Rabu, 22 April 2015

Israel Kecewa Swedia Dukung Kemerdekaan Palestina


Israel Kecewa Swedia Dukung Kemerdekaan Palestina
Menlu Swedia, Margot Wallstrom (kiri) & Menlu RI Retno Marsudi (kanan) (Foto: Hendra/Okezone)
JAKARTA  (CB) – Hubungan Swedia dan Israel dilaporkan sempat memanas setelah Pemerintah Swedia melalui Menteri Luar Negeri (Menlu), Margot Wallstrom, mengakui dan mendukung kemerdekaan Palestina.
Sebagaimana diketahui, Israel memang sempat kecewa kepada Swedia dengan menarik Duta Besar (Dubes) mereka di sana. Namun, Margot Wallstrom mengakui hubungan dengan Pemerintah Israel sudah mulai membaik.
“Kami sudah memperbaiki hubungan diplomatik kami dengan Israel. Kami mendapat kritikan dari pihak Israel ketika kami mengakui dan mendukung kemerdekaan Palestina, tapi Duta Besar (Dubes) Israel sudah kembali ke negara kami. Jadi, kami berharap bisa memperbaiki hubungan diplomatik kami,” ujar Menlu Wallstrom kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/4/2015).
Kendati demikian, Swedia dengan tegas tetap akan mengakui kemerdekaan Palestina dan memberikan bantuan berupa perbaikan gedung dan pendidikan.
“Kami bersama Indonesia akan membantu Palestina. Kami memiliki sejumlah proyek untuk membangun kembali Palestina,” lanjut Menlu Wallstrom.


Credit  Okezone