Rabu, 03 Juni 2015

Obama: Sikap Netanyahu Mengikis Kredibilitas Israel



Presiden AS Barack Obama. (Foto: Reuters)
Presiden AS Barack Obama. (Foto: Reuters)
YERUSALEM  (CB) – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kembali menyerang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Menurutnya, sikap Netanyahu yang menolak memerdekakan Palestina telah mengikis kredibilitas Israel di mata dunia.
 Unggul Tipis, Netanyahu Klaim Menang
"Jadi bahayanya adalah secara keseluruhan Israel telah kehilangan kredibilitas. Masyarakat internasional sudah tidak percaya bahwa Israel serius tentang solusi dua negara,” kata Obama, sebagaimana diberitakan Reuters, Rabu (3/6/2015).

Sebagaimana diketahui, saat masa kampanye Pemilihan Umum Israel 2015, Netanyahu pernah mengatakan tidak akan mengakui kemerdekaan Palestina jika kembali terpilih menjadi perdana menteri.
Obama juga memperkirakan diplomasi pertahanan AS untuk Israel di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan ditinjau lagi. Ia juga kembali menegaskan dukungan AS untuk keamanan Israel dalam konflik Timur Tengah.

"Saya tidak melihat kemungkinan perjanjian kerangka kerja. Pertanyaannya adalah bagaimana kita membuat beberapa blok bangunan melalui kepercayaan dan kemajuan,” kata orang nomor satu di AS itu.
Netanyahu memang sempat menyatakan komitmennya terhadap solusi dua negara. Namun, Obama sepertinya sama sekali tidak percaya dengan pernyataan Netanyahu tersebut.




Credit  Okezone