawan pelayanan pers dan protokol.
        Sumber: RIA NovostiSumber: RIA Novosti
        Armada ini terdiri dari pesawat Il-96-300 dan Tu-214. Dalam waktu dekat, sepasang Sukhoi Superjet 100 juga direncanakan akan turut bergabung. Dalam jajarannya juga terdapat pusat kontrol penerbangan — pesawat ini dilengkapi dengan sistem komunikasi khusus, yang memungkinkan presiden berkomunikasi dalam modus enkripsi untuk keperluan negosiasi dan mengelola kekuatan nuklir Rusia. Sesuai namanya, Kelompok Pesawat Khusus ini menggunakan unit pesawat buatan dalam negeri. Semua pesawat lepas landas dari bandara pemerintah Vnukovo-2.
        Pesawat kepresidenan yang digunakan sejak tahun 1996 adalah versi modifikasi pesawat penumpang Il-96. Dalam penerbangannya, kepala negara dapat berkomunikasi dengan berbagai instansi, lembaga, dan melakukan panggilan internasional maupun panggilan konferensi. Pesawat nomor 1 ini mampu menjadi pusat kontrol penerbangan Panglima Tertinggi meskipun tidak pernah sekali pun dalam sejarahnya, pesawat ini melakukan peran yang luar biasa tersebut.
        Sumber: Alexey Nikolsky/RIA NovostiSumber: Alexey Nikolsky/RIA Novosti
        Untuk melakukan perjalanan di atas air, administrasi kepresidenan memiliki dua unit kapal yacht, tiga unit kapal motor, tujuh unit kapal cutter, dan satu unit kapal catamaran. Sementara, sejumlah sarana transportasi lain yang tidak biasa digunakan oleh presiden biasanya disediakan oleh organisasi lain. Sebagai contoh, bathyscaphe yang digunakan Putin saat memeriksa bangkai kapal Bizantium di dasar Laut Hitam yang masuk ke dalam wilayah geografis Rusia.



        Credit  RBTH Indonesia




        China Minati Proyek Smelter di Papua, Apakah Tenaga Kerja Lokal Dilibatkan?

         
        China Minati Proyek Smelter di Papua, Apakah Tenaga Kerja Lokal Dilibatkan?  
        Foto: Istimewa/Puspa Perwitasari
         
        Jakarta -Beberapa investor China berminat menggarap proyek smelter di Papua. Kehadiran investor ini dibarengi dengan masuknya tenaga kerja asal China terlibat dalam proyek smelter itu.

        Namun, menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono, tenaga kerja lokal tetap dilibatkan dalam pembangunan smelter.

        "Perusahaan China memang ada beberapa kontraktor, tapi kan ketentuannya ada tenaga kerja asing ada pendamping (tenaga kerja lokal). Itu saja kita lihat sekarang. Izinnya dari Kementerian Tenaga Kerja kita hanya rekomendasikan," jelas Bambang di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/7/2016).

        Menurutnya keterlibatan tenaga kerja asal China nantinya untuk mempermudah teknis pengerjaan proyek. Salah satunya untuk beradaptasi dengan teknologi dari China.

        "Bayangkan aja waktu saya ke PT Bintang Delapan Mineral itu di operator komputer itu China semua tulisannya, komputernya China semua tulisannya. Maka dari itu kita paksakan ada pendamping yang bisa mengantikan karena teknologinya dari sana," kata Bambang.

        Dirinya juga menambahkan bahwa jumlah tenaga kerja asal China nantinya tidak akan mendominasi tenaga kerja lokal. Tenaga kerja asal China hanya bertugas sebagai operator dan instruktur, sedangkan pekerja lainnya akan menggunakan tenaga kerja lokal.

        "Nggak sih, saya lihat operatornya itu kadang satu itu," tutup Bambang.


        Credit  detikfinance





        Maskapai RI Pesan 30 Pesawat Jet Made in China Rp 29,9 Triliun

         
        Maskapai RI Pesan 30 Pesawat Jet Made in China Rp 29,9 Triliun  
        Foto: Dok. Reuters
         
        Jakarta -Maskapai Indonesia dikabarkan memesan 30 unit pesawat jet komersial buatan China, ARJ-21. Pembelian pesawat ini bernilai US$ 2,3 miliar atau setara Rp 29,9 triliun.

        Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/7/2016), pembelian ini difasilitasi oleh perusahaan pembiayaan, China Aircraft Leasing Group (CALC).

        Selanjutnya CALC menyerahkan penggunaannya kepada sebuah maskapai asal Indonesia yang tak mau disebut namanya.

        Pesawat yang bisa membawa 78-90 penumpang sekali jalan ini, akan dikirim secara bertahap ke Indonesia hingga 5 tahun ke depan.

        Produsen pesawat ARJ-21 merupakan BUMN Negeri Tirai Bambu bernama Comac. Comac sendiri juga akan membuat pusat perawatan dan kantor layanan penjualan di Indonesia sebagai bagian kesepakatan.

        Sedangkan CALC sebagai perusahaan leasing pesawat, telah memiliki 70 unit pesawat Airbus dan Boeing, serta telah memesan 103 pesawat Airbus yang akan tiba secara bertahap sampai 2022.

        Kesepakatan ini ditargetkan mampu memperkenalkan ARJ-21 ke dunia.

        ARJ-21 bukanlah pesawat tunggal dalam industri penerbangan, khususnya pesawat jet penumpang berukuran kecil. Terdapat produsen pesawat dunia yang telah lebih dulu meluncurkan pesawat sejenis yakni Embraer SA (Brasil), Bombardier Inc (Kanada), Sukhoi Superjet (Rusia).

        ARJ-21 sampai saat ini telah dipesan sebanyak 300 Unit, mayoritas untuk memenuhi kebutuhan penerbangan domestik di China. General Electric sendiri digandeng oleh produsen untuk memasok 2 mesin jet.

        Meski telah mengantongi ratusan pesanan, ARJ-21 ternyata belum mengantongi sertifikasi dari regulator penerbangan dunia seperti asal Amerika Serikat (AS), Federal Aviation Administration (FAA). Artinya hnya maskapai di China dan maskapai asing yang mengakui sertifikasi lokal, yang nantinya akan menerbangkan pesawat ini.

        Seperti diketahui, ARJ-21 merupakan pesawat penumpang jenis regional jet. Pesawat ini diproduksi oleh COMAC, dengan melibatkan perancang dari AVIC I Commercial Aircraft Company dan Antonov.

        Pesawat ini pertama kali melakukan terbang perdana ( first flight) pada 28 November 2008, selanjutnya 8 tahun kemudian baru melakukan terbang komersial untuk pertama kalinya pada 28 Juni 2016.

        China sendiri sedang gencar memposisikan diri sebagai produsen pesawat komersial dunia, di antaranya, China mengembangkan pesawat jet kelas narrow body bernama C919. Harapannya, pesawat ini mampu menandingi dominasi pesawat Boeing 737 series dan Airbus 320 series. Tak berhenti di situ, China bersama Rusia sedang membangun pesawat penumpang berbadan lebar (wide body).



        Credit  detikfinance




        China Luncurkan Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia, Ini Penampakannya

         
        China Luncurkan Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia, Ini Penampakannya  
        Foto: Reuters
         
        Jakarta -China berhasil menyelesaikan proses pengembangan pesawat amfibi terbesar di dunia. Pesawat yang bisa mendarat di atas air ini dirancang untuk misi pemadaman kebakaran hutan dan penyelamatan di tengah laut.

        'Burung besi' bernama AG600 ini diluncurkan di daerah Zhubai China pada akhir pekan lalu. Peluncuran ini dipandang sebagai lompatan di industri pesawat terbang Negeri Tirai Bambu.

        Seperti dikutip dari China Daily, Rabu (27/7/2016), pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan 500 km per jam dan jarak jangkau terbang 4.500 km atau terbang non stop 12 jam. Data ini disampaikan oleh Aviation Industry Corporation China (AVIC).

        AG600 memiliki panjang 37 meter dengan panjang bentang sayap 38,8 meter. Deputi General Manager AVIC, Geng Ruguan, menyebut pesawat yang memiliki ukuran sebesar Boeing 737 ini diklaim sebagai pesawat amfibi terbesar di dunia.

        Saat take off dan landing di atas air, AG600 memerlukan area dengan panjang minimal 1.500 meter, lebar 200 meter dan kedalaman air 2,5 meter.

        Saat bertugas, pesawat amfibi made in China ini bisa mengisi air sebanyak 12 ton dalam waktu 20 detik dan mampu membawa 370 ton air sekali terbang.

        Untuk misi SAR, pesawat mampu menyelamatkan 50 orang yang terombang-ambing di lepas pantai.



        Program pengembangan AG600 dimulai tahun 2009, setelah memperoleh restu Pemerintah China. Selama proses perencanaan, pengembangan hingga produksi, pesawat amphibi ini melibatkan 70 perusahaan manufaktur komponen pesawat dan peneliti dari 150 institusi yang berasal dari 20 provinsi dan kota di China.

        "AG600 seperti sebuah kapal laut yang bisa terbang, dengan sistem engineering terkini dan teknologi anti karat," ujar Chief Designer AG600, Huang Lingcai.

        Sampai saat ini, AG600 masih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan domestik China. Pesawat ini telah dipesan sebanyak 17 unit.

        Kehadiran pesawat amfibi ini membuat posisi China bisa disetarakan dengan negara produsen pesawat dunia seperti Amerika Serikat (AS) dengan Boeing dan Eropa dengan Airbus. Pesawat AG600 diperkenalkan beberapa saat setelah pesawat angkut personel buatan China, Y-20 beroperasi perdana pada 7 Juli dan pengenalan (roll out) pesawat penumpang bermesin jet C919 pada November 2015.









        Credit  detikfinance





        Begini Cara Jet F-35 AS untuk Menang jika Perang Lawan China

         
        Begini Cara Jet F 35 AS untuk Menang jika Perang Lawan China
        Jet-jet tempur F-35 dan F-22 AS. | (USAF)

        WASHINGTON - Sebuah laporan terbaru merinci bagaimana jet tempur generasi kelima Amerika Serikat (AS), F-35, akan menang perang melawan China di masa depan. Laporan ini berasal dari Mitchell Institute for Aerospace Studies yang ditulis oleh Mayor Jenderal Jeff Harrigian dan Kolonel Max Marosko dari AS.

        Laporan ini dimulai dengan gambaran luas dari kemampuan jet tempur siluman generasi kelima AS dan peran mereka dalam pertempuran udara di masa depan, dan diakhiri dengan hipotetis perang tahun 2026 melawan musuh yang tidak disebutkan namanya, setelah meningkatnya ketegangan di wilayah kunci di luar negeri.

        Meski nama musuh AS tak disebut, namun lokasi yang ditunjuk dalam skenario itu adalah di Pasifik Barat, di mana saingan utama AS di wilayah itu adalah China yang memiliki radar dan rudal canggih yang jadi tantangan utama struktur kekuatan Angkatan Udara AS.

        Laporan itu, seperti dikutip Business Insider, Rabu (27/7/2016), menggambarkan skenario yang berlangsung sepuluh tahun ke depan, di mana jet tempur F-35 dan F-22 bekerja mulus untuk membantu pesawat AS lainnya melalui datalink.

        Dalam pembukaan skenario konflik, para pejabat Angkatan Udara menyatakan bahwa AS akan mengirim jet tempur F-35 dan F-22-nya ke berbagai pangkalan di Pasifik. Langkah itu dengan memanfaatkan jaringan AS yang luas dari pangkalan dan sekutunya dengan beberapa pesawat tempur yang berharga.

        Langkah tersebut diklaim bisa menyangkal kemampuan China untuk mendaratkan ”pukulan KO” terhadap kekuatan AS.  Alasannya, jet-jet tempur AS tetap ditempatkan di pangkalan yang lebih besar, dengan menyajikan target yang lebih menarik.

        Pesawat jet tempur siluman generasi kelima AS pada saat ini mampu menemukan lapangan udara sendiri, tanpa bantuan dari pengendali lalu lintas udara. Kecanggihan ini memungkinkan kekuatan AS akan lebih menyebar untuk menyajikan wilayah yang sebelumnya kurang ditargetkan.

        Selain itu, cara AS memenangkan perang adalah mengandalkan sekutu regional seperti Australia, yang juga memiliki jet tempur F-35. Dengan jet tempur canggih itu, sekutu Washington bisa dengan cepat dapat mengisi bahan bakar pesawat tempur AS dalam keadaan darurat.

        Para pejabat AS dalam laporan itu menyatakan, dengan kekuatan tambal sulam di Pasifik untuk unit F-35 dan F-22, China tentu akan berusaha untuk memanfaatkan kemampuan perang elektronik mereka yang mengesankan.

        Namun, para pejabat AS itu berpendapat bahwa jet tempur generasi kelima tetap akan menghadapi cuaca buruk, termasuk badai. Meski demikian, pesawat generasi kelima AS dengan jaringan multi-sensor spektral yang maksimal tetap mampu mendeteksi pesawat musuh yang jadi sasaran.

        Sementara itu, pesawat tempur AS lain seperti F-16, F-18 dan F-15 dalam situasi tempur seperti itu, mampu memberikan lapisan pertahanan yang lebih dekat ke daratan posisi AS. Ketika China mengandalkan kemampuan rudal tangguh yang usianya lebih tua, pesawat-pesawat jet tempur andalan AS, seperti F-35, F-22, B-2, dan B-21 akan melakukan pekerjaan mereka.

        Jet tempur generasi kelima AS diklaim bisa memancing China untuk menghabiskan suplai rudal balistiknya.

        Pentagon belum mengkonfirmasi laporan analisa militernya itu. China juga belum merespons.



        Credit  Sindonews







        Australia Menentang RI Eksekusi Gembong Narkoba Jilid III

         
        Australia Menentang RI Eksekusi Gembong Narkoba Jilid III
        Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop. | (Reuters)
         
        VIENTIANE - Pemerintah Australia menentang ekskusi mati jilid III terhadap gembong narkoba oleh otoritas Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri telah menyampaikan pemberitahuan 72 jam sebelum eksekusi dijalankan oleh regu tembak.

        Menurut informasi awal, ada 14 terpidana mati kasus narkoba, termasuk warga Pakistan dan Nigeria yang masuk daftar narapidana yang akan dieksekusi.

        Jika rencana eksekusi ini terlaksana, maka ini merupakan eksekusi mati jilid III di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Eksekusi mati dua tahap terhadap narapidana kasus narkoba sudah dijalankan sebelumnya, meski menuai protes dari sejumlah negara asal terpidana mati.

        Sikap Australia menentang Indonesia untuk menjalankan eksekusi mati kali ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Julie Bishop dalam forum pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN dan negara-negara lain di Laos. Sikap serupa juga disurakan para diplomat asing dan kelompok-kelompok HAM.

        Australia pernah terlibat ketegangan dengan Indonesia, ketika dua warganya, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan dieksekusi mati oleh regu tembak Indonesia pada bulan April tahun lalu.

        Sikap Bishop disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi. Bishop mengatakan, posisi Australia tidak mengejutkan Indonesia, mengingat komentar yang kuat dari Pemerintah Australia sebelum eksekusi terhadap Chan dan Sukumaran.

        Wakil Duta Besar Pakistan di Jakarta, Syed Zahid Raza, mengatakan narapidana yang masuk daftar eksekusi termasuk warga Pakistan, Zulfiqar Ali, 52. Menurutnya, Pakistan menyuarakan keprihatinan tentang eksekusi yang akan dijalankan oleh aparat Indonesia.

        Kementerian Luar Negeri Pakistan bahkan memanggil Duta Besar Indonesia untuk Islamabad guna  menyampaikan keprihatinan mereka. Warga Pakistan itu hukuman mati pada tahun 2005 karena memiliki heroin.

        Kelompok-kelompok HAM, termasuk Amnesty International telah meminta Indonesia untuk menghentikan eksekusi mati yang sudah direncanakan.

        “Dan mengambil langkah-langkah yang segera untuk memastikan bahwa kasus semua orang yang terancam hukuman mati di-review oleh sebuah badan independen dan yang tidak memihak,” bunyi pernyataan Amnesty, yang dikutip dari ABC, Rabu (27/7/2016).




        Credit  Sindonews





        Diplomasi Marathon Indonesia Berhasil Satukan Negara ASEAN

         
        Diplomasi Marathon Indonesia Berhasil Satukan Negara ASEAN
        Pertemuan ke-49 Menteri Luar Negeri ASEAN (49th ASEAN Ministerial Meeting/AMM) di Vientiane, Laos. | (Tuoitrenews)
         
        VIENTIANE - Pertemuan ke-49 Menteri Luar Negeri ASEAN (49th ASEAN Ministerial Meeting/AMM) di Vientiane, Laos, berakhir dengan kesepakatan Join Komunike. Join Komunike ini juga memuat pandangan bersama ASEAN terhadap perkembangan situasi di Laut China Selatan. "Kesepakatan ini adalah salah satu bukti bahwa di saat sulit ASEAN dapat bersatu untuk maju demi menjaga rumah dan kepentingan bersama," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi.

        Dalam rilis yang diterima Sindonews, Selasa (26/7/2016), Retno mengungkapkan, Join Komunike itu lahir lewat proses yang dinamis dan diplomasi marathon yang dilakukan oleh Indonesia guna mencapai konsensus. Indonesia juga mengambil inisiatif untuk dilakukannya informal retreat sebelum dimulainnya AMM sebagai upaya membangun kepercayaan diantara anggota.

        Join Komunike Menlu ASEAN merupakan dokumen utama hasil AMM yang memuat pandangan dan kesepakatan Menlu ASEAN atas berbagai isu yang menjadi kepentingan negara-negara ASEAN. Dalam Join Komunike itu isu yang menjadi perhatian dan kepentingan utama Indonesia juga turut disepakati .

        Join Komunike juga menegaskan komitmen negara-negara ASEAN untuk menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan, termasuk di Laut Cina Selatan. Dalam kaitan ini, negara anggota ASEAN menegaskan komitmennya untuk sepenuhnya menghormati proses hukum dan diplomatik. Negara-negara ASEAN juga berkomitmen menyelesaikan permasalahan teritorial sesuai dengan hukum internasional termasuk UNCLOS 1982.

        “Komitmen ASEAN dalam Join Komunike menunjukan konsistensi ASEAN untuk menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan, dengan mengepankan hukum internasional”, tutur Menlu Retno.

        Atas inisiatif Indonesia pula AMM mengeluarkan pernyataan bersama Menlu ASEAN mengenai pemeliharaan perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan. “Pernyataan para Menlu ASEAN menunjukan persatuan dan sentralitas ASEAN dalam menjaga rumah ASEAN ditengah perubahan dan tekanan geopolitik global”, tegas Menlu RI.

        Dalam konteks kerja sama ASEAN-Tiongkok, para Menlu negara ASEAN dan Menlu Tiongkok juga telah mengeluarkan pernyataan bersama mengenai Implementasikan Declaration of Conduct (DOC) secara penuh dan efektif. Pernyataan tersebut menegaskan komitmen ASEAN dan Tiongkok untuk bertindak, beraktivitas dan menghormati norma dan kebiasaan yang berlaku sesuai dengan piagam PBB dan hukum internasional termasuk UNCLOS 1982. “Indonesia mencoba memberikan kontribusi dalam menjembatani perbedaan sehingga pernyataan bersama tersebut dapat disepakati” ujar  Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

        Rangkaian pertemuan ke-49 Menteri ASEAN diakhiri dengan pertemuan East Asian Summit tingkat Menlu dan pertemuan ASEAN Regional Forum yang melibatkan masing-masing 18 dan 27 negara. Perhatian terhadap isu perdamaian, keamanan dan stabilitas kawasan menjadi fokus pada rangakaian AMM tahun ini. Penegasan komitmen ASEAN terhadap perdamaian dan stabilitas kawasan juga disampaikan melalui ASEAN Foreign Ministers’ Statement on the Occasion of the 40th Anniversary of the Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC).





        Credit  Sindonews




        2 Jenderal Turki Dituduh Terlibat Kudeta Ditangkap di Dubai

         2 Jenderal Turki Dituduh Terlibat Kudeta Ditangkap di Dubai
        Aparat kepolisian mengamankan sejumlah tentara militer yang diamuk massa karena telah menggelar aksi kudeta di Jembatan Bosphorus di Istanbul, Turki 16 Juli 2016. Aksi kudeta tersebut membuat Presiden Turki menyerukan kepada warga untuk turun ke jalan. REUTERS
        CB, Dubai - Dua petinggi militer Turki yang selama ini bertugas di Afganistan ditangkap di bandara internasional Hamid Karzai, Dubai, Uni Emirat Arab.  Kedua jenderal itu segera dipulangkan ke Turki atas dugaan terlibat kudeta tiga pekan lalu.

        Dua petinggi militer Turki itu adalah i Mayor Jenderal Cahit Bakir, yang memimpin pasukan Turki di bawah komando NATO di Afghanistan, dan Brigadir Jenderal Sener Topuc, bertanggung jawab untuk pendidikan dan bantuan di Afganistan.

        Seperti yang dilansir i24 News pada 26 Juli 2016, penahanan tersebut dilakukan setelah Turkish National Intelligence Organisation (MIT) melakukan kerjasama dengan otoritas UEA.

        Lebih dari 100 jenderal telah ditahan. Namun penangkapan dua jenderal ini  menandai penangkapan pertama pejabat tinggi di luar Turki.

        Pemerintah Turki melakukan penangkapan secara besar-besaran kepada orang-orang yang dicurigai dan dianggap terlibat dalam kudeta 15 Juli. Kudeta gagal tersebut dimulai ketika sebuah faksi militer Turki menyatakan bahwa akan mengendalikan negara karena pemerintah tidak bisa bertanggung jawab. Tank, helikopter, dan tentara kemudian bentrok dengan polisi dan rakyat pendukung Presiden Recep Tayyip Erdogan di jalan-jalan ibukota, Ankara, dan Istanbul.

        Lebih dari 250 orang tewas dalam upaya kudeta tersebut dan ribuan lainnya menderita luka-luka. Puluhan ribu orang telah ditangkap, diskorsing dan dipecat dari pekerjaanya.

        Sebelumnya pada Selasa pekan lalu, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengulangi niat pemerintah untuk memperkenalkan kembali hukuman mati, yang telah dianulir pada 2004, sebagai bagian dari upaya untuk memenuhi syarat guna bergabung dengan Uni Eropa (EU).




        Credit  TEMPO.CO




        Akhirnya, Hillary Clinton Benar-benar Mencatat Sejarah...


         
        AFP PHOTO Hillary Clinton
        PHILADELPHIA, CB - Seperti yang telah diprediksi sejak lama, akhirnya, Hillary Clinton benar-benar membukukan sejarah.
        Dia menjadi perempuan pertama yang memenangi konvensi partai, untuk resmi dinyatakan sebagai Calon Presiden Amerika Serikat.
        Kepastian ini muncul setelah 50 negara bagian di AS membacakan pilihan mereka dalam ajang konvensi yang berlangsung di Philadelphia, Selasa (26/7/2016) malam atau Rabu pagi WIB.
         

        Bernie Sanders, yang menjadi pesaing hingga babak terakhir ini pun menyampaikan pidato dukungannya. Hal ini sekaligus mempertontonkan kesatuan yang ada di tubuh Partai Demokrat.
         
        Meski sebelumnya, para pendukung Sanders sempat mencemooh kubu Hillari di hari-hari pertama berlangsungnya konvensi.
        Ketegangan pun sempat memuncak ketika serangkaian surat elelektronik di Partai Demokrat bocor pekan ini. Dalam bocoran itu terungkap bahwa partai yang seharusnya mengambil posisi netral ternyata bias dan cenderung melawan Sanders.
        Di tengah segala kondisi itu, Sanders dan Clinton terlihat bekerja untuk meredakan ketegangan dan menenangkan protes di dalam ajang konvensi.
        Ketegangan mulai berangsur mereda pada Senin malam, setelah Bernie Sanders, dana nama-nama besar di Partai Demokrat seperti Senator Massachusetts Elizabeth Warren, dan Ibu Negara Michelle Obama agresif menyatakan dukungan untuk Hillary.
         
        Saat mendatangi arena konvensi, pada Selasa, Wakil Presiden Joe Biden menepis anggapan bahwa pendukung Sanders akan memilih calon Partai Republik Donald Trump.
        Sementara itu, mantan Presiden Bill Clinton dalam pidatonya menyampaikan alasan mengapa istrinya harus mengambil pekerjaan lama dia sebagai Presiden AS.




        Credit KOMPAS.com










        Studi: Militer Rusia Bisa "Gulung" Polandia dalam Semalam

         
         
        AFP Para prajurit naik di atas tank dalam latihan militer bersama antara Lituania, Polandia dan Ukraina pada September 2012 di Pabrade, dekat Vinius, Lithuania.
        WARSAWA, CB - Sebuah penelitian terbaru memperkirakan, Rusia bisa menginvasi Polandia dalam semalam dan dengan mudah menggulung negara-negara NATO lainnya.

        "Bahkan jika saat ini Moskwa tidak memiliki niat untuk memerangi NATO secara langsung, hal ini bisa berubah dalam semalam dan serangan bisa terjadi sangat cepat karena sudah lama direncanakan," demikian peringatan dari laporan Atlantic Council.

        "Rusia memiliki kemampuan besar untuk melakukan serangan semacam itu," lanjut studi tersebut.

        Atlantic Council, lembaga "think-tank" yang berbasis di AS tersebut melanjutkan, waktu serangan Rusia itu memang tak bisa diprediksi.
        Namun, Rusia bisa menyerang dengan cepat saat NATO dan AS disibukkan oleh "krisis lain" atau sebagai reaksi atas aktivitas NATO yang dipersepsikan salah.

        Laporan berjudul "Arming for Detterence" itu juga mengklaim bahwa NATO akan sangat lambat dalam merespon serangan Rusia ke Polandia.

        Sehingga, militer Polandia harus mampu menahan pasukan penyerbu itu dan membuat kerusakan cukup berarti untuk memberi cukup waktu bagi pasukan pendukung tiba di negeri itu.

        "Jumlah pasukan NATO yang ada di kawasan itu tak cukup banyak untuk melakukan hal itu," masih menurut laporan tersebut.

        Laporan itu juga memberikan sejumlah saran yang harus dilakukan untuk menghadapi Rusia, antara lain modernisasi persenjataan, insentif bagi warga usia "militer" agar tidak meninggalkan negaranya untuk mencari pekerjaan.

        Polandia bergabung dengan NATO pada 1999, satu dekade setelah ambruknya negara-negara komunis Eropa Timur dukungan Moskwa.

        Selama ini, Warsama sangat kritis mengecam aksi Rusia di Ukraina dan berulang kali meminta agar NATO meningkatkan kehadiran di Polandia.

        NATO menegaskan komitmennya untuk menyiagakan empat batalion tempur di Eropa Timur menyusul aneksasi Rusia terhadap Semenanjung Krimea pada 2014.



        Credit  KOMPAS.com


        Inikah Komposisi Baru Kabinet Kerja, Hasil "Reshuffle" Jilid Dua?

         
        TRIBUN NEWS / HERUDIN Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada seluruh Kepala Kepolisian Daerah dan Kepala Kejaksaan Tinggi, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/7/2016). Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengevaluasi lima hal yang tak bisa dipidanakan, seperti yang pernah disampaikannya beberapa waktu lalu, di antaranya kebijakan diskresi, tindakan administrasi pemerintahan aturan BPK soal kerugian, dan kerugian negara.
        JAKARTA, CB - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik 13 orang hasil perombakan kabinet (reshuffle) jilid II. Pelantikan akan dilakukan hari ini, Rabu (27/7/2016) pukul 14.00 di Istana Negara.
        Berdasarkan penelusuran Kompas, ada sembilan nama baru yang masuk ke dalam jajaran Kabinet Kerja. Sementara itu, ada empat menteri yang bergeser posisinya.
        Berikut daftar lengkap seluruh nama yang akan dilantik Presiden Jokowi hari ini:
        1. Budi Karya Sumadi
        Budi ditempatkan menjadi Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan. Sebelum menjadi Menteri Perhubungan, Budi saat in imenjadi Direktur Utama Angkasa Pura II. 
        2. Archandra Tahar
        Archandra Tahar mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Archandra menggantikan Sudirman Said yang tak lagi masuk kabinet.
        Archandra merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu pengusul off shore blok Masel. Dia juga memiliki firma di Amerika Serikat.
        3. Airlangga Hartarto
        Airlangga Hartato mendapat jabatan sebagai Menteri Perindustrian, menggantikan Saleh Husin. Airlangga adalah representasi dari Partai Golkar yang belakangan menyatakan dukungannya kepada pemerintah.
        4. Prof. Muhajir
        Prof. Muhajir adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Muhajir untuk menjabat Menteri Pendidikan Nasional menggantikan Anies Baswedan.
        5. Eko Putro Sanjoyo
        Eko Putro Sanjoyo adalah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar yang dicopot dari jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.
        6. Asman Abnur
        Asman Abnur adalah representasi dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sebelum Golkar, PAN juga lebih dulu menyatakan dukungannya kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Asman akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Yuddy Chrisnandi.
        7. Sri Mulyani Indrawati
        Sri Mulyani kini kembali ke Indonesia setelah berkiprah di dunia internasional dengan menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kini, dia mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro.
        8. Enggartiasto Lukita
        Enggar adalah politisi Partai Nasdem dan juga seorang  pengusaha. DIa pernah menjadi Ketua Real Estate Indonesia (REI). Kini, dia mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Lembong yang digeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
        9. Wiranto
        Wiranto saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura. Namun, dia dipercaya juga oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.
        10. Sofyan Djalil
        Sofyan kembali mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Dia menggantikan Ferry Mursidan Baldan.
        Sebelum mendapat posisi baru itu, Sofyan menjabat sebagai Kepala Bappenas. Jabatan itu didapatnya juga hasil dari reshuffle jilid I. Pada pembentukan kabinet di awal pemerintahan Jokowi, Sofyan sempat didaulat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

        11. Thomas Lembong
        Tom Lembong akan bergeser posisi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menggantikan Franky Sibarani. Sebelumnya, Tom menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Dia masuk ke dalam kabinet saat reshuffle jilid I pada bulan Agustus 2015.

        12. Franky Sibarani
        Kepala BKPM Franky Sibarani kini diangkat menjadi Wakil Menteri Perindustrian (posisi baru).
        13. Luhut Binsar Pandjaitan
        Luhut akan didaulat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli. Sebelum digeser ke jabatan baru itu, Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Dia juga sempat menjadi Kepala Staf Presiden pada masa awal pemerintahan Jokowi.





        Credit  KOMPAS.com









        Selasa, 26 Juli 2016

        Nasib Kaum Tak Berkasta di India

        Solider pada nasib temannya, 30 orang kaum Dalit mencoba bunuh diri.
        Nasib Kaum Tak Berkasta di India
        Mengintip kehidupan sehari-hari di India (REUTERS/Anindito Mukherjee )
        CB – Lebih dari 30 Dalit atau kaum tak berkasta di Gujarat, India barat, melakukan percobaan bunuh diri. Mereka melakukannya untuk memprotes aksi pemukulan terhadap empat orang rekan yang senasib dengan mereka.
        Upaya bunuh diri massal itu terjadi setelah sebuah video yang beredar luas menunjukkan terdapat empat orang Dalit, yang diyakini bekerja sebagai penyamak kulit, tengah ditelanjangi dan dipukuli dengan tongkat. Mereka diduga dianiaya oleh anggota kelompok Hindu beraliran keras, di Kota Una, Gujarat. Video itu lantas beredar secara viral dan memicu protes besar-besaran dari kelompok Dalit.
        Sekelompok Dalit tersebut diserang lantaran berusaha untuk menguliti sapi yang telah mati. Banyak orang Hindu menganggap sapi sebagai hewan suci dan pembantaian hewan tersebut dilarang di berbagai negara bagian India.
        Jagdeesh Bhai, salah satu pekerja harian dari kaum Dalit ini mengaku mencoba bunuh diri dengan mengonsumsi asam. "Saya melakukannya untuk kaum Dalit. Kami menginginkan keadilan. Saya melakukannya untuk mengubah situasi yang ada," katanya, dilansir dari BBC, Selasa, 26 Juli 2016.
        Menurut Bhai, jika tidak bereaksi, mereka yang berkasta tinggi akan semakin menindas Dalit.
        Sementara itu, hal senada diungkapkan Kishorebhai Solanki yang mengonsumsi racun untuk mengakhiri hidupnya. Menurut dia, penganiayaan ini sering terjadi di India, namun banyak yang tidak peduli dan mengabaikan hal ini.
        "Video itu membuat saya marah dan merasa perlu melakukan sesuatu untuk masyarakat. Para pelaku penganiayaan itu harus dipenjara setidaknya selama 15 tahun untuk menanggung perbuatan mereka," ujarnya.
        Aksi 30 orang ini berhasil digagalkan. Nyawa mereka tertolong. Namun, mereka mengaku tak akan menghentikan aksinya hingga orang-orang berhenti merendahkan dan menghina mereka.
        Kaum Dalit adalah kaum terendah dalam status sosial di India. Mereka berada di luar sistem Kasta, dan dianggap sebagai orang buangan. Jumlah mereka mencapai 165 juta orang, atau sekitar satu per enam dari total populasi penduduk India.
        Mereka yang termasuk kaum Dalit adalah mereka yang bekerja dalam sektor paling rendah, seperti pemulung, penyapu jalanan, petugas kebersihan, penyamak kulit, dan tukang sepatu. Kehadiran kaum Dalit seringkali dianggap sebagai kelompok yang tak diinginkan, sehingga keberadaan mereka sering kali tak dianggap.
        Kini, kelompok tersebut mulai bersatu. Mereka bersama-sama mulai melakukan berbagai cara agar penghinaan, penistaan, dan diskriminasi terhadap mereka bisa dihilangkan.



        Credit  VIVA.co.id









        TN Way Kambas jadi kawasan Taman Warisan ASEAN

         
        TN Way Kambas jadi kawasan Taman Warisan ASEAN
        Badak Sumatera bercula dua (DicerorhinusSumatrensis) bernama "Harapan" berjalan di ruang karantina di hutan kawasan Suaka Rhino Sumatera (SRS) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, Rabu (3/12). TNWK ditetapkan pula sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja) ()
        Nama badak tersebut direncanakan akan diberikan pada kesempatan pertemuan ini oleh Presiden RI Joko Widodo ..."
        Bandarlampung (CB) - Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Heritage Park) ke-36.

        "Penetapan sebuah kawasan menjadi ASEAN Heritage Park merupakan sebuah kehormatan tersendiri, dan tahun ini penghargaan itu diterima oleh TNWK Lampung," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono pada pembukaan pertemuan ASEAN Heritage Park Committee V, di Bandarlampung, Senin.

        Ia menyebutkan, selain terpilih TNWK sebagai "ASEAN Heritage Park" ke-36 atau yang ke-4 di Indonesia, pelaksanaan pertemuan kelima Komite tersebut digelar di Provinsi Lampung.

        Menurut dia, ASEAN Heritage Park (AHP) merupakan kawasan perlindungan terpilih di wilayah ASEAN yang dikenal dengan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang unik dan mempunyai nilai yang tinggi.

        AHP, lanjutnya, diberikan sebagai bentuk penghargaan yang tinggi terhadap pentingnya kawasan tersebut sebagai kawasan konservasi.

        Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi (Plt Sekdaprov) Lampung itu juga mengungkapkan selain terdapat pusat konservasi gajah, di TNWK ada pula Suaka Rhino Sumatera (SRS) yang merupakan satu-satunya lokasi tempat pengembangbiakan badak Sumatera secara semialami di Asia atau dunia.

        "Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Mei 2016, dunia konservasi internasional mendapatkan kabar gembira dengan kelahiran anak badak sumatera bercula dua di Suaka Rhino Sumatera (SRS) TNWK," katanya.

        Kelahiran anak badak yang merupakan kedua kalinya di SRS TNWK itu menunjukkan keberhasilan pengelolaan pengembangbiakan badak di taman nasional tersebut.

        "Nama badak tersebut direncanakan akan diberikan pada kesempatan pertemuan ini oleh Presiden RI Joko Widodo atau yang mewakili," ujar Sutono.

        Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan dan mantan Kepala Dinas Kehutanan Lampung itu mengatakan, penetapan TNWK sebagai ASEAN Heritage Park akan menjadi komitmen bersama dengan AHP Committee untuk terus memelihara proses ekologis dan sistem pendukung kehidupan.

        Selain itu, menurut dia, melestarikan keragaman genetik, memastikan berkelanjutan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan, serta menjaga keindahan alam, budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi dan pariwisata di TNWK.

        "Hal itu tujuannya agar pengelolaan kawasan pelestarian alam dapat memberikan manfaat yang optimal, tidak hanya manfaat ekologis tetapi juga manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar hutan," ujarnya.

        Hadir dalam acara tersebut Executive Director ASEAN Centre for Biodiversity Y Roberto V Oliva, Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tachrir Fathoni, dan Assisten Director for Environment Division of Secreyariat ASEAN Saros Crisai.

        Hadir pula perwakilan dari negara-negara ASEAN yang masuk ke dalam Center for Biodiversity, unsur Forkopimda Provinsi Lampung, Kepala Kepolisian Daerah Lampung Brigjen Ike Edwin, Danlanud Astra Ksetra Letkol Nav Arief Budiman, Asintel Kejaksaan Tinggi Lampung Leonard Simanjuntak serta para kepala satuan kerja di Lingkungan Pemprov Lampung.

        Rangkaian kegiatan ASEAN Heritage Park di Lampung yang dilaksanakan 25-27 Juli 2016, yaitu sidang komite masing-masing perwakilan delegasi negara-negara di ASEAN, dan pada hari terakhir mengunjungi TN Way Kambas sebagai kunjungan lapangan langsung, sekaligus pelaksanaan acara pemberian nama anak badak sumatera yang beberapa waktu lalu telah lahir di penangkaran badak TNWK.


        Credit  ANTARA News









        Pesawat tenaga surya berhasil kelilingi dunia

         
        Pesawat tenaga surya berhasil kelilingi dunia
        Solar Impulse 2, pesawat bertenaga surya, terbang di atas Abu Dhabi saat persiapan untuk terbang keliling dunia, Kamis (26/2). Pesawat dengan rentang sayap 72 meter dan berat 2,3 ton yang memulai perjalanan 9 Maret 2015 itu hari ini mendarat kembali di Abu Dhabi, menyelesaikan perjalanan keliling dunia tanpa bahan bakar pertamanya. (REUTERS/Solar Impulse/Revillard/Rezo.ch/Handout via Reuters)
         
        Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (CB) - Pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 berhasil menyelesaikan penerbangan mengelilingi dunia tanpa bahan bakar pertama pada Selasa, kembali ke Abu Dhabi setelah perjalanan 16 bulan untuk menunjukkan potensi energi terbarukan.

        Solar Impulse 2 mendarat di ibu kota Uni Emirat Arab pada Selasa pukul 04.05 waktu setempat.

        Pesawat itu pertama kali lepas landas dari Abu Dhabi pada 9 Maret 2015, memulai perjalanan sekitar 40.000 kilometer dengan waktu terbang hampir 500 jam.

        Bertrand Piccard dan Andre Borschberg, warga Swiss pendiri proyek itu, bergantian memiloti pesawat, yang memiliki rentang sayap lebih besar dari Boeing 747 namun beratnya tidak lebih dari rata-rata berat mobil keluarga.

        "Lebih dari sebuah pencapaian dalam sejarah penerbangan, Solar Impulse telah membuat sejarah dalam energi," Piccard, yang menjadi pilot untuk penerbangan terakhir pesawat itu, berkata kepada khalayak setelah mendarat.

        "Saya yakin bahwa dalam 10 tahun mendatang kami akan melihat pesawat-pesawat listrik membawa 50 penumpang untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah," ujar dia dalam pernyataan yang dikutip kantor berita Reuters.

        Dia mengatakan teknologi yang digunakan di Solar Impulse 2 dapat digunakan di darat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi emisi karbon dioksida, gas rumah kaca utama yang disalahkan sebagai penyebab utama perubahan iklim.

        Empat mesin pesawat yang digerakkan baling-baling itu menggunakan tenaga yang dihimpun oleh lebih dari 17.000 sel surya pada sayapnya dan kelebihan energinya disimpan dalam baterai-baterai.

        Cuaca yang kurang bersahabat kadang menghambat penerbangan pesawat itu, menyebabkan pesawat itu tidak bisa terbang selama beberapa bulan di beberapa negara. Secara keseluruhan, pesawat itu berhenti 16 kali.

        Kedua pilot juga menunjukkan stamina mental yang dibutuhkan untuk terbang dalam jarak jauh sendiri pada kecepatan jelajah tidak lebih dari 90 kilometer per jam dan ketinggian hingga 9.000 meter.

        "Kami menghadapi lautan, kami harus membangun pemikiran ini, bukan hanya pesawat dan teknologinya," Piccard mengatakan kepada para wartawan.

        Bagi kedua pilot itu, mendarat kembali di tempat mereka pertama kali lepas landas "hanyalah awal dari kelanjutan" perjalanan yang lebih jauh, ujar Piccard, yang tahun 1999 menjadi orang pertama yang mengitari Bumi tanpa henti menggunakan balon udara panas.

        Di samping terus mempromosikan energi terbarukan, mereka berencana meluncurkan dewan internasional untuk memberikan nasihat kepada pemerintah dan mengembangkan penggunaan teknologi energi bersih yang baru.





        Credit  ANTARA News




        Presiden lantik 720 perwira TNI-Polri

         
        Presiden lantik 720 perwira TNI-Polri
        Sejumlah perwira remaja TNI AL melemparkan topi ke udara setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri 2015 di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jateng, Kamis (30/7). (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
         
        Jakarta (CB) - Presiden Joko Widodo melantik 720 perwira lulusan Akademi Militer, Akedemi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara dan Akademi Kepolisian tahun 2016.

        "Saya ucapkan selamat kepada Praja Akademi TNI-Polri yang baru saja saya lantik. Ingat perjalanan kalian baru dimulai, perjalanan perwira setia dan mengabdi kepada bangsa, negara, rakyat Indonesia," kata Presiden saat berpidato dalam acara Pelantikan di Gedung Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa.

        Presiden berharap para perwira yang baru dilantik menjadi masa depan TNI-Polri sebagai penentu pelaksanaan reformasi di institusi masing-masing," kata Jokowi.

        "Ingat bahwa reformasi kunci masa depan dan menghadapi tantangan ke depan negara dan kamtibmas yang perubahannnya makin cepat," katanya.

        Presiden juga mengingatkan para perwira untuk mencegah upaya pengeroposan pancasila, kekerasan anarkisme agama, terorisme, membasmi peredaran narkotika dan penyelundupan ilegal.

        Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengingatkan terhadap kompetisi global, konflik antar-intra negara, peperangan asimetris, perebutan pangan-energi, perlombaan senjata militer negara besar, ISIA, yang menjadi isu yang memberikan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap negara Indonesia.

        Perwira yang dilantik berjumlah 720 orang yang terditi dari 420 perwira TNI dan 300 Perwira Polri.

        Sebanyak 420 perwira TNI ini terdiri dari Akmil (Matra Angkatan Darat) sebanyak 221 perwira, Akademi Angkatan Laut sebanyak 91 perwira dan Akademi Angkatan Udara 108 perwira.

        Sedangkan dari Akademi Kepolisian terdiri 251 perwira putra dan 49 perwira wanita.


        Credit  ANTARA News







        NATO dinilai tidak siap hadapi armada kapal selam Rusia

         
        NATO dinilai tidak siap hadapi armada kapal selam Rusia
        Kapal selam Rusia kelas Severodvinsk, K-329, generasi keempat dari Project 885 kelas Yasen/Graney. embawa peluru kendali berkepala nuklir yang bisa menjelajah 5.000 kilometer, berbobot mati 13.800 ton, dengan panjang kapal 119 meter dan kecepatan selam 35 knot perjam. (wikipedia.org)
         
        Washington (CB) - Setelah Perang Dingin usai, kekuatan kapal selam Pakta Warsawa (Rusia sebagai kekuatan utama) dan NATO sudah berbeda. Namun kekuatan Rusia mulai pelan-pelan bangkit dan NATO dinilai Center for Stretegic and International Studies, tidak siap menghadapi armada kapal selam Rusia. 

        Amerika Serikat dan sekutu negara-negara Nordik-nya dinilai juga harus lebih banyak menanamkan investasi tentang teknologi kapal selam, menggelar dan meninjau pola pendidikan dan latihan kapal selam, dan di atas semua itu, menggalang kerja sama lebih intensif di antara mereka. 

        Laman www.breakingdefense.com, dikutip di Jakarta dari Washington, Selasa, menyatakan, walau ekonomi Rusia masih dibayangi sanksi dan harga minyak dan gas Bumi merosot tajam sejak 2014, namun kekuatan kapal selamnya tetap mengagumkan. 

        Sekali lagi, dalam laporan CSIS itu, disebutkan, jumlah kapal selam Rusia cuma seperlima dari inventori arsenalnya pada 1991, yaitu 56 unit kapal selam ketimbang 240 pada 1991.

        Akan tetapi, Rusia telah membangun kader-kader profesional di bidang kapal selam modern. 

        Sebut saja produk mereka di kelas Severodvinsk, kapal selam serang-serbu yang bisa dibandingkan dengan kapal selam Amerika Serikat dari kelas USS Virginia, dalam hal persenjataan, teknologi tak kasat mata alias stealth, dan teknologi sonar sebagai mata dan telinga utama kapal selam di kedalaman laut yang gelap. 

        Aktivitas armada kapal selam Rusia juga sudah jauh lebih aktif lagi, banyak berlalu-lalang di kedalaman perairan Swedia dan Finlandia, bahkan mendekati pangkalan kapal selam Inggris di Faslane, Skotlandia. Ini dilaporkan menjadi insiden pertahanan negara itu kemudian. 

        “Organisasi, hubungan, intelijen, dan kemampuan yang pernah ada untuk mendukung operasionalisasi peperangan anti kapal selam di Atlantik Utara dan Laut Baltik, kini tidak ada lagi,” sebagaimana dinyatakan laporan CSIS dalam www.breakingdefense.com itu. 

        Menurut laman itu, ahli sejarah angkatan laut, Norman Polmar, berkata, “Ada dua hal terjadi. Pertama, kapal selam Rusia lebih senyap dan kedua, NATO harus meningkatkan kemampuan kapal selam mereka.” 

        Pendapat Polmar diperkuat lagi dengan rekomendasi CSIS, yaitu meningkatkan kerja sama dengan Swedia dan Finlandia melalui forum Kerja Sama Pertahanan Nordik, dan hal-hal lain terkait. 

        Inggris Raya sebagai misal, menjadi negara NATO dengan kekuatan laut cukup mengkhawatirkan setelah mereka memensiunkan HMS Illustrious pada 2014 dan pesawat terbang patroli Nimrod-nya pada 2011 lalu. 

        Namun, menurut pejabat puncak di Kementerian Pertahanan Inggris, mereka kemudian membangun kapal induk kelas Elizabeth yang lebih mumpuni dan membeli sembilan Boeing P-8 Poseidon, yang kontrak pembeliannya ditandatangani di sela Farnborough Airshon 2016. 

        Data CSIS menyatakan, kekuatan kapal anti kapal selam NATO kini cukup minim, yaitu enam unit di Finlandia, Polandia (tujuh unit), Denmark (sembilan unit), Belanda (delapan unit), Norwegia (11 unit), Jerman (12 unit), Swedia (14 unit), Inggris Raya (25 unit), Prancis (29 unit), dan Amerika Serikat di Armada Atlantik (61 unit)



        Credit  ANTARA News