Kamis, 15 September 2016

Terkuak, Alasan Genghis Khan Batal Menduduki Eropa

 
CB, New York - Jika masih ada yang menganggap remeh pemanasan global, mungkin ada baiknya kita belajar lagi dari sejarah.
Pada 1206, Genghis Khan, seorang pemimpin suku dari kawasan utara Mongolia, mulai menguasai dunia. Dengan taktik yang tiada ampun dan pasukan yang setia, ia merebak ke seantero Asia.
Satu demi satu, wilayah-wilayah jatuh ke bawah kekuasaan kekuatan Kekaisaran Mongol yang kemudian membentang hingga pantai timur Tiongkok. Beberapa serangan yang berhasil di Hungaria dan Polandia seakan menandakan Eropa pun akan takluk.
Namun demikian, seperti dikutip dari Science Alert pada Selasa (31/5/2016), kemenangan-kemenangan di Eropa mendadak terhenti. Begitu pasukan Mongol tiba di Austria, mereka mendadak pulang kembali ke Asia. Ada apa?
Hingga saat ini, para ahli sejarah hanya bisa menebak-nebak karena keterbatasan ketersediaan catatan tertulis. Namun demikian, suatu penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Scientific Reports menggunakan pendekatan lain untuk memecahkan teka-teki hengkangnya pasukan sang penakluk dari Eropa.
Cincin-cincin batang pohon mengungkapkan adanya masa dingin dan basah selama beberapa tahun, sehingga "merusak tanah ladang dan mengurangi pergerakan, serta menurunkan daya guna pasukan militer berkuda Mongolia.".
Betikut ini adalah penjelasan ringkas tentang kebangkitan Mongol dan bagaimana perubahan iklim alamiah telah memaksa mereka membatasi kerugian dan menghentikan perang puputan.
Sebelum Hungaria
Setelah Genghis Khan meninggal pada 1227, ia mewariskan kepada Ogodei, putranya, suatu wilayah sangat luas yang membentang dari Tiongkok timur laut hingga ke Laut Kaspia, tepat di utara Iran sekarang ini. Secara keseluruhan, luas wilayah pendudukan itu sekitar 28 juta km persegi.
"Baik diukur berdasarkan total orang yang dikalahkan, jumlah negara yang diduduki, ataupun luas wilayah yang dikuasai, Genghis Khan menguasai lebih dari dua kali yang pernah dikuasai manusia manapun dalam sejarah," kata ahli sejarah Jack Weatherford dalam bukunya yang berjudul 'Genghis Khan and the Making of the Modern World'--diterjemahkan sebagai 'Genghis Khan dan Pembentukan Dunia Modern'.
Setelah kematian sang ayah, Ogedei Khan meneruskan warisan ayahnya, Kekuasaannya meluas ke timur dan barat, hingga menududuki apa yang tersisa di barat laut Tiongkok dan merangsek ke Rusia, terbantu oleh masa basah yang memungkinkan pasukan Mongol membawa ribuan kuda melintasi gurun Gobi, yang merupakan gurun terbesar di Asia.
Tidak sampai tahun 1240, kota Kiev telah diobrak-abrik dan kumpulan pasukan itu dengan kilat menuju ke barat. Pasukan berkuda dan taktik pendudukan mereka meluluhkan lantakan kota-kota Eropa dan, dengan demikian, membawa serta bubuk mesiu temuan bangsa Tiongkok.
Rentetan kesuksesan kecil itu menghantarkan pasukan Mongolia ke Hungaria pada Maret 1241. Raja Bela IV melarikan diri dari istananya di kota Pest (sekarang Budapest). Pasukan Ogodei membantai sekitar 1 juta warga Hungaria, termasuk tentara, rohaniwan, kaum ningrat, ksatria, maupun rakyat jelata. Kekalahan itu terhitung sebagai salah satu yang paling berdarah di Abad Pertengahan.
Pada Desember 1241, Ogodei Khan meninggal secara mendadak. Sejumlah ahli sejarah berpendapat bahwa Batu, keponakan Ogodei, yang memimpin penyerbuan ke Barat, kemudian berputar kembali ke Karakorum, ibukto Mongolia, guna pemilihan pemimpin baru.
Tapi Batu tidak pernah kembali ke Mongolia dan malah bersemayam di selatan Rusia untuk memerintah bersama Kumpulan Keemasan (Kipchak Khanate), yang mendapatkan namanya berdasarkan kekayaan para penguasanya. Sementara itu, Toregene, istri Ogodei, naik tahta sebagai Khatun Agung.
Akhir yang Mendadak
Pada tahun berikutnya, semua berubah. Pasukan itu mendadak berputar ke selatan, bergerak melalui wilayah yang menjadi Serbia di masa kini, dan kemudian pulang lewat Rusia. Kaum keturunan mereka memang sering melakukan penyerbuan-penyerbuan ke kota-kota Eropa, tapi serangan besarnya sudah usai.
Ada beberapa hipotesis yang diajukan untuk menjelaskan mengapa pasukan itu meninggalkan serangan ke barat. Tapi, para penulis makalah baru itu berpendapat bahwa tidak ada satupun yang cukup untuk menjelaskan perubahan arah tersebut.
Para penulis mengambil sejumlah contoh kayu dari 5 kawasan Eurasia untuk melacak cuaca pada masa penjelajahan terjauh bangsa Mongol tersebut.
Secara khusus, pepohonan peka terhadap perubahan-perubahan kecil dalam kondisi iklim. Dalam tahun-tahun yang basah, pohon menambahkan lapisan-lapisan tebal inti batangnya. Selama tahun-tahun yang kering, cincin-cincinnya lebih tipis, karena lebih sedikit air yang terserap dalam pohon.
Para mendapati adanya perubahan iklim sehingga Hungaria dan sekitarnya menjadi sangat dingin dan basah selama kira-kira 3 tahun, dari 1238 hingga 1241. Penambahan kelembaban dan lebih awalnya musim semi mengubah dataran Hungaria menjadi rawa-rawa yang tidak bisa dilalui oleh ribuan kuda andalan pasukan Mongolia sebagai alat pengangkutan dan senjata peperangan.
Pada 1242, tahun terakhir penyerbuan di Eropa, para peneliti mengamati adanya keadaan yang sangat lembab. Hal ini mengakibatkan rusaknya panen, sehingga mengurangi pasokan pangan bagi pasukan Khan. Muncullah bala kelaparan yang menewaskan ribuan orang di kawasan itu.
Ada dugaan para pemimpin pasukan Ogodei memilih jalur selatan ketika menjauh dari Eropa karena secara relatif masih lebih kering, demikian menurut para penulis.
Lalu apa yang terjadi pada pasukan Mongolia sesudah itu? Kematian Ogodei Khan mengundang perebutan kekuasaan di antara para putra dan cucu lelaki Genghis Khan sehingga semakin memecah belah Kekaisaran Mongol dan tidak pernah bersatu lagi.
Namun demikian, kaum keturunannya lanjut mendirikan sejumlah dinasti di India, Tiongkok, Persia, dan Siberia. Bangsa Mongol melanjutkan menetap di Kawasan Otonomi Mongolia Dalam di Tiongkok maupun di Mongolia masa kini. Di Mongolia, wajah Genghis Khan dipasang di mata uang, minuman vodka, kotak rokok. Namanya pun diabadikan sebagai nama bandara internasional di Ulaan Baatar, ibukota Mongolia.
Para ilmuwan semakin piawai memeriksa catatan iklim secara lebih rinci sehingga kita sekarang mengungkapkan lebih banyak tentang caranya iklim membentuk sejarah.
Iklim yang tidak biasa diduga telah memungkinkan bangsa Polinesia untuk menyebar ke Pasifik Selatan, meruntuhkan kota-kota metropolis di Meksiko pada masa pra-kolonial, atau bahkan menndorong Attila dari bangsa Hun untuk menjajal teror terhadap Kekaisaran Romawi 800 tahun sebelum Genghis Khan.
Para penulis laporan menyimpulkan bahwa penelitian mereka tentang mundurnya bangsa Mongolia dari Hungaria “menggambarkan kejadian ketika fluktuasi kecil pada iklim berpengaruh pada sejarah.”
Kesimpulannya juga memberikan pelajaran tentang masa depan iklim kita, yaitu bahwa diperlukan hanya beberapa derajat saja untuk mengubah arah sejarah manusia.






Credit  Liputan6.com



China Nilai Kerjasama Keamanan dengan Rusia Sangat Penting

 
China Nilai Kerjasama Keamanan dengan Rusia Sangat Penting
(Istimewa)
 
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa sangat mendesak dan penting untuk melaksanakan kerjasama keamanan dengan Rusia. Hal itu dikatakannya saat bertemu dengan sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev.

Dalam pertemuan itu, Jinping menyerukan agar kedua negara menjalankan secara penuh mekanisme kerjasama yang ada untuk lebih meningkatkan konsultasi keamanan dan pertukaran informasi keamanan. Saat bertemu dengan rekannya asal Rusia, Vladimir Putin, Jinping mengatakan mereka telah mencapai konsensus yang penting untuk meningkatkan kerjasama bilateral.

"Kami berdua sepakat bahwa China dan Rusia harus saling memperkuat, mendukung isu-isu utama dan mengkonsolidasikan saling percaya dalam politik," kata Jinping, merujuk pada pertemuannya dengan Putin seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (15/9/2016).

Lebih lanjut Jinping menyerukan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengintegrasikan China Belt dan Road Initiative dengan Rusia Uni Ekonomi Eurasia. Ia juga menyerukan untuk memperkuat koordinasi dalam urusan internasional dan regional.

"Tidak peduli bagaimana situasi internasional atau perubahan lingkungan eksternal, kedua negara harus bekerja keras untuk mewujudkan tujuan pembangunan dan revitalisasi mereka serta untuk menjaga perdamaian dunia dan stabilitas serta ekuitas internasional dan keadilan," katanya.

Sementara Patrushev mengatakan China dan Rusia merupakan faktor penting untuk menstbilkan urusan internasional. Pasalnya, kedua negara melakukan komunikasi yang erat pada isu-isu keamanan global dan regional utama, serta di organisasi multilateral seperti PBB.

Ia mengatakan Rusia menilai Belt China dan Road Initiative sangat penting. Rusia bersedia bekerjasama dengan China untuk lebih meningkatkan koordinasi strategis dan kerjasama yang saling menguntungkan.


Credit  Sindonews





Presiden Komisi Eropa: Brexit Bukan Akhir dari Uni Eropa

 
Presiden Komisi Eropa Brexit Bukan Akhir dari Uni Eropa
Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker | (Reuters)
 
STRASBOURG - Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, berusaha untuk menggalang dukungan bagi Uni Eropa. Ia mengatakan, Uni Eropa telah babak belur oleh referendum Inggris yang dimenangkan kelompok Brexit tetapi tidak akan berakhir meski diterpa krisis eksistensial.

Dalam menetapkan rencana Komisi untuk pertama kalinya sejak Inggris keluar dari Uni Eropa pada 23 Juni lalu, Juncker menyoroti referendum Inggris sebagai peringatan bahwa Uni Eropa menghadapi pertempuran untuk bertahan hidup melawan nasionalisme di Eropa.

"Uni Eropa tidak memiliki cukup ikatan. Ada perpecahan di luar sana dan seringkali fragmentasi tercipta. Itu meninggalkan ruang untuk populisme," katanya kepada Parlemen Eropa di Strasbourg seperti dikutip dari Reuters, Kamis (15/9/2016).

Ia juga mencatat sendiri secara eksekutif terbatasnya respons terhadap masalah yang timbul akibat pembagian antara negara yang buruk yang pernah dilihatnya selama tiga dekade dalam potik Uni Eropa.

Tapi ia lantas menggarisbawahi bahwa ia percaya blok perdagangan terbesar di dunia itu masih merupakan kekuatan penting. "Uni Eropa tidak sedemikian berisiko," katanya.




Credit  Sindonews


Ketua Komisi Eropa Usulkan Markas Militer UE


 
Ketua Komisi Eropa Usulkan Markas Militer UE
(Sindonews/Ian)
 
STRASBOURG - Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker mengatakan bahwa Uni Eropa (UE) membutuhkan markas militer untuk bekerja menuju kekuatan militer bersama. Hal itu dikatakannya kepada parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis.

Juncker mengatakan bahwa kurangnya struktur permanen mengakibatkan sejumlah uang terbuang percuma untuk sebuah misi. Tapi, Juncker menegaskan bahwa kekuatan militer tersebut harus menjadi pelengkap bagi NATO.

"Menciptakan pertahanan bukan berarti mengurangi kekuatan transatlantik (NATO). Dana pertahanan militer Eropa akan merangsang penelitian militer dan pengembangan," katanya seperti dikutip dari BBC, Kamis (15/9/2016).

Dalam kesempatan itu ia juga menyinggung pengaruh Brexit terhadap bagi pertahanan dan militer Uni Eropa. Menurutnya, Brexit telah memberikan tambahan dorongan untuk rencana kerjasama pertahanan yang lebih besar.

Inggris, kata Juncker, selama ini selalu keberatan akan adanya potensi konflik kepentingan dengan NATO. Karena itu, ia menyatakan bahwa Brexit tidak akan mempengaruhi UE dan mendesak negosiasi Brexit dilakukan secepat mungkin.

Pidati Presiden Komisi dari serikat negara-negara Eropa ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010. Pidato ini meniru model pidato tahunan Presiden Amerika Serikat (AS) dan bertujuan untuk melaporkan tentang kondisi UE dan garis agenda legislatif mendatang.



Credit  Sindonews




Aksi Bangkok Salip Jakarta Benahi Transportasi

 
Aksi Bangkok Salip Jakarta Benahi Transportasi Bangkok Skytrain. (AFP PHOTO / PORNCHAI)
 
Jakarta, CB -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belakangan ini memulai membangun infrastruktur transportasi massal cepat alias Mass Rapid Transportation atau MRT. Namun, langkah itu sudah telampau jauh tertinggal oleh pemerintah Bangkok, Thailand.

Bangkok saat ini sudah mempunyai dua rute kereta layang (BTS skytrain), empat rute kereta bawah tanah (MRT subway), dan tiga rute kereta ke Bandara (Airport Rail Link) Suvarnabhumi. Sistem transportasi cepat ini sudah mulai terealisasi pada 1999, menyusul krisis kemacetan lalu-lintas yang melanda di era 90-an.

Kala itu, masalah kemacetan di Bangkok hampir sama dengan di Jakarta. Penelitian menyebut faktor utama penyebab kemacetan di kota ini adalah kurangnya ruas jalan yang tersedia, yakni sekitar 8 persen dari luas kawasan. Angka itu berbeda jauh jika dibandingkan dengan rata-rata 20-30 persen di negara barat.

Selain itu, permasalahan juga timbul karena meningkatnya jumlah kendaraan seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kurangnya fasilitas serta pengelolaan transportasi umum. Sebelum dibuat sistem transportasi cepat, Bangkok bergantung pada kereta listrik, bus, trem, ojek dan kapal-kapal di kanal.

Geliat pembangunan infrastruktur pemerintah Thailand tampak pada data statistik Kementerian Perhubungan setempat yang diperoleh CNNIndonesia.com. Total panjang jalan di negeri tersebut terus bertambah sejak 2006 hingga 2015, mulai dari 64.156 kilometer, meningkat jadi 67,310 kilometer di 2010 dan mencapai 70.077 kilometer di 2015.
Penambahan jalan itu seiring dengan jumlah kendaraan yang terus meningkat. Pada 2011, ada total 29,205 juta kendaraan secara keseluruhan, bertambah menjadi 33,520 juta pada 2013 hingga menyentuh 35,547 juta di 2015. Dari tahun ke tahun, jenis kendaraan didominasi sepeda motor (57,1-61,7 persen) dan mobil sedan (17,1-21,8 persen).

Jumlah bus pun meningkat dari tahun ke tahun, mulai dari 137.503 di 2011 hingga mencapai 153,757 di 2015. Sama halnya dengan truk, meningkat dari 852.923 di 2011 menjadi 1,30 juta di 2015.

Bangkok Bus Rapid Transit. (Sry85 via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0))
"Saya tinggal di Thailand selama 40 tahun. Dulu macetnya, macet sekali. Sekarang tidak macet karena infrastruktur ditingkatkan," kata Sarasvati Ellie Kositanont, seorang warga Indonesia yang kini menetap di Bangkok saat berbincang dengan CNNIndonesia.com.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia-Thailand itu mengatakan masalah transportasi di Bangkok dapat diatasi karena ketersediaan banyak pilihan. Transportasi umum yang nyaman dan jalan tol memadai jadi hal yang dipuji oleh Ellie.

Misalnya, BTS Skytrain. Di sekitar stasiun, kata Ellie, masyarakat bisa memarkirkan mobil pribadinya dan beralih ke kereta menuju pusat kota. Karena itu, kemacetan di daerah perkotaan bisa berkurang berkat keberadaannya.

Kereta layang ini memang belum mencapai daerah-daerah tertentu atau pinggiran perkotaan. Hanya saja, fasilitas untuk mencapai stasiun atau feeder yang menunjang membuat masyarakat masih mau menggunakan angkutan umum.


"Misalnya kalau di sini seperti di Bekasi, kita bisa naik van ke stasiun terdekat dan lanjut ke pusat kota. Walaupun jaraknya agak jauh, tapi ketika mobil sudah penuh dia tidak akan berhenti lagi jadi lebih cepat," kata Ellie.

Selain van atau mobil kecil serupa angkot, ada pula bus-bus lebih murah yang di antaranya menggunakan AC. Hanya saja, lajunya tidak sama kencang.

"(Kendaraan umum) ini nyaman karena frekuensinya banyak, tapi kualitas dijaga. Tidak boleh ugal-ugalan. Publik bisa komplain dan laporkan nomor plat," ujar perempuan bersuami warga Thailand ini.

Selain itu, dari segi harga, semua moda transportasi umum di Thailand, dia nilai cukup terjangkau.

Kendalanya adalah rush hour atau jam sibuk pulang-pergi kerja. Untuk menaiki bus, orang-orang mesti datang sebelum 7.00 waktu setempat. Jika tidak, maka risikonya adalah mesti berebutan dengan komuter lain.

Selain itu, rush hour juga berpengaruh pada kemacetan. Menurut pengalaman Ellie, ada beberapa kawasan yang biasa terkena macet di waktu-waktu ini. Di antaranya ada di pusat kota seperti Rama, Sathorn, dan Petchburi. "Pratunam dan lain-lain juga macet tapi tidak stuck," ujarnya.

Bangkok skytrain (REUTERS/Chaiwat Subprasom)

Jakarta Dicemooh

Sementara itu, warga Thailand yang berkunjung ke Jakarta justru mengalami punya pengalaman yang buruk. Menurut Ellie, ada semacam kelakar di antara warga Thailand yang dia kenal ketika mendatangi kota ini.

"Kadang mereka bercanda, di Jakarta kita harus hati-hati, terutama kalau mau ke bandara. Perjalanan bisa sama 1,5 jam. Saya sendiri pernah hampir ketinggalan pesawat," kata Ellie terkekeh.

Sementara itu, di Thailand ada kereta yang langsung terhubung dengan bandara, yakni Airport Rail Link. Kereta ini menghubungkan pusat kota Bangkok dengan bandara Suvarnabhumi.

Jalur sepanjang 28 kilometer ini mulai beroperasi pada 2010.
Kemacetan di Jakarta, kata Ellie, sudah terlalu parah. Pengalaman terparahnya adalah terjebak macet selama 3,5 jam dari Tomang, Jakarta Barat, ke Thamrin di Jakarta Pusat.

Di Bangkok, kemacetan memang masih sering terjadi. Namun, dia menganggap hambatan di sana tidak separah di Jakarta. "Pada dasarnya masih bisa dikalkulasikan perkiraan waktunya."

Masalahnya, menurut dia, adalah tarif toll yang terlalu murah sehingga terlalu banyak orang yang memilih masuk tol. Di Bangkok, masyarakat mesti merogoh kocek lebih dalam untuk masuk ke jalan bebas hambatan.

Biaya minimum untuk masuk jalan tol, menurutnya, sekitar 44 Baht atau setara Rp16 ribu. Jika jaraknya jauh, bisa mencapai 100 Baht atau Rp37 ribu. "Tapi dalam waktu 45 menit bisa sampai. Kalau jalanan biasa, ampun."

Perluasan pembangunan jaringan Mass Rapid Transit. (AFP PHOTO / CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
Infrastruktur memadai bukan berarti tak ada masalah. Di sisi lain, National Reform Steering Assembly menyebut kemacetan di Bangkok dan kota-kota besar Thailand bisa memakan 97 juta Baht atau Rp36 milyar per hari.

Menurut Seree Suwanpanont, Ketua Sub-Komite bidang Keselamatan Jalanan di Institusi tersebut, angka kerugian itu diakibatkan bahan bakar yang terbuang karena lalu lintas tersendat. Dia menyebut infrastruktur jalan yang ada masih belum bisa mengimbangi jumlah mobil yang terus meningkat.

Tahun lalu, ada sekitar 9 juta kendaraan terdaftar di Bangkok dan provinsi sekitarnya. Namun, jumlah jalan yang ada hanya bisa mengakomodasi 1,5 juta kendaraan, kata Seree dikutip Bangkok Post.

Dia mengatakan pihaknya sudah mengajukan usulan reformasi terkait kemacetat dan keselamatan di jalan untuk dimasukkan ke dalam agenda nasional.

Sementara itu, Menteri pertahanan Prawit Wongsuwon mengatakan dirinya telah menginstruksikan Kepala Kepolisian Metro Bangkok untuk menambah jumlah polisi lalu-lintas di semua kawasan. Prawit juga mengimbau komuter untuk bekerjasama, beralih ke transportasi publik.





Credit  CNN Indonesia




Anggota Dewan Belanda Tolak Jabat Tangan PM Israel

 
Anggota Dewan Belanda Tolak Jabat Tangan PM Israel 
 Anggota dewan Belanda yang anti-rasis Tunahan Kuzu tertangkap kamera menolak menjabat tangan Benjamin Netanyahu. (AFP Photo/ANP/Bart Maat)
 
Jakarta, CB -- Seorang anggota dewan di Belanda menolak berjabat tangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Peristiwa yang terekam kamera ini ramai dibicarakan di media sosial.

Dikutip AFP, peristiwa ini terjadi di hari kedua kunjungan Netanyahu di Belanda pada Selasa (14/9). Saat itu, Netanyahu menyalami para politisi Belanda di gedung parlemen di Hague.

Seorang politisi, Tunahan Kuzu, tertangkap kamera menolak menjabat tangan Netanyahu. Kuzu meletakkan tangannya di dada lalu menariknya ke belakang, meninggalkan tangan Netanyahu menggantung berharap disambut salaman. Netanyahu terlihat canggung dan terus berjalan.

Kuzu, yang lahir di Turki dan pindah ke Belanda saat kecil, adalah pemimpin gerakan anti-rasis Denk yang diluncurkan pada Februari 2015 untuk mengadvokasi hak-hak imigran.

Pada Kamis (15/9), video Kuzu itu tersebar di sosial media. Pujian dan kritikan bersahutan di media sosial untuk sikap Kuzu tersebut.

"Anda tidak sendiri. Semua orang yang waras di dunia ini bersama Anda," kata seorang pengguna Twitter, Aslanhasimm.

Kuzu yang mengenakan pin bendera Palestina mengatakan dalam akun Facebooknya bahwa dia memperlihatkan foto anak-anak Palestina kepada Netanyahu, aksi ini tidak terekam kamera.

Sehari sebelumnya, Netanyahu dalam konferensi pers di Belanda mengatakan bahwa Israel adalah "satu negara di Timur Tengah yang mempromosikan demokrasi dan teknologi."

Kuzu mengatakan, foto-foto yang dia berikan kepada Netanyahu adalah anak-anak Palestina yang ditangkap tentara Israel. Beberapa foto memperlihatkan tentara Israel menodong senjata ke arah ibu dan dua anaknya.

"Ini yang namanya demokrasi? Ini teknologi?" ujar Kuzu.




Credit  CNN Indonesia


Snowden Meminta Pengampunan Presiden Obama

 
Snowden Meminta Pengampunan Presiden Obama  
Edward Snowden. (REUTERS/Glenn Greenwald/Laura Poitras/Courtesy of The Guardian/Handout via Reuters)
 
Jakarta, CB -- Pengungkap rahasia intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, meminta Presiden AS, Barack Obama, untuk memberikan pengampunan kepada dirinya, menyebut dalam komentar yang dirilis pada Selasa (13/9), bahwa itu secara moral "perlu" untuk menerangi perkara pengawasan massal.

Mantan kontraktor intelijen itu menghabiskan tiga tahun dalam pengasingan di Rusia, setelah mencetuskan pembocoran data rahasia terbesar dalam sejarah AS, sehingga menyulut kecaman tentang isu pengawasan massal.

"Jika tidak untuk pengungkapan ini, kalau bukan untuk penyingkapan ini, kita mungkin akan lebih buruk," kata Snowden kepada The Guardian, dalam wawancara dengan tautan video dari Moskow, Senin (12/9).

"Ya, ada hukum-hukum dalam buku yang menyatakan satu hal, tapi itu mungkin mengapa kuasa mengampuni ada--untuk pengecualian, untuk hal-hal yang mungkin melanggar hukum dalam tulisan pada satu halaman tapi ketika kita lihat mereka secara moral, ketika kita lihat mereka secara etis, ketika lihat hasilnya, tampaknya itu perlu," katanya, seperti yang dikutip AFP.

Pria berusia 33 tahun itu mengatakan, ia memperoleh dukungan luas, menyebut "publik dan masyarakat luas peduli dengan isu-isu ini jauh dari yang dibayangkannya."

Snowden, yang izin tinggalnya di Rusia habis tahun depan, mengaku siap mendekam di penjara AS, menambahkan bawa dia "bersedia melakukan banyak pengorbanan demi negaranya."

Tahun lalu, Gedung Putih menolak satu petisi yang ditandatangani oleh sekitar 150.000 orang, yang mendesak pemberian pengampunan bagi Snowden, dan menyatakan Snowden harus "diadili oleh juri dari kalangannya."


Credit  CNN Indonesia




Banjir Korut 'Bencana Terburuk' Sejak Perang Dunia II

 
Banjir Korut 'Bencana Terburuk' Sejak Perang Dunia II Korut lewat kantor berita pemerintah menyebut banjir yang terjadi saat ini sebagai "bencana terburuk" sejak Perang Dunia II. (UNICEF Korut via AFPTV)
 
Jakarta, CB -- Korea Utara lewat kantor berita pemerintah menyebut banjir yang terjadi saat ini sebagai “bencana terburuk” sejak Perang Dunia II.

Kantor berita Korut, KCNA, tidak menyebut jumlah pasti korban tewas akibat banjir, namun laporan PBB menyebut sebanyak 138 orang tewas sementara 400 lainnya masih dinyatakan hilang setelah hujan mendera di wilayah utara.

Air bah dari Sungai Tumen yang menandai perbatasan dengan China dan Rusia melewati desa-desa, menghanyutkan bangunan, serta menyebabkan ribuan orang berada dalam kondisi darurat makanan dan tempat perlindungan.

“Banjir akibat topan yang menghantam Provinsi Hamgyong Utara sejak 29 Agustus hingga 2 September merupakan bencana terburuk sejak pembebasan dari penjajahan kolonial Jepang pada 1945,” lapor KCNA.


KCNA juga untuk pertama kalinya memberikan dampak kerusakan akibat banjir dan jumlah orang terlantar, yakni sebanyak 68.900 orang. Sedang PBB menyebut sebanyak 107 ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena banjir,

Sementara itu, KCNA menyebut setidaknya 29.800 rumah dan 900 bangunan publik hancur, 180 ruas jalan dan lebih dari 60 jembatan rusak parah, ditambah terputusnya aliran listrik dan komunikasi.

Meski begitu, laporan KCNA tetap mengelukan peran Partai Pekerja yang berkuasa dalam merespons banjir, yang mengklaim sedang mengupayakan perbaikan bangunan di wilayah perbatasan timur laut.

Disebut pula bahwa mliter dan warga sipil merespons baik seruan pemerintah untuk berpartisipasi dalam upaya penyelamatan.

Korut rentan akan berbagai bencana alam, terutama banjir, karena laju deforestasi yang cepat, demi kepentingan bahan bakar dan pertanian. Padahal, pemerintah Korut mengeluarkan anggaran besar dalam program nuklir dengan dalih antisipasi serangan dari Amerika Serikat.

Rangkaian bencana banjir dan kekeringan menjadi sebagian penyebab bencana kelaparan yang menewaskan ribuan orang pada 1994-1998, yang diperparah dengan berhentinya dukungan dari Uni Soviet.

Organisasi Makanan dan Pertanian PBB pada April lalu mengatakan bahwa kekurangan makanan yang mendera Korut diperkirakan akan semakin parah, dikarenakan stok makanan yang menipis sejak tahun lalu.

Dewan Keamanan PBB, sementara itu, berencana untuk memberlakukan sanksi baru setelah uji coba nuklir Korut pada Jumat lalu.


Credit  CNN Indonesia


Banjir di Korut Tewaskan 133 Orang


Banjir di Korut Tewaskan 133 Orang 
 Ilustrasi (Reuters/Denis Balibouse)
 
Jakarta, CB -- Banjir akibat hujan deras di Korea Utara dalam beberapa hari terakhir menewaskan 133 orang, sementara 395 lainnya dinyatakan hilang.

Pernyataan dari PBB pada Senin (12/9) itu muncul di tengah kekhawatiran atas uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korut pada Jumat lalu.

Kantor PBB untuk Urusan Koordinasi Kemanusiaan (OCHA) dalam laporannya mengatakan bahwa lebih dari 35.500 rumah rusak, dua per tiga di antaranya rusak total, dan 107 ribu orang terlantar akibat banjir.

OCHA menyatakan bahwa jumlah orang hilang berdasarkan data dari pemerintah Korut.
Sementara itu, media Korut menyebut bahwa hujan deras pada akhir Agustus dan awal September menyebabkan kerusakan berat di dekat Sungai Tumen. Meski begitu, tidak disebut jumlah korban tewas akibat banjir.

OCHA menyebut bahwa penilaian kerusakan akibat banjir oleh PBB dibuat berdasar kunjungan badan PBB, Palang Merah Internasional, Bulan Sabit Merah, Palang Merah Korut serta beberapa LSM lain ke wilayah terkena banjir di timur laut negara itu pekan lalu.

Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan Ahad kemarin bahwa “fenomena iklim” terburuk dalam 70 tahun mendera wilayah utara Korit dan menyebabkan “kerugian besar”, dan bahwa perbaikan sedang dilakukan oleh pemerintah.
Reuters menyebut laju deforestasi untuk bahan bakar dan pertanian membuat Korut rawan bencana alam, terutama banjir.

Palang Merah, seperti dilansir AFP, menyebut setidaknya 100 ribu orang di Kota Hoeryonh tidak punya akses air minum bersih, dan hingga 600 ribu orang menghadapi gangguan terhadap akses persediaan air mereka.

Bencana ini memperparah situasi kekurangan makanan yang sudah melanda Korut, dengan sekitar 16 ribu hektare lahan pertanian terkena banjir hanya beberapa pekan sebelum waktu panen.

“Kerugian mereka adalah bencana lain yang akan dirasakan pada beberapa pekan atau bulan mendatang,” kata Palang Merah.


Credit  CNN Indonesia


India gelar perundingan nuklir dengan China

 
India gelar perundingan nuklir dengan China
Ilustrasi para ahli bekerja di reaktor nuklir. (powertecrussia.com)
 
New Delhi (CB) - India pada Selasa mengaku telah menggelar perundingan "subtantif" dengan China untuk menjadi anggota penuh Kelompok Penyedia Nuklir (Nuclear Suppliers Group/NSG), organisasi negara-negara yang menjual-belikan teknologi atom untuk kepentingan sipil.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, tengah berupaya bergabung dengan NSG untuk membiayai proyek pembangunan pembangkit tenaga nuklir senilai milyaran dolar Amerika Serikat dengan bantuan dari Rusia, Amerika Serikat, dan Prancis.

India beralasan bahwa mereka harus berhenti terlalu bergantung pada sumber energi fosil yang tidak ramah lingkungan.

Namun upaya untuk mendapatkan pengakuan di organisasi beranggotakan 48 negara itu selalu gagal karena penolakan dari Beijing. Semua anggota dalam kelompok itu mempunyai hak veto karena menganut asas konsensus.

NSG didirikan pada 1974 sebagai respon atas uji coba senjata nuklir pertama dari India.

Kementerian Luar Negeri India, dalam pernyataan tertulis, mengatakan bahwa kepala negosiator nuklir, Amandeep Singh Gill, telah menyambut kehadiran delegasi China yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Chin, Wang Qun.

Perundingan itu membahas sejumlah persoalan bersama yang terkait dengan pelucutan senjata dan non-proliferasi, serta fokus pada upaya India untuk bergabung dengan NSG.

"Perundingan itu berjalan dengan suasana bersahabat, pragmatis, dan subtantif," kata Kementerian Luar Negeri India.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri China, dalam pernyataan terpisah, menanggapi upaya penggabungan diri negara yang bukan anggota Perjanjian Non-Proliferasi merupakan "persoalan baru" bagi NSG.

China mengaku terbuka untuk berdialog mengenai hal tersebut, namun belum memutuskan sikap terkait keanggotaan neara yang tidak menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi.

Perjanjian tersebut hanya mengakui lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB -- Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris, dan Prancis -- sebagai satu-satunya pemegang hak untuk mengembangkan senjata nuklir.

Negara-negara lain tidak boleh melakukan hal yang sama.

India sendiri menegaskan tidak akan menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi. Mereka mengatakan bahwa catatan sejarah India seharusnya cukup untuk memperoleh hak keanggotaan penuh dalam NSG.

Sejak tahun 2008, India diperblehkan untuk terlibat dalam perdagangan nuklir dengan anggota NSG, namun tidak punya hak suara dalam pengambilan keputusan organisasi tersebut.

Salah satu pendukung India untuk masuk ke NSG adalah Amerika Serikat.




Credit  ANTARA News




China: hubungan dengan Filipina masuki babak baru

 
Beijing (CB) - Hubungan China dengan Filipina memasuki babak baru dan Beijing mengharapkan pemerintah Manila mampu menangani masalah antarnegara dengan baik, kata diplomat penting negeri Tirai Bambu itu ke perutusan Filipina, yang tengah berkunjung.

China dan Filipina berselisih memperebutkan wilayah perairan di Laut China Selatan.

Pemerintah di Beijing mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan, yang dilalui kapal dagang senilai lima triliun dolar Amerika Serikat per tahun.

Namun, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam turut mengklaim kepemilikan atas perairan tersebut.

Pengadilan arbitrase di Denhaag membatalkan klaim China atas Laut China Selatan dalam perkara yang didaftarkan Filipina pada Juli.

Akan tetapi, pemerintah di Beijing menolak mengakui keputusan sidang tersebut.

Kedua negara itu tampak berusaha meredakan ketegangan. Perdana Menteri China Li Keqiang berbicara ke Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Ia berharap hubungan dwipihak pulih.

Wakil Menteri Luar Negeri China Liu Zhenmin berbicara ke perutus Filipina urusan luar negeri di Beijing bahwa hubungan antarnegara "telah terpuruk ke tingkat terendah akibat alasan yang diketahui tiap orang," kata pihak Kementerian Luar Negeri China pada Selasa.

"Pada saat ini, hubungan China dengan Filipina memasuki babak baru," katanya mengutip ungkapan Liu.

China "berharap Filipina dapat mengatasi isu ini dengan tepat, dan mendorong agar relasi antarnegara kembali mengedepankan jalur dialog, konsultasi, serta kerja sama yang bersahabat", katanya.

Mantan Presiden Fidel Ramos sebagai utusan khusus Filipina dalam kunjungan ke Hong Kong bulan lalu mengatakan, pihak Manila menginginkan perundingan formal dengan China untuk membahas langkah menuju perdamaian dan kerja sama. Demikian laporan Reuters.




Credit  ANTARA News



Jerman kirim 650 tentara untuk hentikan penyelundupan senjata ISIS

 
Berlin (CB) - Kabinet Jerman pada Rabu memberi lampu hijau terhadap kebijakan pengiriman 650 tentara untuk bergabung dengan satuan NATO guna menghentikan penyelundupan senjata oleh ISIS melalui Laut Tengah.

Keterlibatan Jerman dalam operasi NATO bertajuk "Pengawal Samudera" itu akan berlaku sampai hingga akhir 2017. Dalam beberapa keadaan luar biasa, yang mendesak, Jerman akan mengirim pasukan tambahan untuk tugas tersebut.

Pengiriman tentara pada Rabu itu adalah bagian dari perubahan besar Jerman, yang ingin memperluas peran militernya di Eropa dan NATO.

Menteri Pertahanan Ursula von der Leyep berupaya membarui peralatan militer dan merekrut lebih banyak tentara dalam angkatan bersenjata, setelah bertahun-tahun mengalami penurunan.

Negara anggota NATO pada Juli di Polandia sepakat memulai tugas kelautan baru untuk menghentikan penyelundupan senjata ISIS.

Sejumlah kapal Jerman juga ikut dalam tugas militer Uni Eropa bertajuk "Sophia" untuk menghentikan penyelundupan senjata dan perdagangan manusia dari perairan Libya, demikian laporan Reuters.

Credit  ANTARA News

Rabu, 14 September 2016

Presiden Jokowi saksikan latihan tempur di Laut Jawa

 
Presiden Jokowi saksikan latihan tempur di Laut Jawa
Presiden Jokowi berfoto bersama para pimpinan yang terlibat dalam latihan Armada Jaya XXIV/2016, di Laut Jawa Utara Madura, Rabu (14/9/2016). (Foto: Biro Pers Setpres)
 
Laut Jawa (CB) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, menyaksikan latihan tempur dengan nama sandi Armada Jaya XXXIV/2016 di Laut Jawa dari Geladak Isyarat KRI Banjarmasin-592.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) sekitar pukul 08.50 WIB, kemudian menuju KRI Banjarmasin-592 menggunakan Helikopter Bell TNI AL dengan waktu tempuh sekitar 36 menit dan mendarat sekitar pukul 09.36 WIB.

Turut mendampingi Presiden yakni Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Timur Sukarwo.

Setibanya di Lounge Room Perwira, Jokowi menerima paparan singkat dari Komandan Satuan Tugas Laksamana Pertama TNI TSNB Hutabarat mengenai penembakan senjata strategis.

Setelah itu, Presiden menuju Geladak Isyarat KRI Banjarmasin-592 dengan berjalan kaki untuk menyaksikan demo keterampilan TNI AL, di antaranya latihan penembakan roket kapal selam jenis RBU 6000 oleh empat KRI Kelas Parchim.

Berikutnya, latihan evakuasi medis udara antarkapal menggunakan helikopter, latihan pembekalan di laut untuk melaksanakan transfer logistik maupun personel, dan latihan penembakan senjata antikapal permukaan menggunakan senjata meriam berbagai kaliber dengan sasaran menggunakan Killer Tomatto.

Dalam keterangannya kepada wartawan di Geladak KRI Banjarmasin-592, Presiden menekankan pentingnya latihan rutin tersebut.

"Ya, ini adalah latihan puncak (TNI) Angkatan Laut yang dilakukan setiap dua tahun, dan dalam latihan ini dicoba senjata-senjata strategis yang kita punya, tadi sudah dicoba rudalnya, sudah dicoba juga meriam artilerinya, dan juga roket-roket antikapal selam juga sudah dicoba," kata Jokowi.

Selain untuk menguji coba senjata strategis yang dimiliki TNI AL, latihan itu sekaligus untuk menunjukkan kepada publik bahwa senjata strategis Indonesia tidak kalah dengan negara lain.

Sejumlah senjata strategis yang diuji coba pada kesempatan itu di antaranya rudal C705 jenis SSM buatan China  dengan kemampuan menghancurkan satu corvette berbobot 1.500 kg. Rudal tersebut diluncurkan dari KR Clurit 641.

Dari geladak KRI Banjarmasin-592, Presiden memberikan komando kepada KRI Clurit 641 untuk meluncurkan rudal C705.

Torpedo SUT buatan Jerman yang memiliki jarak efektif 12 km - 28,5 km dan kecepatan 18-34 juga diujicobakan dalam latihan itu. Kapal yang menembakkan artileri di antaranya KRI Diponegoro dan KRI Usman Harun.

Sementara KRI Kujang sedianya meluncurkan rudal C02 yang juga buatan China, namun batal. Rudal tersebut mampu menghancurkan satu destroyer berbobot 3.000 kg.

Latihan tempur itu dilakukan secara rutin setiap dua tahun sekali.

Sementara itu, sekitar pukul 12.40 WIB Presiden menuju Situbondo untuk melanjutkan agenda kunjungan kerja berikutnya di Jatim.




Credit  ANTARA News




Lukisan Ini Kuak Misteri Karamnya Kapal Perang Abad Pertengahan

 
CB, London - Temuan beberapa tengkorak, buritan kapal, dan beberapa artefak dari kapal perang dari era Dinasti Tudor di Inggris yang tenggelam pada 1545 bisa ditelaah bentu tiga dimensi secara daring (online). Namun demikian, penyebab tenggelamnya kapal itu masih menjadi misteri.
Banyak orang menduga kapal itu tenggelam dalam pelayaran perdana dari Portsmouth Harbor ke Solent akibat cuaca buruk. Padahal, kapal bernama Mary Rose itu tenggelam ketika mempertahankan Inggris dari invasi Prancis.
Armada Inggris terdiri dari 80 kapal, sedangkan armada Prancis memiliki 200 kapal dengan 30 ribu pasukan.
Armada Prancis buang sauh dekat Isle of Wright. Akibatnya, nasib kubu Raja Henry VIII cukup genting.
Pasukan utama Henry VIII sedang berada di Prancis demi mempertahankan Calais dan Boulogne yang dulu dikuasai Inggris. Jadi, ia memanggil 12 ribu milisi yang terdiri atas pemuda yang masih hijau dan para petani di Portsmouth.
Kekuatan Inggris hanya sekitar sepertiga kekuatan Prancis sehingga satu-satunya cara bertahan adalah mencegah pendaratan pasukan musuh.
Dikutip dari Ancient Origins pada Selasa (13/9/2016), selama ini diduga kapal Mary Rose terhempas angin kencang seperti disebutkan sejumlah saksi, tapi sekarang ada dugaan bahwa para awaknya memang belum mahir dan tidak mau patuh pada perintah.
Belakangan ada dugaan bahwa kebanyakan awak adalah bangsa Spanyol yang tidak mengerti bahasa Inggris, sehingga menimbulkan kebingungan dan kekacauan.

Pertempuran Solent

Penulis Dominic Fontana mencoba melakukan rekonstruksi Pertempuran Solent dengan menelaah catatan geografis dan sejarah.
Selain tulisan, ia menelaah lukisan sepanjang 6 meter di ruang makan Cowdray House, Sussex, yang menampilkan suasana pertempuran dan mungkin dilukis antara 1545 dan 1548. Lukisan asli terbakar pada 1793, tapi ada sejumlah salinan yang dilukis 20 tahun sebelumnya.
Dalam gambar itu terlihat pasukan penyerbu dari Prancis di sebelah kiri dan armada Inggris di kanan, di sekitar Solent.
Raja Henry VIII sedang berkuda menuju Southsea Castle, diikuti oleh Sir Anthony Browne, Kepala Pasukan Berkuda Raja yang menugaskan pembuatan dokumentasi lukisan tersebut.
Di tengah lukisan ada gambar tiang Mary Rose menjulang ke permukaan laut dikelilingi seorang pelaut yang melambaikan tangan di puncak tiang utama. Di sekitarnya ada beberapa jasad pelaut lain dan beberapa sekoci penyelamat.
Dengan dibantu teknologi pemetaan digital, posisi semua kapal, pasukan, dan instalasi dapat diketahui dan dipetakan dalam pertempuran. Lukisan itu cukup teliti untuk menggambarkan geografi Solent.
Beberapa tempat seperti benteng, gereja, dan sungai yang masih ada saat ini memungkinkan penempatan elemen-elemen dari masa lalu.
Bahkan bisa dilakukan rekonstruksi arus ombak pada hari pertempuran, sehingga bisa ditebak tindakan-tindakan dua armada yang sedang bertempur sehingga mempertegas tulisan-tulisan dari saat itu maupun bukti arkeologis sesuai dengan konteks geografis di Solent.

Peran Gelombang Laut

Rekonstruksi ombak menunjukkan waktu sekitar pukul 08.00 pagi hingga siang hari, karena arus laut di Solent bergerak ke barat.
Pada hari yang tenang dan cerah itu tidak ada angin, sehingga kapal-kapal Inggris tidak bisa bergerak dan terikat pada jangkar di Spithead.
Ombak mendorong kapal-kapal Inggris sehingga haluannya mengarah ke pihak Prancis. Perincian ini penting karena ini berarti kapal-kapal Inggris tidak bisa menembak langsung. Meriam mereka berada di sisi lambung kapal.
Dengan demikian, selama 4 jam, pasukan Prancis diuntungkan oleh gelombang laut dan sanggup menyerang dengan 5 kapal ke arah pihak Inggris yang tidak bisa membalas tembakan.
Kapal jenis Mediterranea itu dilengkapi dengan 2 atau 4 meriam besar yang menembak langsung ke depan dari jarak jauh.
Di pagi hari, pasukan Prancis diuntungkan. Tidak seperti kapal Inggris, kapal Prancis digerakkan oleh para pendayung yang terdiri dari para tawanan perang dan narapidana sehingga bisa bergerak tanpa tergantung arus angin ataupun ombak.
Hal-hal rinci seperti ini menengarai bahwa kapal Mary Rose babak belur ditembaki di haluannya. Saksi Martin Du Bellay dari Prancis menyebutkan, "Diuntungkan oleh laut yang sedang tenang, tanpa angin ataupun ombak yang kuat, kapal-kapal kami bisa melakukan maneuver sesukanya dan merugikan musuh yang tidak bisa bergerak tanpa angin, sehingga terpapar tembakan artileri kami."
Diduga, pasukan Prancis tidak meleset menyerang musuh mereka karena bisa begitu dekat ke kapal-kapal Inggris. Walaupun begitu, parahnya kerusakan haluan Mary Rose masih belum diketahui karena memerlukan ekskavasi dari dasar laut.
Kalau sekedar buritan rusak sebenarnya tidak masalah walaupun air laut bisa masuk ke lambung kapal. Yang menarik, pompa dalam kapal Mary Rose tidak ditemukan di tempat seharusnya ketika bangkai kapal digali.
Pompa itu rusak sebagian dan tidak berfungsi pada saat kapal tenggelam, mungkin rusak karena dipakai terlalu berat.

Penyerbuan oleh Prancis

Di siang bolong, biasanya angin laut menerpa Solent. Karena itu, Mary Rose memiliki kesempatan berlayar dan membawa persenjataannya menghadang kapal-kapal Prancis.
Sekitar pukul 16.00 atau 17.00 sore, Mary Rose menuju ke utara, sesuai dengan arah geraknya ketika tenggelam. Bukti arkeologis menceritakan bahwa beberapa meriam telah ditembakkan, sehingga kapal itu diduga sempat berhadapan dengan musuh.
Kapal itu terus menuju utara, tapi diduga terombang-ambing dan berlayar dengan lamban karena telah terkena tembakan sewaktu terdiam kekurangan angin.
Para awak Mary Rose diduga sudah mengetahui sedang dalam masalah dan merasakan gerak-gerik kapal yang terombang-ambing. Penulis Dominic Fontana menduga para awak kapal bermaksud membawa kapal ke Spitbank, sekitar 600 meter dari tempat tenggelamnya.
Sebenarnya hanya perlu 6 menit lagi supaya kapal itu aman, tapi kapal terombang-ambing terlalu keras dan terlalu lama sehingga lubang-lubang meriam di lambung kapal kemasukan air dan kapal itupun tenggelam hanya dalam beberapa detik saja.
Tenggelamnya Mary Rose menewaskan sekitar 500 awak di dalamnya. Hanya 35 orang yang dilaporkan selamat.
Para awak itu diduga mendapat pandangan tidak adil perihal tenggelamnya kapal mereka. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka tidak kompeten atau tidak disiplin. Dan sepertinya tidak mungkin ada hempasan angin di kala cuaca cerah saat itu.
Tapi, sebelum haluan kapal ditemukan, masih banyak teori-teori yang harus dibuktikan.








Credit  Liputan6.com




Bos Badan Anti-korupsi Rusia Ditangkap Berikut Uang Rp 1,6 T


  Bos Badan Anti-korupsi Rusia Ditangkap Berikut Uang Rp 1,6 T  

Dmitry Zakharchenko. themoscowtimes.com
 
 CB Moskow - Wakil ketua badan anti-korupsi Rusia, Dmitry Zakharchenko, ditangkap setelah polisi menemukan uang lebih dari US$ 120 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun di rumahnya di Moskow.

Saat penggerebekan, polisi menemukan uang sebanyak itu dalam bentuk pecahan US$ 100 dollar yang disusun rapi dan dililit pakai gelang karet. Uang itu disimpan dalam kardus.

Zakharchenko resmi ditahan pada hari Sabtu, 10 September 2016, mengutip Telegraph, 13 September 2016.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Presiden Vladimir Putin telah diberi tahu mengenai penangkapan Zakharchenko dan temuan uang Rp 1,6 triliun di rumahnya. Kremlin menjelaskan kasus ini merupakan kasus suap terbaru yang melibatkan pejabat tinggi Rusia.

Peskov menegaskan aparat saat ini memerangi kejahatan suap di kalangan pejabat Rusia. "Perang melawan korupsi merupakan proses multisektor, sangat bergelombang, dan sangat kompleks," kata Peskov.

Moscow Times menjelaskan, Zakharchenko sebagai Wakil Komite Keamanan Ekonomi dan Pemberantasan Korupsi di Kementerian Dalam Negeri memiliki penghasilan sekitar US$ 46 ribu atau Rp 606 juta per tahun.

Penyidik tengah mengusut keterlibatan Zakharchenko dalam kasus NOTA Bank yang saat ini ditutup atas dugaan pelanggaran peraturan perbankan. Izin bank yang termasuk 100 bank teratas di Rusia dalam kepemilikan aset itu telah dicabut pada November 2015.

Zakharchenko menolak menanggapi kasus ini. Ia berada dalam tahanan hingga 8 November mendatang





Credit  TEMPO.CO



Parlemen Inggris Salahkan Cameron Soal Krisis Libya

 David Cameron
David Cameron

CB, LONDON -- Parlemen Inggris menyalahkan adanya intervensi negara itu dalam konflik di Libya pada 2011 lalu. Intervensi yang diperintahkan oleh mantan perdana menteri David Cameron tersebut telah menimbulkan krisis besar bagi Libya, serta keruntuhan ekonomi.

Inggris dan Prancis memimpin upaya internasional dalam membantu menggulingkan Presiden Libya Muamar Qadafi. Dengan mengerahkan jet tempur, kedua negara menggempur tentara Qadafi dan menggulingkannya.

Sejak itu, Libya mengalami kekacauan. Mulai dari mantan pemberontak yang masih berupaya memperebutkan wilayah kekuasaan, kedatangan kelompok militan seperti Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), hingga negara itu menjadi jalur penyelundupan manusia ke Eropa.

Cameron yang memimpin Inggris dari 2010 hingga Juli lalu memiliki peran sangat menentukan dalam keputusan intervensi. Komite Urusan Luar Negeri di parlemen Inggris mengatakan harus ada bentuk tanggung jawab yang dilakukan negara itu untuk mengatasi krisis Libya.

 
"Tindakan Inggris adalah bagian dari intervensi yang disalahpahami dan hasilnya masih terlihat sangat buruk hingga saat ini," ujar ketua komite sekaligus anggota dari partai konservatif, Crispin Blunt dalam laporan yang dirilis Rabu (14/9).

Laporan itu juga menyebutkan Pemerintah Inggris, di masa kepemimpinan Cameron, gagal mengidentifikasi laporan intelijen akan ada ancaman besar-besaran terhadap warga sipil pascaintervensi.


Credit  REPUBLIKA.CO.ID






Menlu Turki: Dubes AS Bukan Gubernur Turki

 Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
 
CB, ANKARA -- Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengecam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di negara itu. Ia juga menyebutkan, duta besar AS di Turki bukanlah seorang gubernur.

Kedutaan AS merilis pernyataan pada Ahad (11/9) lalu terkait dengan adanya pemberhentian 24 wali kota yang baru terpilih di wilayah timur dan tenggara Turki. AS menyuarakan keprihatinan mengenai tindakan yang dilakukan pemerintahan Turki

Menurut Cavusoglu, AS tidak seharusnya menyuarakan keprihatinan atas upaya mereka dalam mencegah dan menangani terorisme.  "Pernyataan sekutu kami membuat kami sangat kecewa. Kami menyuarakan keprihatinan tentang masalah di banyak negara, namun tidak dengan meminta duta besar membuat pernyataan," ujar Cavusoglu, dilansir Hurriyet Daily News, Rabu (14/9).

Ia juga menilai AS tidak berhak mengatakan apapun terkait masalah penggantian pejabat Turki. Menurut Cavusoglu, seharusnya AS bisa lebih menghormati negara itu sebagai mitra yang sejajar.  "Kami menyuarakan keprihatinan langsung ke rekan-rekan AS bukan dengan memberi pernyataan seperti masalah rasisme di negara itu sebagai bentuk kesantunan," jelas Cavusoglu.



Credit  REPUBLIKA.CO.ID



Dalam Sehari, Miliarder Dunia Kehilangan Kekayaannya Hingga Rp 493 Triliun

 
Ilustrasi: Aset
Ilustrasi: Aset
 
CB,  OMAHA -- Para miliarder dunia menderita kerugian hingga 37,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 493,367 triliun dalam perdagangan di lantai bursa, Selasa (13/9). Penurunan jumlah kekayaan para miliarder dunia ini terjadi di tengah lesunya pasar ekuitas global yang mengakibat merosotnya harga saham dan obligasi.
Harga minyak dunia yang jatuh setelah prediksi Badan Energi Internasional (IEA) juga menjadi penyebab terjadinya penurunan ini. IEA memperkirakan jatuhnya harga minyak akan berlanjut hingga tahun depan.
Dilansir Bloomberg, Rabu (14/9), Warren Buffett kehilangan 1,4 miliar dolar AS dari kekayaan yang dimilikinya setelah harga saham Wells Fargo & Co turun 3,3 persen dalam perdagangan Selasa (13/9). Anjloknya harga saham Wells Fargo menyusul skandal pembobolan lebih dari dua juta rekening nasabah oleh karyawan bank tersebut.
Perusahaan investasi milik Buffet, Berkshire Hathaway Inc, yang merupakan pemegang saham terbesar Wells Fargo turun dua persen. Hal ini menyebabkan jumlah kekayaan Buffet mengalami penurunan. Miliarder Amerika Serikat berusia 86 tahun ini merupakan orang keempat terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai 65,8 miliar dolar AS.
Penurunan jumlah kekayaan tidak hanya dialami oleh Buffet saja. Bloomberg menyebutkan, orang kedua terkaya dunia yang merupakan pendiri Inditex SA Amancio Ortega memimpin daftar 400 orang terkaya dunia dengan penurunan kekayaan sebesar 3,3 miliar dolar AS sejak perdagangan di lantai bursa dimulai.
Sementara Co founder Microsoft Bill Gates, orang terkaya pertama di dunia dengan kekayaan 87,3 miliar dolar AS, dilaporkan telah kehilangan 2,4 miliar dolar AS.
Sedangkan pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos, yang merupakan orang terkaya ketiga dunia dengan kekayaan mencapai 66,2 miliar dolar AS, kehilangan 1,9 miliar dolar AS. Buffet yang tampaknya cukup beruntung karena ia hanya kehilangan kekayaan 1,6 miliar dolar AS.



Credit  REPUBLIKA.CO.ID






Apakah Biaya Proyek Masela Turun Berkat Arcandra? Ini Penjelasan Luhut



Apakah Biaya Proyek Masela Turun Berkat Arcandra? Ini Penjelasan Luhut  
Foto: Ari Saputra

Jakarta - Pernyataan Menko Kemaritiman sekaligus Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, bahwa Arcandra Tahar berjasa 'menyelamatkan uang negara' di Blok Masela selama 20 hari menjadi Menteri ESDM kini mulai dikritisi.

Di berbagai kesempatan, Luhut melontarkan, biaya investasi untuk Blok Masela turun dari US$ 22 miliar menjadi US$ 15,5 miliar berkat Arcandra. Perhitungan itu dibuat setelah Arcandra melakukan pertemuan dengan operator Blok Masela, Inpex Corporation, pada akhir Juli lalu.

Luhut dinilai mengada-ada, biaya investasi di Blok Masela bisa turun bukan lantaran kecerdasan Arcandra. Angka perkiraan yang tinggi dihitung saat harga minyak masih sekitar US$ 100/barel. Sekarang harga minyak sedang berada di kisaran US$ 50/barel. Anjloknya harga minyak membuat biaya-biaya untuk konstruksi dan jasa penunjang untuk pengeboran minyak menjadi lebih murah.

Dengan asumsi kondisi seperti sekarang, maka wajar biaya investasi untuk pengembangan Blok Masela bisa turun menjadi US$ 15,5 miliar. Penurunan terjadi bukan karena pemangkasan, melainkan dampak merosotnya harga minyak dunia.

Tapi Luhut membantah pendapat itu. Dia mengatakan, angka perkiraan biaya investasi untuk Blok Masela sebesar US$ 22 miliar juga dibuat saat harga minyak sudah jatuh. Jadi menurutnya, penurunan biaya adalah hasil pemangkasan.

"Nggak, dulu dibuat US$ 22 miliar itu dengan harga minyak seperti sekarang. Jadi US$ 22 miliar itu dengan kondisi harga minyak sudah rendah," kata Luhut saat ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Dia mengklaim, Arcandra memangkas berbagai 'pengeluaran yang tidak perlu', misalnya biaya untuk pembangunan pipa-pipa gas. "Banyak hal-hal yang tidak perlu setelah dilihat. Misalnya biaya soal pipa, pengoperasian, risiko," paparnya.

Tapi diakuinya, besarnya biaya investasi pengembangan Blok Masela belum dapat dipastikan. Sebab, revisi Plan of Development (POD) Lapangan Abadi masih berjalan. Angka sebesar US$ 15,5 miliar itu masih hitungan yang mentah sekali, tidak akurat dan belum tentu dana sebesar itu sudah cukup untuk pengembangan Blok Masela.

Penyusunan POD masih harus melalui berbagai proses seperti Pre Front End Engineering Design (Pre FEED), FEED, baru setelah itu POD. Angka perkiraan yang paling adalah di POD. "Sekarang kita minta, bisa nggak Inpex membuat hitungan baru, dan hitungan baru itu pasti di bawah US$ 22 miliar. Tepatnya berapa, tunggu POD-nya dari SKK Migas," ucapnya.

Dia menambahkan, saat ini sudah tidak ada masalah lagi untuk pengembangan Blok Masela. Inpex Corporation, operator Blok Masela, tinggal menyiapkan revisi POD. Diharapkan revisi POD selesai dalam 8 bulan.

"Tidak ada masalah, tinggal mereka siapkan POD-nya. Kalau boleh POD selesai 8 bulan, jangan setahun. Mereka (Inpex) siap," tutupnya.





Credit  detikFinance





Benarkah Arcandra Selamatkan Uang Negara di Proyek Masela?


Benarkah Arcandra Selamatkan Uang Negara di Proyek Masela?  
Foto: Grandyos Zafna/detikcom


Jakarta - Dalam berbagai kesempatan, Menko Kemaritiman sekaligus Plt Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan, kerap melontarkan pujian kepada Arcandra Tahar yang disebutnya berhasil 'menyelamatkan uang negara' di Blok Masela, selama 20 hari menjadi Menteri ESDM.

Kata Luhut, biaya investasi untuk Blok Masela turun dari US$ 22 miliar menjadi US$ 15,5 miliar berkat Arcandra. Perhitungan itu dibuat setelah Arcandra melakukan pertemuan dengan operator Blok Masela, Inpex Corporation, pada akhir Juli lalu.

Benarkah Arcandra berhasil menurunkan biaya investasi di Blok Masela?

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Andang Bachtiar, menerangkan bahwa revisi Plan of Development (POD) alias rencana pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela, masih dalam proses. Angka sebesar US$ 15,5 miliar itu masih hitungan yang mentah sekali, tidak akurat dan belum tentu dana sebesar itu sudah cukup untuk pengembangan Blok Masela.

Inpex Corporation dan Shell, selaku kontraktor Blok Masela, juga belum menyepakati angka itu. Penyusunan POD masih harus melalui berbagai proses seperti Pre Front End Engineering Design (Pre FEED), FEED, baru setelah itu POD.

"Prosesnya kan panjang untuk menuju POD, harus negosiasi 2 pihak juga. Apa iya sudah ada kesepakatan? Bisa dilaksanakan nggak proyek Masela dengan US$ 15,5 miliar? POD saja belum tahu mau bagaimana?" kata Andang kepada detikFinance di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Proyek Masela saat ini masih belum berjalan sama sekali, baru penyusunan POD saja. Maka jelas belum ada uang yang keluar. "Jadi penghematan uang negara itu belum terjadi," tandasnya.

Berdasarkan perkiraan SKK Migas yang diumumkan saat pembahasan POD akhir tahun lalu, pengembangan Blok Masela dengan skema kilang di darat (onshore) membutuhkan biaya kurang lebih US$ 19,3 miliar.

Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas, Muliawan, pernah menjelaskan angka US$ 19,3 miliar itu adalah perkiraan yang dibuat tahun 2013 saat harga minyak berada di kisaran US$ 100/barel.

Sementara harga minyak saat ini berada di kisaran US$ 50/barel. Anjloknya harga minyak membuat biaya-biaya untuk konstruksi dan jasa penunjang untuk pengeboran minyak menjadi lebih murah.

Dengan asumsi kondisi seperti sekarang, maka biaya investasi untuk pengembangan Blok Masela bisa turun menjadi US$ 15,5 miliar. Penurunan terjadi bukan karena pemangkasan, melainkan dampak merosotnya harga minyak.

"(Biaya investasi untuk pengembangan Blok Masela bisa turun) Karena harga minyaknya turun, penawarannya bisa relatif rendah, makanya jasa penunjang over supply. Apalagi sekarang kan pakai onshore, teknologinya lebih mudah," kata Muliawan kepada detikFinance, beberapa waktu lalu.

Tapi angka US$ 15,5 miliar yang disebut oleh Arcandra Tahar saat bertemu dengan Inpex itu masih perhitungan kasar, baru semacam survei pasar saja.

Sementara saat dihubungi detikFinance beberapa waktu lalu, Juru Bicara Inpex Corporation, Usman Slamet, menyatakan pihaknya akan terus berdiskusi dengan pemerintah untuk mempercepat pengembangan Blok Masela, mencari cara bagaimana agar ladang gas dengan cadangan 10 trilun kaki kubik (TCF) ini bisa ekonomis untuk digarap.

"Sekarang kita sedang berbicara insentif dengan pemerintah dan SKK Migas agar proyek ini bisa cepat berjalan. Kita juga ingin Blok Masela cepat jalan," tutupnya.



Credit  detikFinance





Ini Penampakan Kereta Otomatis Asal Jepang yang Akan Dibangun di Cikarang



Ini Penampakan Kereta Otomatis Asal Jepang yang Akan Dibangun di Cikarang Foto: Eduardo Simorangkir

Jakarta - PT Lippo Cikarang Tbk akan membangun moda transportasi massal Automated People Mover (APM) dalam bentuk Automated Guideway Transit (AGT), sebuah kereta otomatis yang dipisahkan oleh sistem transit di mana kendaraan secara otomatis akan mengikuti rel yang ada. Sistem transportasi ini telah dikembangkan di kota-kota di Singapura, Jepang, Korea, Dubai, hingga Amerika.

Sistem transportasi baru yang terintegrasi ini diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Jika dibandingkan dengan moda transportasi sejenis lainnya, AGT memiliki pergerakan yang lebih cepat namun halus sehingga tidak menimbulkan suara bising dan getaran.

"Jadi ini moda transportasi masa depan, bukan lagi pakai mobil ke Jakarta habis waktu dua hingga tiga jam. Kita akan selesaikan ini antara 2017 hingga 2019," ujar Direktur Marketing Officer PT Lippo Cikarang Tbk Stanley Ang di Jakarta, Selasa (13/9/2016).



Dengan kecepatannya dan sistem yang terintegrasi, jenis transportasi ini dapat mengangkut 50 ribu hingga 250 ribu penumpang setiap harinya. Pengoperasiannya pun tidak menggunakan sistem gerbong seperti MRT, dan dapat dikonfigurasi dengan mudah. Adapun panjang lintasan dari sistem transportasi ini berkisar 5-30 km, dengan jarak antar stasiun berkisar 1-2 km saja.

AGT menggunakan tiang pier atau jalur di atas jalan dengan ukuran yang lebih ramping (8,4 meter) dari kereta api atau commuter line (9,3 meter). Kereta ini juga dapat lebih leluasa pergerakan memutarnya dengan radius mencapai 30 meter sehingga lebih flexible dalam beroperasi.



Biaya konstruksi moda transportasi AGT ini ditenggarai lebih murah dari moda transportasi sejenis seperti commuter dan MRT, karena penggunaan jenis infrastruktur yang lebih kecil dan ringan, di mana berat rodanya lebih ringan 6-9 ton dari kereta biasa . Konstruksi pun dapat dilakukan dengan cepat mengingat pengerjaannya tidak membutuhkan pengadaan lahan, karena dapat dibangun di atas jalan yang sudah tersedia. Hal ini pula yang mendukung optimisme PT Lippo Cikarang pengerjaannya akan selesai di 2019 mendatang.



Saat ini Lippo tengah menunggu koordinasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai upaya pengerjaan pembangunan moda transportasi masa depan ini.

"Jadi kita ajak para stakeholder memikirkan satu moda transportasi masa depan, bagaimana kita mengusahakan suatu kota yang terintegrasi. Mengurangi perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Selama ini sudah pakai lampu lalu lintas, ganjil genap, 3 in 1. Lalu kawasan yang sifatnya bertumpu pada simpul-simpul angkutan umum. Kita tidak bisa andalkan itu saja," pungkasnya.



Credit  detikFinance




Kereta Otomatis Asal Jepang Ini Akan Hadir Di Bekasi Hingga Cikarang




Kereta Otomatis Asal Jepang Ini Akan Hadir Di Bekasi Hingga Cikarang  
Foto: Eduardo Simorangkir


Jakarta - Koridor Timur Jakarta menjadi wilayah yang padat pergerakannya karena menyumbang 15% dari 47,5 juta pergerakan di Jabodetabek setiap harinya disumbang oleh tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di kawasan tersebut.

Untuk itu dibutuhkan suatu moda transportasi terintegrasi yang dapat menghubungkan antara satu transportasi dengan transportasi lainnya, sehingga masyarakat tidak lagi memerlukan kendaraan pribadi dalam menunjang aktifitas hariannya seperti bekerja.

Salah satu moda transportasi masa depan yang akan digunakan adalah jenis Automated People Mover (APM) yang hadir dalam bentuk Automated Guideway Transit atau kereta otomatis yang dipisahkan oleh sistem transit di mana kendaraan secara otomatis akan mengikuti rel yang ada.

Sistem transportasi ini telah dikembangkan di kota-kota di Singapura, Jepang, Korea, Dubai, hingga Amerika.

Moda transportasi ini memiliki fleksibilitas rute yang luar biasa karena dapat dibangun pada track yang elevated atau melayang dan meminimalisasi penggunaan lahan dan terbukti aman, cepat, dan tepat waktu karena pengoperasian nya yang otomatis terintegrasi dan bebas dari kepadatan lalu lintas.

Saat ini moda transportasi tersebut tengah direncanakan dibangun oleh PT Lippo Cikarang dan bekerja sama dengan stakeholder Jepang Japan Transportation Planning Association (JTPA) dan sedang dalam fase feasibility study (fs) atau uji kelayakan. Pembangunan direncanakan dilakukan pada 2017 mendatang dan ditargetkan selesai pada 2019.

"Jadi kita arahkan mereka untuk tinggalkan mobilnya, dan pakai transportasi umum. Kita mau mengubah mindset, bagaimana orang bisa menggunakan transportasi umum dengan nyaman dan aman, dan meninggalkan mobil mereka," ujar Direktur Marketing Officer PT Lippo Cikarang Tbk Stanley Ang dalam acara diskusi di Marketing Gallery Kemang Village, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2016).

Dalam perencanaannya, moda transportasi tersebut akan dibagi dalam dua jalur, yaitu north south line sebagai tahap pertama yang akan dimulai dari stasiun KA Cikarang melewati Jababeka menuju Cikarang. Sedangkan pada tahap berikutnya, akan membentang dari kawasan industri Bekasi hingga Karawang.

APM ini direncanakan akan terintegrasi dengan jalur LRT Cawang-Bekasi Timur yang memungkinkan aksesibilitas menuju dan dari Koridor Timur Jakarta, sehingga dapat ditempuh dengan mudah.

Moda transportasi masa depan di Koridor Timur Jakarta ini juga akan menghubungkan tujuh kawasan industri di Bekasi.



Credit  detikFinance






Kenalkan New Glenn, Roket yang Bakal Membawamu Bolak-balik ke Antariksa

 
Blue Origin New Glenn dibandingkan dengan sejumlah roket.
 
  CB - Blue Origin, perusahaan teknologi antariksa milik miliarder Jeff Bezos mengumumkan rancangan roket terbaru yang ditargetkan bisa mengantarkan manusia bolak balik ke antariksa segera.

Rancangan yang dirilis pada Senin (12/9/2016) itu mengungkap bahwa New Glenn, nama roket itu, monster. Ukuran roket itu setara dengan Saturn V, roket Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tahun 1966-1973.

Bezos yang juga pendiri Amazon dan pemilik media The Washington Post mengatakan, "Misi kami adalah memungkinkan jutaan orang hidup dan bekerja di antariksa, dan New Glenn adalah langkah penting."

Berdiameter 7 meter, roket itu menjadi salah satu roket baru terbesar, mengalahkan Vulcan, Falcon 9, dan Delta IV Heavy.

Blue Origin membuat 2 variasi New Glenn, "2 stage" dan "3 stage". Variasi "2 stage" yang punyab tinggi 82 meter bakal mengantarkan manusia ke orbit rendah Bumi.

Sementara, variasi "3 stage" yang punya tinggi sekitar 95 meter bakal memungkinkan manusia terbang ke luar orbit Bumi.

Menggunakan mesin BE 4 engines yang dikembangkan sendiri oleh Blue Origin, New Glenn revolusioner karena bisa dipakai berulang kali.

Hal itu penting untuk memangkas ongkos penerbangan antariksa. Bayangkan betapa mahalnya jika setiap kali terbang Jakarta-Tokyo harus menggunakan pesawat baru.

Charles Miller, presiden NexGen Space L.L.C. yang juga mantan penasehat senior NASA kepada New York Times, Senin, mengatakan, "Kemampuan dipakai berulang kali akan mengubah permainan."

New Glenn juga punya keunggulan karena ukurannya besar dan didayai 7 mesin. Menurutnya, itu bisa memangkas ongkos penerbangan antariksa sebab memungkinkan lebih banyak penumpang sekali terbang.

Blue Origin menargetkan, misi ke antariksa ke New Glenn pada akhir dekade ini. Awalnya, yang bisa terbang mungkin hanya orang kaya. Namun ke depan, ditargetkan penerbangan antariksa bisa lebih murah.

Miller mengatakan, kemudahan penerbangan antariksa bakal memberi keuntungan bagi ilmu pengetahuan. Manusia bisa memerkirakan cuaca lebih akurat, memanen energi surya lebih baik, serta memonitor karbon lebih akurat.




Credit  KOMPAS.com